ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Soal Kuis I PSBO.
Advertisements

KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
21-Aug-14 OO Concept E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Kuliah 3 : Administrative dan Introduction 8 Oktober 2010.
PEMODELAN PROSES.
CLASS DIAGRAM.
Pertemuan 6 Structural modelling
Bagaimana merancang diagram E-R yang interaktif
PERTEMUAN 4 SISTEM BASIS DATA
1 OOAD Classes. 2 Diagram Kelas Diagram kelas digunakan untuk: Memodelkan vocabulary sistem: menggambarkan abstraksi-abstraksi yang terdapat pada sistem.
Analisis Model.
Interaksi Objek.
Diagram Interaksi - Sequen Diagram
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Desain Berorientasi Obyek dan UML
Bagaimana merancang diagram E-R yang interaktif
Class Diagram.
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
WISNU HENDRO MARTONO,M.Sc
PENGANTAR KE PEMODELAN OBJEK
Keuntungan metodologi berorientasi objek.
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
UML (Unified Modelling Language)
1 Pertemuan 3 Unified Modeling language (UML) Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Object Oriented Analysis (OOA)
Oleh : Veri Julianto, M.Si
Unified Modeling Language [UML]
CLASS DIAGRAM.
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Analisis Model.
Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek (OOAD)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Thomas Andrianto, S.Si., M.Cs.
Perancangan Sistem Informasi
Pengantar Object Oriented Analysis and Design
Object-Oriented Analysis (OOA)
PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: UML (Unified Modeling Language)
PENGANTAR KE PEMODELAN OBJEK
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
Pemodelan objek.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
PENGANTAR KE UML Dewi Sartika, M.kom.
SOAL PERTEMUAN 1-6 PSBO 4 SKS
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Pemodelan Berorientasi Objek
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Konsep & Perancangan Database
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Bina Sarana Informatika
Analisis Model.
NOTASI UML DAN DIAGRAM-DIAGRAM UML
Pengantar Objek.
PEMODELAN ANALISIS RPL – PERTEMUAN 5&6.
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) PALANGKARAYA
Pertemuan 9 UML Diagram Class & Diagram Objek
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Analisa Desain Berorientasi Objek
Perkembangan Teknik Pemrograman
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML

PENDEKATAN PEMODELAN OBJEK SELAMA ANALISIS DAN DESAIN SISTEM DISEBUT OBJEK ORIENTED ANALYSIS/OOA/ANALISIS BERORIENTASI OBJEK. PENDEKATAN DIGUNAKAN UNTUK MEMPELAJARI OBJEK YG SUDAH ADA UNTUK MENGETAHUI APAKAH MEREKA DAPAT DIGUNAKAN KEMBALI ATAU DIADAPTASI UNTUK PEMAKAIAN BARU. MENENTUKAN SATU OBJEK BARU ATAU YANG DIMODIFIKASI YG AKAN DIGABUNG DENGAN OBJEK YANG SUDAH ADA KE DALAM SUATU APLIKASI KOMPUTASI BISNIS YANG SANGAT BERHARGA.

TEKNIK ANALISIS BERORIENTASI OBJEK MERUPAKAN ALAT TERBAIK YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK SEBUAH PROYEK YG AKAN MENGIMPLEMENTASIKAN SISTEM YANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI OBJEK UNTUK MEMBANGUN, MENGELOLA, DAN MERAKIT OBJEK-OBJEK ITU MENJADI APLIKASI KOMPUTER YANG BERGUNA. PENDEKATAN BERORIENTASI OBJEK DIPUSATKAN PADA SEBUAH TEKNIK YANG SERING DISEBUT OBJECT MODELING/ PEMODELAN OBJEK.

TEKNIK YANG TERKENAL: METODE BOOCH DARI GRADY BOOCH OBJECT MODELLING TECHNIQUE (OMT) DARI JAMES RUMBAUGH OBJECT ORIENTED SOFTWARE ENGINEERING (OOSE) DARI IVAR JACOBSON. MEREKA BERTIGA SEPAKAT BERGABUNG DAN MEMBUAT SEBUAH BAHASA PEMODELAN OBJEK STANDAR YAITU UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML).

