KOMPOSISI DESAIN 1 prinsip-prinsip desain

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
FOTOGRAFI.
Advertisements

BAHAN AJAR VI Tata Dekorasi, banyak unsur-unsur pendukung untuk keberhasilan suatu penataan ruang. Salah satu diantaranya unsur dekorasi ruang yang meliputi.
PRINSIP DESIGN IMK.
Membuat Hiasan Pada Busana
ASPEK-ASPEK ARSITEKTUR (bagian-2)
5. MEMANFAATKAN CAHAYA/BAYANGAN COPYRIGHT : TEDY &
MODUL PERKULIAHAN JURUSAN ARSITEKTUR KELAS KARYAWAN
MINGGU XI PERANCANGAN DENAH LAYOUT KAMAR TIDUR UTAMA APARTEMEN .
MINGGU IX PENGETAHUAN KOMPOSISI/PRINSIP PENYUSUNAN DAN BAHAN SEBAGAI ELEMEN KOMPOSISI SUB POKOK BAHASAN dan  Penjelasan komposisi/prinsip penyusunan,
keyakinan, kepercayaan, ketelitian, kehidupan.
MEMBUAT POLA MOTIF HIASAN BUSANA DAN LENAN RUMAH TANGGA
Estetika Bentuk I Minggu ke 5
MINGGU KE- 15 PENJABARAN ISI SATUAN ACARA PENGAJARAN
Disusun oleh : Ririn Dina Mutfianti. Dalam Penciptaan lingkungan hidup manusia, ada hubungan antara lingkungan yang satu dengan yang lain yang bersifat.
MATERI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
PLACE : 22. CHANGE of LEVEL Perubahan dan Perbedaan Lantai
Happy Yugo Prasetiya S.Sn
GRAFIK PRESENTASI DR. AGUNG MURTI NUGROHO JOHANNES P.
Menggambar perspektif
bahrur rosyidi duraisy - educational technology
BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH BANYUMAS
PRINSIP-PRINSIP Prinsip-prinsip penyusun tersebut adalah
ESTETIKA dlm ARSITEKTUR
ESTETIKA DALAM ARSITEKTUR
Pengaruh Kebudayaan Asing dalam Arsitektur Indonesia Pertemuan
Komponen / Elemen Desain Grafis
KONSEP RUANG Pertemuan 13 – 14
CIVIC SPACE DEFINISI : Ruang Luar yang digunakan untuk aktivitas penduduk kota sehari-hari. Dapat dikatakan sebagai : RUANG PERTEMUAN UMUM Berada di tengah.
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
Estetika Bangunan Pertemuan 33
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Perancangan Pertemuan 14-15
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
UNSUR DAN PRINSIP PERANCANGAN TAMAN
Basic Design Principles
KULIAH 01 R-0222 ARSITEKTUR LINGKUNGAN PENGERTIAN ARSITEKTUR
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
Godham Eko Saputro, S.Sn, M.Ds
ELEMEN SENI RUPA Sanuka T. D KKN-PPL UNY 2013.
Yunita Syafitri Rambe, ST, MT
G a y a Pertemuan 3-4 Matakuliah : R0474/Konstruksi Bangunan I
PRINSIP-PRINSIP DESAIN GRAFIS
ESTETIKA DALAM ARSITEKTUR
STRUKTUR KARYA DESAIN INTERIOR
Created By : Anita Iskhayati, S.Kom
METODE PERANCANGAN ARSITEKTUR 1
Bahasa visual Untuk Media internal.
Floor Plan Pertemuan Matakuliah : W Desain Interior 1
Matakuliah : Konstruksi Bangunan II
Unsur-Unsur ! i n D e s a.
Komponen / Elemen Desain Grafis
PRINSIP-PRINSIP KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
MENGGAMBAR TEKNIK 1.
TRIKONOMI ESTETIKA 2: KARYA DESAIN
Ivan Prasetyo Waskito, ST
SENI BUDAYA SENI RUPA.
Teori tentang Desain Komunikasi Visual
Abdu Hari Wijaya Nurul Fajri
Metode Perancangan Arsitektur I
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
Bahasa visual Untuk Media internal.
Menggambar perspektif
Prinsip Rupa Dasar 3 Dimensi
RUPA DASAR 3 DIMENSI Berikut ini aplikasi bentuk trimatra untuk bidang arsitektur :
Desain Grafis. Disiplin Ilmu Desain Grafis Pengertian : 1. Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. 2. Bagian dari komunikasi visual.
Rupa Dasar 3D Oleh: Desi Dwi Kristanto, M.Ds. DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.
pertemuan 1 Yosaphat Danis Murtiharso, S.Sn.,M.Sn
PPG DALAM JABATAN Mengidentifikasi Unsur-unsur Visual Nirmana : UKURAN DAN TEKSTUR.
Studio Bentuk Arsitektur Bentuk Prinsip-prinsip perancangan.
KOMPOSISI PRINSIP-PRINSIP ARSITEKTUR TUGAS Estetika Bentuk DIBUAT OLEH : 1.SETYO TRI ANDJARI 2.EKO BUDI SANTOSO 3.ARIF MAULANA Arsitektur Universitas Pandanaran.
Transcript presentasi:

KOMPOSISI DESAIN 1 prinsip-prinsip desain MATERI 03 MK. APRESIASI SENI Dosen. Syam Fitriany A, ST., M.Sc

Prinsip-prinsip desain sebagai elemen komposisi bentuk/desain Keseimbangan Irama Tekanan/Pusat perhatian Skala Proporsi Urutan/Sequence Kesatuan / Unity

1. Keseimbangan Suatu kualitas nyata dari setiap obyek dimana perhatian visual dari 2 bagian pada 2 sisi dari pusat keseimbangan (pusat perhatian) adalah sama.

Ada 3 jenis keseimbangan dalam komposisi : 1. Keseimbangan Formal (simetri) atau Bisymetries Pengaturannya seimbang terhadap garis tengah sumbu, axis. Tiap elemen diulang sepasang-sepasang masing-masing di kiri dan kanan garis tengah sumbu tadi. Kelemahan: adanya kecenderungan pada keterbatasan serta tidak imajinatif dalam pelaksanaan. Terlalu banyak pasangan yang sama dalam suatu komposisi dapat menjadikan komposisi itu monoton dan statis. Simetri itu dapat dibuat menjadi imajinatif dan kompleks bila simetri itu dinamis

Gereja

2. Keseimbangan informal atau asimetri sering disebut juga keseimbangan aktif. Keseimbangan ini lebih bebas dari keseimbangan simetri, karena pengaturannya adalahsembarang dan tidak kaku. Disini tidak ada garis tengah yang membagi komposisi dalam 2bagian yang sama, karena komponen desain berbeda, baik dalam bentuk dan warna, tetapi nampaknya sama berat

contoh

Walt disney concert hall

 3.  Keseimbangan Radial Adalah simetri yang mengelilingi suatu titik pusat. Semua elemen desain mengelilingi titik pusat.

2. Irama Adalah Elemen desain yang dapat menggugah emosi/perasaan yang terdalam. Dalam rancangan, irama merupakan perekat yang menyatukan unsur-unsur masing-masing menjadi satu kesatuan. Hakekat Irama adalah menelusuri sifat perseptual manusia dalam memandang bangunan, dimulai dari mata yang meluncur ke bagian bangunan, dari unit satu ke unit lainnya dengan teratur.

Irama dalam arsitektur memberikan arti indah dan menimbulkan rasa puas bagi yang melihatnya. Irama tersebut biasanya mengikuti suatu pola tertentu yang tiap kali bentuk atau obyeknya muncul dengan atau tanpa variasi. Irama merupakan salah satu unsur  terpenting didalam dunia arsitektur karena merupakan suatu tanggapan emosi yang ingindisampaikan arsitek dalam bangunan.

