Desain Karakter Game Agung Toto Wibowo

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
FOTOGRAFI.
Advertisements

Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
DASAR KOMPOSISI PADA FOTOGRAFI
KONSEP DASAR PENCAHAYAAN (LIGHTING)
Gambar Ilustrasi.
Agung Toto Wibowo Bourg, David M., dan Seeman, Glenn, ”AI for Game Developers “, O'Reilly, 2004 Russell,
MEMBUAT POLA MOTIF HIASAN BUSANA DAN LENAN RUMAH TANGGA
Estetika Bentuk I Minggu ke 5
Lets DRAW ! Menggambar Karakter (bagian
Menggambar Bentuk.
SKETSA DAN GAMBAR TEKNIK
Dasar Perancangan Teknik Industri
GRAFIK PRESENTASI DR. AGUNG MURTI NUGROHO JOHANNES P.
DASAR-DASAR SENI RUPA.
DASAR-DASAR SENI RUPA.
Unsur / Komponen Desain Grafis
GEOMETRI TIGA DIMENSI.
APLIKASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
APLIKASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
ZISWAF ANANG SAPUTRA FAISAL SUWANDI ADE KURNIAWAN
GRAFIK PRESENTASI DR. AGUNG MURTI NUGROHO JOHANNES P.
BAB II BERKARYA SENI RUPA
PEMBUATAN0GAME0PUZZLE0MENGGUNAKAN0MACRO MEDIA Enok Asmiarti for further detail, please visit
Komponen / Elemen Desain Grafis
PENGERTIAN SENI RUPA CABANG-CABANG SENI RUPA
PEMBUATAN GAME ”FUN PUZZLE” DENGAN MENGGUNAKAN Ratih Handayani
Unsur Gambar dan Dasar Menggambar Bentuk
Komponen / Elemen Desain Grafis
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
DIGITAL PUBLISHING – iii LOGO
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
UNSUR UNSUR DESAIN BUSANA
EMBROIDERY.
PRINSIP-PRINSIP ANIMASI
Bidang dan Raut, Gelap terang dan Ruang
Mengubah Gambar Bitmap Menjadi Vektor
Definisi Desain Grafis
PENGANTAR GAMBAR TEKNIK
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
Desain Interior II PERSPEKTIF dan MAKET Pertemuan 37, 38 & 39
Pertemuan 2 Titik dan Garis Godham eko saputro, S.Sn, M.Ds
ELEMEN BIDANG ELEMEN BIDANG Sanuka T. D / KKN-PPL UNY 2013.
Menggambar Bangun Ruang
SENI BUDAYA Disusun Oleh: Esti Sugihandayani, S.Pd.
Definisi Desain Grafis
Pertemuan 3 PENGETAHUAN DAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP DESAIN DALAM VISUAL WARDROBE, 1.
Unsur-Unsur ! i n D e s a.
Komponen / Elemen Desain Grafis
GEOMETRI TIGA DIMENSI.
BANGUN RUANG “LIMAS”.
SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG
PENGANTAR GAMBAR TEKNIK
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi 1.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
Teknik Presentasi sketsa produk.
Komponen / Elemen Desain Grafis
Teori tentang Desain Komunikasi Visual
ANGGOTA : Kelompok 2 ENDAH SETIYARINI NIM
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
Mengidentifikasi Perangkat Lunak Pembuat Grafis Definisi Desain Grafis Tujuan Desain Grafis Manfaat Desain Grafis Elemen Desain Grafis Prinsip Dasar Desain.
Komponen / Elemen Desain Grafis
Desain Grafis. Disiplin Ilmu Desain Grafis Pengertian : 1. Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. 2. Bagian dari komunikasi visual.
BENTUK Setiap objek dalam lingkungan memiliki bentuk sendiri. Sebagian besar permainan dan aktivitas bayi selama tahap sensorimotor pusat belajar tentang.
Studio Bentuk Arsitektur Bentuk Prinsip-prinsip perancangan.
PRINSIP-PRINSIP ANIMASI 12 Principles of Animation.
MENGGAMBAR POSTER. KONSEP MENGGAMBAR POSTER BAHAN DAN TEKNIK MENGGAMBAR POSTER KOMPOSISI GAMBAR POSTER GAMBAR HURUF PROSEDUR MENGGAMBAR POSTER.
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
SENI BUDAYA IX BAB II BERKARYA SENI RUPA. Untuk menciptakan karya seni rupa perlu adanya gagasan / ide ekspresi pada seseorang yang terlibat dalam pembuatan.
Transcript presentasi:

Desain Karakter Game Agung Toto Wibowo http://gameprogramming.blog.ittelkom.ac.id/blog/ Resource : Pardew, Les, "Beginning Illustration and Storyboarding for Game", Thomson Course Technology PTR, 2005

Pendahuluan Salah satu aspek terpenting dalam game art, Hampir semua genre membutuhkan karakter (termasuk puzzle - jarang), Karakter game meliputi semua intelligence people atau creature pada game, Karakter tidak melulu fix, terkadang user dapat membangun karakternya sendiri.

