PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 11/13

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 2/13
Advertisements

TATA CARA BERDIRI, NIAT & TAKBIRATUL IHRAM
TAHAJJUD
MEMBACA FATIHAH dan AYAT / SURAH
Hadis Rasulullah SAW tentang waktu sholat
SHALAT DHUHA
HADITS KEDUAPULUH TUJUH
FADHILA SEPTIYANING (9) FATIMAH AEWANI PUTRI (10)
Tata Cara Shalat menurut sunnah Rasul
SUJUD - Sujud Sahwi - Sujud Tilawah - Sujud Syukur
PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 9/13
TATA CARA DUDUK DUA SUJUD
Cara Sholat Rasulullah SAW (Sifat Sholat Rasul) ISLAM
PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 12/13
AQIQAH dan TASMIYAH
HADITS KEDUAPULUH DUA.
SHALAT SUNNAH KELAS VIII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG.
HADITS KEtigapuluh sembilan
Shalat Subuh dan Keutamaannya
Adalah suatu kondisi yang mana seorang hamba diberi taufiq oleh Allah Ta’ala sebelum datangnya kematian untuk meninggalkan segala macam perbuatan yang.
3 MACAM SUJUD - Sujud Sahwi - Sujud Tilawah - Sujud Syukur
SEJARAH PERKEMBANGAN HADIS NABI SAW
USHOLLI DAN QUNUT FATWA TARJIH 05.
SHALAT DHUHA
Dipo Swarna Aryan Putra
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
SHALAT DHUHA
Larangan Pergaulan Bebas dan Perzinaan
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
MA’ALLAH Upaya Menggapai Hidup Penuh Berkah
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
لَّقَدْ كَانَ فِي يُوسُفَ وَإِخْوَتِهِ آيَاتٌ لِّلسَّائِلِينَ
والعق في اللغة: القطع، ومنه عق الوالدين؛ أي قطع صلتهما
عدم الخوف أو التخوف من هذه الليلة
SHALAT-SHALAT SUNAH BAB II KELAS 11.
AGAMA ISLAM.
فَضَائِلُ الدَّعْوَةِ
SEPUTAR MAULID NABI  MUHAMMAD IDRUS RAMLI.
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
Al-Fath (Lari Dari Perang)
Surat al-Muzammil Para ulama mengatakan: Surat al-Muzammil termasuk dalam surat Makkiyyah (surat yang diturunkan sebelum Hijrahnya Nabi Muhammad saw) Jabir.
Menemani Rasulullah di Surga
sujud dalam islam Oleh: Aidan dan Rhenal NOTE:
Mari kita berdoa SK-KD Indikator ? Sujud Syukur Sujud Sahwi
Menghormati ulama dan majelis ilmu
Cinta yang membawa ke surga
Moto ; “Tidakkah aku harus menjadi hamba-Nya yang bersyukur?
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
Kepedulian Umat Islam terhadap Jenazah
HIDUP TERASA LEBIH INDAH JIKA KITA BERSYUKUR
Al-Fath (10) وَمَنْ لَمْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ فَإِنَّا أَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ سَعِيرًا Dan barangsiapa yang tidak beriman kepada Allah dan.
BAB 12: AL-QURAN DAN HADIS PANDUAN HIDUP MUKMIN.
SHALAT DHUHA
Hadis Rasulullah SAW tentang waktu sholat
Cinta yang membawa ke surga
BAB IX Salat Wajib Berjamaah.
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
Surah Ad-Dhuha Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
Firman Allah SWT: Surah Luqman [31:17] “Wahai anak kesayanganku, dirikanlah solat dan suruhlah (manusia) berbuat kebaikan serta laranglah (manusia) daripada.
Tazkiyah Nafs (Penyucian Jiwa)
MODUL SOLAT Perkara Yang Membatalkan Solat
Cinta yang membawa ke surga
SHALAT DHUHA
SHALAT DHUHA
Surah As-Syarh Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani
TUNTUNAN SHALAT TAHAJUD Mari Berilmu Sebelum Beramal dan Bersemangat untuk Beramal di atas Ilmu.
SHALAT DHUHA.
AQIDAH ISLAM Kelas VII Semester I. A. PENGERTIAN AKIDAH ISLAM 1.Pengertian Akidah Islam Menurut Bahasa Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang.
Kita mulai belajar dengan membaca - Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. - Menjelaskan tata cara sujud syukur, sujud.
Transcript presentasi:

PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 11/13 QUNUT PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 11/13 Yaa_Siin_36@yahoo.co.id

1. PENDAPAT YANG MENGANJURKAN QUNUT

HADIS TENTANG QUNUT Dari Abu Hurairah katanya: Demi ALLAH, akan aku ajarkan kepada kamu cara shalat Rasulullah SAW. Maka Abu Hurairah berqunut ketika shalat Zuhur, Isya dan Subuh mendoakan kebaikan bagi orang-orang mukmin dan mengutuk orang-orang kafir. [Bukhari, Muslim, Nas’ai, Abu Dawud, Ahmad] Dari Muhammad, dia bertanya kepada Anas, katanya: Adakah Rasulullah SAW qunut dalam shalat subuh? Jawab Anas: Ada, yaitu sesudah ruku. [Muslim] Dari Anas bin Malik, katanya: Rasulullah SAW pernah qunut sebulan lamanya dalam shalat Subuh sesudah rukuk yaitu mengutuk kabilah-kabilah Ri’il, Dzakwan dan Ushayyah karena mereka mendurhakai ALLAH dan Rasul-NYA. [Muslim] Dari Al Barra bin Azib, katanya: Rasulullah SAW pernah qunut dalam shalat Subuh dan Maghrib. [Muslim]

