Studi Islam I (Aqidah) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Q.S. At-Tahrim Ayat 8.
Advertisements

“... dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).”
jadibersabarlah doakankamiagartetapbersamaorang-orangyangbersabar.
MU’JIZAT AL-QURAN.
PERANAN MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH QS AL BAQARAH AYAT 30
BAB 1 AL-QUR’AN Standar Kompetensi
Akhlaq Terpuji Nama Kelompok 1. Indah W.(02) 2. Ridwan I. W.(04) 3. Amalia N.(23) 4. Dyah Ayu P.(25) 5. Ferdian Ade J.(26) 6. M. Arfan F.(27) 7. Wardani.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
Program Pelatihan Dzikir Nafas
FITNAH PERTAMA: POHON KHULDI وَلا تَقْرَبَا هَذِهِ الشَّجَرَةَ
Bab IV Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah dan Hamba Alloh SWT
BAB I MANUSIA DAN TUGASNYA
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Kejadian Manusia Menurut Al-Quran
OLEH : 1.JENAL ABIDIN NURFALAH 2.HASBI A.A 3.TRI SUTARNO 4.CIPTA MAULANA SOLEH 5.WIDIYANTO 6.HENDI ARIF. K FAKULTAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (FPAI) UNIVERSITAS.
Agama Islam Pertemuan ke-3.
Perilaku beriman kepada Malaikat
Nikah, Keluarga, dan Kelestarian Ummat Manusia
Bab 1 Prinsip Ibadah dan syariat islam
Materi II KEBENARAN TAUHID Orientasi Nilai-Nilai Dasar Islam (ONDI)
OLEH PURNAMA TIMUR MS. ST IKE NILAWATI R. M.Pd
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
PENDIDIKAN KARAKTER FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
Miftachul Choiriyah. Motivasi sebagai Substansi Kehidupan Motivasi adalah Kristalisasi formula-formula visi, misi serta orientasi yang terpadu dan terintegrasi.
Manusia dan Agama.
Ma’rifatul Insan Kompetensi Dasar : Mengetahui asal usul manusia
Oleh: Ruslan A Ghofur Noor
KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DAN PENTINGNYA PENDIDIKAN KELUARGA BAGI ANAK PRITA KARTIKA, M.PD.
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
BAB II IMAN DAN TAQWA.
Penanggulangan Bencana dalam Perspektif Islam “Spirit AL-MAUN dan Aktivisme Kemanusiaan Muhammadiyah” Rapat Kerja Nasional PP ‘Aisyiyah Lembaga Lingkungan.
PENDIDIK DALAM ISLAM A. PENGERTIAN
DEFINISI MAHA LUAS Pendidikan adalah Hidup.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
Pada Mata Kuliah PENGEMBANGAN KURIKULUM
Materi I AQIDAH Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
TA’RIF (DEFINISI) TARBIYAH ISLAMIYAH Tarbiyah Islamiyah adalah: “Cara ideal dalam berinteraksi dengan fitrah manusia, baik secara langsung (berupa.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
IMUNISASI MR.
DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN “HAKEKAT MANUSIA”
Oleh: Edi Suwanto dan Muhammad Suderajat
KELOMPOK 8 NELLA SORAJAGUSTI NILA KHOIRUL NAIM NURINDAH BUDIYANI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
Potensi Dasar Manusia Anwar Ma’ruf, ST., MT..
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kandungan Kalimat Syahadat (Madlulusy syahadah)
HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HAKIKAT PENDIDIKAN DAN MENDIDIK
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
Kesempurnaan Ajaran Islam
Al Baqorah: 30 Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata:
Studi Islam I (Aqidah) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Oleh: KARYOTO WIRO SANTOSO
Hak asasi manusia dan demokrasi DALAM islam
HUBUNGAN MANUSIA DENGAN AGAMA
UQDATUL KUBRO Dari mana saya? Mau apa saya? Mau kemana saya?
(BEBERAPA ASPEK TENTANG IBADAH DAN AKHLAK)
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
BAB 1 DASAR-DASAR PENCARIAN KEBENARAN
Kepentingan Mengenal Diri
KONSEP HUKUM DAN SUMBER HUKUM ISLAM MAKALAH UNTUK MEMENUHI TUGAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Kelompok 3/ Kelas 40 Jatmiko Dwi Purnomo ( ) Putri Nurul.
Transcript presentasi:

Studi Islam I (Aqidah) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لاَ تَعْلَمُونَ (سورة البقرة:30) Studi Islam I (Aqidah) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Studi Islam I (Aqidah) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta وَعَلَّمَ آَدَمَ الأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلائِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَؤُلاءِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (31) Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!" Studi Islam I (Aqidah) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Studi Islam I (Aqidah) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta قَالُوا سُبْحَانَكَ لا عِلْمَ لَنَا إِلا مَا عَلَّمْتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ (32) Mereka menjawab: "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana Studi Islam I (Aqidah) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Studi Islam I (Aqidah) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta قَالَ يَا آَدَمُ أَنْبِئْهُمْ بِأَسْمَائِهِمْ فَلَمَّا أَنْبَأَهُمْ بِأَسْمَائِهِمْ قَالَ أَلَمْ أَقُلْ لَكُمْ إِنِّي أَعْلَمُ غَيْبَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَأَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا كُنْتُمْ تَكْتُمُونَ (33) Allah berfirman: "Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini." Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: "Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?" Studi Islam I (Aqidah) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Falsafah Pendidikan Islam Menjadi manusia mulia Bertujuan untuk: Peradaban Ilmu Menyadarkan akan kewajiban manusia sebagai Abid Menyadarkan akan peran dan fungsi manusia sbg khalifah Peradaban Membaca

Pengertian Pendidikan Proses perubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/latihan bagi peranannya di masa yang akan datang (UU No.2 Th. 1989 Tentang SISDIKNAS)

Education is the process by which nonphysical possession of culture are preserved or increased in the rearing of the young or the instruction of adult (Kingsley Price)

Beberapa pendapat ulama islam Ibn Maskawih (421 H.). pembinaan yang dilakukan secara serius melalui proposionalitas dengan memperhatikan kafasitas murid sehingga memperoleh hasil yang dilakukan sejak dini. (Minhaju al-Quran fi Tarbiyyati ar-Rijal(ttp:Maktabah Syirkah,vet.I,1981), hlm. 5. An-Nahlawi dalam Usulu at-Tarbiyah…: Pendidikan adalah kegiatan yang betul-betul memiliki sasaran, tujuan dan target sesuai dengan syariat agama yang dilakukan dengan metodologi proposional serta memperhatikan tahapan-tahapan dari perkembangan anak. Ibid…. an-Nahlawi Usulu at-Tarbiyyah,hlm.32

Dr.Kholid Bin Hami al-Hazimi dalam Usulu at- Tarbiyah al-Islamiyah : pendidikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan secara sunguh-sungguh melalui bembingan keimanan serta pemberian pemahaman, serta intraksi aktif antara keduan fihak Ini adalah hasil definisi final yang dilakukan al-Hazimi setelah merinci pembagian pendidikan secara umum dan khusus yang diawali dengan pengartian mufradat serta pendapat- pendapat para ulama. Rincinya baca Hamid al- Hazimi, Usulu at-Tarbiyyah al- Islamiyah(Riyadh:Dar ‘Alim al-Kutub, cet. I, 2000), hlm17-22

Pengertian Pendidikan Islam Dari term-term di atas yang dimaksud pendidikan Islam adalah proses pembinaan, penumbuhkembangan ilmu, kesadaran, sikap, spiritualitas seorang manusia agar menyadari tujuan, fungsi dan perannya di bumi (sebagai hamba dan khalifah). Jadi perbedaan mendasar dengan definisi pendidikan pada umumnya adalah pada sisi spiritualitas manusia. Sumber pendidikan Islam adalah al-Qur’an dan as-sunnah.

Potensi Manusi Potensi Manusia Kognisi Afeksi Sikap Spiritualitas

Term-Term Pendidikan dalam Islam Tarbiyah (pendidikan). Ta’lim (pengajaran). Ta’dib (pembinaan).

