AKSARA SUNDA Tedi Permadi, S. S. , M. Hum

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KAJIAN PUSTAKA Oleh: Trisakti Handayani
Advertisements

TEKNIK PENYUSUNAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
Selamat Datang Dalam Kuliah Terbuka Ini 1. Kuliah terbuka kali ini berjudul “Pilihan Topik Matematika -III” 2.
Menempatkan Pointer Q 6.3 & 7.3 NESTED LOOP.
Huruf Kapital Neneng Sri Wulan.
FILOLOGI Ruhaliah JPBD FPBS UPI.
Huruf kapital awal kalimat (pH, pOH tidak di awal kalimat
UNSUR PENILAIAN MAKALAH
PENANAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
MODUL 1 . KKPI KEGIATAN BELAJAR 2
Sudaryatno Sudirham Bilangan Kompleks Klik untuk melanjutkan.
Kelompok 4 Anom Sulton Iskandar ( )
Format Penulisan Laporan dan Referensi
Induksi Matematika.
CARA MENYATAKAN HIMPUNAN
TEKNIK PENULISAN PENELITIAN
Rancangan Program Materi Pertemuan 13 Sumber : Slide Inayatullah,M.Si.
LIMIT FUNGSI.
Bahasa Tulis (Aksara & Ejaan) dpuspitasari.lecture.ub.ac.id.
KONVENSI NASKAH Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini diharapkan mahasisma mampu membuat naskah dengan persyaratan formal, agar bentuk karangannya.
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA-ARTIKEL ILMIAH (PKM-AI)
Ak;sr sun;d ruhliAH. AKSARA NU KUNGSI DIPAKE 1)Aksara Sunda Kuna 2)Buda/Gunung 3)Cacarakan 4)Arab 5)Pegon 6)Laten.
Menggambar perspektif
EJAAN BAHASA INDONESIA YANG DISEMPURNAKAN
PENGGUNAAN TANDA BACA Oleh AHMAD WAHYUDIN.
ANATOMI KARYA ILMIAH Pendahuluan Format Pengetikan
Klasifikasi Aksara Jawa Kelompok Aksara
Pengantar Linguistik Umum 22 Oktober 2012 Nadya Inda Syartanti
BAHASA DALAM KARANGAN ILMIAH
Pertemuan 5 EJAAN (Lanjutan).
PENULISAN EJAAN DAN ISTILAH
Aritmatika Bilangan Biner
TEOTte.
CARA MENULIS DAFTAR PUSTAKA
PERJANJIAN KERJA BERSAMA DAN PERATURAN PERUSAHAAN
TATA SURAT MENYURAT OLEH: SRI SULASTRI, M.Pd.
Pemakaian Huruf, Pemakaian Huruf Kapital dan Huruf Miring
EJAAN BAHASA INDONESIA YANG DISEMPURNAKAN
Matakuliah Filologi I Dra. Sri Harti Widyastuti, M.Hum.
ARI YULIANTI, Kesalahan Ejaan Dalam Buku Teks Bahasa Jawa DAMAR (Dlancang Gladhen lan Materi Ringkes) SMA Semester Genap Kelas XI Terbitan Pinus.
EJAAN BAHASA INDONESIA YANG DISEMPURNAKAN
Bahasa lisan dan tulisan Kelompok 2 : Arie stiawan Chania gusna devi Darmaji Edih suaedih.
TATA TULIS BUKU TUGAS AKHIR
PENULISAN LAPORAN TEKNIK (PLT) Pertemuan 6 & 7
EJAAN YANG DI SEMPURNAKAN
Pemakaian Huruf, Pemakaian Huruf Kapital dan Huruf Miring
CARA PENGETIKAN KE-3 Dwiyati Pujimulyani Fakultas Agroindustri
Persembahan dari kelompok 1
CARA PENGETIKAN MI KE-6 Dwiyati Pujimulyani Fakultas Agroindustri
Sistem Numerasi Arab-Hindu
Sistem Numerasi Arab-Hindu
CARA PENGETIKAN Komunikasi Ilmiah KE-4
Mengenal nama dan lambang bilangan.
Penulisan kata 1.Kata dasar
Ejaan dan Tanda Baca dalam Bahasa Indonesia
Bahasa Tulisan.
Penggunaan tanda baca.
Tehnik penulisan Tugas Akhir (2)
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS
Bahasa Tulis Dewi Puspitasari.
EJAAN BAHASA INDONESIA
Penggunaan Aspek Kebahasaan dalam Penulisan Karya Ilmiah
Kelompok 12 Sinta Dwi Lestari Iftaturrohmah
Kriptografi Jawa Cipher Transposisi.
OLEH : Nima Lestari BAB II UCAPAN DAN EJAAN OLEH : Nima Lestari
Tertib Menulis Bagian Karya Ilmiah
CARA PENGETIKAN Komunikasi Ilmiah KE-4
Pertemuan 5 EJAAN (Lanjutan).
AKSARA SUNDA Ak;sr sun;d.
UNIT 8 AKSARA MELAYU.
Transcript presentasi:

AKSARA SUNDA Tedi Permadi, S. S. , M. Hum AKSARA SUNDA Tedi Permadi, S.S., M.Hum. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Indonesia

MENGAPA AKSARA Aksara menjadi batas pra-sejarah dan sejarah Aksara telah berperan mempercepat kemajuan peradaban manusia Aksara menjadi simbol kemajuan peradaban

AKSARA ak.sa.ra n Ling 1 sistem tanda grafis yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dan sedikit banyaknya mewakili ujaran; 2 jenis sistem tanda grafis tertentu, misalnya aksara Pallawa, aksara Inka; 3 huruf; -- Arab aksara yang mula-mula digunakan untuk menuliskan bahasa Arab, diturunkan dari Aramea, ditulis dari kanan ke kiri; -- Aramea aksara yang dipakai dalam bahasa Aramea (di daerah sekitar Siria sekarang dan Mesopotamia) sejak sekitar abad ke-10 SM; -- Brahmi aksara yang digunakan untuk menuliskan bahasa India Kuno, diturunkan dari aksara Aramea dan bersifat setengah alfabetis, mula-mula dituliskan dari kanan ke kiri kemudian dari kiri ke kanan; -- Dewanagari aksara India yang dipakai untuk menuliskan bahasa Sansekerta yang tumbuh pada abad ke-7 –- 9 M, masih digunakan hingga saat ini dan menurunkan aksara yang dipakai di Nepal dan Bangladesh; -- fonemis sistem tulisan yang menggunakan satu lambang satu fonem (bunyi yang membedakan arti) secara konsisten;

-- fonetis tulisan yang menggunakan satu lambang untuk tiap variasi fonem atau bunyi; -- Grantha aksara Pallawa; -- hieroglyph aksara yang dipakai oleh para pendeta Mesir Kuno dan bersifat ideografis; -- Jawa aksara yang digunakan untuk menuliskan bahasa Jawa, berjumlah dua puluh huruf, bermula dengan ha dan berakhir dengan nga; -- Jawi aksara Arab yang yang dipakai untuk menuliskan bahasa Melayu; -- Kawi aksara yang dipakai pada prasasti di Indonesia sejak pertengahan abad ke-8 M yang diturunkan dari aksara Pallawa; -- Latin aksara yang bersifat alfabetis, dipakai mula-mula untuk bahasa Latin sekitar abad ke-7 SM, kemudian untuk bahasa di Eropa Barat dan bahasa lain di dunia; -- morfemis sistem tulisan yang menggunakan satu lambang untuk menggambarkan satu morfem, misalnya aksara Cina; -- Pallawa aksara yang dipakai untuk menuliskan bahasa di India Selatan dan diturunkan dari aksara Brahmi (disebut juga aksara Grantha); -- Pegon lihat pegon; -- silabis sistem tulisan yang menggunakan satu lambang untuk satu suku kata; -- Sunda aksara yang digunakan untuk menuliskan bahasa Sunda, bermula dengan ha berakhir dengan nga (bentuk dan kaidah penulisannya sama dengan aksara Jawa). (KBBI, 2002:21—22)

Catatan: pada –- Sunda, deskripsinya harus diganti dengan sistem ortografi hasil kreasi masyarakat Jawa Barat (Sunda) yang meliputi aksara dan sistem pengaksaraan untuk menuliskan bahasa Sunda/daerah [Perda Nomor 6 Tahun 1996 tentang Bahasa, Sastra, dan Aksara Sunda; Perda Nomor 5 Tahun 2003 tentang Pelestarian dan Pembinaan Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah]

