INFORMATIKA Rifani Puji Rahmawati. Kenapa Informatika Ada Dalam Mapel?  Mengajak siswa berpikir lebih kritis.  Agar siswa terbiasa membangun logika.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dosen : Rinci Kembang Hapsari, S.Si
Advertisements

Pemrograman Sistem terdistribusi
TEORI ALGORITMA.
Sistem Pengambil Keputusan
Algorithma Pemrograman
Pengantar Teknologi Informasi
KONSEP PENDEKATAN SCIENTIFIC
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
Algoritma.
Algoritma Pemrograman
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Aneka Peranti Lunak Aneka Peranti Lunak Apa saja gerangan?
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
Pengenalan Perangkat Lunak Pengolah Kata (Word Processing)
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
Algoritma dan Pemrograman
DASAR HUKUM INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI KESEHATAN
KEBIJAKAN TELEMATIKA INDONESIA
Apakah saya CAN TIK.
KKNI Bidang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
Algoritma dan Struktur Data 1 pertemuan 12
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Struktur Seleksi (Percabangan)
DASAR ILMU BIDANG INFORMATIKA
URAIAN DAN TUJUAN MATA AJAR
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (Pertemuan 01)
KONSEP PENDEKATAN SCIENTIFIC
Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah
Pengenalan Analisis Algoritma
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Pengantar Teknik Elektro
SISTEM INFORMASI DAN CBIS
Kontrak Kuliah Pengenalan Sistem Informasi
Algoritma dan Pemrograman I Dosen : Utami Dewi Widianti
Pengantar Teknologi Informasi (PTI)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
METODOLOGI PENELITIAN- PERTEMUAN 1
Rancangan Pembelajaran PTIK
Kontrak Kuliah Pengenalan Sistem Informasi
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Review Algoritma 1 Teks Algoritma terdiri dari tiga bagian :
SISTEM PAKAR Presentasi mempersembahkan Ponang Lahida
Pengantar Teknologi Informasi
KONSEP PENDEKATAN SCIENTIFIC
Pengenalan Sistem Informasi
Pengantar Teknologi Informasi
KONSEP PENDEKATAN SCIENTIFIC
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kontrak Kuliah Pengenalan Sistem Informasi
Pengantar Teknologi Informasi
ALGORITMA PERULANGAN PEMROGRAMAN DASAR (PERTEMUAN 15-20)
Pembelajaran Modern (Teknik Pembelajaran, Teknik Penilaian, RPP)
STRUKTUR DATA NAMA : ALDI NUGROHO SETYO PAMBUDI NIM :
CORPORATE INFORMATION SYSTEM (Sistem Informasi Organisasi)
Pengantar Teknologi Informasi
PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING God Bless & & SIMULA SI KOMUNIKAS I DIGITAL Pembelajaran dengan memanfaatkan kelas maya (cyber class) merupakan.
Logika & Algoritma Kompetensi dasar
PROGRAMMING FUNGSIONAL
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pengantar Teknologi Informasi
Memahami Tantangan Revolusi Industri 4.0 Sudut Pandang Ketenagakerjaan
Perhitungan Aplikasi for further detail, please visit
INOVASI DAN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI MENUJU REVOLUSI INDUSTRI 4.0 SAIFUL BUKHORI.
Kelompok 5 Hasri Novidawati Purba Kristin Nanda Sitorus Marisa Monika Artauli Nainggolan.
Transcript presentasi:

INFORMATIKA Rifani Puji Rahmawati

Kenapa Informatika Ada Dalam Mapel?  Mengajak siswa berpikir lebih kritis.  Agar siswa terbiasa membangun logika untuk memecahkan masalah serta menanamkan batasan-batasan dalam penggunaan teknologi.  TIK menjadi mata pelajaran yang merupakan bagian dari langkah strategis Kemendikbud dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Mapel Informatika menjadi ilmu yang wajib dikuasi para pelajar di pendidikan dasar dan menengah.  Sebagai bentuk literasi digital

