DARI MANA KATA “ISLAM” SEBAGAI NAMA AGAMA?

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pendidikan Agama Islam
Advertisements

Latar Belakang Masalah
Hukum Islam. Definisi Hukum Islam: Hukum yang bersumber dan merupakan bagian dari ajaran Islam. Syari’at Fiqh Ditetapkan secara langsung dan tegas oleh.
ISTILAH KUNCI DALAM MEMPELAJARI HUKUM ISLAM
RUANG LINGKUP, TUJUAN DAN CIRI-CIRI HUKUM ISLAM
KERANGKA DASAR AJARAN ISLAM
KERUKUNAN HIDUP ANTARA UMAT BERAGAMA
Agama adalah sebuah realitas yang senantiasa melingkupi manusia
Islam menurut bahasa, islam memiliki arti ; selamat, kedamaian, sentausa, sedangkan dalam istilah syar'i Islam berserah diri, tunduk patuh, dengan kesadaraan.
PENGERTIAN HAM Ham adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat oleh.
Pendidikan Agama Islam
PERTEMUAN KE 3 AGAMA ISLAM
Abdu Rohman (At-Taufiq Madinah Institute)
ANTISIPASI MUNCULNYA PAHAM SEKULARISME DALAM PRAKTEK KETATANEGARAAN DI INDONESIA WIDAYANTI DAMELIA
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
HUKUM ISLAM DALAM SISTEM HUKUM INDONESIA
HUBUNGAN AGAMA, NEGARA DAN HUKUM
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
Pengertian Hukum Islam
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
Islam Membangun Persatuan dalam Keberagamaan
KEMAJUAN PERADABAN DUNIA (Hubungan Iman Kristen dg Ilmu Pengetahuan)
Oleh : Ronny Mugara, S.Pd., M.Pd
Tujuan & Prinsip Bisnis Syariah
PENGERTIAN ISLAM DAN AJARANNYA
Bab 4 Iman, Ilmu dan Teknologi
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
Metode memahami islam Oleh: Sayan Suryana, S.Sos.M.M. FH. Unsika.
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
AGAMA Arti Agama Pengertian Agama Hakekat Agama Bagi Manusia.
Oleh : Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I
AGAMA DAN AGAMA ISLAM NANING PUTRI UTAMI
Islam Sebagai Way of Life Disusun oleh :  M. Asnun Munir  Ellyn  Zulfa Wafiroh  Disusun oleh :  M. Asnun Munir
KEMAJEMUKAN BANGSA INDONESIA
Tugas persentasi kelompok 5 Manusia Dan Pandangan HIdup
Dienul Islam Jum’at 30 Maret 2007
SILABI PERBANDINGAN AGAMA
BIODATA NAMA : SUPRIYADI,SPd.I TTL : PURWOREJO,14 SEP 1976 ALAMAT : PERUM SALSABILA 2 JATISARI, JATI ASIH, BEKASI TELP/HP :
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
AZAS HUKUM ISLAM.
KERANGKA DASAR AJARAN ISLAM
Agama? Apakah agama itu?.
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Kedua)
SISTEM HUKUM DI DUNIA.
NAMA : IKA NPM : PRODI/KELAS :HUKUM EKONOMI SYARIAH/B/4 MATA KULIAH : PUSKOM.
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
SILABI PERBANDINGAN AGAMA
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
Islam Dan Kerangka Dasarnya
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Agama dan Manusia A1 Putri Indori Sely Wardani Muammar Khadafi
Pengertian Hukum Islam
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
Kesempurnaan Ajaran Islam
HAKIKAT MANUSIA DALAM ISLAM
HUKUM ISLAM Uswatun Hasanah dan Tim
Beredarnya Paham Sekularisme, Pluralisme, dan Liberalisme
Kelompok XIV Imanda Rizkatria Utami – Vireina Asmaniar
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Cahya Indah Purnamasari
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
Pengertian Hukum Islam
TAHAPAN PENDIDIKAN DALAM ISLAM
ISLAM METODOLOGI MEMAHAMI ISLAM Nama kelompok Nama kelompok Lutfi yuliono D Lutfi yuliono D Syaifuddin zuhri D Syaifuddin.
MODUL 1 AGAMA : NALURI BERAGAMA DAN PENGERTIANNYA
PLURALISME DALAM ISLAM
بسم الله الرحمن الرحيم. Agama Islam Kelompok 3 : Athifah Midra Nanda Delina Fara Dinda Ayu Rahma.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Transcript presentasi:

DARI MANA KATA “ISLAM” SEBAGAI NAMA AGAMA? DITENTUKAN DALAM AL-QUR’AN AL MAIDAH 3: “ALLAH MERIDHOI ISLAM SEBAGAI AGAMA” ALI IMRON 19: “SESUNGGUHNYA AGAMA DI SISI ALLAH ADALAH ISLAM”

MEMBENTUK KATA: SALM, SILM, SALMA AKAR KATA “ISLAM” MEMBENTUK KATA: SALM, SILM, SALMA DAMAI, SELAMAT, TUNDUK, SEJAHTERA, BERSERAH DIRI

ISTILAH DAN PENGERTIAN ASLAMA / ASLAMTU: ALI IMRON 20 BERSERAH DIRI SALIMA (KATA KERJA TRANSITIF YANG MEMERLUKAN OBJEK) MENYELAMATKAN, MENENTRAMKAN, MENGAMANKAN (+ OBJEK ) SALAMA (KATA KERJA TANPA OBJEK KE LUAR TETAPI KE DALAM) PENYELAMAT, PENENTRAM

ISLAM SEBAGAI AGAMA MEMENUHI 3 ASPEK: KESIMPULAN ISLAM SEBAGAI AGAMA MEMENUHI 3 ASPEK: HUBUNGAN VERTIKAL DENGAN ALLAH (HABLUMINALLAH): TUNDUK, PATUH, BERSERAH DIRI HUBUNGAN HORIZONTAL DENGAN MAKHLUK ALLAH: MENYELAMATKAN, MENTENTRAMKAN HUBUNGAN KE DALAM JIWA, HATI: KEDAMAIAN, KETENANGAN (NAFSUN MUTMAINAH)

ISLAM SEBAGAI SUATU SISTEM

CHRISTIAN SNOUCK HURGRONYE “ISLAM IS A RELIGION OF LAW IN THE FULL MEANING OF THE WORD”

WASATHIYAH: HARMONIS, SEIMBANG HARAKAH: BERGERAK, FLEKSIBEL SIFAT HUKUM ISLAM TAKAMUL: BULAT, UTUH WASATHIYAH: HARMONIS, SEIMBANG HARAKAH: BERGERAK, FLEKSIBEL

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN SEKULERISME? BAGAIMANA PANDANGAN ISLAM TENTANG SEKULERISME? APA YANG DIMAKSUD DENGAN “ISLAM SEKULER”?

BAHASA LATIN: SAECULARIS AKAR KATA: SAECULUM ARTI: DUNIA / DUNIAWI ASAL KATA “SEKULER” BAHASA LATIN: SAECULARIS AKAR KATA: SAECULUM ARTI: DUNIA / DUNIAWI

SEJARAH TERTUJU PADA DUNIA NASRANI / GEREJA, SEJAK DILAKSANAKANNYA REVOLUSI PERANCIS SECARA KONSEKWEN

MENGAPA TUMBUH PAHAM SEKULARISME PADA GEREJA? DALAM SEJARAH NASRANI TERDAPAT CIRI FANATISME YANG DIANGGAP BERTENDENSI MENGHAMBAT PERKEMBANGAN PIKIRAN DAN ILMIAH (CONTOH: COPERNICUS 1473-1541, GALILEO GELILEI 1564-1642) KEKUASAAN GEREJA ATAS HARTA YANG BERLIMPAH DISALAHGUNAKAN OLEH LAPISAN BISHOP

BAGAIMANA ISLAM MEMANDANG SEKULERISME? TIDAK TERDAPAT KATA YANG SEPADAN DENGAN PENGERTIAN SEKULER DALAM ISLAM TERDAPAT PERBEDAAN MENDASAR ANTARA AL-QUR’AN DENGAN INJIL TERKAIT DENGAN TOPIK ILMIAH TERDAPAT PERBEDAAN DALAM FAKTA SEJARAH ISLAM TERHADAP PARA ILMUWAN ISLAM TIDAK MENGENAL LEMBAGA KEPENDETAAN / TAWASSUL

FAKTOR PENYEBAB KESALAHFAHAMAN TERHADAP ISLAM DAN HUKUM ISLAM SALAH MEMAHAMI RUANG LINGKUP HUKUM ISLAM SALAH MENGGAMBARKAN KERANGKA DASAR AJARAN ISLAM SALAH DALAM METODE

BAGAIMANA METODE YANG BENAR? MINIMAL PELAJARI ISLAM SECARA INTEGRAL RUANG LINGKUP DAN KERANGKA DASARNYA PELAJARI DARI SUMBER ASLINYA PELAJARI DARI KEPUSTAKAAN YANG DITULIS OLEH ULAMA BESAR YANG DIAKUI, BUKAN ORIENTALIS JANGAN DILIHAT DARI KENYATAAN UMAT