LIFE CYCLE / SIKLUS KEHIDUPAN.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perkembangan Psikologi Bayi - Remaja
Advertisements

MASA DEWASA AWAL DAN MADYA
UKURAN PERKAWINAN & PERCERAIAN
HUKUM PERSEORANGAN ADAT
Pelapisan Masyarakat/ Social Stratification
SIKLUS HIDUP, KESEHATAN DAN PERAN SOSIAL
STATUS DAN PERAN (ROLE)
Migrasi dan Life Course
Dampak Psikologis Bencana terhadap kelompok rentan
Assalamu ‘alaikum wr. wb
DAUR HIDUP MASYARAKAT JAWA
Perkembangan Fisik & Motorik wien/pgsd_perk.
LAKI – LAKI MATI LEBIH DULU DARIPADA PEREMPUAN
SISTIM STATUS DAN PELAPISAN SOSIAL
Pertemuan UAD Yogyakarta—LPMP DIY PERILAKU INDIVIDU.
SYARAT-SYARAT PEMBAGIAN WARISAN (شروط الميراث)
PEMAHAMAN, BATASAN DAN FUNGSI KELEMBAGAAN MASYARAKAT
Diferensiasi Sosial Artinya klasifikasi masyarakat secara mendatar/horizontal/tidak menimbulkan kelas-kelas sosial. Misalnya perbedaan agama, suku, klan,
DASAR KESPRO/KIA HASTUTI MARLINA. PERTEMUAN 6 1.KESEHATAN WANITA SEPANJANG SIKLUS KEHIDUPAN 2.FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKLUS KEHIDUPAN.
 ADE ERMAWATI  BERLIANI REGINA NILOPA  CICI  DESI RAHMAWATI  LITA OCKTARIA  NURJANAH  SELLY  WARDHATILLAH KELOMPOK 1.
ASPEK KEPENDUDUKAN.
STRATIFIKASI SOSIAL.
MENJADI REMAJA DI SAMOA
Di bawah ini yang bukan merupakan ciri-ciri badaniah adalah....
PERKAWINAN ADAT.
KESEHATAN MENTAL DI SEPANJANG SIKLUS KEHIDUPAN
PENDUDUK & KETENAGAKERJAAN
PRINSIP–PRINSIP Perkembangan
Perubahan Sosial Play.
STRUKTUR DAN PERSEBARAN PENDUDUK
Kebudayaan Minggu 5.
Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini
KOMPOSISI penduduk.
Perkembangan Psikologi Bayi - Remaja
PSIKOLOGI REMAJA.
MASA DEWASA AWAL DAN MADYA
TUGAS ASKEB IV -PROSEDUR PEMERIKSAAN -DETEKSI DINI
KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DALAM KONTEKS KESEHATAN MASYARAKAT
Lutvia Resta Setyawati
DINAMIKA PENDUDUK Jumlah penduduk selalu berubah karena adanya peristiwa kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk (migrasi). Tingkat kelahiran adalah.
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN by : Ane Titisemita S.Psi M.Si
Karateristik dan Perbedaan Individu
PERMASALAHAN PENDUDUK
Perkembangan Fisik & Motorik wien/pgsd_perk.
Anak dan Pekerjaan rumah tangga
Perkembangan Peserta Didik (Pertemuan 2)
PEMBINAAN PERAN SERTA MASYARAKAT
Pendidikan Informal Kelompok 4 : 1. Muh Akmal 2. Hasniar. j 3.Indiani Sada 4.Izla Faradilla.
ANTROPOSFER.
Dosen Pengampu: Hanit Nugraini Kumalasari, M. Pd
PENGUMPULAN, ANALISIS DATA TINGKAT KABUPATEN
Gizi Dalam daur Kehidupan I (GDDK)
PSIKOLOGI REMAJA Oleh : Citra Dewi, M.Psi., Psikolog
ANTROPOSFER.
Hukum Perkawinan.
PENGANTAR Rentang Perkembangan Manusia 1
DINAMIKA PENDUDUK Jumlah penduduk selalu berubah karena adanya peristiwa kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk (migrasi). Tingkat kelahiran adalah.
MATA KULIAH TINDAK PIDANA KHUSUS
STATISTIK KESEHATAN (ANGKA KEMATIAN) PERTEMUAN 11
LEMBAGA SOSIAL SOCIAL INSTITUTION
UKURAN MORTALITAS Nunik Puspitasari, S.KM, M.Kes
PERKEMBANGAN PSIKOLOGI FISIOLOGI MEMBENTUK INDIVIDU LAHIR SOSIAL
Pengertian Stratifikasi Sosial
STRATIFIKASI SOSIAL.
Sexual Behaviour Bayi dan Anak. Perkembangan seksualitas bukan hanya perilaku pemuasan seks semata, tapi juga mencakup pembentukan nilai, sikap, perasaan,
SISTEM REPRODUKSI WANITA
KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA.
Menurut WHO Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 10 tahun sampai 19 tahun.
Transcript presentasi:

