Gusjandjara Arni, Nama Pemberian Ortu Saya di Prabumulih 12 Februari Lima Puluh Enam Tahunnya Aku Pertama Kali Menghirup Udara Bumi Persada. Bersama Isteri.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BUDAYA PERUSAHAAN DAN ETIKA
Advertisements

STMIK - AMIK RAHARJA INFORMATIKA ends ® PETEMUAN 4.
DASAR KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI
BAB III PROFESIONALISME KERJA
KODE ETIK BAGI PEJABAT KEUANGAN PUBLIK
Pengertian Profesi.
Etika Profesi Public Relations
Bab 3 BISNIS : SEBUAH PROFESI ETIS ?
Tinjauan Umum Etika Profesi
Hubungan antara Moral dan Etika:
perkembangan ETIKA PROFESI
ETIKA KERJA.
PEKERJAAN, PROFESI, DAN PROFESIONAL
Profesionalisme Dokter
Professional Ethics Introduction M-1 Tony Soebijono.
“ ETHOS KERJA“.
Etika Komputer Tinjauan Umum bahan utama: Etika Komputer Teguh Wahyono.
BAB XIII ETIKA PROFESI/BISNIS
ETIKA PROFESI PURWATI.
ETIKA PROFESI Ade mifta zaen ( ) Ali saiin ( )
Etika Dan Regulasi Maria Christina.
PROFESI.
PROFESI.
ETIKA DAN PROFESIONALISME PR Pertemuan 8
Assalamualaikum wr.wb.
Prinsip-prinsip Etis Bisnis Dalam Berbisnis
Kode Etik Profesi Hukum (Materi 9)
BABIV ETIKA PROFESI.
TEORI DAN ETIKA KOMUNIKASI MUH. ALFIAN
ETIKA PROFESI.
Ilmu Sosial Budaya Dasar Profesional Masuk Desa
ETIKA PROFESI OLEH: WARIDI
PENGERTIAN ETIKA, MORAL, DAN AHLAK
Etika Dalam Pelayanan MELLY MAULIN P.
PERTEMUAN 1 ETIKA & ETIKET
Pertemuan 2 ETIKA PROFESI.
BUDAYA DAN ETIKA Perubahan lingkungan semakin turbulen, sistem dan subsitem organisasi menjadi makin terbuka dan tingkat persaingan semakin ketat dan.
ETIKA PROFESI.
PERTEMUAN KE-4 PROFESI ETIS
Oleh : Purnamasari Nazara Am.Keb SST
ETIKA BISNIS Definisi Etika Sebagai Profesi
KODE ETIK PROFESI.
KONSEP DASAR PROFESI KEGURUAN ATAU KEPENDIDIKAN
“PRINSIP ETIKA DAN MORALITAS DLM PELAY. KEBIDANAN”
ETIKA KOMUNIKASI MASSA
KONSEP ETIKA DAN ETIKET
Masyarakat, Norma dan Hukum
KONSEP DASAR PROFESI KEGURUAN ATAU KEPENDIDIKAN
KONSEP ETIK PRAKTIK KEPERAWATAN
KODE ETIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA
ETIKET, ETIKA, PROTOKOL.
PRINSIP ETIKA DAN MORALITAS DALAM PELAYANAN KEBIDANAN
Organisasi dan Kode Etik Profesi
Profesi kependidikan Oleh : Ika Nia Tri Utami (K ) 23/02/2015
MEMPERSEMBAHKAN KELOMPOK 1 M. Reza Ansyari LubisMuammad Abduh Arya Syaputra Novika LubisWiwik HerawatiSiti Nuranis.
ETIKA PROFESI.
ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB PROFESI
Kelompok 2 Kelas: 1PA06 Anissa Putri (NPM: )
KEBIJAKAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU
Etika tidak lain adalah aturan prilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. PENGERTIAN.
BEBERAPA PENGERTIAN DALAM ETIKA PROFESI
GARIS BESAR BAB PENGERTIAN ETIKA PERAN ETIKA ETIK DAN ETIS ETIKET
PERAN, ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB PSIKOLOG
Etika Profesi 2 sks SRIYONO, S.Kom.,M.Pd
Etika Profesi Pertemuan 1 Pengantar Etika Profesi
MORAL & ETIKA PROFESI Bahan 02 b
ETIKA & NORMA Baham 02 a.
ETIKA BISNIS & TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CSR)
Etika Komputer Tinjauan Umum bahan utama: Etika Komputer Teguh Wahyono.
KONSEP DASAR ETIKA
Transcript presentasi:

