MACROMEDIA FLASH
Pertemuan III Symbol / Library Symbol : Graphic Lesson 3 : Symbol Symbol : Movie Clip
Symbol / Library Library = perpustakaan Definisi : perpustakaan dimana object disimpan sehingga dapat digunakan berulang kali Contoh: animasi yang berulangkali dipakai logo perusahaan, menu navigasi, icon- icon
Symbol Graphic Cara membuat symbol Gambar object Select object Insert | Convert to Symbol (F8), beri nama object dan pilih “Graphic “ Object telah menjadi symbol dan perhatikan otomatis telah ter-group
Meng-edit Symbol: Icon kanan : Edit Symbol Edit Symbol Catatan: perhatikan workarea yang aktif saat edit symbol dan saat “Scene” Melihat daftar Symbol dan Preview Window | Library ( Ctrl + L)
Praktikum Lesson : Symbol
Latihan 1 Buat layer baru Cobalah dengan membuat symbol Insert Symbol ke stage dengan cara drag and drop Edit-lah symbol dengan penambahan animasi/tweening (tutorial minggu lalu) Catatan: tidak perlu proses group untuk tweening Motion karena otomatis akan ter- group.
Latihan 2 Panel Effect Brightness Alpha = Opacity Tint (perubahan warna) Advanced gabungan antara alpha dan tint Catatan : pada panel symbol, symbol dapat dikelompokkan berdasarkan category tertentu New Folder
Symbol Movie Clip Cara membuat symbol New Symbol Gambar object Select object Insert | Convert to Symbol (F8), beri nama object dan pilih “Movie Clip “ Tweening
Tips Preview movie Control | Test Movie (Ctrl + Enter) Movie Clip hanya dapat dilihat pada mode Preview Movie Movie clip yang diinsertkan ke stage bisa dianimasi (movie into movie) Symbol bisa dipanggil lagi dalam symbol