Adab & Hukum Safar.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
Advertisements

Selamat Datang Wahai Tamu Yang Mulia
AL QUR’AN Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang etos kerja
Amanah dalam Perspektif Sunnah
Kedudukan Laki-Laki Dalam Islam Antara Hak dan Kewajiban.
BAB VI Oleh: Muhamad Fatoni,M.Pd.I. KEWAJIBAN ZAKAT عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ
SUJUD - Sujud Sahwi - Sujud Tilawah - Sujud Syukur
Jurusan Tarbiyah PAI 08.T Yanti Mulyanti.
Pembagian Hadis Oleh: Nur Kholis, M.Ag. H. Thonthowi, S.Ag.
HADITS KEDUAPULUH EMPAT
Qur’anic Campus. Mengapa Qur’anic Campus? Andalan Untuk Membangun Peradaban Keselamatan Dunia dan Akhirat.
Cara Sholat Rasulullah SAW (Sifat Sholat Rasul) ISLAM
Click to edit Master subtitle style
HADITS KEDUAPULUH DUA.
OLEH: MUHAMAD FATONI,M.Pd.I BAB III. Allah Menilai Hati Manusia عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : ' إن الله لا ينظر إلى صوركم.
Bersumber dari: l&id_online=928 Microsoft PowerPoint By malcomahsan&JuRaiZ Penulis : Al-Ustadz Abu Karimah.
ADAB / ETIKA MENUNTUT ILMU
Sri Rahayuningsih ( ) Universitas Negeri Surabaya
BAB 2 AL QUR’AN Tentang ETOS KERJA HOME SK/KD PETA KONSEP MATERI
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
HUKUM MEMINTA-MINTA FATWA TARJIH.
SHALAT SAFAR & SHALAT RUKBAN
METODOLOGI EKONOMI ISLAM
SHALAT JAMA’ DAN QOHOR Oleh Asni Nurlaela, S.Ag.
HadiTH Tiga Serangkai KURSUS BIMBINGAN UGAMA (KBU)
Oleh: -Fatimah ibtisam -Layla mahdamy
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
BAGAIMANAKAH ISLAM MENGATUR EKONOMI?
BAB 2 AL QUR’AN Tentang ETOS KERJA HOME SK/KD PETA KONSEP MATERI
Berikut penjelasannya
BAB XI Salat Jamak dan Qasar.
BULAN MUHARRAM Home keutamaan bulan muharram
I’tikaf dan Lailatul Qadar
SHALAT-SHALAT SUNAH BAB II KELAS 11.
Click to edit Master subtitle style
Tafsir Ayat dan Hadis tentang Mudharabah
TA’RIF (DEFINISI) TARBIYAH ISLAMIYAH Tarbiyah Islamiyah adalah: “Cara ideal dalam berinteraksi dengan fitrah manusia, baik secara langsung (berupa.
Umroh: A Spiritual Journey
Fiqih Shalat.
KEBERSIHAN KELOMPOK IX Eny Ervila Agus Subekti.
ETOS KERJA DALAM ISLAM Rian Hidayat, S.Pd.I.
Start. start “Mohonlah kepada Allah kesehatan “Mohonlah kepada Allah kesehatan. Sesungguhnya karunia yang lebih baik sesudah keimanan adalah kesehatan”
TAHAP PERKEMBANGAN MANUSIA DAN KARAKTERISTIKNYA DALAM ISLAM
Al-Fath (Lari Dari Perang)
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
Menuntut Ilmu dan Menghargai waktu
IBADAH PUASA Masuk.
LOGOUT PROFIL SAYA WELCOME Syarat, Rukun, Rukun Puasa
Hutang adalah memberikan sesuatu yang menjadi hak milik pemberi pinjaman kepada peminjam dimana pengembalian di kemudian hari dengan jumlah yang sama sesuai.
Tarbiyatul
ZAKAT FITRAH.
MENYALATKAN JENAZAH KELOMPOK 7.
ZAKAT FITRAH.
Click to edit Master subtitle style
ALIRAN SESAT CIRI-CIRI DAN CARA-CARA MENGHINDARINYA
 Ketika Anda sedang berpuasa, merasa sangat lapar, dan tidak ada orang lain melihat Anda... KENAPA ANDA TIDAK MAKAN?  Puasa melatih muraqabah (rasa.
Oleh : Dr. Octaria Saputra SABAR dan BERSYUKUR.
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
Kelas Bimbingan Dewasa
PUASA WAJIB dan PUASA SUNAH
TUNTUNAN SHALAT TAHAJUD Mari Berilmu Sebelum Beramal dan Bersemangat untuk Beramal di atas Ilmu.
IMAM FASIH FATWA TARJIH 2004.
AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID
Setiap umat manusia, baik laki-laki maupun perempuan, wajib untuk menuntut ilmu, menuntut ilmu harus dilakukan dengan penuh semangat dan tidak boleh dengan.
Oleh : Yulina Muhammad Miftahudin Kholid Mawardi
Shalat Jumat yang diwajibkan tidak diwajibkan syarat sah rukun khutbah.
Shalat Safar (SHALAT DLM PERJALANAN)
Zoel Creative AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID Disarikan dari buku: MISTERI SHALAT SUBUH Karya Dr. Raghib As-Sirjani.
Transcript presentasi:

Adab & Hukum Safar

Pembahasan : Arti, Keutamaan & Hikmah Safar Ragam Hukum Safar Permasalahan Fiqh dalam Safar Adab – Adab Safar / Bepergi

A. Arti, Keutamaan dan Hikmah Safar

Arti Safar : Secara Bahasa : Bepergian / menempuh jarak perjalanan Secara Filosofis akar Kata: “ menampakkan “ سفرت المر أة عن وجهها Ibnu Mundzir : وسمي السَّفَرُ سَفَراً لأَنه يُسْفِرُ عن وجوه المسافرين وأَخلاقهم فيظهر ما كان خافياً

Arti Safar dalam Istilah Fiqh : Keluar bepergian meninggalkan kampung halaman dengan maksud menuju suatu tempat dengan jarak tertentu yang membolehkan seseorang yang bepergian untuk menqashar sholat

1. Meningkatkan Rasa Syukur وَالَّذِي خَلَقَ الْأَزْوَاجَ كُلَّهَا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنَ الْفُلْكِ وَالْأَنْعَامِ مَا تَرْكَبُونَ (12) لِتَسْتَوُوا عَلَى ظُهُورِهِ ثُمَّ تَذْكُرُوا نِعْمَةَ رَبِّكُمْ إِذَا اسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ Dan Yang menciptakan semua yang berpasang-pasang dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi. Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; “ ( QS Zuhruf 12-13)

2. Menambah Sahabat, Memperluas Rejeki يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal ( Hujurot 13)

3. Menambah Pengalaman Kehidupan أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الْأَبْصَارُ وَلَكِنْ تَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ “ Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada “ (QS Al Hajj 46)

4. Melatih Mental & Kesabaran السَّفَرُ قَطْعَةٌ مِنَ الْعَذَابِ ، يَمْنَعُ أَحَدَكُمْ نَوْمَهُ وَطَعَامَهُ وَشَرَابَهُ “ Safar adalah potongan (bagian) dari azab, yang menahan seorang dari makanan, minuman dan tidurnya (yang nyaman)” (HR Bukhori dan Muslim).

5. Mendapatkan Keringanan dalam Ibadah dan Istijabah dalam doa " ثلاث دعوات مستجابات لا شك فيهن: دعوة الوالد، ودعوة المسافر، ودعوة المظلوم ”.(أحمد) “ ada tiga doa yang tidak diragukan lagi mustajabnya : doa orang tua pada anaknya, doa musafir, dan doa orang yang terzalimi “ (HR Ahmad)

B. Ragam Macam Hukum Safar

1. Safar Wajib Melakukan perjalanan ibadah wajib, seperti haji, jihad atau bernadzar. وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ ( الحج 27) ”Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh” (al-Hajj 27)

2. Safar Sunnah Melakukan perjalanan bernilai kebaikan, seperti berdakwah, menyambung silaturahmi, berdagang untuk mencari nafkah, menuntut ilmu, atau umroh yang sunnah. فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.(QS Jumat 10)

