PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Komponen Antarmuka Grafis
Advertisements

BORLAND DELPHI 1. Pengenalan Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi juga memberikan fasilitas.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
HTML PEMROGRAMAN INTERNET. Form & Input HTML Form adalah area yang bisa ditempati oleh elemen form. Elemen form adalah elemen yg mengijinkan user memasukkan.
Komponen Antarmuka Grafis
PEMROGRAMAN BEORIENTASI OBJEK
MENATA DATA.
Komponen Antarmuka Grafis
MEMBUAT TABEL Tombol untuk membuat tabel ada di menu insert
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
HTML – 4 FORM. FORM adalah elemen HTML yang digunakan untuk mengizinkan pengguna web mengirimkan data ke Web Server. Dengan kata lain form berperan sebagai.
HTML (Table, Form, Frame, Hyperlink)
MENGENAL MICROSOFT EXCEL
Free Powerpoint Templates Page 1 Free Powerpoint Templates Mobile Computing Dengan Android Pertemuan 7 View Component Oleh: Adam Arif Budiman STMIK Bani.
Bina Sarana Informatika
Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Mobile Programming Pertemuan 4 Presented by Mulyono
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
VISUAL BASIC FOR APLICATION (VBA) EXCEL VBA
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
BAB 5 MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH DATA
microsoft 2007 TUGAS TIK BAB 5 MAIRANI PUTRI
MS. ACCESS 2007 Oleh : W A R I D I Disampaikan pada mata kuliah Komputer Aplikasi Hukum II Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum UNIKOM.
Pemrograman Mobile Android # 5
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
BAB 5 Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Pemrograman Perangkat Mobile
Microsoft Word 2007.
OLEH : ARIESKO GUNANDA RANGKUTI
Menu pada Android Oleh Yanuangga G.H.L.
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
PJ : Nuraini Purwandari
BAB 5 MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA
Layouting Tampilan Pengenalan Layout Android
Pengenalan Borland Delphi 7.0
OLEH : FERIZKI TRI DARMA
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
An’ Anqinudin Lahitama, S.Kom
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
Komponen Aplikasi Android
KELOMPOK 1 : PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE 3
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Komponen Aplikasi Android
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Created by Nofril Zendriadi
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 1.
Pemrograman GUI dengan Java
PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 5
PEMROGRAMAN MOBILE 1.
PEMROGRAMAN MOBILE I KELOMPOK 4
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 5.
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pertemuan ke 3 : Pengenalan XML Parsing
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4 Pengenalan Widget View

HELLO! KELOMPOK 5: Charir Maulana Achsan 16.11.0217 Bagus Anjas P 16.11.0221 Mustofa Bayu Rahmat 16.11.0245 Esa Rizki Anandrian 16.11.0248 Danang Aldy Kurniawan 16.11.0267 Tri Wahyono 16.11.0284 Sarif Hidayatulloh 16.11.0286 Muchamad Arief Sidik 16.11.0296 Adent Bima Prasetya 16.11.0301 Dhimas Galih Prasetyo 16.11.0308 Eva Faiza 16.11.0317 Ikhsan Setiawan 16.11.0344

DASAR PEMBUATAN WIDGET Pada dasarnya widget memiliki fungsi sebagai antarmuka untuk berinteraksi dengan pengguna. Tujuannya yaitu untuk memberikan suatu proses pada aplikasi hasil dari aksi yang dilakukan pengguna seperti menekan tombol, memilih menu, dan sebagainya.

MACAM-MACAM WIDGET VIEW Widget dalam android terdiri dari banyak jenis seperti TextView, EditText, Button, RadioButton, dan sebagainya. Gambar dibawah ini merupakan komponen-komponen widget yang disediakan oleh android studio.

CARA MEMBUAT WIDGET DI ANDROID STUDIO Terdapat 2 cara dalam pembuatan widget di android studio, yaitu: Drag and Drop Mengedit dengan XML

TEXT VIEW TextView adalah salah satu widget yang digunakan untuk menampilkan Text ataupun angka serta simbol lainnya.

ATRIBUT PADA TEXT VIEW <TextView android:id="@+id/text_id" //menentukan nama ID android:layout_width="300dp" //Ukuran lebar Layout dari UI Control android:layout_height="200dp" //Ukuran tinggi Layout dari UI Control android:text="hello_world" //berisi text yang akan tampil di layar android:textColor="@android:color/holo_blue_dark" //Warna teks android:textStyle=“bold” //Gaya Teks android:textAlignment="center“ //Posisi teks Android:typeface=“sans” //Jenis huruf android:textSize="50dp“ //Ukuran teks />

EDIT TEXT EditText adalah cara standar untuk memasukkan teks diaplikasi Android. Jika pengguna diminta untuk memasukkan suatu teks, maka View ini lah yang menjadi sarana utama untuk melakukannya.

