Gambar Ilustrasi.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
FOTOGRAFI.
Advertisements

Seni Rupa Terapan.
Sketsa Muchlis arif, S.Sn,. M,S.n.
Produksi Media Cetak GAMBAR
DISAIN TIM.
Presentasi Seni Budaya
MEMBUAT POLA MOTIF HIASAN BUSANA DAN LENAN RUMAH TANGGA
Menggambar Bentuk.
GAYA SELINGKUNG PENULISAN ARTIKEL ILMIAH
MATERI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP SENI GRAFIS DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Gambar Ilustrasi Dea rizky fauziah (04) Dewi anggraeni (05)
KELOMPOK 5 TERAMPIL MENULIS X Oleh: Amri Tegar Putra ( )
ULFA KHASAN, Karya Lukis sebagai Bentuk Penyikapan terhadap Tindak Aborsi.
TATA ARTISTIK 1: PENATAAN PANGGUNG
APRESIASI KARYA Seni Rupa Indonesia SMA Kelas XII Semester 2
BAB II BERKARYA SENI RUPA
Agnes Llewelyn  Perkembangan dunia 3D yang semakin pesat dalam berbagai media informasi maupun hiburan muncul sebagai bentuk baru yang lebih.
MENGHIAS KAIN.
RESENSI BUKU KELOMPOK 4.
PRINADA NUSA AJI, Perancangan Komunikasi Visual Ilustrasi Buku Pop-Up : Sejarah Bangunan Kota Lama Semarang.
Mata Pelajaran:Seni Budaya
SENI BUDAYA IX BAB II BERKARYA SENI RUPA.
PENGERTIAN SENI RUPA CABANG-CABANG SENI RUPA
Seni Realisme, Impresionisme dan Pasca-Impresionisme Pertemuan 12
SENI RUPA.
RAGAM SENI RUPA MURNI NUSANTARA
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
1.1 Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat
Nina Widyaningsih, S.Pd, M.Hum
MEDIA SENI RUPA Deskripsi Mata Kuliah
Teknologi Dan Rekayasa
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Kebudayaan Bali Baru (Seniman Pendatang) Pertemuan 4
PENDIDIKAN SENI VISUAL TAJUK : HARMONI
ILMU BUDAYA DASAR Yanti Trianita S.I.Kom.
SENI RUPA PAMERAN SENI RUPA.
DESAIN PORTFOLIO DSI 332.
Desain Komunikasi Visual UDINUS
Sketsa Ide/Image Store Pertemuan 22-24
Komik Minggu 1.
SENI BUDAYA Disusun Oleh: Esti Sugihandayani, S.Pd.
Desain Komunikasi Visual UDINUS
PANDUAN PEMBUATAN PRESENTASI
Menanggapi pementasan drama
Bindo sepuluh II (5) KD: 13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman Tujuan.
ILUSTRASI Ilustrasi berasal dari bahasa latin ilustrare yang artinya penampakan, kemuliaan, cahaya, penerangan dan penggambaran secara hidup-hidup. Ilustrasi.
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Aliran seni lukis 1. ROMANTISME 7. KUBISME 2. REALISME
PRA SEJARAH ANALISA KARYA masa PRA SEJARAH Pertemuan 1
ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
PRINSIP-PRINSIP KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Ilustrasi dan komik (basic)
Bab 1 Peta dan Pemetaan.
Seni rupa 2 dimensi.
Pengembangan Media Foto
Sub Tema 1 Organ Gerak Hewan Pembelajaran 1 Pembelajaran 2
MEDIA GRAFIS 2 Oleh: ROHKHIMAH dan HENY WULANDARI.
OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF
Bahan Ajar Seni Rupa Seni Rupa 2 Dimensi
BERKARYA SENI RUPA 3 DIMENSI
WEDHA’S POP ART PORTRAIT
Bab I pendahuluan 1.1 Latar Belakang Masalah Sumatra Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memilki banyak suku. Suku Batak merupakan suku.
CAHAYA, WARNA, DAN PENGLIHATAN
REKA BENTUK GRAFIK.
PENYEDIAAN BAHAN PAMERAN
MENGGAMBAR POSTER. KONSEP MENGGAMBAR POSTER BAHAN DAN TEKNIK MENGGAMBAR POSTER KOMPOSISI GAMBAR POSTER GAMBAR HURUF PROSEDUR MENGGAMBAR POSTER.
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
SENI BUDAYA IX BAB II BERKARYA SENI RUPA. Untuk menciptakan karya seni rupa perlu adanya gagasan / ide ekspresi pada seseorang yang terlibat dalam pembuatan.
Transcript presentasi:

Gambar Ilustrasi

A. Sejarah Seni Ilustrasi di Indonesia Ilustrasi bersal dari kata Ilustrare yang berarti menjelaskan Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian Seni rupa di Indonesia sudah dikenal sejak lama contoh untuk membuktikannya adalah adanya wayang kulit dan wayang golek Ilustrator yang terkenal di Indonesia seperti Ardisoma, Abdul salam, Kasidi, Nasroen. Dan Ilustrator dari Belanda adalah J. Van der Hayden, Juan Sluiters, dan Susan Beynon