3. Safar Mubah Melakukan perjalanan rekreatif, jalan-jalan, yang tidak melalaikan dari kewajiban agama كل شىء ليس من ذكر الله لهو ولعب إلا أن يكون أربعة ملاعبة الرجل امرأته وتأديب الرجل فرسه ومشى الرجل بين الغرضين وتعليم الرجل السباحة “segala suatu selain dzikrullah adalah sia-sia dan permainan belaka, kecuali empat hal : bercanda dg istri, melatih kuda, memanah dan berlatih berenang (HR An-Nasai dan Thobroni)

4 & 5 : Safar Makruh & Haram Makruh : Melakukan perjalanan mubah secara berlebihan atau melanggar adab dan etika dalam safar. Misal : bepergian sendirian Harom : Melakukan perjalanan dengan tujuan kemaksiatan atau dengan cara maksiat, atau ke tujuan yang tidak dibolehkan syariat. Misal : negeri orang kafir yang banyak fitnah, daerah wabah penyakit.

Permasalahan : Untuk safar yang jenis manakah RUKHSOH dalam IBADAH bisa digunakan ?

Pendapat Pertama : Hanya safar yang wajib, sunnah dan mubah saja Pendapat Pertama : Hanya safar yang wajib, sunnah dan mubah saja. Yang makruh dan haram tidak diperbolehkan. oleh : Imam Malik, Ahmad dan Syafi’i Pendapat Kedua: membolehkan rukhsoh diambil untuk semua jenis safar / menempuh perjalanan baik haram sekalipun. Sesuai dengan keumuman lafadz Safar dalam Al-Quran. oleh : Abu Hanifah, Asy-Syaukani, Ibnu Taimiyah, Adz-Dzohiri

C. Fiqih berkaitan dengan Safar (Rukhsoh & Ketentuannya)

Ragam Rukhsoh dalam Safar Menqashar dan Jamak Sholat Tidak berpuasa di siang hari Ramadhan Tidak terkena kewajiban Shalat Jumat Mengerjakan Sholat Sunnah di atas kendaraan Mengusap Khuf (sepatu), serban dan yang sejenisnya ketika Thoharoh

Arti Sholat Qoshor Qoshor : Meringkas shalat empat rekaat (dhuhur, ashar dan isya’) menjadi dua rekaat, ketika melakukan sebuah perjalanan dengan syarat tertentu.

Dalil disyariatkannya Qashar قال الله تعالى: (وإذا ضربتم في الارض فليس عليكم جناح أن تقصروا من الصلاة إن خفتم أن يفتنكم الذين كفروا) An-Nisa 101 فعن يعلى بن أمية قال: (قلت لعمر بن الخطاب أرأيت إقصار الناس الصلاة وإنما قال عزوجل: (إن خفتم أن يقتنكم الذين كفروا) فقد ذهب ذلك اليوم؟ فقال عمر: عجبت مما عجبت منه فذكرت ذلك لرسول الله صلى الله عليه وسلم فقال: (صدقة تصدق الله بها عليكم فاقبلوا صدقته). رواه الجماعة.

Permasalahan : Dalam perjalanan, lebih Utama Qoshor atau menyempurnakan Sholat ?

Pendapat Pertama : Lebih utama menyempurnakan (1 qaul syafi’i) Pendapat Kedua: sama saja ( sebagian Malik) Pendapat Ketiga : Qashar lebih utama (pendapat kuat as-syafi’I dan riwayat ahmad) Pendapat Keempat : wajib Qashar ( Abu Hanifah dan Malik) Pendapat Kelima : Qashar Sunnah dan meninggalkannya makruh * Ibnu Taimiyah dalam Majmu’ Fatawa

Permasalahan : Berapa Jarak minimal seorang boleh menqashar sholat ?