Irama dapat dicapai dengan cara: A. Pengulangan (Repetisi) Garis Bentuk (misal: jendela, pintu, kolom, dinding, dsb) Tekstur (kasar, halus, kayu, batu, dsb) Warna B. Gradasi/perubahan bertahap Warna (gelap ke terang atau sebaliknya) Bentuk Dimensi

C. Oposisi adalah pertemuan garis pada susut siku-siku, misalnya dalam daun pintu,lemari dsb. D. Transisi merupakan perubahan pada garis-garis lengkung. E. Radial adalah irama yang beradiasi pada sentral axis (sumbu sentral). F. Progresif, Irama progresif dibentuk oleh perubahan yang teratur, sedemikian rupa sehingga bentuk mirip dengan yang lain. Jarak yang satu dengan yang lain hampir sama. Dengan demikian tumbuh irama progresif karena menunjukkan gerak/ perubahan progresif. Irama naik, turun, naik turun dan sebaliknya. Tidak ada bentuk dan jarak yang sama yang diulang

Jenis-jenis irama 1. Irama Statis. Didapat dengan cara pengulangan bentuk, pengulangan garis,pengulangan dimensi. 2. Irama Dinamis. Didapat dengan cara :  Pengulangan bentuk/garis dengan perletakan yang berbeda  Pengulangan bentuk/garis dengan jarak yang berbeda Pengulangan bentuk/garis dengan dimensi yang berbeda

4. Irama Tertutup dan Tertentu. Didapat dengan cara : 3. Irama Terbuka dan Tidak Menentu. Didapat dengan cara pengulangan bentuk/garisdengan jarak yang sama tanpa permulaan atau pengakhiran. 4. Irama Tertutup dan Tertentu. Didapat dengan cara : Merubah bentuk unit paling akhir  Merubah ukuran/dimensi unit paling akhir  Kombinasi kedua-duanya Menambahkan secara menyolok suatu elemen diakhir irama

Irama dengan pengulangan bentuk

Irama dicapai melalui perulangan bentuk jendela dan warna.

Irama dengan perletakan pot tanaman pada dinding secara berselang seling

3. Tekanan/Pusat perhatian Tekanan merupakan fokal point atau pusat perhatian dalam sebuah komposisi/bangunan, yaitu berupa area yang pertama kali ditangkap oleh pandangan mata. Titik tekanan ini sangat dominan, bagian- bagian (kelompok) lain dari komposisi/bangunan berkaitan padanya.

Tekanan dapat dicapai melalui perbedaan yang kontras dalam: Ukuran Warna Tekstur dan Cahaya Bentuk  Lokasi Ornamen  Arah garis, dll Tekanan dapat berupa prinsip desain yang diterapkan dalam komposisi  seperti gerak, perulangan, dll yang mendominasi dalam proses pengamatan karya, sehingga tidak selalu berbentuk obyek yang menarik perhatian.

4. Skala Skala adalah sistem pengukuran (alat pengukur) yang menyenangkan, dapat dalam satuancm, inchi atau apa saja dari unit-unit yang akan diukur. Gambar skala adalah dimensi yang dipakai untuk gambar sebagai perbandingan. Jadi ukuran dalam gambar, menyatakan ukuran sebenarnya dari bangunan. Dalam arsitektur yang dimaksud dengan skala adalah hubunganyang harmonis antara bangunan beserta komponen-komponennya, dengan manusia

Jenis-jenis Skala 1. Skala Intim/ Akrab Menggunakan prinsip yang dapat menimbulkan kesan lebih kecil dari besaran yang sesungguhnya Dapat dicapai melalui: Pemakaian ornamen yang lebih kecil dari ukuran standart/biasanya. Pembagian yang lebih besar (pembuatan garis bidang ) Penerapan skema bahan dan warna yang sederhana, bentuk datar/rata) Pertimbangan pencahayaan yang redup

2. Skala Normal/manusiawi/natural Lebih bersifat alamiah. Dapat diperoleh dengan cara pemecahan masalah fungsional secara wajar. Misalnya besarnya ukuran pintu, jendela dan unsur-unsur lain dimana manusia bekerja adalah menurut fungsinya atau standard- standard ukuran yang ada. .

