PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Advertisements

Dasar Penggunaan Flash Macromedia
ACTION SCRIPT.
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Penuntun Kelas VIII Semester 2
Membuat Presentasi Menggunakan Microsoft PowerPoint.
Microsoft PowerPoint 2007 PELATIHAN TI FH UNUD MEI 2010
Shooting Editing Sadino, S.Kom..
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI1DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS © 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan.
Metode Animasi & Action Script
UJIAN AKHIR. • Maksimal 10 Mahasiswa / Kelompok • Tema “Bebas” • Jumlah minimal Scene = 10 • Dibuat Story Board, dan di print!, pada setiap scene di storyboard,
Variasi Animasi dalam Flash
Langkah langkah Penyuntingan Video Klip
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
Interaktive Presentation Berbasis Windows Kelompok 6 : Yani Dyah Rachmadyanti Chanya Paripurastu Sasongko Fiska Nurzahra.
Animasi Dasar 2.
MACROMEDIA FLASH. Pertemuan III Symbol / Library Symbol : Graphic Lesson 3 : Symbol Symbol : Movie Clip.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
A. Persiapan Perancangan Flash digunakan untuk membuat Movie yang merupakan gabungan objek-objek yang tersusun rapi dan menarik dengan alur cerita yang.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
Animasi.
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto : David Junaedi.
IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI
Macromedia Flash.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
Pengenalan Powerpoint
Penjelasan Umum Ms. Powerpoint
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
Area Kerja Macromedia Flash 8
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
Menguasai Dasar Animasi Stop Motion
Teknik Informatika - UDINUS
Animasi Banner dengan Flash
MODUL DASAR ( MODUL 2 ) PERTEMUAN 7.
Louis Bertrand Secondra
MENAMBAH ANIMASI, SOUND, MOVIE
KONSEP DASAR ANIMASI Persiapan Perancangan
Tutorial Adobe Premiere Pro.
Macromedia Flash.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
TAHAPAN PRODUKSI KONTEN E-LEARNING SMK TELKOM BANDUNG 2016.
FLASH WEB LAY OUT AND NAVIGATION
Macromedia Flash.
ML2 - Komputer Materi: Aplikasi Pembuatan Video
5. Kegiatan Belajar 5: Teknik Animasi Berputar atau Baling-Baling
3. Kegiatan Belajar 3: Teknik Animasi Tweening
Animasi Tweening.
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
STIESS BATANG.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Membuat Slide Presentasi Sederhana Menggunakan Adobe Flash CS 6
Motion Guide Ambil gambar (kupu-kupu) dengan klik kiri File > Import > Import to Library.
Animasi Banner dengan Flash
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Macromedia Flash.
TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah Mendengar Penjelasan siswa akan dapat menjelaskan pengertian teknik animasi tweening. Setelah berdiskusi dan menggali informasi,
11/9/2018.
Symbol (Movie clip, Button, Graphic)
PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
ANIMASI DALAM MULTIMEDIA PROFIL KELOMPOKKELOMPOK MENU.
Pembuatan Animasi 2 Dimensi SMK Negeri 11 Bandung Sutarsa, S.Pd.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto : David Junaedi

PERTEMUAN 2 PERTEMUAN 3 TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS Mahasiswa mampu membuat animasi 2D

PERTEMUAN 2 FORMAT ACTIONSCRIPT Perintah AS yang umum digunakan: stop() gotoAndPlay() gotoAndStop() trace(“text”) if() else()

PERTEMUAN 2 FORMAT ACTIONSCRIPT stop() namainstance.stop() Digunakan untuk menghentikan movieclip play() namainstance.play() Digunakan untuk menjalankan movieclip contoh: bola.stop() akan menghentikan gerakan movieclip bernama bola bola.play() akan melakukan sebaliknya

PERTEMUAN 2 FORMAT ACTIONSCRIPT gotoAndPlay(nomor frame) namainstance.gotoAndPlay(nomor frame) Digunakan untuk menjalankan movieclip mulai nomor frame yang disebutkan gotoAndStop(nomor frame) namainstance.gotoAndStop(nomor frame) Digunakan untuk menjalankan movieclip pada nomor frame yang disebutkan Contoh: gotoAndPlay(5) akan menjalankan movieclip mulai nomor frame ke 5

PERTEMUAN 2 FORMAT ACTIONSCRIPT trace(“text”) Digunakan untuk menampilkan pesan dalam bentuk text pada output window. Hanya berguna pada saat program Adobe Flash digunakan, dan umumnya digunakan untuk mencari kesalahan pada animasi. Contoh: trace(“animasi selesai”) Akan menampilkan tulisan animasi selesai pada output window

PERTEMUAN 2 FORMAT ACTIONSCRIPT if(kondisi) {action} Digunakan untuk melakukan loop if..then, dimana pada kondisi tertentu akan melakukan perintah tertentu. if(kondisi) {action} else {other action} Apabila dikehendaki, bisa ditambahkan perintah else, agar dapat melakukan perintah lainnya. Contoh: if(bola._x >= 100) {stop()} else {trace(“bola belum mencapai posisi 100”)} Akan melakukan pengecekan, apabila posisi x dari movieclip yang bernama bola sudah mencapai 100, maka movieclip akan dihentikan, apabila belum, maka akan menuliskan bola belum mencapai posisi 100

PERTEMUAN 2 FORMAT ACTIONSCRIPT Format penulisan dalam kurung {}, bisa juga dituliskan dalam baris lainnya untuk mempermudah pembacaan, misalnya: if(bola._x >= 100) { stop() } else { trace(“bola belum mencapai posisi 100”) }

PERTEMUAN 2 FORMAT ACTIONSCRIPT Beberapa properties yang dimiliki movie clip: _x _y _alpha _width _height _currentframe Contoh: bola._x adalah posisi X bola bola_currentframe adalah posisi frame bola

PERTEMUAN 2 BAGAIMANA MEMBUAT ANIMASI DALAM ADOBE FLASH CS3? Dasar animasi adalah membuat serangkaian gambar yang apabila ditunjukkan dengan cara bergantian akan membuat ilusi seolah-olah gambar tersebut dapat bergerak.