1. Gambar Manusia Untuk dapat menggambar tokoh manusia kita harus mengetahui dan menguasai proporsi dan anatomi tubuh manusia Proporsi adalah perbandingan bagian dengan keseluruhan Anatomi adalah kedudukan struktur tulang dan otot yang menentukan besar kecil dan cekung-cembung (menonjol-tidaknya) tubuh manusia sehingga menetukan bentuk keseluruhan tubuh. Proporsi tokoh pahlawan: panjang kepala x 8 atau 1:8 Proporsi orang barat: panjang kepala x 7,5 atau 1:7,5 Proporsi orang Indonesia: panjang kepala x 7 atau 1:7,5

2. Gambar tokoh binatang Dalam menggambar tokoh binatang perlu juga kita memperhatikan proporsi dan anatominya Jenis dan bentuk binatang terbagi tiga yaitu: binatang darat, udara, dan air

3. Gambar Tumbuhan Menggambar tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua yaitu secara sederhana dan lengkap Dalam menggambar secara sederhana tumbuhan tidak digambar kan secara mendetail tetapi hanya kesan tumbuhan Dalam menggambar lengkap, tumbuhan digambarkan dengan mendetail dan cermat bagiannya

C. Corak Gambar Ilustrasi Realis artinya gambar dibuat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya baik proporsi maupun anatomi dibuat sama menyerupai denganobjek yang digambar Gambar ilustrasi yang bersifat karikatural dibedakan menjadi dua yaitu gambar karikatur dan gambar kartun Karikatur berasal dari bahasa Italia caricature yang berarti melebih-lebihkan atau mengubah bentuk (deformasi) Karikatur hampir sama dengan kartun yang menampilkan objek yang lucu aneh dan lucu dan bedanya jika karikatur mengandung sindiran atau kritikan Dan karikaturis Indonesia yang terkenal adalah: Sibarani, T. Sutanto, Pramono, G.M. Sidharta, Alex Dinuth Kartun adalah gambar yang berfungsi menghibur karena berisi banyak humor Dan gambar kartun dapat berupa tokoh binatang Dan sebagai bapak kartun modern adalah Wiliam Hogart yang hidup pada tahun 1967-1764 Gambar dekoratif diwujudkan dengan cara menstilir atau mengubah bentuk- bentuk yang ada di alam tanpa meninggalkan ciri khasnya

D. Ragam Gambar Ilustrasi Komik berasal dari kata comic yang berarti lucu atau jenaka Comic strip rangkaian gambar yang satu dengan lainnya saling melengkapi dan mengandung suatu cerita Cover berarti kulit atau sampul pada majalah atau buku Dalam pembuatan cover hendaknya memperhatikan isis dan karakter dari buku atau majalah sehingga buku tersebut kelihatan menarik Vignette adalah gambar yang berfungsi untuk menghias atau mengisi kolom atau halaman kosong pada majalah atau surat kabar Suatu karya satra dengan berbagai jenis, seperti cerita pendek atau cerita bergambar, akan tampak menarik bila terdapat gambar ilustrasinya

1. Media Hitam Putih Peralatan pewarnanya pada zaman dahulu adalah trekpen, karena trekpen dipakai sangat mudah sekali, yaitu dengan mencelupkan mata trekpen ke dalam tinta sampai berkali-kali Dengan perkembangan teknologi banyak peralatan yang lebih mudah dan praktis, yaitu dengan menggunakan spidol, rapido, pena, bahkan dengan komputer

2. Media Pewarna A. cat air Cat air dalam bahasa Belanda adalah water serf sedangkan dalam bahasa Inggris water colour Menurut sifatnya , cat air terbagi menjadi dua jenis yaitu transparant water colour Transparant water colour adalah cat air yang mempunyai sifat transparant atau tembus pandang Nontransparant/opaque water colour merupakan cat air yang mempunyai sifat tidak tembus pandang

E. Media Gambar Ilustrasi B. pensil warna Jenis pensil warna ini banyak mengandung lilin Bahan untuk mendapatkannya agak sulitdigunakan tergantung dari kualitas pensil warnanya Dengan ketekunan dan ketelatenan, gambar ilustrasi yang menggunakan pensil warna dapat dihasilkan dengan baik

1. Gagasan Gagasan bersumber dari bahan yang akan diilustrasikan Contohnya karya seni sastra, musik, tari, atau drama di nusantara Setelah ada gagasan tentukanlah adegan apa yang digambar Tentukan pula corak gambar dan media yang akan kamu gunakan

2. sketsa Proses menggambar yang paling awal mensket atau membuat rancangan gambar (sketsa) Gagasan yang ada dituangkan bersamaan dengan proses mensket Sket berbentuk garis dan bidang yang merupakan bentuk global (sederhana) dari gagasan kita

3. Pewarnaan Setelah sket selesai barulah kita dapat mewarnai Dalam pewarnaan menggambar ekspresi dapat dilaksakan dengan dua corak realis dan corak bukan realis Pewarnaan corak realis harus di sesuaikan dengan keadaan nyata Misalnya gunung berwarna biru, pohon berwarna hijau, tanah berwarna coklat, dan sebagainya Pewarnaan corak bukan realis lebih bebas, maksudnya tidak terikat oleh kelaziman warna Misalnya, langit diwarnai hijau, gunung diwarnai merah muda, pepohonan diwarnai biru, dan sebagainya.