KONSEP SISTEM UNTUK PEMODELAN OBJEK PENDEKATAN BERORIENTASI OBJEK PADA PENGEMBANGAN SISTEM DIDASARKAN PADA KONSEP TENTANG OBJEK YANG TELAH ADA DIDALAM SEBUAH LINGKUP SISTEM. OBJECT : SESUATU YANG ADA ATAU DAPAT DILIHAT, DISENTUH, ATAU DIRASAKAN DAN USER MENYIMPAN DATA SERTA MENCATAT PERILAKU MENGENAI SESUATU ITU. CONTOH: PINTU DAPAT DILIHAT DAN DISENTUH. ANDA MENUNGGU BUNYI TELPON YANG DAPAT DIRASAKAN.

TIPE OBJECT DAPAT TERMASUK ORANG(PERSON), TEMPAT, BENDA, ATAU PERISTIWA/KEJADIAN (EVENT) CONTOH: PELANGGAN = ORANG GUDANG = TEMPAT PRODUK, KOMPUTER = BENDA PESANAN, PEMBAYARAN, APLIKASI = KEJADIAN

ATTRIBUTE : DATA YANG MEWAKILI KARAKTERISTIK INTERES TENTANG SEBUAH OBJEK. OBJECT INSTANCE : SETIAP ORANG KHUSUS, TEMPAT, SESUATU, ATAU KEJADIAN, DAN JUGA NILAI UNTUK ATRIBUT DARI OBJEK. CONTOH: OBJEK = PELANGGAN ATRIBUT = CUSTOMER NUMBER OBJEK INSTANCE = 412209.

OBJEK BEHAVIOR ATAU PERILAKU SEBUAH OBJEK BEHAVIOR: KUMPULAN DARI SESUATU YANG DAPAT DILAKUKAN OLEH OBJEK DAN TERKAIT DENGAN FUNGSI-FUNGSI YANG BERTINDAK PADA DATA OBJEK (ATAU ATRIBUT). PADA SIKLUS BERORIENTASI OBJEK, PERILAKU OBJEK MERUJUK KEPADA METODE, OPERASI, ATAU FUNGSI (ISTILAH INI DIGUNAKAN BERGANTI-GANTI DALAM BUKU INI).

CONTOH: PINTU PADA PENDEKATAN BERORIENTASI OBJEK TERHADAP PENGEMBANGAN SISTEM. PINTU DAPAT DIASOSIASIKAN SEBAGAI BEHAVIOR YANG DIASUMSIKAN DAPAT DILAKUKAN. MISAL: PINTU DAPAT DIBUKA, DAPAT DIAM, DAPAT TERKUNCI, ATAU TIDAK DAPAT TERKUNCI.

ENKAPSULASI / ENCAPSULATION : PENGEMASAN BEBERAPA ITEM KE DALAM SATU UNIT. DITERAPKAN PADA SUATU OBJEK, ATRIBUT DAN BEHAVIOR OBJEK DIPAKETKAN BERSAMA-SAMA. MEREKA DIPERTIMBANGKAN SEBAGAI BAGIAN OBJEK ITU. SATU-SATUNYA CARA UNTUK MENGAKSES ATAU MENGUBAH ATRIBUT OBJEK ADALAH MELALUI BEHAVIOR OBJEK SPESIFIK TERSEBUT.

CLASS: SATU SET OBJEK YANG MEMILIKI ATRIBUT DAN BEHAVIOR YANG SAMA CLASS: SATU SET OBJEK YANG MEMILIKI ATRIBUT DAN BEHAVIOR YANG SAMA. KADANG DISEBUT OBJECT CLASS. CONTOH:

INSTANCE OBJEK “BUKU” KELAS “BUKU” 0-07-231-539-3: BUKU ISBN= 0-07-231-539-3 JUDUL = SISTEM ANALIS EDISI = 5 ISBN= 0-09-425685-4 JUDUL = PROGRAM VISUAL EDISI = 2 KELAS “BUKU” BUKU -ISBN -JUDUL -EDISI -OPEN +CLOSE BUKU BUKU -ISBN -JUDUL -EDISI HANYA MENAMPILKAN NAMA MENAMPILKAN NAMA DAN ATRIBUT MENAMPILKAN NAMA, ATRIBUT DAN BEHAVIOR