Gusjandjara Arni, Nama Pemberian Ortu Saya di Prabumulih 12 Februari Lima Puluh Enam Tahunnya Aku Pertama Kali Menghirup Udara Bumi Persada. Bersama Isteri dan Ketiga Putraku di Jalan Putri Kembang Dadar Nomor 12 RT. 52 RW. 16 Bkt. Lama. Itulah Tempat Kediamanku. HP , Angka Nomor Telephoneku dan ku sebagai media untuk saling bersilaturrahim. “Bekerja Sambil Beribadah” Itulah Motivasiku Bersemayam di Dadaku yang senantiasa kutanamkan

ETIKA DAN PROFESIONALISME KERJA Drs. Gusjandjara Arni. Msi

RUJUKAN BAHASA ETHOS = KEBIASAAN ADAT ISTIADAT YUNANI FRANCIS INGGRIS ETIQUETE ETIKET = KEBIASAAN / PERILAKU ATTITUDE SIKAP ATAU PERILAKU ETIKA NORMA-NORMA TERTENTU YANG MEMBUAT SESEORANG / KELOMPOK BERPRILAKU JIKA MENYIMPANG DISEBUT TIDAK BERETIKA TIDAK ETIS

AGAMA ISLAM HADIS SESUNGGUHNYA SAYA ( NABI MUHAMMAD ) DIUTUS KE MUKA BUMI UNTUK MENYEMPURNAKAN AHLAK MANUSIA ALLAH TIDAK MEMANDANG PADA MANUSIA, RUPAWAN, HARTAWAN, JABATAN, TURUNAN, KECUALI AHLAKUL KARIMAH ( PERILAKU YANG BAIK )

ETIKA SEBAGAI ILMU TENTANG KESUSILAAN YANG MENENTUKAN BAGAIMANA PATUTNYA MANUSIA HIDUP DALAM MASYARAKAT, APA YANG BAIK DAN APA YANG BURUK ( SIKAP MANUSIA DALAM BERINTERAKSI ). INTERAKSI SOSIAL ( ASAL SOCIUS = BERKAWAN ), YAITU HUBUNGAN ANTAR INDIVIDU ATAU LEBIH YANG SALING PENGARUH MEMPENGARUHI DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN TERTENTU. JIKA TERJADI PENYIMPANGAN DISEBUT TIDAK SOSIAL ATAU TIDAK SUSILA ( ASUSILA ) KESUSILAAN -> KESANTUNAN / SOPAN BERADAB – BERMARTABAT DALAM ENSIKLOPEDIA INDONESIA

BARTENS ( 2004 ) DALAM BUKUNYA ETIKA MEMBAGI PADA TIGA KATEGORI PERTAMA NORMA-NORMA YANG MENJADI PEGANGAN SESEORANG / KELOMPOK DALAM MENGATUR TINGKAH LAKUNYA ex: SAPAAN -> JUMPA DENGAN ORANG MRNGUCAP SALAM. KEDUA KUMPULAN NORMA-NORMA YANG DISEPAKATI ( KODE ETIK – PROFESI / ORGANISASI ) ex : DASAR YURIDIS UNTUK PERATURAN TATA TERTIB. KETIGA ILMU YANG MEMPELAJARI TENTANG PRILAKU MANUSIA YANG BAIK DAN BURUK.

PERTAMA – INDIVIDU MENYANGKUT KEWAJIBAN DAN HAK MANUSIA TERHADAP DIRINYA SENDIRI ( MENJAGA DAN MEMPERTAHANKAN CITRA PRIBADI ) ex : MENUNTUT ILMU KEDUA – SOSIAL MENYANGKUT KEWAJIBAN DAN HAK PRILAKU MANUSIA SEBAGAI MAHLUK SOSIAL ex : TOLERANSI KETIGA – LINGKUNGAN MENYANGKUT KEWAJIBAN DAN HAK HUBUNGAN SEBAGAI MAHLUK INDIVIDU-KELOMPOK DENGAN LINGKUNGAN ALAM DENGAN SEGALA ISINYA ( HABLUMINALLAH – HABLUMINANNAS ) KESIMPULAN PRAKTIK ETIKA

SUMBER REFLEKSI ETIKA AGAMA ( KITAB SUCI, HADIST, dll ) INSTITUSI ( PERUNDANG-UNDANGAN, HUKUM TERTULIS ) ADAT KEBIASAAN TURUN TEMURUN ( HUKUM TERTULIS ) EXPRESI WIRAGA / BAHASA TUBUH ( DUDUK, TUNJUK, JABAT TANGAN ) WICARA / KESANTUNAN UCAPAN ( SAPAAN ) BUSANA ( MENUNJUKKAN STRATA TERTENTU ) PAKAIAN ADAT SERAGAM / UNIFORM

