Materi 5 - Komputer Multimedia

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami etimologi multimedia
Advertisements

RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Mendesain & Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis ICT
Seminar & Workshop: Pembelajaran Berbasis Multimedia
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Teknik Presentasi Sambas Miharja, SST.
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
SIMULASI MENGAJAR.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
OLEH DRS.AGUS WASISTO DDW,MPd
Komputer untuk Pendidikan
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Protyping IMK-M5.
Aplikasi Instruksional
Pembelajaran Berazas Komputer 3 SKS Oleh : Riduan,SE.,S.Pd.,M.Pd Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara Tahun Akademik 2014/2015.
MULTIMEDIA INTERAKTIF
MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA
Apl. Psi. Kognitif Sains dlm TI
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
Desain dan pengembangan call
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
komponen antarmuka pengguna
DASAR-DASAR KOMUNIKASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Teknik Presentasi.
COMPUTER BASED INSTRUCTION
PENYUSUNAN BAHAN AJAR.
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
PENGOLAHAN INFORMASI SEBAGAI KONSEP BELAJAR
Universitas Bina Nusantara 12 Maret 2001
Prototyping
PEMBELAJAAN BAHASA ARAB BEBASIS KOMPUTER Rizka Anis Mubdiurrohmah
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Multimedia dan Pemanfaatannya dalam proses pendidikan
MENGAJAR UNTUK MEWUJUDKAN TUJUAN IPS
1.
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
Materi 3 - Komputer Multimedia
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
PENULISAN MODUL.
Sistem TEMU KEMBALI INFORMASI
Materi 2 - Komputer Multimedia
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
Model problem based learning
Sistem Belajar Jarak Jauh: Penerapannya di Universitas Terbuka
ANALISA DAN PERANCANGAN
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Sbg Media Pembelajaran Matematika
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
Prototyping Deskripsi Desain  Bagaimana kita menyatakan dengan cepat gagasan-gagasan desain ?  Tidak ada koding.
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Materi PEKERTI PRAKTIKUM Buku 1.13 disampaikan : Machmud SYAM
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
Transcript presentasi:

Materi 5 - Komputer Multimedia Komponen CAI Materi 5 - Komputer Multimedia

Aplikasi Modern Modular Tersusun dalam struktur yang jelas Umumnya berbentuk hirarkis Terkadang memanfaatkan elemen multimedia Menggunakan tool pengembangan terintegrasi & berbasis visual

Isi Aplikasi Utama Penyerta Indeks/menu Materi Petunjuk Splash/pembuka Personalisasi/kustomisasi Keterangan pembuat Subsistem update

Materi Inti CAI Tutorial Drill & Practice Simulasi Game Instruksional

Tutorial Manual/non-komputer: buku teks, perkuliahan, video, dll dst dsb Tujuan umum: sistem harus dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, menarik, dan interaktif Mencoba memodelkan teknik terbaik yang memungkinkan untuk mengajarkan suatu materi yang dipelajari

Tutorial dalam CAI Digunakan untuk menyampaikan info baru kepada siswa – keahlian tertentu, informasi, atau konsep Bersifat self-contained, penyampaian materi dari semua informasi yang relevan dilakukan hanya dari CAI Siswa terkadang diberi pertanyaan untuk verifikasi pemahaman

Tutorial CAI Efektif (1) Menyertakan: Info orientasi materi Petunjuk bagi siswa sepanjang penyampaian Umpan balik yang tepat Strategi agar materi lebih mudah dipahami Dimulai dengan aktivitas yang mempersiapkan siswa sebelum memulai, mis: grafis yang menarik, musik, skenario, atau prasyarat

Tutorial CAI Efektif (2) Mencantumkan harapan/tujuan akhir tiap penyampaian materi Memberikan penekanan pada materi yang unik, penting, atau berbeda Menampilkan langkah demi langkah untuk penyampaian proses dalam materi Umpan balik digunakan untuk mengkonfirmasi respon yang tepat, atau memperbaiki respon yang salah

Tutorial CAI Efektif (3) Berusaha memperdalam tingkat pemberian materi: Menyediakan strategi berbeda untuk mengingat materi Membuat materi relevan dan mudah dipahami Membantu memahami dan menghubungkan informasi materi lama dan yang lebih baru

Drill & Practice Latihan: untuk meningkatkan penguasaan Memungkinkan umpan balik yang memberitahukan kinerja siswa Umpan balik bersifat seketika, termasuk koreksi bila diperlukan Menghilangkan masalah-masalah pada latihan secara manual

Latihan CAI Efektif (1) Bukan memperkenalkan konsep atau materi baru, melainkan memperkuatnya Interaksi sebesar mungkin dengan siswa Memberitahukan cara yang dapat dipahami siswa untuk merespon tiap latihan Memunculkan umpan balik sesuai respon siswa Dapat memunculkan perbaikan agar siswa tahu respon yang benar-benar tepat

Latihan CAI Efektif (2) Meminimalkan bentuk respon siswa pada latihan yang ditampilkan Memfokuskan pada satu-dua keahlian tertentu terlebih dulu, bukannya langsung melatihkan banyak keahlian sekaligus Memungkinkan siswa “melarikan diri” Tampilan latihan yang sebaik mungkin (memanfaatkan medium yang sesuai secara intensif dan dapat dikendalikan)

Simulasi Mencoba meniru suatu konteks tertentu Dapat menjadi alternatif bila suatu cara pengajaran tertentu memerlukan modal tinggi (terutama biaya) secara real-time Mengurangi/menghilangkan bahaya dari konteks yang sebenarnya Memungkinkan melihat hal-hal yang sulit/mustahil dilihat mata secara biasa

Simulasi CAI Efektif (1) Memunculkan skenario suatu event atau konteks tertentu Memungkinkan siswa berpartisipasi Interaksi dengan siswa untuk pengendalian jalannya simulasi Menyediakan petunjuk untuk melengkapkan skenario Tampilan yang jelas, pada medium yang digunakan

Simulasi CAI Efektif (2) Memberikan pilihan pada siswa Memunculkan konsekuensi yang tepat sesuai respon siswa Memiliki himpunan kondisi awal/default Dapat mengidentifikasi perubahan pada elemen kritis dari skenario Memungkinkan siswa memodifikasi skenario awal