IJTIHAD PARA ULAMA TENTANG QUNUT Menurut Mazhab Syafii membaca qunut dalam shalat subuh adalah sunat muakkad. Andaikata ditinggalkan baik sengaja atau karena lupa, maka tidak batal shalatnya, akan tetapi harus melakukan sujud sahwi. Diriwayatkan oleh Al Hakim, bahwa Anas bin Malik berkata: Rasulullah SAW tetap melakukan qunut diwaktu Subuh hingga beliau meninggal dunia. Dikatakan oleh Al Hakim bahwa ini adalah hadis sahih. Maka akan timbul pertanyaan: Apakah boleh berqunut selain shalat subuh? Menjawab hal ini Imam Syafii mempunyai 3 (tiga) pendapat: 1) Boleh berqunut pada setiap shalat apabila timbul bencana alam atau bahaya peperangan, atau wabah penyakit atau gangguan (intimidation) kepada kaum muslimin. Jika tidak ada bencana, maka tidak boleh berqunut selain pada shalat subuh. 2) Mazhab mereka selalu membaca qunut pada semua shalat fardu, tidak terkecuali baik dalam keadaan bahaya ataupun tidak 3) Qunut boleh tidak dibaca sama sekali

TATA CARA QUNUT Qunut dibaca pada separuh terakhir bulan Ramadan pada rakaat terakhir shalat Witir. Ini masih menurut Imam Syafii dan Imam Nawawi. Menurut Mazhab Syafii dengan fatwa dari Imam Nawawi, saat membaca qunut dalam shalat subuh adalah sesudah mengangkat kepala dari rukuk (sesudah iktidal) dalam rakaat kedua. Dan menurut mazhab Syafii, bacaan qunut tidak ditentukan bacaannya. Artinya boleh membaca doa manapun atau doa-doa yang ada dalam Quran.

[Abu Dawud, Tirmizi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Baihaqi] DOA QUNUT Dari Hasan bin Ali: Rasulullah SAW mengajari aku kata-kata yang kuucapkan dalam shalat Witir: Ya ALLAH, tunjukilah aku sebagaimana orang yang Engkau beri petunjuk. Dan bebaskanlah aku (dari kekurangan lahir batin) sebagaimana orang yang Engkau bebaskan. Dan jadikanlah aku sebagai orang yang menuju hanya kepada-MU semata. Dan berkatilah aku dalam rezeki yang engkau berikan. Karena sesungguhnya Engkaulah yang mentakdirkan dan bukan Engkau yang ditakdirkan. Tidaklah hina orang yang mencintaiMU. Maha Suci Engkau, wahai Tuhan kami yang Maha Tinggi. [Abu Dawud, Tirmizi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Baihaqi]

2. PENDAPAT YANG MENOLAK QUNUT

PENDAPAT YANG MENGANGGAP QUNUT ADALAH SUNAT 1) Sebelumnya Qunut dibaca Rasulullah untuk mendoakan suatu kaum: Dari Anas bin Malik, katanya: Rasulullah SAW pernah qunut sebulan lamanya dalam shalat Subuh sesudah rukuk yaitu mengutuk kabilah-kabilah Ri’lin, Dzakwan dan Ushayyah karena mereka mendurhakai ALLAH dan Rasul-NYA. [Muslim] 2) Tetapi kemudian doa Rasulullah itu ditolak oleh ALLAH ta’ala: Dari Abu Hurairah, katanya: Pernah setelah Rasulullah SAW selesai membaca “sami’allahu liman hamidah, rabbana lakal hamdu”, kemudian beliau masih berdiri membaca doa sebagai berikut: “Ya ALLAH, selamatkanlah Walid bin Walid, Salamah bin Hisyam, Iyasy bin Abi Rabi’ah dan orang-orang mukmin yang lemah-lemah. Ya ALLAH, perberat siksa-MU atas kabilah (suku) Mudhar, dan jadikanlah tahun-tahun mereka seperti tahun-tahun yang berat bagi Yusuf. Ya ALLAH, kutuklah kabilah-kabilah (ethnic group) Lihyan, Ri’lan, Dzakwan dan Ushayyah karena mereka mendurhakai ALLAH dan Rasul-NYA.” Kemudian kami dapat kabar bahwa ……………………Bersambung….

PENDAPAT YANG MENGANGGAP QUNUT ADALAH SUNAT ---sambungan-------- Kemudian kami dapat kabar bahwa beliau meninggalkan doa itu setelah turun ayat ALLAH: “Tak ada sedikitpun campur tanganmu dalam urusan mereka itu atau Allah menerima taubat mereka, atau mengazab mereka karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang zalim.” [QS:3 Ali Imran: 128] [Bukhari, Muslim, Nasai, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad & Ad Darami]

KESIMPULAN Kita mengganggap membaca Qunut adalah sunat, artinya boleh ditinggalkan dan akan berpahala apabila dikerjakan. Karena dalil yang bertentangan sama-sama shahih. Hanya Al-Hakim yang berpendapat Nabi qunut hingga beliau wafat, namun sebagian ulama kita lebih percaya kepada Bukhari dan Muslim. Dan keyakinan mereka itu tidaklah salah. Namun kita tidak sependapat dengan Imam Syafi’i karena pendapat ulama pengikut Syafi’i yang kita ikuti mengatakan bahwa apabila qunut terlupa, kita tidak harus sujud sahwi.

Bersambung ke: Bagian 12: “Salam’”

Cinta-Rasul-Owner@yahoogroups.com JamesBondSpy_007@yahoo.de Ditulis bersama: dan Cinta-Rasul-Owner@yahoogroups.com JamesBondSpy_007@yahoo.de