DASAR PEMROGRAMAN (VTI 301) Budi Darma Setiawan
ALGORITMA Melakukan Panggilan Telepon Angkat gagang telepon Tekan nomor tujuan Dengarkan nada tunggu Apakah diangkat? 4.1. Jika tidak: Apakah masih menunggu? 4.1.1. Jika ya : kembali ke langkah 3 4.1.2. Jika tidak : tutup telepon 4.2. Jika ya: apakah bicara? 4.2.1. Jika ya : lanjutkan bicara, kembali ke 4.2 4.2.2. Jika tidak : tututp telepon
ALGORITMA Algoritma adalah logika, metode, dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. “Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah”. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka 1988)
FLOWCHART (DIAGRAM ALIR) Diagram yang menunjukkan alur atau urutan cara berfikir suatu proses Digram alir : Program : Pembacaan data, pemrosesan data, pengambilan keputusan, penyajian hasil Sistem : menjelaskan file-file yang diproses oleh program, jenis piranti yang digunakan sistem, opresi terhadap file
SIMBOL-SIMBOL DIAGRAM ALIR PROGRAM Terminator (start/stop) Input/Output Data Manual Input Display
SIMBOL-SIMBOL DIAGRAM ALIR PROGRAM Flow Line Decision Process Predefined Process
SIMBOL-SIMBOL DIAGRAM ALIR PROGRAM On-page Connector Off-page connector Commentary
FLOWCHART (DIAGRAM ALIR) Contoh
PSEUDOCODE Menggambarkan algoritma dalam bahasa sehari-hari. Digunakan sebagai alternatif terhadap diagram alir. Pernyataan-pernyataan yang digunakan dalam pseudocode dituliskan secara singkat dan terurut. Tidak mengikuti aturan dan sintaksis bahasa pemrograman). Kata-kata kunci yang biasa digunakan dalam pseudocode antara lain: BEGIN … END -> Digunakan untuk memulai dan mengakhiri pseudocode. BEGIN merupakan baris pertama dari sebuah pseudocode, sedangkan END merupakan baris terakhirnya. ACCEPT -> Digunakan untuk mengambil masukan dari pengguna program (user). DISPLAY -> Digunakan untuk menampilkan hasil perhitungan atau keluaran program. IF … ELSE -> Digunakan dalam seleksi kondisi.
CONTOH PSEUDOCODE BEGIN ACCEPT bilangan I ACCEPT bilangan II IF bilangan I > bilangan II DISPLAY "Bilangan I lebih besar." ELSE DISPLAY "Bilangan I tidak lebih besar." END
TUGAS Kasus: Soal: User memasukkan sebuah bilangan secara manual Cek apakah bilangan tersebut adalah bilangan ganjil atau bukan Tampilkan di layar Soal: Buat algoritmanya Buat Flowchatnya
TUGAS II Buat algoritma dan flowchart untuk penjumlahan bilangan-bilangan ganjil di dalam urutan n buah bilangan ganjil Contoh: n = 4 ; Jumlah = 1 + 3 = 4 n = 10 ; Jumlah = 1 + 3 + 5 + 7 + 9 = 25