DISPLAY.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Analisa Perancangan Sistem
Advertisements

INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
Chapter 20 Pembentukan Kode.
Interaksi Manusia dan Komputer
HUMAN-MACHINE INTERFACE
OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Telekomunikasi, Jaringan dan Internet
PERSEPSI SENSASI ATENSI
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) DAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Aneka Peranti Lunak Aneka Peranti Lunak Apa saja gerangan?
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
INSTALASI SISTEM OPERASI DASAR
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
Interaksi Manusia Dan Komputer (Interaksi)
Interaksi Manusia dengan Komputer
Sumber Slide : Inayatullah,M.Si
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PENGANTAR PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
KOMPUTER ALAT PEMECAH MASALAH
KONSEP USER INTERFACE.
Mengenal TIPE BELAJAR ANAK (AUDITORY, VISUAL, & KINESTETIK)
Interaksi Manusia & Komputer Desain
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
SI122 – Interaksi Manusia dan Komputer
OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
Teori Pemprosesan Informasi
SISTEM BASIS DATA.
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
TEKNIK ANTARMUKA.
KONSEP INTERFACE
Pengenalan Sistem Operasi
Interaksi Manusia & Komputer Faktor Manusia
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Anna Dara Andriana S.Kom.,M.Kom
Desain Sistem Secara Terinci
ERGONOMI.
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Sistem Pengolahan Data Komputer
Pengaplikasian PLC Dyah Darma Andayani.
Sistem Komunikasi Intrapersonal
KEBERGUNAAN Anna Dara Andriana., M.Kom
1.
KEBERGUNAAN (USABILITY)
Representasi dan Alur Pemrosesan Data
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengantar PLC Dyah Darma Andayani.
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
01.3 Hari-1 Sesi-3 Desain Algoritma.
USER INTERFACE.
Perancangan Tampilan.
SENSASI DAN PERSEPSI.
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Dasar-dasar Sistem Informasi
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pertemuan Ketiga Manusia
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Interaksi.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Perancangan Tampilan.
Dasar-dasar Sistem Informasi
Perancangan Tampilan.
Psychogenic pain dr. Soraya T.U, Mkes SpKj.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
MEDIA DISPLAY DAN REALIA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BY : LENNI KHOTIMAH HARAHAP MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2017.
Transcript presentasi:

DISPLAY

DISPLAY Adalah sebuah istilah yang dipakai dalam metode penampilan informasi secara tidak langsung

Fungsinya… Display menampilkan informasi kepada organ tubuh manusia dengan berbagai cara Merupakan proses dinamis dalam sistem manusia-mesin

Human-machine system

INFORMASI Statis Dinamis Tidak dipengaruhi perubahan waktu Misalnya: grafik, gambar, diagram Dinamis Dipengaruhi oleh perubahan waktu Misalnya: tekanan, kecepatan, temperatur.

INFORMASI Kuantitatif Kualitatif Menunjukkan nilai / angka numerik Misalnya 500F, 60 rpm Kualitatif Menunjukkan tren Misalnya: meningkat, menurun, panas, dingin.

INFORMASI Status Peringatan Menunjukkan kondisi yang terbatas Misalnya: on/off, stop/caution/go Peringatan Menunjukkan keadaan darurat/bahaya Misalnya: alarm kebakaran

INFORMASI Alphanumerik Representasional Menggunakan angka dan huruf Misalnya: label Representasional Menggunakan gambar, simbol dan warna untuk membedakan informasi Misalnya: ikon ‘recycle bin’ untuk file2 yang telah dihapus

INFORMASI Time-phased Menggunakan sinyal pulsa yang berbeda durasi dan intervalnya Misalnya: kode morse dan lampu kedip

MENAMPILKAN INFORMASI Input dan pemrosesan informasi pada manusia tergantung pada sensor penerima rangsangan yang berasal dari luar Sumber alami informasi adalah: Benda, kejadian, kondisi lingkungan

Secara langsung Misalnya: dengan pengamatan langsung Sensor informasi Secara tidak langsung Misalnya: pengamatan dengan menggunakan alat seperti TV, Radio dll.