SIFAT LOKAL ( REGIONAL ) NASIONAL INTERNASONAL SANGSI MORAL ( DICIBIRKAN ) FISIK ( RAJAM ) PIDANA ( KASUS-KASUS HUKUM) REFLEKSI ETIKA

▪ PENCITRAAN KONDISI TERTENTU YANG MEMPUNYAI NILAI-NILAI KESAN TERSENDIRI SECARA INDIVIDU / KELOMPOK NEGATIF MAUPUN POSITIF ( IMAGE ) ▪ PROFESIONALISME BANYAK ORANG BEKERJA TAPI BELUM TENTU SESUAI DENGAN PROFESI ▪ PROFESIONALISME SUATU RANGKAIAN KUALITAS PRILAKU YANG MENANDAI SUATU PROFESI PROFESI BERKAITAN JENIS PEKERJAAN TERTENTU ( OCCUPATION )YANG DIPENGARUHI OLEH PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN

 RANGKAIAN PEKERJAAN YANG DITEKUNI YANG MAMPU MEMENUHI HIDUPNYA SECARA TOTAL  PELAKSANAAN SUATU PROFESI ( AKTIVITAS PEKERJAAN ) SESUAI DENGAN MEKANISME DAN STANDARISASI YANG BERLAKU  SEMUA KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA ( ANAK, ISTRI, SUAMI ) TERPENUHI DARI PROFESI YANG IA LAKUKAN PROFESIONAL

PROFESSION BERASAL DARI BAHASA ANGGLO SAXON “ PEKERJAAN SAYA “ TAPI JUGA BERMAKNA KEAHLIAN KHUSUS DAN PENGETAHUAN YANG DIPADUKAN DENGAN PANGGILAN HATI NURANI PRIBADI YANG MENGANDUNG UNSUR ETIKA / KODE ETIK PROFESI. JADI ETIKA DAN PENCITRAAN PROFESIONALISME NILAI-NILAI ATAU NORMA TERTENTU YANG DIRUJUK DALAM RANGKAIAN CITRA INDIVIDU / ORGANISASI DENGAN ORIENTASI UTAMA KEAHLIANNYA ( PROFESI ) BAGI KEPENTINGAN PUBLIK.

SUMBER KEKUASAAN LEGITIMASI SESEORANG YANG MEMPUNYAI KEDUDUKAN SECARA JENJANG HERARKI ( ESELONISASI ) IMBALAN ( REWARD POWER ) PEMBERIAN IMBALAN PADA BAWAHAN ( GAJI, UPAH, JAMINAN LAIN – FASILITAS ) MEMPUNYAI MAKNA KHUSUS KEKUASAAN AHLI ( EXPERT POWER ) SESEORANG YANG MEMPUNYAI KEAHLIAN TERTENTU, DI IKUTI YANG LAIN ( PERNYATAAN AHLI BENCANA ) INFORMATION POWER SESEORANG YANG MENGUASAI MEMILIKI INFORMASI YANG EKSIS TENTANG LEMABAGA REFERN POWER ATAS DASAR KHARISMA WIBAWA PAKSAAN ( CEORUVE POWER ) KEPATUHAN KARENA TAKUT ANCAMAN HUKUMAN ( TINDAKAN DISIPLIN, TUNDA GAJI, dll )

PRILAKU KELOMPOK KESELURUHAN PRILAKU YANG DILAKUKAN SEJUMLAH ORANG-ORANG DENGAN SALING KETERGANTUNGAN UNTUK MENCAPAI SUATU TUJUAN ORGANISASI YANG SUDAH DISEPAKATI BERSAMA KELOMPOK TERDIRI DARI 1. KELOMPOK KOMANDO DITENTUKAN ATAS ATURAN JENJANG ORGANISASI 2. KELOMPOK TUGAS SEJUMLAH ORANG YANG MELAKSANAKAN TUGAS ATAU PROYEK-PROYEK TERTENTU ex : KEPANITIAN KELOMPOK FORMAL 1. KELOMPOK KEPENTINGAN IKATAN KERJA ATAS PIJAKAN KEPENTINGAN TERTENTU ( INSINDENTIL / SPONTAN ) 2. KELOMPOK PERSAHABATAN / KEKERABATAN TERKUMPUL KARENA KESAMAAN KARAKTER ( ALUMNI – SUKU – PROFESI ) KELOMPOK NON FORMAL