Kenyataan di Masyarakat: Sementara ini masih ada anggapan di sebagian masyarakat bahwa model tulisan tradisional yang berkembang di kalangan masyarakat Sunda sama dengan model tulisan yang berkembang di kalangan masyarakat Jawa, yang lebih populer disebut dengan Cacarakan atau Hanacaraka. Namun sesungguhnya semenjak tahun 1867, K.F. Holle sudah mulai merintis penggarapan naskah-naskah lontar yang diperoleh dari wilayah Sunda. Sejak saat itu Holle menyebutkan bahwa dalam lontar-lontar tersebut berisi teks yang ditulis dalam aksara dan bahasa Sunda Kuno. Jejak Holle lalu diikuti, antara lain, oleh C.M. Pleyte (1911, 1914), R.Ng. Poerbatjaraka (1919-1921), H. ten Dam (1957), J. Noorduyn (1962, 1965, 1982), Atja (1968, 1970), Atja & Saleh Danasasmita (1981abc), Saleh Danasasmita, Ayatrohaedi, Tien Wartini & Undang A. Darsa (1985/1986, 1987), Ayatrohaedi, Tien Wartini & Undang A. Darsa (1987), Undang A. Darsa & Edi S. Ekadjati (1995), Noorduyn & Teeuw (2000).

Fakta Objektif: Hingga kini naskah-naskah Sunda Kuno yang berbahan lontar ataupun nipah yang telah berhasil digarap dan umumnya berasal dari abad XV-XVI Masehi adalah Carita Parahiyangan, Sanghyang Siksa Kanda ng Karesian, Amanat Dari Galunggung, Kawih Paningkes, Jatiniskala, Carita Ratu Pakuan, Fragmen. Carita Parahyangan, Sang Hyang Hayu, Serat Dewa Buda, Serat Catur Bumi, Sang Hyang Raga Dewata, Kisah Purnawijaya, kisah Keturunan Rama dun Rahwana atau Pantun Ramayana, Kisah Perjalanan Bujangga Manik, Sewaka Darma, dan Kisah Sri Ajnyana. Di samping itu, ada pula teks-teks yang tertuang dalam bahan-bahan yang lebih permanen berupa batu dan lempengan logam, antara lain, prasasti-­prasasti di Astana Gede Kawali dan Piagam Kebantenan. Teks-teks tersebut secara jelas ditulis dalam aksara dan bahasa Sunda Kuno.

Kesimpulan: Fakta objektif tersebut membuktikan bahwa masyarakat Sunda telah mengenal tradisi tulis sejak lama, bahkan mereka telah mampu menciptakan sebuah model aksara sendiri yang dikenal dengan aksara Sunda Kuno. Naskah paling muda yang menggunakan aksara Sunda Kuno berjudul Waruga Guru ditulis di atas kertas ber-watermark. Rupa-rupanya mulai pertengahan abad XVIII Masehi aksara Sunda Kuno mulai tenggelam karena secara kultural terdesak dengan adanya aksara Cacarakan yang pembakuan pertama kalinya dilakukan oleh G.J. Grashuis melalui karangannya Handleiding voor Aanleren van het Soendaneesch Letterschrift `Buku Petunjuk untuk Belajar aksara Sunda' yang terbit tahun 1860. Model aksara Cacarakcan tersebut tiada lain adalah hasil modifikasi dari aksara Carakan Jawa yang telah dibakukan sebelumnya oleh T. Roorda pada tahun 1835.

Jenis aksara yang pernah digunakan aksara Pallawa 2. aksara Jawa Kuna 3. aksara Sunda Kuna 4. aksara Arab Pegon 5. aksara Cacarakan 6. aksara Latin Aksara Pallawa yang terdapat pada prasasti Ciaruteun

Aksara Jawa Kuno yang terdapat pada Arca Persembahan

Aksara Sunda Kuna yang terdapat pada Piagam Kebantenan

Aksara Arab Pegon Babad Banten

Aksara Sunda Aksara Sunda bersifat "logo-silabik", sistem tulisan yang menggunakan satu lambang untuk satu suku kata. Aksara Sunda berjumlah 30 buah yang terdiri atas 7 aksara swara ‘vokal mandiri’, 18 aksara ngalagena ‘konsonan’ yang berasal dari suara bahasa Sunda, dan 5 aksara ngalagena ‘konsonan’ yang berasal dari suara bahasa asing. Di samping itu, dikenal pula lambang-lambang bilangan berupa angka dasar yang memiliki nilai hitungan mulai dari nol sampai sembilan. Aksara swara adalah tulisan yang melambangkan bunyi fonem vokal mandiri yang dapat berperan sebagai sebuah sukukata yang bisa menempati posisi awal, tengah, maupun akhir sebuah kata. Sedangkan aksara ngalagena adalah tulisan yang dianggap dapat melambangkan bunyi fonem konsonan dan dapat berperan sebagai sebuah kata maupun sukukata yang bisa menempati posisi awal, tengah maupun akhir sebuah kata.