Tipe karakter game Player Character Non-player Character (NPC) Enemies Karakter dikontrol oleh pemain, atau beberapa pemain Pada beberapa game satu player mengontrol satu karakter, beberapa satu player mengontrol banyak karakter (strategy, sport) Non-player Character (NPC) Terbagi dalam allies, facilitators, and decoration. Menunjukkan reaksi yang terbatas, tetapi umumnya tidak bermusuhan kecuali diprovokasi. Contoh pada sport : cheerleder, juri, announcer, etc. Enemies Terbagi menjadi rivals, aggressive enemies, and passive enemies. NPC yang menghalangi pemain memenangkan game. musuh bisa cerdas dan licik, atau mungkin agresif.

Mendapatkan Ide Tempat umum Artists’ work Kehidupan sehari-hari Komik, buku, sejarah, budaya Study purpose, bukan untuk mencopy

Tips Membuat Karakter Riset dan Evaluasi Desain dan Rencana jadikan karakter-karakter yang gagal dan berhasil sebagai pelajaran. Desain dan Rencana Rencanakan baik-baik karakter yang akan dibuat Untuk Siapa Karakter Dibuat? Karakter untuk anak-anak berbeda dengan karakter untuk game dewasa. Berikan Keunikan Visual Tersendiri Hindari kemungkinan sama dengan karakter game lain Kualitas Garis Pinggir atau Stroke Stroke yang tebal, bulat, dan lembut cocok untuk karakter lucu dan imut, garis-garis yang tajam, seperti sketsa, cocok untuk karakter jahat.

Tips Membuat Karakter Exaggeration! Pilih Warna yang Tepat Buatlah karakteristik karakter yang akan dibuat seheboh mungkin! Pilih Warna yang Tepat Warna-warna gelap cocok untuk karakter jahat atau serius. Sementara warna terang digunakan untuk karakter-karakter baik. Tambahkan Aksesoris Agar lebih menarik! Tambahkan Dimensi Ketiga Buatlah karakter sedemikian rupa sehingga memiliki karakteristik 3 dimensi (walau hanya ilusi). Tambahkan “Personality” Karakter dengan desain yang baik memang bagus, tapi karakter dengan personality adalah luar biasa! Tips lain : http://grafistv.com/site/index.php?option=com_kunena&Itemid=196&func=view&catid=15&id=517

Menggambar kepala

Menggambar Tubuh

Contoh Lain

Model Sheet Karakter Template konsep untuk membantu tim development menciptakan model karakter yang akurat. Berbentuk orthographic rendering dari sudut pandang yang berbeda-beda. Dirancang untuk memberikan tim pengembangan informasi penting tentang karakter secara detail. Pergerakan baju, animasi wajah, lighting, bump mapping, dan transparency.

Membangun Model Sheet Buat isometric (flat view) dari karakter. Gambar side view, gunakan line untuk membantu meletakkan objek. Gambar rotated view, gambar bagian top. Buat orthogonal view dari objek dalam berbagai sudut sehingga didapat kombinasi yang lengkap.

Memanfaatkan Model Sheet Digunakan sebagai base model Untuk pembangunan model berikutnya. Termasuk pergerakan karakter.

Contoh Lain

Contoh Lain

Contoh Lain

Menggambar Agung Toto Wibowo http://gameprogramming.blog.ittelkom.ac.id/blog/ Resource : Apriyatno, Veri, “Cara Mudah Menggambar dengan Pensil", Kawan Pustaka, Jakarta, 2004

Unsur-unsur Rupa Garis Bidang dasar dua dimensi Garis lurus, lengkung, patah-patah, acak Bidang dasar dua dimensi Segitiga, lingkaran, persegi Bidang Dasar Tiga Dimensi Kubus, limas, bola, tabung

Unsur-unsur Rupa Arsir Pengulangan garis secara acak dan saling menyilang dengan tujuan mengisi bidang gambar kosong Fungsi : memberi kesan bentuk dan volume, kesan jarak kedalaman, mengisi bidang kosong, finishing touch

Unsur-unsur Rupa Repetisi Penggambaran bidang atau bentuk tertentu yang dilakukan secara berulang, sehingga menjadi motif dan ragam hias.

Isometri Teknik menggambar objek yang ukurannya lebih kecil dari manusia, yang disederhanakan dari kotak, atau persegi.

Anatomi Hal penting : proporsi perbandingan antara besar kepala, badan, dan anggota badan. Metode, bisa melihat manusia secara langsung sebagai model.

Proporsi Kepala - Depan Seperti sebuah lingkaran besar, beririsan dengan lingkaran lebih kecil, sehingga bentuk dasar bulat telur. Gunakan garis bantu horisontal untuk letak garis mata, telinga, hidung, dan mulut

Proporsi Kepala - Samping Secara struktur kepala tampak samping sama dengan kepala tampak depan, hanya saja bulatan kecil sedikit ke samping.

Proporsi Kepala – Dua Pertiga, Atas Secara struktur kepala tampak dua pertiga hampir sama dengan struktur tampak samping, hanya garis bantu alis dan hidung dibuat melengkung mengikuti bentuk bulat kepala.

Anatomi Dewasa – Depan, Samping

Anatomi Dewasa – Dua Pertiga, Persendian