INHERITANCE/PEWARISAN: KONSEP DIMANA METODE DAN ATAU ATRIBUT YANG DITENTUKAN DI DALAM SEBUAH OBJECT CLASS DAPAT DIWARISKAN ATAU DIGUNAKAN LAGI OLEH OBJECT CLASS LAINNYA. SUPERTYPE : SEBUAH ENTITY YANG BERISI ATRIBUT DAN BEHAVIOR YANG UMUM BAGI SATU ATAU LEBIH SUBTYPE KELAS. JUGA DISEBUT KELAS ABSTRAC ATAU PARENT. SUBTYPE: SEBUAH KELAS OBJEK YANG MEWARISI ATRIBUT DAN BEHAVIOR DARI SEBUAH KELAS SUPERTYPE DAN KEMUDIAN MENGISIKAN ATRIBUT DAN BEHAVIOR LAIN YG UNIK KE DALAMNYA. CONTOH:

PERSON CLASS (SUPERTYPE) STUDENT CLASS (SUBTYPE), TEACHER CLASS (SUBTYPE)

GENERALIZATION/SPECIALIZATION: SEBUAH TEKNIK DI MANA ATRIBUT DAN BEHAVIOR YG UMUM PADA BEBERAPA TIPE KELAS OBJEK, DIKELOMPOKKAN (ATAU DIABSTRAKSI) KE DALAM KELASNYA SENDIRI. CONTOH:

ANAK PANAH MENGIDENTIFIKASI HUBUNGAN GENERALISASI/SPESIALISASI MENGGAMBARKAN HUBUNGAN GENERALISASI / SPESIALISASI DENGAN MENGGUNAKAN UML ANAK PANAH MENGIDENTIFIKASI HUBUNGAN GENERALISASI/SPESIALISASI

HUBUNGAN OBJEK/KELAS TIDAK DAPAT DIELAKAN HUBUNGAN OBJEK/KELAS TIDAK DAPAT DIELAKAN. GARIS HUBUNG MENGGAMBARKAN HUBUNGAN ANTAR KELAS.

MULTIPLICITY: JUMLAH KEJADIAN MINIMUM DAN MAKSIMUM DARI SATU OBJEK/KELAS UNTUK KEJADIAN TUNGGAL DARI OBJEK ATAU KELAS TERKAIT.

COMPOSITION: HUBUNGAN AGREGASI DI MANA “WHOLE’ BERTANGGUNG JAWAB ATAS PEMBUATAN DAN PERUSAKAN “BAGIAN-BAGIAN”. JIKA “WHOLE” RUSAK, MAKA “PART” JUGA RUSAK JUGA RUSAK.

AGGREGATION: SEBUAH HUBUNGAN DI MANA SATU KELAS “WHOLE” YANG LEBIH BESAR BERISI SATU ATAU LEBIH KELAS “PART” YANG LEBIH KECIL. ATAU KELAS ”PART” YANG LEBIH KECIL ADALAH BAGIAN DARI KELAS ”WHOLE” YANG LEBIH BESAR.

PESAN DAN MENGIRIM PESAN OBJEK ATAU KELAS BERINTERAKSI ATAU BERKOMUNIKASI SATU DENGAN LAINNYA DENGAN MELEWATKAN PESAN/MESSAGE.

POLYMORPHISM: KONSEP BAHWA OBJEK YANG BERBEDA DAPAT MERESPONS PESAN YANG SAMA DALAM CARA YANG BERBEDA. CONTOH: PINTU DAN JENDELA KEDUANYA DAPAT MEMBUKA DAN MENUTUP. TAPI KEGIATANNYA BISA BERBEDA.

DIAGRAM KEGIATAN: SEBUAH DIAGRAM YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENGGAMBARKAN SECARA GRAFIS ALIRAN PROSES BISNIS. DIAGRAM KEGIATAN DIGUNAKAN UNTUK MEMAHAMI SECARA LEBIH BAIK LOGIKA USE CASE DALAM KONTEKS ALIRAN LANGKAH-LANGKAH DAN SEKUENSINYA.

DIAGRAM KELAS : GAMBAR GRAFIS MENGENAI STRUKTUR OBJEK STATIS DARI SUATU SISTEM, MENUNJUKKAN KELAS-KELAS OBJEK YANG MENYUSUN SEBUAH SISTEM DAN JUGA HUBUNGAN ANTARA KELAS OBJEK TERSEBUT. DIAGRAM KELAS DIGUNAKAN UNTUK MENGORGANISASI OBJEK-OBJEK YANG DITEMUKAN SEBAGAI HASIL DARI PEMODELAN USE CASE DAN UNTUK MENDOKUMENTASIKAN HUBUNGAN DI ANTARA OBJEK-OBJEK TERSEBUT.

ADA PERTANYAAN ?