3. Skala Monumental/megah/heroik Bersifat berlebihan, kelihatan megah. Dapat diperoleh dengan cara: Penerapan satuan yang lebih besar dari biasanya. Perletakan elemen yang berukuran kecil berdekatan dengan elemen yang besar sehingga tampak perbedaan ukuran besarnya. Penerapan langit-langit tinggi. Misalnya penerapan langit-langit tinggi seperti pada ketinggian langit-langit ruang ibadah gereja Gotik

4. Skala kejutan/mencekam Bersifat seolah-olah diluar kekuasaan manusia, tak terduga, dimana manusia sulit merasakan pertalian dirinya dengan ruang. Umumnya, skala ini terdapat di alam bukan buatan manusia. Misalnya padang pasir

5. Proporsi Hubungan antar bagian dari suatu design dan antara bagian dengan keseluruhan. Menurut vitruvius ada hubungan tertentu antara ukuran bagian terkecil dengan ukuran keseluruhan. Proporsi yang baik pada bangunandapat dihasilkan bila bagian- bagian dari bangunan didasarkan pada suatu perbandingan tertentu, dimana merupakan hasil perhitungan yang bersifat rasional dan terjadi bila kedua buah perbandingan adalah sama a:b=c:d (a,b,c,d = ukuran tinggi, lebar, dan kedalaman dari suatu unsur- unsur atau massa keseluruhan bangunan).

Kepekaan perbandingan dari sang pencipta Kepekaan perbandingan dari sang pencipta. Masalah proporsi sangat penting sekali, apapun yang menjadi perwatakan suatu komposisi visual, mutu penampakannya akan ditentukan sekali oleh kepekaan terhadap perbandingan. Konsep proporsi yang diterapkan menurut pemikiran timur didasari pada ukuran tubuh manusia.

6. Urutan/Sequence Menurut H.K. Ishar (1992:110-121), urut- urutan adalah suatu peralihan atau perubahan pengalaman dalam pengamatan terhadap komposisi. Tujuan penerapan prinsip urut-urutan seperti dalam arsitektur adalah untuk membimbing pengunjung ke tempat yang dituju dan sebagai persiapan menuju klimaks

Urut-urutan atau peralihan/perpindahan ini mengalir dengan baik, tanpa kejutan yang tak diduga, tanpa perubahan yang mendadak. Tujuan penerapan prinsip urut-urutan dalam arsitektur adalah untuk membimbing pengunjung ketempat yang dituju dan sebagai persiapan menuju klimaks. Urut-urutan pengalaman meliputi persiapan (approach), pengalaman utama (progression) dan akhiran (ending). Dalam persiapan kita membuat pembingkaian, pandangan sepintas, atau peralihan agar apa yang kita lihat tidak mengejutkan atau peringatan. Dalam pengalaman utama pengunjung merasakan apa yang dilihat/dialami setelah masuk. Pada pengakhiran pengunjung berhenti dan istirahat maka diperlukan pedoman orientasi atau klimaks.

Dalam suatu karya arsitektur yang baik terdapat: Urut-urutan dalam segi keindahan bentuk (ada proses menuju klimaks) Urut-urutan dalam fungsi Urut-urutan dalam struktur  Urut-urutan ini saling berkaitan secara logis dan terorganisir dengan baik.

Kekuatan klimaks dapat diperoleh melalui: Membuat bentuk yang sama mirip dengan pengarahan tetapi lebih besar. Memberi cahaya yang kontras dengan pengarahanya misal dengan memberi lampu-lampu yang menembus dinding/atap dengan memberi tirai kaca berwarna dan sebagainya. Perubahan tinggi mendadak, tetapi tidak ada kesamaan bentuk. Membuat bentuk yang lain sama sekali tidak mengejutkan karena ada cukup persiapan/pengarahan.

