MINGGU XI PERANCANGAN DENAH LAYOUT KAMAR TIDUR UTAMA APARTEMEN .

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BAHAN AJAR VI Tata Dekorasi, banyak unsur-unsur pendukung untuk keberhasilan suatu penataan ruang. Salah satu diantaranya unsur dekorasi ruang yang meliputi.
Advertisements

Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
KONSEP DASAR PENCAHAYAAN (LIGHTING)
PRINSIP DESIGN IMK.
MINGGU VIII UJIAN TENGAH SEMESTER PROGRAM KULIAH KELAS KARYAWAN
K3.
Ceiling Plan Desain Interior II Pertemuan 31,32 & 33
MODUL PERKULIAHAN JURUSAN ARSITEKTUR KELAS KARYAWAN
b. Tujuan MINGGU VIII UJIAN TENGAH SEMESTER
MINGGU KE- 4 PENJABARAN ISI SATUAN ACARA PENGAJARAN
KOMPUTER GRAFIS I METODE DASAR 1. Melihat Objek 3D
keyakinan, kepercayaan, ketelitian, kehidupan.
MINGGU KE- 2 PENJABARAN ISI SATUAN ACARA PENGAJARAN
MEMBUAT POLA MOTIF HIASAN BUSANA DAN LENAN RUMAH TANGGA
FLUKS CAHAYA [ F ] = ARUS CAHAYA
Estetika Bentuk I Minggu ke 5
minggu 8 PERANCANGAN ARSITEKTUR IV CAKUPAN ISI
minggu 11 CAKUPAN ISI TUJUAN PEMBELAJARAN KRITERIA PENILAIAN
7 Oleh Ir. Nunung Widyaningsih,Pg.Dip.(Eng)
ZISWAF ANANG SAPUTRA FAISAL SUWANDI ADE KURNIAWAN
GRAFIK PRESENTASI DR. AGUNG MURTI NUGROHO JOHANNES P.
Menggambar perspektif
CERMIN.
PENERANGAN DI TEMPAT KERJA
Macam-macam Skema Warna
Defi Purwantiana A. PGSD UKSW 2012 Pembiasan Cahaya.
PARA MITTA PURBOSARI, M.Pd
KELOMPOK X OPTIKA GEOMETRI GUNAWAN ( D )
PENGENALAN ERGONOMI INTERIOR Pertemuan ke - 11
FLOOR PLAN Desain Interior II Pertemuan 28, 29 & 30
Pengantar Rumah tinggal 3 Kamar Tidur Pertemuan 1,2 & 3
Pertemuan 6 Proses Pembentukan Benda dan Proyeksi Benda
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
PEMANTULAN CAHAYA Peserta didik dapat: 1.Memahami jenis pemantulan 2.Menyebutkan hukum pemantulan cahaya 3.Melukiskan peristiwa pemantulan cahaya 4.Contoh.
Pengukuran Intensitas Penerangan
Desain Tempat Kerja Rahmi Lubis,S.Psi.,M.Psi..
UNSUR UNSUR DESAIN BUSANA
Bidang dan Raut, Gelap terang dan Ruang
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
Penulis: Tuti Purwoningsih, S.Pd., M.Sc.
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
PENGENALAN ERGONOMI INTERIOR Pertemuan ke - 9
PENGENALAN ERGONOMI INTERIOR Pertemuan ke - 5
PENGENALAN ERGONOMI INTERIOR Pertemuan ke - 7
Sketsa Ide/Image Store Pertemuan 22-24
Ceiling Plan Desain Interior 1 Pertemuan 21-22
PRINSIP-PRINSIP KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)
Pertemuan 5 Konsep Pembentukan dan Proyeksi Benda
ONE ROOM LIVING – KONSEP DESAIN
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
Floor Plan Pertemuan Matakuliah : W Desain Interior 1
Unsur-Unsur ! i n D e s a.
Desain Interior I SKEMA HUBUNGAN ANTAR RUANG Pertemuan 9-10
PRINSIP-PRINSIP KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
PEMANTULAN CAHAYA By : Fitriani Wati.
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi 1.
PRINSIP-PRINSIP KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)
FUNGSI TATA CAHAYA DAN SIFAT CAHAYA
Penerangan Dalam Ruangan
FISIKA BANGUNAN PENERANGAN ALAMI.
Abdu Hari Wijaya Nurul Fajri
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
STRUKTUR BANGUNAN SIPIL I
Menggambar perspektif
Pengukuran Intensitas Penerangan
Desain Grafis. Disiplin Ilmu Desain Grafis Pengertian : 1. Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. 2. Bagian dari komunikasi visual.
Desain Tempat Kerja Rahmi Lubis,S.Psi.,M.Psi..
OPERATIONAL / PRODUCTION MANAGEMENT
Transcript presentasi:

MINGGU XI PERANCANGAN DENAH LAYOUT KAMAR TIDUR UTAMA APARTEMEN . SIRKULASI KAMAR TIDUR UTAMA YANG SESUAI DENGAN ERGONOMI Meliputi: 1. Sirkulasi kamar tidur membutuhkan jarak sekitar 94 – 99,1 cm antara ranjang ke dinding untuk sirkulasi dan aktivitas kerja dalam posisi jongkok. 2. Jarak minimal sirkulasi di antara ranjang dan meja rias atau dinding = 76,2 cm untuk posisi berjalan 3. Untuk pekerjaan pembersihan dengan menggunakan alat pembersih seperti : alat penyedot debu, membutuhkan jarak 121,9 – 137,2 cm. KERJA STUDIO DAN ASISTENSI. MINGGU XII PERANCANGAN TAMPAK POTONGAN KAMAR TIDUR UTAMA APARTEMEN http://www.mercubuana.ac.id

Ada tiga metoda untuk pencahayaan suatu ruang: umum, lokal, dan cahaya dan ruang suatu lingkungan interior, dan memungkinkan pemakainya melakukan aktivitas dan menjalankan tugasnya dengan kecepatan, akurasi, dan kenyamanan yang tepat. Motoda ‘Zonal Cavity’ untuk menghitung jumlah pencahayaan yang diperlukan agar mencapai tingkat pencahayaan tertentu adalah teknik yang sangat berguna, khususnya ketika seseorang mencapai tingkat pencahayaan tertentu adalah teknik yang sangat berguna, khususnya ketika seseorang mendesain penerangan ruang pada umumnya agar ruang tersebut terang merata. Walaupun demikian, perlu dicatat bahwa tingkat pencahayaan tertentu dapat dilakukan melalui berbagai macam kombinasi penyinaran. Pilihan jenis penyinaran apa yang digunakan dan bagaimana sumber cahaya tersebut diatur harus didasarkan tidak hanya pada kebutuhan penglihatan saja, tetapi juga pada sifat ruang yang sedang diterangi dan aktivitas pemakainya. Desain pencahayaan tidak hanya harus mampu memenuhi kebutuhan kuantitas cahaya yang dibutuhkan tetapi juga kualitasnya. Tata letak penyinaran dan pola cahaya yang dipancarkannya harus berkoordinasi dengan gambaran arsitektur dari ruang dan pola-pola penggunaannya. Oleh karena mata kita mencari objek yang paling terang dan kontras yang paling kuat dalam bidang pandangannya, koordinasi ini sangat penting dalam perencanaan lokal atau kegunaan tertentu. Demi tujuan perencanaan komposisi visual dari suatu desain pencahayaan, sumber cahaya dapat dianggap berbentuk sebuah titik, garis, bidang atau volume. Jika sumber cahaya ditutup dari pandangan kita, maka bentuk cahaya dan rupa dari permukaan yang disinari harus dipertimbangkan. Apakah pola sumber cahaya standar atau bervariasi, desain pencahayaan harus seimbang dengan komposisinya, menyediakan sentuhan ritme yang tepat, dan memberikan penekanan pada hal-hal yang memang penting. Ada tiga metoda untuk pencahayaan suatu ruang: umum, lokal, dan cahaya aksen. Pencahayaan umum atau baur menerangi ruang secara agak merata dan umumnya terasa baur. Sifat cahaya yang menyebar dapat mengurangi kesan kontras antara pencahayaan untuk kegunaan tertentu dan permukaan yang mengelilingi ruang tersebut dengan efektif. Pencahayaan umum juga dapat digunakan untuk mengurangi kesan bayangan, menghaluskan dan memperluas sudut-sudut ruang, serta menyediakan level pencahayaan yang memadai agar dapat bergerak dengan aman dan untuk kepentingan pemeliharaan umum. http://www.mercubuana.ac.id

Penerangan lokal atau penerangan untuk kegunaan khusus menerangi sebagian ruang untuk penampilan tugas atau aktivitas visual tersebut. Sumber cahaya biasanya dipasang dekat dengan – di atas atau di samping – permukaan yang diterangi, sehingga memungkinkan pemakaian daya listrik yang lebih efisien daripada penerangan umum. Penerangan ini biasanya merupakan bagian dari penerangan langsung, dan pengaturan tingkat terang (dengan alat ‘dimmer’ atau ‘rheostat’) dan arahnya selalu lebih baik. Untuk menekan resiko timbulnya rasio tingkat terang yang tidak diharapkan antara bidang yang diterangi dengan penerangan di sekitarnya, penerangan untuk kegunaan khusus sering dikombinasikan dengan penerangan umum. Tergantung dari jenis sumber cahaya yang digunakan, pencahayaan lokal juga dapat mendukung penerangan umum dari suatu ruang. Selain membuat tugas visual lebih mudah dilihat, pencahayaan lokal juga dapat menciptakan variasi dan daya tarik, partisi suatu ruang menjadi beberapa bagian, mengelilingi kelompok perabot, atau memperkuat karakter sosial suatu ruang. Lampu aksen adalah bentuk dari pencahayaan lokal yang menciptakan titik fokus atau pola-pola ritme dari cahaya dan kegelapan dalam ruang. Bukan hanya berfungsi menyinari suatu tempat atau aktivitas tertentu, pencahayaan aksen juga dapat digunakan untuk mengurangi kesan monoton dari penerangan umum, menonjolkan keistimewaan ruang tersebut, atau menerangi objek seni atau benda koleksi berharga lainnya. http://www.mercubuana.ac.id