Batasan Perilaku dan Tingkatan Kompetensi dalam Tes Prestasi Indah Mulyani
Batasan Perilaku (Domain) Batasan perilaku ditujukan guna menjelaskan tujuan instruksional umum (TIU) ke dalam bentuk yang paling konkret sehingga dapat diukur Tujuan instruksional khusus (TIK) biasanya digunakan sebagai batasan (indikator) perilaku dalam penyusunan alat tes prestasi karena sudah dianggap operasional
Contoh TIU dan TIK : Biasanya dimuat dalam SAP (satuan acara pembelajaran) atau di setuap Bab dalam buku pelajaran TIU Mengungkap kecakapan mahasiswa dalam memahami pengertian taksonomi TIK : Mahasiswa mampu memahami tingkatan kompetensi berdasarkan taksonomi kognitif Bloom Anderson. Mahasiswa mampu memahami setiap tugas kognitif dalam tiap tingkatan komptensi.
Tingkatan Kompetensi Item (soal) dalam tes dibagi menjadi beberapa taraf kompetensi yang berbeda berdasarkan tingkat usia dan pendidikan Salah satu pedoman dalam menentukan tingkat kompetensi item suatu alat tes adalah dengan menggunakan taksonomi kawasan kognitif. Taksonomi kawasan kognitif mencakup proses mental yang merupakan tugas kognitif secara menyeluruh Tidak semua kompetensi perlu diungkap dalam setiap item (soal), sehingga setiap tes hanya mengungkap sampai tingkatan kompetensi tertentu.
Taksonomi Kawasan Kognitif
Kata kerja dalam item soal berdasarkan tingkatan taksonomi Bloom dkk (1956) Knowledge Comprehension Application Analysis Synthesis Evaluation Mengenali Deskripsi Memilih Memasangkan Membedakan Klasifikasi Menyelesaikan Menghitung Mendemonstrasikan Membuat diagram Estimasi Kesimpulan Merumuskan Merancang Merevisi Mengkritik Menyimpulkan
Taksonomi Anderson & Krathwol (2001)
Tabel Blueprint (Kisi-kisi) Batasan perilaku dan tingkatan kompetensi berdasarkan taksonomi kognitif dibutuhkan dalam penyusunan tabel blueprint (kisi-kisi) penyusunan tes prestasi Tabel blueprint (kisi-kisi) dibuat dengan tujuan: agar memperoleh tes yang isinya komprehen-sif dan relevan serta, sebagai pedoman bagi penyusun item agar hasil penulisan item ter-arah dan lebih baik
Contoh Tabel Blueprint (Kisi-kisi) No. Domain/Subdomain Tingkatan Kompetensi Bobot Remember Comprehension 1 Perkembangan Remaja 60% Perkembangan fisik remaja Perkembangan kognitif remaja Perkembangan psikososial remaja 10% 20% - 2 Perkembabngan Dewasa Awal 40% Perkembangan fisik dewasa awal Perkembangan kognitif dewasa awal Perkembangan psikososial dewasa awal