Pendapat Jumhur : > 80 km لا يحل لامرأة تؤمن بالله واليوم الآخر ان تسافر مسيرة يوم وليلة الا مع ذي محرم * رواه مسلم “tidak halal seorang wanita yg beriman kepada Allah dan hari akhir, menempuh perjalanan sehari semalam, kecuali disertai mahromnya “. (Buhkori & Muslim) Setengah hari = 1 barid = 4 farshah Sehari semalam = 4 barid = 16 farshah 1 farshah = 3 mil Jarak minimal = 48 mil sekitar 80 km

Pendapat Lain : Safar Mutlak وَمَعْلُومٌ أَنَّ إِطْلَاق السَّفَر لَا يَدُلّ عَلَى اِخْتِصَاصه بِالطَّوِيلِ , وَلَمْ يُبَيِّنْ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِقْدَاره . وَتَأْخِير الْبَيَان عَنْ وَقْت الْحَاجَة مُمْتَنِع , فَسُكُوته عَنْ تَحْدِيده مِنْ أَظْهَر الْأَدِلَّة عَلَى أَنَّهُ غَيْر مَحْدُود شَرْعًا . قَالُوا : وَاَلَّذِينَ حَدَّدُوهُ - مَعَ كَثْرَة اِخْتِلَافهمْ وَانْتِشَار أَقْوَالهمْ - لَيْسَ مَعَهُمْ نَصٌّ بِذَلِكَ , وَلَيْسَ حَدٌّ بِأَوْلَى مِنْ حَدّ , وَلَا إِجْمَاع فِي الْمَسْأَلَة , فَلَا وَجْه لِلتَّحْدِيدِ . وَبِاَللَّهِ التَّوْفِيق ( Ibnul Qoyyim Al-Jauzi)

Permasalahan : Berapa batas waktu seorang boleh menqashar sholat ?

Ragam Dalilnya : عن أنس بن مالك قال : خرجنا مع رسول الله صلى الله عليه و سلم من المدينة إلى مكة فصلى ركعتين ركعتين حتى رجع قلت كم أقام بمكة ؟ قال عشرا Jabir radhiallahu anhu meriwayatkan, bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa'ala alihi wasallam tinggal di Tabuk selama dua puluh hari meng-qashar shalat.[HR Ahmad) Ibnu Abbas radhiallahu anhuma meriwayatkan, bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa'ala alihi wasallam tinggal di Makkah selama sembilan belas hari meng-qashar shalat.[HR Bukhori Nafi' rahimahullah meriwayatkan,     bahwasanya Ibnu Umar radhiallahu anhuma tinggal di Azzerbaijan selama enam bulan meng-qashar shalat.[HR Baihaqi}

Ragam Pendapat: Ulama sepakat, selama masih berniat safar dan belum berniat tinggal maka diperbolehkan terus menqashar Apabila berniat mukim, maka selama 4 hari atau kurang masih boleh mengqashar sholat ( Imam Syafi’I, Ahmad, dan Malik) Pendapat paling lama tentang niat mukim adalah 20 hari sesuai dengan hadits perang Tabuk

Arti Sholat Jamak : Jamak : Menggabungkan dua sholat ( Dhuhur & Ashar, Maghrib & Isya) karena dalam kondisi perjalanan, atau halangan tertentu lainnya.

RAGAM Sholat Jamak : Sholat Jamak di Arafat Jamak karena Perjalanan Karena Sakit dan Hujan Karena halangan / udzur umum ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي بِالْمَدِينَةِ يَجْمَعُ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ مِنْ غَيْرِ خَوْفٍ وَلَا مَطَرٍ قِيلَ لَهُ لِمَ قَالَ لِئَلَّا يَكُونَ عَلَى أُمَّتِهِ حَرَجٌ –An Nasa’i-

D. Adab Bepergian

Berpamitan dan Minta di Doakan Berwasiat jika diperlukan Tidak bepergian sendirian Mengangkat pemimpin Perjalanan Membaca doa Safar : سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ Memperbanyak Doa Berbagi dalam Perjalanan

Segera kembali ketika urusan telah selesai Tidak kembali ke rumah pada malam hari Melaksanakan sholat dua rekaat Mengadakan perjamuan sederhana ن جابر بن عبد الله ان رسول الله صلى الله عليه وسلم لما قدم المدينة نحر جزورا أو بقرة - رواه البخاري في الصحيح

Alhamdulillah Semoga kita mampu menjalankannya