Pokok Pokok Ajaran Islam

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengertian, Kedudukan, dan Fungsi Al-Quran
Advertisements

KERANGKA DASAR AGAMA DAN AJARAN ISLAM
SEBAB-SEBAB TERJADINYA PERBEDAAN PENDAPAT DALAM HUKUM ISLAM
KIMIAWI PEMIKIRAN ISLAM
Syari’ah Bab 6 Pertemuan ke 9.
POKOK BAHASAN TEOLOGI ISLAM
ISLAM ?.
Berinteraksi dengan sunnah
DIROSAH ISLAMIYAH III  SYARIAH DAN FIQH A.PENGERTIAN SYARIAH
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Konsep Ekonomi dalam Islam
KHITHAAH MATHLA’UL ANWAR
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
SUMBER HUKUM ISLAM & METODE BERIJTIHAD
DAKWAH ISLAMIYYAH Konsep Dasar Strategi Dakwah
ISLAM SEBAGAI WAY OF LIFE YANG KOMPREHENSIF DAN SEMPURNA
Pertemuan Ke-9.
Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc.,M.Ag.
Bab V HUKUM ISLAM Universitas Narotama.
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
BAB IX KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
Pendidikan Agama Islam I
ISLAM SEBAGAI Way of Life
MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIBI
Permasalahan Yang Berhubungan Dengan Nuzul al-Qur’an
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
SISTEMATIKA PENGAMALAN AGAMA ISLAM
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
DEFINISI MAHA LUAS Pendidikan adalah Hidup.
SISTIMATIKA AL-QUR’AN
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
Tujuan Instruksional Umum:
Masjid dan Fungsinya bagi Masyarakat
PEMIKIRAN TASAWUF DALAM ISLAM
SUMBER HUKUM ISLAM.
Anang Zubaidy Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia April 2013
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pendekatan Sejarah Studi Islam
DIMENSI DAN PEMIKIRAN ISLAM Materi Dirasah Islamiyah-2.
PENDIDIKAN ISLAM. a. Pengertian Pendidikan Islam.
KELOMPOK 11 ANGGOTA:1.ZAM-ZAM HIDAYA 2.NUNUNG 3.YAYI LATIFA 4.FIFI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
الوحدة اﻹسلأمية ضروريتها الحياتية للمسلمين
STUDI ISLAM III Ferizka emirza Ina setiadewi
Sebagai Upaya Mewujudkan dan Melestarikan Agama
SUMBER HUKUM ISLAM BERDASARKAN AKAL PIKIRAN MANUSIA
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Materi Dakwah Augusta Prawira Susilo Triya Andani Syifa Assegaf
AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN(AIK)
TEOLOGI ISLAM SEBAGAI PENGETAHUAN RASIONAL
INTEGRASI AKIDAH, SYARIAH DAN AKHLAK
HUBUNGAN AKHLAK TASAWUF DENGAN AQIDAH DAN SYARIAH
ISLAM SEBAGAI IDEOLOGI
BAB 12: AL-QURAN DAN HADIS PANDUAN HIDUP MUKMIN.
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
AQIDAH AHLI SUNNAH WAL JAMAAH
BAB 2 : PENGENALAN KEPADA BEBERAPA FIRAQ
PENGANTAR ILMU KALAM Abdul Muid Nawawi.
Andalus Corporation Pte Ltd
LUSIYANA ANNISA DHITA I.S
BAB 1 : AQIDAH – DEFINASI, KEPENTINGAN DAN SUMBER RUJUKAN
Aqidah Dinamis (thoriqul iman). Metode & Belajar  Metode dapat mempengaruhi seseorang untuk Merubah Pemikiran, Perasaan dan Tingkah lakunya dari Jahiliah.
Perundangan Zaman Tadwin
BAB I PENDAHULUAN RUMUSAN MASALAH TUJUAN PENULISAN LATAR BELAKANG.
Modul Pemikiran Islam Sederhana di Singapura
Aliran aliran ilmu kalam (khawarij dan murji’ah)
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
AKHLAQ QUR’ANI DAN ASAS MUAMALAH ISLAMIYAH
Transcript presentasi:

Pokok Pokok Ajaran Islam

Al Hujrat قَالَتِ الْأَعْرَابُ آمَنَّا قُلْ لَمْ تُؤْمِنُوا وَلَكِنْ قُولُوا أَسْلَمْنَا وَلَمَّا يَدْخُلِ الْإِيمَانُ فِي قُلُوبِكُمْ وَإِنْ تُطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ لَا يَلِتْكُمْ مِنْ أَعْمَالِكُمْ شَيْئًا إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ (14)

Al Anfal : 2-4 إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ (2) الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ (3) أُولَئِكَ هُمُ الْمُؤْمِنُونَ حَقًّا لَهُمْ دَرَجَاتٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَمَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ (4)

An Nahl 90 إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ (90)ِ

Hadis Iman, Islam dan Ihsan عَنْ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَيْضاً قَالَ : بَيْنَمَا نَحْنُ جُلُوْسٌ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ إِذْ طَلَعَ عَلَيْنَا رَجُلٌ شَدِيْدُ بَيَاضِ الثِّيَابِ شَدِيْدُ سَوَادِ الشَّعْرِ، لاَ يُرَى عَلَيْهِ أَثَرُ السَّفَرِ، وَلاَ يَعْرِفُهُ مِنَّا أَحَدٌ، حَتَّى جَلَسَ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَأَسْنَدَ رُكْبَتَيْهِ إِلَى رُكْبَتَيْهِ وَوَضَعَ كَفَّيْهِ عَلَى فَخِذَيْهِ وَقَالَ: يَا مُحَمَّد أَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِسْلاَمِ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : اْلإِسِلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ وَتُؤْتِيَ الزَّكاَةَ وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ   وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً قَالَ : صَدَقْتَ، فَعَجِبْنَا لَهُ يَسْأَلُهُ وَيُصَدِّقُهُ، قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِيْمَانِ قَالَ : أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ. قَالَ صَدَقْتَ، قَالَ فَأَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِحْسَانِ، قَالَ: أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ . قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ السَّاعَةِ، قَالَ: مَا الْمَسْؤُوْلُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ. قَالَ فَأَخْبِرْنِي عَنْ أَمَارَاتِهَا، قَالَ أَنْ تَلِدَ اْلأَمَةُ رَبَّتَهَا وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُوْنَ فِي الْبُنْيَانِ، ثُمَّ انْطَلَقَ فَلَبِثْتُ مَلِيًّا، ثُمَّ قَالَ : يَا عُمَرَ أَتَدْرِي مَنِ السَّائِلِ ؟ قُلْتُ : اللهُ وَرَسُوْلُهُ أَعْلَمَ . قَالَ فَإِنَّهُ جِبْرِيْلُ أَتـَاكُمْ يُعَلِّمُكُمْ دِيْنَكُمْ .  

Sistematisasi Ajaran Islam dalam proses Sistematisasi Ajaran: Kedalaman dan Keragaman Aqidah  Aliran Teologi  Syi’ah, Khawarij, Murji’ah, Mu’tazialh, Aswaja Syari’ah  madhab Hukum Hanafiyah, Malikiyah, Syafi’iyah, Hanafiyah, Ja’fariyah Tasawuf  Sunni, Falsafi dan Thariqat  Abu Yazid al Busthomi, Rabi’ah, al Hallaj, Qadiriyah, naqsabandiyah Sumber Sistematisasi Ajaran, dan Tantangan perubahan zaman dan perbedaan budaya Al-Qur’an Assunnah Ijtihad Pokok Ajaran Iman  Aqidah Islam  Syari’ah Ihsan  Akhlaq /Tasawuf Sumber Pokok Ajaran Al Quran