LIFE CYCLE / SIKLUS KEHIDUPAN

KEBUDAYAAN MENGATUR TEMPAT DAN KEDUDUKAN INDIVIDU DALAM MASYARAKAT Pendistribusiannya didasarkan atas pertimbangan: 1. kemampuan/prestasi individu ybs. (achived status), banyak dijumpai dalam masyarakat industri. Penggolongan lebih banyak ditentukan pd fungsi kegiatan kerjanya atau prestasinya

2. Ciri yang melekat pd individu ybs 2. Ciri yang melekat pd individu ybs. (ascribed status), biasanya dijumpai pd masy. pra industri. Kebanyakan status ditetapkan berdasarkan: keturunan: kasta, bangsawan, cikal bakal…. Jenis kelamin: laki-laki, perempuan…… umur: bayi, anak-anak, remaja, dewasa….

LIFE CYCLE/ DAUR KEHIDUPAN Adalah suatu proses perjalanan hidup manusia sejak lahir sampai mati Mendasarkan diri pada proses biologi Dipakai sebagai landasan untuk menetapkan status seseorang dalam masayarakat dan untuk mengatur berbagai pola perilakunya Meskipun satu siklus merupakan satu garis yang berkesinambungan, namun secara konsepsional dapat dibagi ke dalam bagian-bagian atau tahapan-tahapan

meninggal Lahir Tua Anak-anak dewasa remaja

Saat peralihan dari satu tahapan ke tahapan berikutnya disebut dengan passage  terjadi berbagai krisis/bahaya  dijalani dengan suatu upacara yang disebut dengan RITES OF PASSAGE Maksud upacara  untuk menetralisasi efek krisis, sehingga seseorang dapat beralih dengan selamat ke tahap berikutnya Makin besar bobot krisis yang mengiringi peralihan tahapan, makin kompleks ritus yang diselenggarakan

Contoh berbagai ritus of passage Saat kehamilan: tingkeban/tujuhbulanan Sekitar kelahiran dan masa kanak-kanak: sepasaran, pemberian nama, puput puser, akikah, selapanan, potong rambut, tedak siti, melobangi telinga, ganti nama Masa remaja/pubertas: ritus inisiasi, umumnya dibedakan antara laki-laki dengan perempuan - laki-laki: upacara cacah kulit/tatto, penyunatan, sosialisasi cara hidup laki-laki - perempuan: pengasahan gigi, pelubangan hidung/ telinga, tatto, sosialisasi cara hidup perempuan Masa dewasa : perkawinan Masa tua: kematian

Kecuali ritus peralihan, ada 3 jenis ritus lain yang dikenal: Ritus of intensification suatu ritus yang dihubungkan dengan persoalan krisis dalam kehidupan kelompok Ritus of purification ritus untuk menjadikan diri kembali ke keadaan yang suci/bersih Ritus of desacralization ritus untuk mengembalikan keadaan seseorang yang dianggap tak normal karena telah berkontak dengan dunia gaib atau bersentuhan dengan kekuatan supernatural

Clifford Geertz menyebut adanya 4 macam titus/ slametan pada masyarakat Jawa: 1. Slametan yang berkaitan dengan siklus hidup 2. Slametan berkenaan hari-hari besar keagamaan 3. Slametan berkenaan integrasi sosial desa 4. Slametan sela

ANALISIS VAN GENNEP MENGENAI RITUS PERALIHAN Ritus dan upacara religi secara universal pada dasarnya berfungsi sebagai aktivitas untuk menimbulkan kembali semangat kehidupan sosial antara warga masyarakat Gejala turunnya semangat kehidupan sosial biasanya terjadi pada masa akhir suatu musim alamiah (berburu, menangkap ikan, atau suatu tahap dalam produksi pertanian) dalam tahap-tahap pertumbuhannya sebagai individu, yaitu sejak ia lahir, menjadi dewasa, hingga meninggal, manusia mengalami perubahan biologis serta lingkungan sosial-budayanya, yang dapat mempengaruhi jiwanya dan menimbulkan krisis mental

semua ritus dan upacara itu dapat dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu: (1) perpisahan, atau separation, (2) peralihan, atau marge, dan (3) integrasi kembali, atau agregation.