Komponen Kunci dalam Perancangan Display

ALAT BANTU DISPLAY Panca Indera: penglihatan, pendengaran, perasa, pengecap, dan pencium Maka harus diciptakan alat bantu display yang berbeda untuk masing – masing panca indera

ATURAN MILLER Kapasitas memory kerja manusia terbatas sebanyak 7 ± 2 informasi Individu dapat mengidentifikasi: 5 tingkat nada 5 tingkat kebisingan (loudness) 7 tingkat ukuran objek 300.000 warna yang berbeda

PRINSIP PERANCANGAN DISPLAY

Pemilihan Display Modality Perhatikan: Alat indera mana yang akan jadi sasaran Tempat Tujuan pemasangan display

Auditory Presentation Pesan yang disampaikan sederhana, ringkas, tidak dapat ditunda Pesan berhubungan dengan peristiwa pada waktu itu Membutuhkan respon yang cepat / segera Sistem visual (penglihatan dan target terganggu / terhalang Lokasi penerimaan pesan terlalu terang Target / orang bekerjanya berpindah - pindah

Visual Presentation Pesan rumit / kompleks, panjang Dapat ditunda Berhubungan dengan tempat dalam ruangan Tidak memerlukan respon segera Sistem pendengaran target terganggu Lokasi penerimaan terlalu berisik Untuk orang – orang yang bekerjanya tetap di satu tempat

Perubahan dalam Kemampuan Mengolah Informasi karena Faktor Usia Menjadi lebih lambat dalam menerima informasi, memanggil memori jangka panjang, memilih alternatif pilihan, dan menindaklanjuti rangsangan dengan sebuah respon Memori menjadi lebih lambat karena kesulitan berkonsentrasi

Perubahan dalam Kemampuan Mengolah Informasi karena Faktor Usia Kesulitan dalam mencari ingatan dalam memori jangka panjang Kesulitan dalam menghadapi ketidakkonsistenan Kesulitan dalam mengidentifikasi objek dari representasi yang tidak lengkap (stimuli yang membingungkan)

Mendesain Kegiatan Pemrosesan Informasi untuk Lansia Perkuat sinyal yang didisplay untuk para manula; sampaikan informasi secara lebih nyaring, lebih jelas. Buat desain kontrol dan display untuk mengurangi detil – detil yang tidak relevan Pertahankan tingkat konseptual, hubungan dan pergerakan yang cocok dengan kemampuan lansia

Mendesain Kegiatan Pemrosesan Informasi untuk Lansia Kurangi kebutuhan pembagian waktu Beri waktu antara eksekusi respon dengan sinyal untuk respon selanjutnya Berikan waktu lebih banyak untuk latihan

Bagaimana merancang display untuk kaum difabel? Carilah contohnya…

Persepsi Seseorang tidak cukup hanya bisa melihat, tetapi juga harus mengerti Oleh karena itu, display harus didesain untuk memenuhi kriteria: Mudah dilihat dengan jelas Mudah ditangkap maksudnya Persepsi adalah kerja otak, bukan kerja indera

Display Design Checklist

Menimbulkan persepsi yang salah?

Interaksi Manusia-Komputer : Hardware Consideration Keyboards Pointing devices Monitor screens Notebooks & Hand-held PC PDA

Interaksi Manusia-Komputer : Software Consideration Graphical user interface : WIMP Windows Icons Menus Pointers

Display TACTUAL Display OLFACTORY

Tugas Kelompok (@4 orang) Buatlah analisis kebutuhan display di area kampus. Tujuan pemasangan display Siapa targetnya Tipe display yang dipilih Buatlah rancangan display untuk area yang dimaksud. Dikumpulkan selambatnya 9 April 2012

Akhir dari Presentasi terimakasih