Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGENAL TAMPILAN MICROSOFT OFFICE WORD 2003.
Advertisements

Dasar Penggunaan Flash Macromedia
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Penuntun Kelas VIII Semester 2
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Metode Animasi & Action Script
Pengenalan Program Macromedia Flash
Variasi Animasi dalam Flash
Langkah langkah Penyuntingan Video Klip
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
Memulai Sebuah Presentasi
MACROMEDIA FLASH. Pertemuan III Symbol / Library Symbol : Graphic Lesson 3 : Symbol Symbol : Movie Clip.
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
Membuat Dan Menghapus Tabel, Konversi Teks Ke Tabel Dan Tabel Ke Teks
Dasar Pembuatan Movie Flash R0312 – Grafik Komputer.
Langkah membuat gerak planet
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI
SISTEM OPERASI WINDOWS
POWER POINT.
APLIKASI KOMPUTER Alifia Dyah Ratu Anisa.
X. PEMBUATAN PRESENTASI DENGAN STAR IMPRESS
Macromedia Flash.
Fransiska Prihatini Sihotang, S. SI
Penjelasan Umum Ms. Powerpoint
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Pengenalan Powerpoint
Area Kerja Macromedia Flash 8
1. Elemen pada Microsoft Excel
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
PROGRAM APLIKASI PERKANTORAN
C. GAMBAR Picture pada dasarnya Ms-Word bukan aplikasi pengolah gambar. Namun Ms-Word menyediakan fasilitas untuk menampilkan gambar dari file lain. Untuk.
MANAJEMEN FILE DENGAN WINDOWS EXPLORER
Animasi Banner dengan Flash
Pengantar komputer & teknologi informasi 2a
Animasi Banner dengan Flash
B. Membuat Dokumen Baru.
MENYISIPKAN BERBAGAI MACAM OBJEK DI MICROSOFT WORD 2007
MENAMBAH ANIMASI, SOUND, MOVIE
Membuat dokumen baru.
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Data
MANAJEMEN FILE DENGAN WINDOWS EXPLORER
KEGIATAN PEMELAJARAN 2 MENJALANKAN KOMPUTER
Macromedia Flash.
B. Membuat Dokumen Baru.
MEMBUAT DOKUMEN BARU.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL 2009
Frame by frame Buat objek lingkaran dengan menggunakan oval tool (warna garis hitam dan warna dalam merah)
Macromedia Flash.
MEMBUAT DOKUMEN BARU.
3. Kegiatan Belajar 3: Teknik Animasi Tweening
Animasi Tweening.
E. Bekerja dengan Grafis
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
BEKERJA DENGAN EXCELL.
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Motion Guide Ambil gambar (kupu-kupu) dengan klik kiri File > Import > Import to Library.
Animasi Banner dengan Flash
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Menyisipkan Objek pada Microsoft Office Excel 2007
Macromedia Flash.
Symbol (Movie clip, Button, Graphic)
PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash R0312 – Grafik Komputer

Pengenalan Symbol Movie Clip Program Macromedia Flash memberikan fasilitas symbol di dalam pembuatan animasi. Smbol terdiri atas tiga jenis, yaitu Graphic, Movie Clip, dan Button Movie Clip merupakan salah satu fasilitas yang sangat memudahkan pemanipulasian animasi. Movie Clip bisa dikatakan sebagai mini movie di dalam movie utama Movie Clip dapat berisi objek-objek shape, image hasil impor, teks, maupun symbol lainnya Penggunaan panel Timeline di dalam movie clip sama seperti penggunaan di dalam movie utama. Kelebihan lain Movie Clip adalah animasi di dalamnya bisa dimainkan di dalam movie utama hanya dengan satu frame

Pembuatan Movie Clip Berikut dipraktekan pembuatan animasi dengan menggunakan symbol Movie Clip Buat movie baru dengan memilih File>New, dan gunakanlah properti movie yang diberikan program Macromedia Flash Pilih menu Insert>New Symbol sehingga muncul kotak dialog Create New Symbol Pada kotak dialog tersebut ketikan nama clip untuk identifikasi symbol dan pilih behaviornya Movie Clp. Klik tombol OK sehingga muncul jendela pengeditan symbol Movie Clip dengan nama Clip Di dalam jendela pengeditan Clip, buatlah animasi sesuai keinginan, misalnya animasi pergeseran objek shape Kembali ke jendela utama dengan mengklik ikon Scene1 Tampilkan Library dengan memilih menu Window>Library Seret symbol Clip dari panel Library ke dalam Stage untuk membuat instance-nya Dikarenakan frame yang digunakan di dalam movie utama hanya satu, maka animasi yang dibuat di dalam Movie Clip ‘Clip’ tidak dapat dimainkan di dalam jendela program. Untuk melihat tampilannya, harus dilakukan test movie, yaitu dengan memilih menu Control>Test Movie atau dengan menekan Ctrl + Enter pada keyboard

Memanipulasi Animasi dengan Symbol Movie Clip Berikut dipraktekan cara memanipulasi animasi menggunakan symbol Movie Clip. Praktek yang dilakukkan akan terbagi menjadi beberapa tahap: Tahap 1: Membuat Movie Clip Tahap 2: Menyisipkan Movie Clip ke dalam Stage Tahap 3: Menggandakan dan Merotasi Instance movie Clip Tahap 4: Mengatur ulang ukuran Movie Clip