Sejarah Revolusi Industri

Revolusi IndustriHasil Perkembangan Revolusi Industri 1.0 Tahun Adanya mesin uap dalam bidang produksi Revolusi industry 2.0 Tahun 1870—awal Perang Dunia I Tenaga uap mulai digantikan dengan tenaga listrik, ban berjalan Revolusi industry 3.0 Tahun 1970 Komputer dan robot (digitalisasi) Revolusi industry 4.0 Sejak 2011 Internet, big data, cloud computing, artificial intelligence

Materi Informatika

Harapan dari Mapel Informatika 1.Berpikir, yaitu berpikir komputasional yang menjadi landasan dan prinsip pemecahan persoalan yang akan diselesaikan dengan bantuan komputer. 2.Berkarya dan terampil, yaitu kemampuan dalam menggunakan dan menghasilkan produk TIK serta berkomunikasi dan berkolaborasi di dunia digital dengan memanfaatkan sarana TIK. 3.Berpengetahuan, yaitu kemampuan tentang keilmuan informatika yang mencakup lima area pengetahuan informatika yaitu Teknik Komputer, Jaringan Komputer/Internet, Analisis Data, Algoritme, dan Pemrograman, dan Dampak Sosial Informatika. 4.Berkarakter, yaitu berkemampuan dalam mendayagunakan teknologi untuk menunjang kehidupan dan berkomunikasi.

Kompetensi Dasar Informatika Untuk Kelas X Semester Ganjil KDKognitifKeterampilan 3.1Mengenal lebih dalam integrasi antar aplikasi office (pengolah kata, pengolah angka, presentasi) Membuat laporan yang membutuhkan integrasi objek berupa teks, data dalam bentuk angka maupun visualisasi chart/grafik, gambar/foto, serta memakai fitur lanjut aplikasi office 3.2Memahami interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna serta mengenal jenis-jenis persoalan terkait penggunaan komputer yang lebih kompleks dari sebelumnya Melakukan interaksi (transfer data, tethering) antara dua atau lebih perangkat yang berbeda 3.3Mengenal jaringan komputer lebih teknisMenjelaskan komponen jaringan dan mekanisme yang terjadi dalam sebuah jaringan, serta menjelaskan jenis-jenis jaringan komputer 3.4Memahami bahwa data dapat dikoleksi secara kontinyu dan otomatis melalui berbagai perangkat Melakukan berbagai cara pengumpulan data yang dijelaskan di kelas 3.5Memahami aspek privasi dalam pengumpulan data Mengambil dan mempublikasikan data dengan memerhatikan aspek privasi dan memanfaatkan fitur visualisasi dari pengolah angka

Kompetensi Dasar Informatika Untuk Kelas X Semester Genap KDKognitifKeterampilan 3.6Memahami data yang terkumpul dalam jumlah besar yang dapat ditransformasikan, digeneralisasi, disederhanakan Memroses data dengan fitur lanjut pemroses angka 3.7Mengenal berbagai cara visualisasi dataMemvisualisasikan data dalam jumlah besar serta memberikan interpretasi yang berdasarkan penalaran dan prediksi data 3.8Mengenal notasi algoritma, struktur/templates program dalam bahasa yang diajarkan, memahami variabel, value, konstanta, ekspresi, dan instruksi input/output, memahami mekanisme eksekusi kondisional dan loop, memahami struktur data dasar (array sederhana) Menulis program sederhana dengan satu program utama yang memakai salah satu gabungan, dan mengkombinasikan struktur kontrol dan mengetahui akibatnya 3.9Mengenal aspek sosial dari penggunaan komputer, Mengetahui bahwa rancangan dan penggunaan teknologi dapat memperbaiki kualitas hidup atau memperburuk, bahkan memperlebar kesenjangan untuk mengakses informasi. Menunjukkan dan menjelaskan kasus-kasus sosial dari implementasi produk TIK yang menimbulkan dampak positif/negatif 3.10Computational Thinking untuk menyelesaikan persoalan yang lebih kompleks dari sebelumnya, yang membutuhkan dekomposisi, abstraksi dan representasi data, serta berpola. Memecahkan persoalan agak kompleks yang membutuhkan dekomposisi, abstraksi dan representasi data serta berpola