MEMPERKENALKAN OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING ( Pemrograman Berorientasi Objek) 1.Rena Dwi Aprillusia 2. Norita Debby Pravitasari.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Objek
CodeIgniter By ISNARDI, M.Kom.
FUNGSI Deklarasi dan Definisi fungsi Void dan Non-void Fungsi main.
Oleh Ardian M. Prastiawan 9/12/2014 2:00:42 PM1. Materi 9/12/2014 2:00:42 PM2 1. Mangenal Delphi – 2 x Pertemuan 2. Mengenal IDE – 3 x Pertemuan 3. Object.
GUI Design Event-Driven Programming Basic Windows Controls
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
UPI CONVENTION CENTER [UPI-CC] UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA “ YPTK “ UPI CONVENTION CENTER [UPI-CC] UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA “ YPTK “ PADANG, 08 Agustus.
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Desain Berorientasi Obyek dan UML
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati.
Objek-Oriented Programming (OOP) Dosen Pengampu : Nur Iksan Dosen Pengampu : Nur Iksan.
MEMPERKENALKAN OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING ( Pemrograman Berorientasi Objek) 1.Rena Dwi Aprillusia 2. Norita Debby Pravitasari.
DIAGRAM ALIRAN DATA FISIK
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
Object Oriented Programings Pertemuan 11
Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman 1-C
STUDY CLUB “Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek”
Perancangan Sistem Dengan menggunakan UML
Perancangan dan Pemrograman Web
J Refleksi Pembelajaran dan Tindak Lanjutnya melalui PTK
Object Oriented Programming
PHP - Pemrograman Berorientasi Obyek
Outline: Class Objek Konstruktor Destruktor Overloading dan Tipe value
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Perancangan Sistem Dengan menggunakan UML
Pemrograman internet ABU SALAM, M.KOM.
OOP.
POLYMORPHISM.
(Object Oriented Programming)
Object Oriented Programming
METODE (2) SUSSI.
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Pertemuan I (Pendahuluan VB.NET) Pemrograman Visual II
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
APLIKASI ADMINISTRASI PADA KURSUS Himawan,
Bina Sarana Informatika
Pengenalan Borland Delphi 7.0
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pemrograman Berorientasi Obyek dengan PHP
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
DIKLAT DASAR-DASAR AUDIT
OOP Pertemuan 7 Febriyanno Suryana, S.Kom, MM
Bina Sarana Informatika
Bina Sarana Informatika
INTRODUCTION TO C++
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman C (IN124C) Ramos Somya, S.Kom., M.Cs..
INTRODUCTION TO C++
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
08 PEMOGRAMAN WEB ENTERPRISE Aplikasi web Module Hariesa B.P, ST, MM
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
PEMROGRAMAN WEB BERBASIS FRAMEWORK 01. SAP
DIKLAT DASAR-DASAR AUDIT
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman C (IN124C) Ramos Somya, S.Kom., M.Cs..
PEMROG.BERORIENTASI OBJ.LANJUT
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
PEMBUATAN APLIKASI COUNTRYPEDIA DENGAN MENGGUNAKAN Handyka Fadillah
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
#TIPS-PRO MEMAKSIMALKAN GRABFOOD
Transcript presentasi:

MEMPERKENALKAN OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING ( Pemrograman Berorientasi Objek) 1.Rena Dwi Aprillusia 2. Norita Debby Pravitasari

MEMAHAMI ALASAN UNTUK MENGGUNAKAN OOP Pemrograman berorientasi objek adalah cara coding yang mengatur program Anda, mendorong konsistensi, mengurangi kompleksitas, meningkatkan fleksibilitas, dan mempromosikan keamanan yang lebih baik. OOP juga menggunakan yang disebut enkapsulasi. Enkapsulasi adalah konsep bahwa apa yang Anda lakukan dalam satu bagian dari program Anda tidak dipengaruhi dan tidak mempengaruhi bagian yang lain. Selain itu, OOP cocok untuk menerapkan kedua pola desain, yakni desain program pemodelan, dan MVC (Model-View-Controller).