Pengertian Tarbiyah Rabaa yaribuu yang artinya bertambah dan berkurang. [ar-Rum(30):39]. Rabiya yarbu, artinya bertumbuh dan berkembang. Rabba yarubbu artinya memperbaiki, menguasai, memimpin, menjaga dan memelihara. Lihat Syauqi Sa’id Syarif Mu’jam Musthalahat al- ‘Ulumu at-Tarbiyah:al-‘Arabiy-al-Injiziy (T.tp:Maktabah al-‘Abikah), hlm.23

Maka yang dimaksud dengan tarbiyah adalah menjaga dan memelihara, mengembangkan potensi berdasarkan bakat anak, dan mengerahkan segenap usaha dalam mengembangkan potensi tersebut secara bertahap sehingga mencapai kesempurnaan

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا [الإسراء/24] “Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.”

Ciri-Ciri Tarbiyah Menumbuhkan Spiritualitas Memelihara dan mengembangkan potensi Berorientasi pada Tuhan (Rabb)

Pengertian Ta’lim Berasal dari kata ‘allama yu’allimu, artinya mengajarkan. Dengan menggunakan teori istiqoq (etimology) terkait dengan kata ‘alima ya’lamu, artinya mengetahui. Pengetahuan yang didapat dari proses pengajaran. Juga terkait dengan kata ‘amila ya’malu yang artinya berbuat. Perbuatan itu dilakukan karena kesadaran.

Karakteristik Ta’lim Pengembangan dalam hal kognisi, dan perbuatan yang dilatih. Pembinaan akal. Dalam bahasa lainnya dapat disebut dengan pembelajaran.

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ [النحل/78] “Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui apapun, Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur.”

Pengertian Ta’dib Kata ta’dib bersal dari kata adab, yang artinya akhlaq, perbuatan dan prilaku. Jadi Ta’dib adalah proses pembinaan akhlaq dan prilaku. Ciri utamanya adalah berorientasi pada akhlaq, prilaku, kepirbadian dan sikap.

Pembentuk Karakter Belief System Knowledge Self Image Habit

Tujuan Pendidikan Islam Tujuan pendidikan adalah agar peserta didik menjadi manusia yang sesuai dengan fitrahnya yang ia miliki sehingga terbinanya kehidupan yang mandiri dan berbobot. Tujuan Pendidikan adalah terwujudnya kehidupan yang ideal dalam segala segi, yang dalam hal ini tebntuk melalu Ahsanu Amala, Ahsanu Qaula dan Ahsanu Taqwim. Tujuan Pendidikan adalah agar dapat menikmati hidupnya dengan penuh rasa tanggung jawab dan mengerti akan tugas dan kewajibannya sebagai individu maupun kelompok dalam masyarakat dan mencapai ridha Allah.

Tujuan pendidikan adalah agar terciptanya kehidupan yang baik, memiliki mentalitas serta menjadi manusia mandiri dalam berkehidupan social dan terlebih lagi di kehidupan yang akan dating. Tujuan pendidikan adalah membentuk pribadi priiibadi yang mampu mengambangkan dirinya untuk masa depan dirinya kelauarga masyarakat dan bangsa.

Yang dipelajari dalam pendidikan Islam; Ilmu agama Ilmu Ilmu Umum Artinya, pendidikan Islam non-dikotomis. Tidak memisahkan antara ilmu-ilmu agama dan umum. Paradigma pendidikan Islam kontemporer integrasi interkoneksi. Integrasi artinya meyatukan Interkoneksi artinya saling terkait dua komponen yang sama-sama penting.

Karakteristik Pendidikan Islam Memberikan penyadaran akan kewajibannya untuk beribadah kepada Allah. Memberikan penyadaran akan peran dan posisinya sebagai khalifah di bumi. Dalam prakteknya Non Dikotomis, tidak memisahkan ilmu DUNIAWI dan AGAMA. Dalam kurikulumnya Integralistik, mengembangkan empat potensi manusia. Bersumber pada al-Qur’an dan as-sunnah. Orientasi akhirnya meningkatkan derajad manusia.