Wujud fisik Aksara Sunda termasuk tanda vokalisasinya dapat ditulis pada posisi kemiringan antara 45°-75°. Perbandingan ukuran fisik aksara, baik aksara swara ‘vokal’ maupun aksara ngalagena `konsonan' pada umumnya ditulis 4:4, kecuali untuk aksara ngalagena /ra/ adalah 4:3, untuk /ba/ dan /nya/ adalah 4:6; serta untuk aksara swara /i/ adalah 4:3. Untuk perbandingan ukuran fisik tanda vokalisasi pada umumnya ditulis 2:2, kecuali untuk panyecek /+ng/ adalah 1:1, panglayar /+r/ adalah 2:3, panyakra /+ra/ adalah 2:4, pamaeh adalah 4:2, dan pamingkal /+ya/ adalah 2:4 (bawah) dan 3:2 (samping kanan). Sedangkan perbandingan ukuran fisik angka pada umumnya ditulis 4:4, kecuali untuk angka /4/ dan /5/ adalah 4:3.

Tata Tulis Aksara Sunda Dalam sistem tata tulis aksara Sunda dikenal adanya rarangken, tanda vokalisasi atau penanda bunyi yang berfungsi untuk mengubah, menambah, maupun menghilangkan bunyi vokal pada aksara ngalagena. Lambang vokalisasi dimaksud berjumlah 13 lambang yang dalam penempatannya terbagi ke dalam tiga kelompok, masing-masing adalah sebanyak 5 buah ditempatkan di atas aksara ngalagena, sebanyak 3 buah ditempatkan di bawah aksara ngalagena, dan sebanyak 5 buah ditempatkan sejajar dengan aksara ngalagena yang masing-masing dibagi lagi menjadi: 1 buah ditempatkan di sebelah kiri aksara ngalagena, 2 buah ditempatkan di sebelah kanan aksara ngalagena, dan sebanyak 2 buah ditempatkan di sebelah kanan dengan sedikit menjulur ke bagian bawah aksara ngalagena.

Aksara Swara ‘Vokal Mandiri’ [7 buah] Aksara Ngalagena ‘Konsonan’ [18 buah dari suara bahasa Sunda] Aksara Ngalagena ‘Konsonan’ [5 buah dari suara bahasa asing]

Rarangken ‘Penanda Bunyi/Vokalisasi’ Rarangken aksara Sunda terdiri atas 13 buah yang cara penulisannya adalah sebagai berikut: Rarangken yang ditulis di atas lambang aksara ngalagena berjumlah 5 buah, yaitu: 1. = panghulu, mengubah bunyi vokal aksara ngalagena /a/ menjadi /i/ contoh: = ka menjadi = ki 2. = pamepet, mengubah bunyi vokal aksara ngalagena /a/ menjadi /e/ contoh: = ka menjadi = ke 3. = paneuleung, mengubah bunyi vokal aksara ngalagena /a/ menjadi /eu/ contoh: = ka menjadi = keu

4. = panglayar, menambah konsonan /+r/ di akhir aksara ngalagena contoh: = ka menjadi = kar 5. = panyecek, menambah konsonan /+ng/ di akhir aksara ngalagena contoh: = ka menjadi = kang Rarangken yang ditulis di bawah aksara ngalagena berjumlah 3 buah, yaitu: 1. = panyuku, mengubah bunyi vokal aksara ngalagena /a/ menjadi /u/ contoh: = ka menjadi = ku 2. = panyakra, menambah bunyi /+ra/ pada aksara ngalagena dan disesuaikan dengan tanda vokalisasi pada aksara yang disandingnya contoh: = ka menjadi = kra 3. = panyiku, menambah bunyi /+la/ pada aksara ngalagena dan disesuaikan dengan tanda vokalisasi pada aksara yang disandingnya contoh: = ka menjadi = kla

Rarangken yang ditulis sejajar dengan aksara ngalagena berjumlah 5 buah, yaitu: 1. = panéléng, mengubah bunyi vokal aksara ngalagena /a/ menjadi /é/ contoh: = ka menjadi = ké 2. = panolong, mengubah bunyi vokal aksara ngalagena /a/ menjadi /o/ contoh: = ka menjadi = ko 3. = pamingkal, menambah bunyi /+ya/ pada aksara ngalagena dan disesuaikan dengan tanda vokalisasi pada aksara yang disandingnya contoh: = ka menjadi = kya 4. = pangwisad, menambah tanda bunyi /+h/ pada aksara ngalagena dan disesuaikan dengan tanda vokalisasi pada aksara yang disandingnya contoh: = ka menjadi = kah 5. = pamaéh, menghilangkan bunyi vokal pada aksara ngalagena, umumnya digunakan di akhir kata. Penghilangan bunyi vokal di tengah kata seperti pada konsonan rangkap lebih baik menggunakan cara penulisan pasangan, merangkaikan aksara ngalagena selanjutnya pada aksara ngalagena yang mendahuluinya. contoh: = ka menjadi = k