PERTEMUAN 2 Pembuatan animasi secara digital ini didasarkan pada cara tradisional animasi dengan frame-per- frame, dimana yang perlu diperhatikan adalah: 1. Ukuran animasi 2. Jumlah Frame per Second (FPS) 3. Keteraturan dalam penyusunan gerak agar memudahkan pembuatan animasi BAGAIMANA MEMBUAT ANIMASI DALAM ADOBE FLASH CS3?

PERTEMUAN 2 Dalam menggunakan Adobe Flash, yang perlu diperhatikan adalah : 1.Bagaimana cara membuat karya digital tersebut dalam bentuk static image 2.Bagaimana cara membagi gambar tersebut menjadi bagian-bagian yang mudah untuk dianimasikan 3.Bagaimana membuat Motion Tween dan Shape Tween dapat memudahkan pekerjaan seorang Animator BAGAIMANA MEMBUAT ANIMASI DALAM ADOBE FLASH CS3?

PERTEMUAN 2 PEMBUATAN STORYBOARD Dasar dari pembuatan storyboard adalah mempresentasikan ide tentang animasi kedalam gambar konsep yang mudah dipahami oleh orang lain. Storyboard diadaptasi dari pembuatan animasi kartun, dimana membuat dan membaca storyboard adalah tugas para animator. Seiring dengan perkembangan waktu, sekarang storyboard juga digunakan dalam pengembangan website dan layout lainnya.

PERTEMUAN 2 APA YANG HARUS ADA DALAM STORYBOARD Gambar sketsa atau gambar jadi dari produk tersebut Narasi atau keterangan mengenai gambar Keterangan mengenai waktu (atau apabila untuk website, keterangan mengenai interaktivitas dan lainnya)

PERTEMUAN 2 TIMELINE EFFECTS TIMELINE EFFECTS adalah serangkaian animasi yang secara otomatis dihasilkan oleh perhitungan komputer, tanpa harus membuat keyframe sendiri. Efek yang bisa dihasilkan antara lain adalah: Blur Drop Shadow Expand Explode Selain itu, bisa juga digunakan untuk: Transform Transition

PERTEMUAN 2 TIMELINE EFFECTS Semua efek yang dihasilkan oleh Timeline Effects adalah merupakan gabungan dari beberapa efek yang ada, untuk lebih memiliki kontrol yang presisi, hasil yang dicapai akan lebih bagus dengan menggunakan animasi secara manual. Bagaimana melakukan animasi secara manual akan dijelaskan pada pertemuan-pertemuan berikut.

PERTEMUAN 2 SYMBOLS Apakah perbedaan antara Movie Clip, Button, dan Graphic?

PERTEMUAN 2 MOVIECLIP MovieClip adalah Symbol yang paling fleksibel dalam Flash, pada Movie Clip dapat dilakukan: Pemberian Nama Instance Blending (Darken, Multiply, Screen, Difference, dsb) Filter (Blur, Drop Shadow, dsb) Perubahan Warna (Alpha, Tint, dsb) Animasi

PERTEMUAN 2 BUTTON Button adalah Symbol yang dikhususkan sebagai pembuatan tombol: Memiliki nama instance dan properties lainnya yang terdapat dalam movie clip Ada empat mode dalam timeline: Up, ketika tombol diam Over, ketika tombol dilewati oleh pointer Down, ketika tombol ditekan Hit, bagian tombol yang bisa ditekan, dan tidak akan tampak

PERTEMUAN 2 GRAPHIC Graphic adalah Symbol yang dikhususkan untuk pembuatan animasi. Tidak dapat diberikan nama Instance Secara otomatis akan dihasilkan oleh Tween apabila pada obyek yang dalam layer yang dilakukan Tween tersebut tidak terdapat dalam library

PERTEMUAN 2 PENJELASAN MENGENAI PROJECT Siapkan sebuah animasi yang akan dipergunakan sebagai intro dalam project akhir masing-masing kelompok Minggu depan akan dipilih beberapa kelompok untuk mempresentasikan intro yang sudah dibuat didepan kelas

PERTEMUAN 2 PENJELASAN MENGENAI PROJECT Lama intro = 30 – 60 detik Project akan dikumpulkan pada akhir pertemuan ke 6 sebelum UTS Selama project belum dikumpulkan, masing- masing kelompok dipersilahkan untuk melakukan revisi dan perbaikan seiring dengan bertambahnya kemampuan menggunakan Adobe Flash

PERTEMUAN 2 PENJELASAN MENGENAI PROJECT Intro dapat berupa: Animasi kartun Animasi film Slideshow Musik dan Sound Effect Narasi

PERTEMUAN 2 PENJELASAN MENGENAI PROJECT Penilaian: Ide, konsep, tema 40% Tingkat kehalusan dan detail animasi 30% Originalitas 20% Tingkat kesulitan pengerjaan 10%

PERTEMUAN 2 TUGAS Lihat contoh yang sudah diupload di folder share.ciputra.ac.id Gunakan asset yang sudah diberikan untuk menghasilkan animasi seperti contoh Dilarang keras mengcopy pekerjaan mahasiswa lainnya Yang selesai silahkan absen pulang