Tahap 1: Membuat Movie Clip Buat movie baru dengan memilih menu File>New, dan gunakan properti movie yang diberikan program Macromedia Flash Pilih menu Insert>New Symbol sehingga muncul kotak dialog Create New Symbol Pada kotan dialog tersebut ketikkan nama Bola dan pilihlah Movie Clip pada opsi Behaviour. Klik tab OK sehingga muncul jendela pengeditan symbol Bola Pada Layer 1 di dalam jendela pengeditan symbol Bola, buatlah objek lingkaran dengan menggunakan tool Ellipse Pada panel Timeline (movie clip Bola), klik kanan frame 10 kemudian peilih perintah Insert keyframe Pastikan objek lingkaran yang terpilih adalah yang berada di frame 10, kemudian gesr posisi objek tersebut secara horizontal dengan arah ke kiri Klik salah satu frame di antara frame 1 dan 10, kemudian pada jendela Property Inspector, pilihlah opsi Shape pada kotak Tween Kembali ke movie utama dengan mengklik ikon Scene 1 yang berada di bagian kiri atas jendela pengeditan symbol Bola

Tahap 2: Menyisipkan Movie Clip ke dalam Stage Tampilkan panel Library kemudian seret symbol Bola ke dalam Stage (pada Layer 1) untuk membuat instance Aturlah posisi instance symbol Bola dengan mengisikan nilai X = 250 dan Y = 175 (pada panel Info atau jendela Property Inspector)

Tahap 3: Menggandakan dan Merotasi Instance Movie Clip Pada panel Timeline, tambahkan layer baru dengan mengklik tombol New Layer Pastikan layer yang tersorot adalah Layer 2 (layer baru), kemudian drag kembali symbol Bola dari panel Library ke dalam Stage untuk membuat instance kedua Aturlah posisi instance kedua symbol Bola dengan mengisikan nilai X = 250 dan Y = 175, sehingga posisinya berada tepat di atas instance pertama Pastikan instance symbol Bola yang terpilih adalah instance kedua (layer 2), stelah itu tampilkan panel Transform dan isikan nilai 90 pada kotak Rotate untuk merotasinya Lakukan test movie untuk melihat tampilan sementara animasi yang telah dibuat. Pilih menu Control>Test Movie

Tahap 3: Menggandakan dan Merotasi Instance Movie Clip (lanjutan) Langkah manipulasi selanjutnya adalah menggandakan instance Bola. Untuk itu, pilihlah instance Bola kedua (pada Layer 2) kemudian pilih menu Edit>Copy Pada panel Timeline, tambahkan layer baru (Layer 3) kemudian pilih menu Edit>Paste in Place untuk meletakkan instance Bola ketiga (hasil penggandaan) Pastikan instance Bola ketiga (Layer 3) dalam keadaan terpilih, kemudian pada panel Transform isikan nilai 180 pada kotak Rotate. Dengan merotasi instance Bola ketiga, orientasi pergerakannya akan menjadi ke arah kanan Gandakan kembali salah satu instance Bola dengan memilihnya kemudian pilih menu Edit>Copy Pada panel Timeline, tambahkan laer baru (Layer4) kemudian pilih menu Edit>Paste in Place untuk meletakkan instance Bola keempat (hasil penggandaan) Pastikan instance Bola keempat (Layer 4) dalam keadaan terpilih, kemudian pada panel Transform isikan nilai 270 pada kotak Rotate Lakukan test movie

Tahap 4: Mengatur Ulang Ukuran Movie Clip Pilih salah satu instance Bola keempat (Layer 4), kemudian pilih menu Edit>Copy untuk menggandakannya Masih pada Layer 4, klik menu Edit >Paste in Place untuk meletakkan instane Bola kelima Pastika instace Bola kelima dalam keadaan terpilih, kemudian tampilkan panel Transform, setelah itu lakukan pengaturan sebagai berikut: Constraint: tandai kotak ini agar pengaturan ulang ukuran diterapkan secara proporsional antara tinggi dan lebar. Setalah itu, isikan nilai 50% Rotate: isikan nilai 45 Bola dapat dimanipulasi dengan mengatur ulang ukuran instance Bola hasil penggandaan dan merotasinya lebih lanjut sesuai keinginan Bola bisa juga diberikan efek pewarnaan pada instance movie clip dengan mengaturnya melalui kotak Color yang terdapat pada jendela Property Inspector

Pengenalan Symbol Button Symbol Button digunakan untuk membuat tombol navigasi di dalam movie. Symbol Button terbagi menjadi empat state, Up, merupakan tampilan awal tombol Over, merupakan tampilan pada saat pointer berada di atas tombol Down, merupakan tampilan pada saat tombol mouse ditekan Hit, merupakan tampilan pada saat tekanan pada mouse dilepaskan (diklik) Pembuatan Symbol Button tidak diharuskan penggunaan keempat state Di dalam Symbol Button bisa disisipkan symbol Graphic atau symbol Movie Clip