Pertemuan ke-3.  DALAM TINJAUAN KEBAHASAAN (ETIMOLOGI), SHALAT BERARTI DOA  DALAM TINJAUAN PERISTILAHAN, SHALAT BERARTI:  فالصلاة عبادة بدنية, فرضها.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SHOLAT Dibagi menjadi dua : Sholat Fardu Sholat Sunah SHOLAT FARDU :
Advertisements

KHUTBAH TERAKHIR (Khutbah ini disampaikan oleh Rasulullah SAW pada 9 Dzulhijjah 10 H di lembah Uranah, Arafah) Ya, saudara-saudaraku, perhatikan apa yang.
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
PENJELASAN TATA CARA SHALAT Bagian 11/13
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits
1. ORANG YANG BAIK AKHLAKNYA
Jurusan Tarbiyah PAI 08.T Yanti Mulyanti.
Cara Sholat Rasulullah SAW (Sifat Sholat Rasul) ISLAM
BERJAMA’AH MUNFARID SHALAT.
SHALAT SUNNAH KELAS VIII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG.
BAGAIMANA SORANG PENGAJAR (Galileo Galilei) Anda tidak dapat mengajari orang apapun juga; anda hanya dapat membantu dirinya untuk menemukannya sendiri.
ETOS KERJA DALAM ISLAM keutamaan kerja karakter Rasul dalam bekerja
Shalat Subuh dan Keutamaannya
IBADAH Materi III Orientasi Nilai Dasar Islam (ONDI)
HADITS KEDUAPULUH LIMA
Ahmad Syakirin Asmui Zakat dan Kemanusian.
Korelasi Iman dan Ibadah
SEBAB BERTAMBAHNYA IMAN
WUDHU’ TATA CARA DEFINISI WUDHU’ MEMBATALKAN RUKUN WUDHU’ DO’A SESUDAH
HUKUM MEMINTA-MINTA FATWA TARJIH.
Keutamaan Bulan Ramadhan
TAFSIR AL FATIHAH Rosaria Indah.
Shalat Berjamaah & SHALAT MUNFARID
MA’RIFATUSY SYAHADATAIN
Pertanyaan Besar Tentang Pekerjaan Kita Apakah pekerjaan yang kita lakukan akan mengantarkan kita ke surga? Apa syarat – syarat yang dapat menjadikan.
METODOLOGI EKONOMI ISLAM
PENGERTIAN ISLAM DAN AJARANNYA
Ekonomi dan Perbankan Islam
HadiTH Tiga Serangkai KURSUS BIMBINGAN UGAMA (KBU)
Perkara yang akan dipelajari:
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
ESENSI PUASA DARI SUDUT PANDANG HADITS
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
BAB 2 AL QUR’AN Tentang ETOS KERJA HOME SK/KD PETA KONSEP MATERI
Berikut penjelasannya
Keutamaan Bulan Ramadhan
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
Etos (motivasi) Kerja Unggulan
ZAKAT.
SK-KD Indikator Qona’ah Tasamuh PERILAKU TERPUJI : QONA’AH DAN TASAMUH.
ETOS KERJA DALAM ISLAM Rian Hidayat, S.Pd.I.
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
HADITS IJTIMA’I.
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
HAJI DAN UMROH REMEDIAL P.Agama.Islam. HAJI DAN UMROH REMEDIAL P.Agama.Islam.
MENYALATKAN JENAZAH KELOMPOK 7.
Wahyu Rizki Nur Syamsi ( )
Solat Berjemaah Masbuq, Muwafiq, Istikhlaf & Mufaraqah.
Tazkiyah Nafs (Penyucian Jiwa)
Oleh : Dr. Octaria Saputra SABAR dan BERSYUKUR.
Tazkiyah Nafs (Penyucian Jiwa)
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
MODUL SOLAT Solat Berjemaah
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
PUASA WAJIB dan PUASA SUNAH
IMAM FASIH FATWA TARJIH 2004.
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
Setiap umat manusia, baik laki-laki maupun perempuan, wajib untuk menuntut ilmu, menuntut ilmu harus dilakukan dengan penuh semangat dan tidak boleh dengan.
Kajian Rutin Harian Kamar 4C. SEMUA MANUSIA DICIPTAKAN BAIK.
Shalat Jumat yang diwajibkan tidak diwajibkan syarat sah rukun khutbah.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
KAJIAN RAMADAN 1440 H “Meraih Berkah Ramadhan Bersama Al-Quran : Kajian Ayat2 Tentang Keutamaan Puasa” Oleh : Adi Mansah HP FAKULTAS ILMU.
Rukun Puasa KBD Unit 4.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
FIQH ZAKAT Materi : Ruang Lingkup Zakat. Indikator hasil belajar Mendeskripsikan pengertian zakat Menerangkan dasar hukum kewajiban zakat Menjelaskan.
Marilah kita mengukuhkan ketakwaan kita kepada Allah S. W
DIKLAT/BIMTEK KTSP 2009 DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL HALAMAN 1 Materi FIKIH.
1. Amalan Tahun Baru Islam (1Muharrom) ? 2. Amalan Asyura (10 Muharrom) ? 3. Tradisi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ? Anggota : 1.Ahmad Aunur Rofiq.
Transcript presentasi:

Pertemuan ke-3

 DALAM TINJAUAN KEBAHASAAN (ETIMOLOGI), SHALAT BERARTI DOA  DALAM TINJAUAN PERISTILAHAN, SHALAT BERARTI:  فالصلاة عبادة بدنية, فرضها الله على المسلم فى اليوم والليلة خمس مرّات, فى أوقات محدودة ( الإسلام عقيدة وشريعة لمحمود شلتوت 1966, دار القلم : مصر ص 81)  الصلاة عبادة تتضمن أقوالا وأفعالا مخصوصة, مفتتحة بتكبير الله تعالى مختتمة بالتسليم ( فقه السنة المجلدالأول لسيد سابق 1983, دار الفكر : لبنان, ص 78)

Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk (Q.S. al-Baqarah [2]: 45) Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang- orang yang rukuk. (Q.S. Al-baqarah [2]: 43) Peliharalah segala shalat (mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah karena Allah (dalam shalatmu) dengan khusyuk. (Q.S. al- Baqarah [2]: 238

 بنى الإسلام على خمس: شهادة أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة وحج البيت وصوم رمضان (رواه البخاري ومسلم) ISLAM ITU DIBANGUN DI ATAS LIMA PONDASI: PERSAKSIAN BAHWA TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH DAN MUHAMMAD RASUL ALLAH, MENDIRIKAN SHALAT, MEMBERIKAN ZAKAT, HAJI KE BAITULLAH, DAN BERPUASA DI BULAN RAMADHAN.” (HADITS RIWAYAT AL-BUKHARI & MUSLIM, BERSUMBER DARI UMAR IBN AL-KHATTHAB R.A).

 Shalat adalah pondasi agama  Shalat adalah ibadah yang membedakan antara kafir dan Muslim  Shalat adalah tanda syukur hamba  Shalat adalah jalan menuju kebahagian واذكروا الله كثيرا لعلّكم تفلحون (الجمعة 10)

Menenteramkan jiwa الذين آمنوا وتطمئن قلوبهم بذكر الله ألا بذكر الله تطمئن القلوب ( الرعد 28) Menyehatkan pikiran, jiwa, dan raga قد أفلح من تزكى وذكر اسم ربه فصلى ( سورة الأعلى : ) Membimbing langkah اهدنا الصراط المستقيم ( الفاتحة 6) والذين جاهدوا فينا لنهدينهم سبلنا وإن الله لمع المحسنين ( العنكبوت 69) Terkabulnya doa وإذا سألك عبادي عني فإني قريب أجيب دعوة الداع إذا دعان فليستجيبوا لي وليؤمنوا بي لعلهم يرشدون ( البقرة 186)

 Perbuatan jahat tereliminasi  وأقم الصلاة إن الصلاة تنهى عن الفحشاء والمنكر ولذكر الله أكبر والله يعلم ما تصنعون (العنكبوت 45)  Memupuk kebersamaan & persaudaraan (dalam shalat jama’ah)  Mempuk sikap tasamuh (toleransi)  Memupuk semangat cinta damai

 SHALAT DILAKUKAN DENGAN GERAKAN YANG BENAR SESUAI TUNTUNAN YANG BENAR  SHALAT DILAKUKAN DENGAN KHUSYU’  KHUSYU’ DAPAT DICAPAI JIKA BACAAN DAN GERAKAN DALAM SHALAT DIPAHAMI DENGAN BAIK DAN BENAR  KHUSYU’ DIGAPAI JIKA FISIK, UCAPAN, PIKIRAN DAN HATI KITA TENANG DAN TERARAH UNTUK MENGADUKAN DIRI KEPADA-NYA, DAN HANYA PADA-NYA  KHUSYU’ DAPAT DICAPAI JIKA SESEORANG MENGERTI DAN MEMAHAMI TUJUAN SHALAT SEBAGAI DIALOG DAN PENGADUAN PROBLEM SERTA PENGUKUHAN KEMAHABESARAN-NYA

 Jangan sekali-kali berani meninggalkan shalat!  Shalat itulah satu-satunya yang berharga dari milik kita!!  Ingin diperlakukan sebagai Muslim atau kafir-kah ketika mati?  Allah SWT pernah mengingatkan فخلف من بعدهم خلف أضاعوا الصلوة واتبعوا الشهوات (مريم 59) 12/14/20149

SHALAT JAMA’AH

K EUTAMAAN قال رسول الله صلّى الله عليه وسلّم: صلاة الجماعة تفضل على صلاة الفذّ بسبع وعشرين درجة (عن ابن عمر, رواه البخاري ومسلم) Rasulullah saw: “Shalat berjama’ah itu keutamaannya melebihi shalat sendirian dua puluh tujuh derajat.” (Dari Ibn Umar, H.R. Imam al-Bukhari dan Imam Muslim)

H UKUM SHALAT BERJAMA ’ AH Ulama berbeda pendapat. Ada yang mengatakan fardhu ‘ain, fardhu kifayah dan sunat mu’akkad bagi laki-laki Jumhur ulama berpandangan bahwa sunat mu’akkad adalah lebih layak, kecuali shalat jumat (lihat Nail al-Authar) Perempuan lebih utama shalat di rumah (berdasarkan riwayat Imam al-Bukhari dan Muslim). Tapi tidak boleh dilarang jika ingin shalat di masjid (berdasaran riwayat Abu Dawud)

H ALANGAN B ERJAMA ’ AH Hujan yang menyusahkan perjalanan ke tempat berjama’ah (berdasarkan riwayat Muslim dan Ahmad) Karena angin yang membahayakan (berdasarkan riwayat Syafi’i) Sakit yang menyusahkan berjalan ke tempat berjama’ah (berdasarkan riwayat al-Bukhari dan Muslim) Karena lapar dan haus, sedangkan makanan sudah sedia, begitu juga ketika sangat ingin buang air besar/kecil (berdasar riwayat al-Bukhari dan Muslim) Karena baru makan-makanan yang baunya menyengat dan sukar dihilangkan seperti bawang, petai, jengkol, dsb (berdasar riwayat al-Bukhari dan Muslim)