ATRIBUT PADA EDIT TEXT <EditText android:hint="Input Text…“ //mengatur nama ID android:layout_width="match_parent“ //Ukuran lebar Layout dari UI Control android:layout_height="wrap_content“ //Ukuran tinggi Layout dari UI Control android:inputType=“Masukkan nama…“ //mengatur teks android:inputType=“textPassword” //mengatur jenis inputan android:maxLength=“20“ //maksimal karakter

BUTTON Button adalah sebuah Elemen antarmuka pengguna yang dapat diketuk atau klik oleh pengguna untuk melakukan suatu tindakan. Sebuah tombol terdiri dari teks atau ikon (atau teks dan ikon) yang mengkomunikasikan tindakan apa yang terjadi ketika pengguna menyentuhnya.

ATRIBUT PADA BUTTON <Button android:id="@+id/Button01“ //menentukan nama ID android:layout_width="match_parent“ //Ukuran lebar Layout dari UI Control android:layout_height="wrap_content“ //Ukuran tinggi Layout dari UI Control android:text="Click Me“ //mengatur nama teks android:textColor="#FFFFFF“ //mengatur warna android:textSize="30sp“ //mengatur ukuran teks android:onClick="onPressme" /> //mengatur nama method

RADIO BUTTON Radio Button adalah salah satu elemen layout di Android yang sering dipakai, yang biasanya berfungsi untuk menginputkan data yang berupa pilihan dan hanya satu saja yang bisa dipilih, contoh: memilh Jenis Kelamin atau pilihan Yes or No

ATRIBUT PADA RADIO BUTTON <RadioGroup android:id="@+id/radioGroupNb«  //menentukan ID radio group android:layout_width="wrap_content" //Ukuran lebar Layout dari UI Control android:layout_height="wrap_content" //Ukuran tinggi Layout dari UI Control <RadioButton android:id="@+id/radioAcer«  //menentukan ID radio button android:checked="true«  //menentukan radio button yang pertama kali di klik android:text="@string/radio_acer" /> //menetntukan nama radio button </RadioGroup>

RATING BAR Widget ini berfungsi untuk memberi nilai dalam suatu kontent. Widget ini banyak digunakan bagi penyedia konten untuk melihat, atau mereview penilaian dari user (pengguna) konten tersebut.Biasanya ini ditemukan di Play Store,

ATRIBUT PADA RATING BAR android:id="@+id/ratingBar1«  //menetukan ID ratingbar android:layout_width="wrap_content"//Ukuran lebar Layout dari UI Control android:layout_height="wrap_content"//Ukuran lebar Layout dari UI Control android:isIndicator="false« // agar rating bar bisa diubah android:numStars="5«  //jumlah bintang android:rating="0«  //nilai mulai rating android:stepSize="0.5"/> //step rating

GRID VIEW GridView adalah salah satu container, yang digunakan untuk menampilkan konten View, konten View dalam GridView akan tersusun bentuk kotak- kotak seperti sebuah rak lemari, , yang dimana kita dapat menyimpan barang- barang. Penulisan coding beserta struktur datanya, hampir sama dengan ListViw, hanya saja data yang ditampilkan secara Grid atau Kotak- kotak.

ATRIBUT PADA GRID VIEW android:columnWidth : Menentukan lebar tetap pada masing-masing kolom. android:gravity : Menentukan gravitasi di dalam setiap sel. android:verticalSpacing : Mendefinisikan default jarak vertikal antar baris. android:stretchMode : Mendefinisikan bagaimana kolom harus meregang untuk mengisi tersedia ruang kosong, jika ada. android:horizontalSpacing : Mendefinisikan default jarak horisontal antara kolom. android:numColumns : Menentukan berapa kolom yang akan ditampilkan.

IMAGE BUTTON ImageButton adalah salah satu widget dari komponen User Interface yang berfungsi untuk menampilkan gambar, namun tidak hanya gambar, ImageView bisa juga kita navigasikan menjadi sebuah Button

ATRIBUT PADA IMAGE BUTTON android:id="@+id/simpleImageButton«  //menetukan nama ID android:layout_width="wrap_content«  //Ukuran lebar Layout dari UI Control android:layout_height="wrap_content«  //Ukuran lebar Layout dari UI Control android:src="@drawable/home«  //sumber gambar android:background="#000"/> //menetukan warna background button

THANKS! Any questions?