Terdapat pula 3 rarangken yang bisa disandingkan dengan aksara vokal, yaitu: 1. = panglayar : ar; ér; ir; or; ur; er; & eur 2. = panyecek : ang; éng; ing; ong; ung; eng; & eung 3. = pangwisad: ah; éh; ih; oh; uh; eh; & euh Angka Aksara Sunda dilengkapi pula dengan lambang bilangan. Penulisan angka puluhan, ratusan, ribuan, dst. Ditulis berderet dari kiri ke kanan, seperti halnya sistem penulisan angka Arab. = 1 = 2 = 3 = 4 = 5 = 6 = 7 = 8 = 9 = 10

Fungtuasi Fungtuasi atau tanda baca yang digunakan untuk melengkapi penulisan aksara Sunda dalam suatu kalimat, alinea/paragraf, maupun wacana dilakukan dengan mengadopsi tanda baca yang digunakan pada sistem penulisan aksara Latin. Tanda baca dimaksud adalah koma ( , ), peun ‘titik’ ( . ), titik-koma ( ; ), deubeul peun ‘titik dua’ ( : ), panyeluk ‘tanda seru’ ( ! ), pananya ‘tanda tanya’ ( ? ), kekentang ‘tanda kutip’ ( “……” ), panyambung ‘tanda hubung’ ( - ), tanda kurung ( ( ) ), dan sebagainya. Lain-lain Hal lainnya yang berkaitan dengan nama gelar atau predikat, baik gelar akademik, gelar keagamaan, gelar kebangsawanan, maupun gelar kemasyarakatan, cara penulisannya adalah dengan menggunakan cara penulisan aksara Latin.

Bentuk dan Ukuran Aksara Swara a é i o u e eu Bentuk dan Ukuran Aksara Ngalagena ka ga nga ca ja nya ta da na pa ba ma

Bentuk dan Ukuran Rarangken ‘Tanda Vokalisasi’ ya ra la wa sa ha fa va xa qa za Bentuk dan Ukuran Rarangken ‘Tanda Vokalisasi’ Panghulu (i) pampet (e) paneuleung (eu) panglayar (+r) panyecek (+ng) panyuku (+u) panyakra (+ra) panyiku (+la)

Ancangan Penulisan Aksara Panéléng (é) panolong (o) pangwisad (+h) pamingkal (+ya) pamaéh (ø) Ancangan Penulisan Aksara

Cara Menulis Aksara Swara Cara Menulis Aksara Ngalagena

Cara Menulis Aksara Rarangken ‘Tanda Vokalisasi’

Cara Menulis Angka

Cara penulisan aksara Sunda 1. Aksara Swara 2. Aksara Ngalagena agama ékalaya iraha otawa ulama enya euwah kalapa gagala ngalalana caraka jajaka nyata tamaha darana nagara pahala badaya makara yasana rakata

3. Rarangken ‘vokalisasi’ lara walakaya sabaraha hawara fakultas khatib qoriah syawal vitamin éxtra zakat 3. Rarangken ‘vokalisasi’ 1. panghulu 2. pamepet

3. paneuleung 5. panyecek 4. panglayar 6. panyuku

7. panyakra 9. panéleng 8. panyiku 10. panolong

11. pamingkal 9. pamaéh 12. pangwisad

Cara penulisan aksara Sunda dalam bentuk kalimat 1. Kalimat Biasa Urang kudu buméla kana bebeneran Saha anu disangka ngahianat bangsa? Jawab ieu pananya téh!

Cara penulisan aksara Sunda dalam bentuk kalimat 2. Kalimat Langsung “Mangga atuh Pa, dileueut caina, bilih kabujeng tiis manten.” “Ari ceuk Akang mah alus kénéh nu urang aksara téh, tibatan nu séjén mah.”

3. Penulisan angka

Bentuk Aksara: Variasi bentuk, ukuran, volume, kemiringan, kait, lekuk, dsb...

4. Kaligrafi Aksara Sunda

TERIMAKASIH Tedi Permadi, S. S. , M. Hum. – 0812 216 8580 Jl TERIMAKASIH Tedi Permadi, S.S., M.Hum. – 0812 216 8580 Jl. Gunung Batu RT 01 RW 04 Belakang SD Langensari 1 Ds. Langensari (Cikidang) Kec. Lembang Kab. Bandung Barat