MEMPERKENALKAN KONSEP OOP Obyek dan Kelas OOP adalah cara berpikir tentang apa yang harus Anda capai dalam hal objek (benda) dan tindakan (kata kerja). Sebuah objek adalah Instansiasi kelas yang berisi properti dan metode. Contoh ponsel, Ponsel itu sendiri adalah obyek. Telepon ini mempunyai tinggi 4,5 inci, sebesar 2,3 inci, tebal 37 inci. Memiliki 32GB penyimpanan dan berat 4,8 ons. Berisi spesifik lagu, nomor telepon, dan ebooks. Ini adalah properti yang dimiliki telepon. Properti adalah informasi. Ponsel ini dapat melakukan tindakan. Anda dapat melakukan panggilan telepon, mengambil gambar, menelusuri internet, atau memutar lagu. Masing-masing jenis tindakan adalah metode. Ini adalah kata kerja, tindakan yang dapat dilakukan.

Untuk menggambarkan konsep yang lebih jelas, berikut adalah beberapa contoh lainnya : Kelas Pelanggan Properties : Nama depan, nama belakang, perusahaan, alamat, , nomor telepon Metode : Tempatkan pesanan, menanyakan tentang perintah, mengubah alamat Kelas Produk Properti : Nomor Produk, deskripsi, biaya, harga, kuantitas, citra produk Metode : Meningkatkan kuantitas ketika produk diterima, menurunkan kuantitas ketika produk dikirim, memformat harga Kelas Artikel Properties : Judul, penulis, abstrak, konten, peringkat, link permanen Metode : Periksa otoritas yang tepat untuk melihat artikel, menyimpan artikel ke database, menghapus artikel dari database, memformat artikel untuk ditampilkan

Memperluas Kelas Anda dapat menciptakan sebuah kelas induk yang berisi fungsi umum dan properti dan kemudian membangun lebih rinci kelas di atasnya. Misalnya, kelas Telepon ini dapat menerima panggilan dan melakukan panggilan secara otomatis serta mampu mengambil nomor telepon dari buku alamat. Sebuah kelas Cellphone meluas menjadi kelas Smartphone dan mampu melacak kalender, browsing Internet, dan memutar lagu-lagu.

BELAJAR VARIASI DALAM SIARAN PHP BERBEDA Fitur OOP relatif baru untuk PHP. Mereka ada di PHP4 tetapi lebih lengkap dikembangkan di PHP5, khususnya 5,2. Juga, PHP 5.3 memperkenalkan fitur tambahan. Anda harus dapat mengenali sisa-sisa dari sebuah coding style : Lewat Referensi: Bila Anda menetapkan sebuah objek ke variabel itu digunakan untuk membuat salinan objek. Sekarang menciptakan acuan agar perubahan baik asli atau objek baru mempengaruhi. Visibilitas & Akhir: Kemampuan untuk mengubah lingkup sifat dan fungsi.

Konstruktor : Sebuah metode opsional ketika Anda membuat sebuah objek. Konstanta Kelas dan Metode Static: Ini adalah cara untuk menggunakan kelas tanpa membuat obyek. Abstrak Kelas : Ini adalah jenis khusus dari kelas induk yang dapat Anda gunakan untuk kelas lainnya. Fungsi The Autoload : Ini adalah cara untuk memuat kelas Anda secara otomatis tanpa membutuhkan daftar panjang pernyataan require_once.

Langkah-Langkah Tuliskan sifat dan metode objek Contact yang mungkin perlu. 1. Properti adalah potongan informasi tentang Contact. Properti meliputi: Nama depan Nama belakang Posisi Telepon 2. Metode adalah fungsi objek yg akan dibutuhkan. Sebuah metode yang merakit nama lengkap dari nama depan terlebih dulu dan nama belakang.

TERIMA KASIHTERIMA KASIH