7. Unity / Kesatuan Adalah keterpaduan, yang berarti tersusunnya beberapa unsur menjadi satu kesatuan yang utuh dan serasi. Cara membentuk kesatuan adalah dengan penerapan tema desain. Ide yang dominan akan membentuk kekuatan dalam desain tersebut. Unsur-unsur rupa yang dipilih disusun dengan/untuk mendukung tema.

Cara membentuk kesatuan adalah dengan penerapan tema desain Cara membentuk kesatuan adalah dengan penerapan tema desain. Ide yang dominan akan membantu kekuatan dalam desain tersebut. Unsur-unsur rupa yang dipilih disusun dengan/untuk mendukung tema. Tersusunnya beberapa unsur menjadi satu kesatuan yang utuh dan serasi Keterpaduan dari yang paling sederhana sampai ke yang rumit Keterpaduan bentuk-bentuk geometris

Ada unity antara 2 bangunan hotel dengan gereja yang berada di antaranya.

Terdapat kesatuan antara pintu dan jendela

Contoh penerapan prinsip desain pada bangunan

Prinsip desain: Keseimbangan: simetris Irama: statis Fokal point: kaca kaca pada gedung ini Skala: normal Proporsi: sesuai dengan lingkungan sekitar Gedung yang memiliki kurang lebih 1000 kaca ini cukup unik, karena ukuran dari kaca kacanya tidak semua sama, sehingga gedung akan tampak berlubang jika dilihat dari tempat yang cukup jauh.

Keseimbangan: simetris Irama: statis Prinsip Desain: Keseimbangan: simetris Irama: statis Fokal point: bagian tengah gedung yg kosong Skala: monumental Proporsi: sesuai dengan lingkungan sekitar Memiliki bentuk yang unik karena bagian tengah yang kosong. Untuk membangun gedung semacam ini di perlukan tenaga ahli untuk membuat, merencanakan, dan menghitung secara tepat. Makin tinggi gedung pasti terjangan anginya lebih besar, sehingga dibutuhkan perhitungan yang sangat akurat. Bagian gedung yang kosong tersebut adalah ciri khas dan keunikan dari gedung tersebut.

Gedung ini memiliki design yang unik, yaitu interior luar maupun dalamnya di design sengaja terbalik. Prinsip design Keseimbangan: asimetris; Irama: statis Fokal point: bentuk gedung yang unik Skala: normal; Proporsi: sesuai dengan lingkungan sekitar

Burj Dubai Tower : Gedung yang terletak di dubai ini diperkirakan akan menjadi salah satu gedung tertinggi di dunia. Bangunannya yang jauh lebih tinggi dari gedung gedung lain yang disekitarnya menyebabkan gedung ini terlihat berbeda

Prinsip desain: Keseimbangan: simetris Irama: statis Fokal point: gedung itu sendiri telah menjadi fokal point di lingkunganya karena ukuranya yang berbeda dengan yang lain Skala: monumental Proporsi: kurang proporsi karena ukurannya yang memang sangat unik

Tugas 3 Carilah gambar bentuk/bangunan yang menggunakan prinsip desain sebagai elemen komposisi bentuk/desain. Setiap prinsip desain masing-masing terdiri dari 3 gambar. Berikan komentar/alasan untuk setiap gambar bentuk/bangunan Format tugas: diketik diatas kertas A4 Dikumpul minggu depan pada saat kuliah ke 4 (tugas terlambat, TIDAK DITERIMA)

Kuliah Apresiasi seni dipindahkan pada hari (silahkan pilih harinya): Senin (setelah jam 14.00) Selasa (Jam 16.00 atau setelah kuliah Perkembangan Arsitektur 1) Rabu (Setelah jam 13.00)