▪ NORMA PROSES = PETUNJUK & ATURAN DITETAPKAN SECARA IMPLISIT, SEBAGAI RUJUKAN KERJA ( KUALITAS-KUANTITAS-FASILITAS HAK DAN KEWAJIBAN -> TUPOKSI ) KINERJA INDIVIDU ( KARYAWAN ) ▪ NORMA PENAMPILAN ( FIRST IMPRESSION ) = KESAN PERTAMA MENGHARUSKAN TAMPILAN FISIK POSTUR TUBUH TAMPAN-RUPAWAN BUSANA-UNIFORM SERAGAM-WARNA & MODIS PERANGKAT KERAS-MATRIAL -> GEDUNG YANG SPESIFIK AKTIFITAS KERJA YANG TERMOTIVASI ( SUPER SIBUK-SANTAI) ▪ NORMA SOSIAL DAN TEKNIS NORMA SOSIAL CENDERUNG INTERAKSI SESAMA ANGGOTA DAN LUAR ANGGOTA ( HUMAN RELATION-KEMITRAAN) NORMA YANG MEMPENGARUHI PRILAKU

1. KUALITAS MUTU ( PENINGKATAN SKILL ) MENERIMA PEMBAHARUAN ( INOVATIF ) CIUM ( CEKATAN – INISIATIF – ULET – MAJU ) 2. TEGAR / PENYALAHGUNAAN WEWENANG TIDAK GOYAH GODAAN HARTA, JABATAN, WANITA, dsb 3. SEIRAMA UCAPAN DAN PRILAKU 4. MENGHARGAI PRESTASI ORANG LAIN, BERJIWA BESAR MENGAKUI KEKURANGAN 5. SEGALA SESUATUNYA KARENA BAROKAH DARI SANG PENCIPTA ( SIFAT QANAAH TAWADU’ ) CIRI-CIRI PROFESIOANALISME

APAKAH DIRIKU PROFESIONAL ? 1. KUALITAS / PENINGKATAN SKILL MENERIMA PEMBAHARUAN INOVATIF MENGERTI DAN MENGUASAI PEKERJAAN ARTINYA : SESEORANG PEMECAH MASALAH ( PROBLEM SOLVER ) BUKAN PENCIPTA MASALAH ( PROBLEM MAKER ) NALURI CIUM YANG TINGGI ( CEKATAN-INISIATIF-ULET-MAJU ) 2. KOMITMEN SEMAKIN TINGGI KOMITMEN SEMAKIN TINGGI MENCINTAI PEKERJAAN SEMAKIN TINGGI PULA RASA TANGGUNG JAWAB PADA PEKERJAAN, MERASA TIDAK TERBEBANI ( LOYALITAS ) 3. MOTIVASI TINGGI MAMPU MENJADI MOTIVASI BAGI DIRINYA, TIDAK DOWN, MALAS, SUNTUK KETIKA MENGHADAPI SITUASI SULIT TEGAR BERSEMANGAT, SAAT YANG LAIN TERKULAI KEHILANGAN GAIRAH KERJA, DAPAT MEMBEDAKAN PENGGUNAAN FASILITAS UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI ATAU KANTOR TIDAK GOYAH GODAAN HARTA, JABATAN, WANITA, DAN CS LAINNYA

4. BERMARTABAT BEKERJA SENANTIASA DILANDASI OLEH NILAI-NILAI KEJUJURAN, KARENA TIDAK CUKUP MENGANDALKAN KEAHLIAN DAN KEPANDAIAN HARUS DIDUKUNG OLEH MORAL, PIKIRAN DAN PERBUATAN SEIRAMA 5. BEKERJA SAMA TETAP MEMBUTUHKAN BANTUAN ORANG LAIN ( TIDAK ADA SESUATU YANG DAPAT DILAKUKAN OLEH DIRI SENDIRI ) MENGHARGAI SEKECIL APAPUN BANTAUN ORANG LAIN, MENGHARGAI PRESTASI ORANG LAIN, BERJIWA BESAR MENGAKUI KELEMAHAN DIRI SENDIRI ( HUMAN RELATION ) 6. MEMANDANG SEGALA SESUATU KARENA KEKUASAAN SANG PENCIPTA ( QANAAH, TAWADU’ ) KETERAMPILAN ILMU PENGETAHUAN YANG DIMILIKI MANUSIA HANYA SEDIKIT ( AL-QUR’AN ) APAKAH DIRIKU PROFESIONAL ?

PENCITRAAN PRFOFESI INDIVIDU ORGANISASI INTERAKSI INTERNAL SESAMA ANGGOTA DAN KELUARGA EXTERNAL KEMITRAAN SPONSORSHIP EXPRESIEXPRESI NORMA / NILAI YANG BERLAKU PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN AGAMA ADAT WIRAGA BUSANA WICARA PENGAKUAN CITRA / IMAGAE NEGATIF POSITIF