FUNGSI DAN PERAN AGAMA DALAM MASYARAKAT

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Lesson 11 for June 14, 2014 PARA RASUL DAN HUKUM.
Advertisements

MAKNA 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
HUKUM ADAT ANA DHAOUD DAROIN.
PEMBAGIAN AGAMA DI DUNIA
GEREJA YANG BERTUMBUH DI TENGAH PLURALITAS
FUNGSI DAN PERAN AGAMA DALAM MASYARAKAT
GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI
AGAMA DAN KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA
Oleh: Pdt. Yohanes Bambang Mulyono
4. Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan (Blessed are those who hunger and thirst for righteousness, for.
Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag1 Agama Sikh Nama mahasiswa: Mulyanasari Nama mahasiswa: Mulyanasari Dosen: Siti Nadroh, M.Ag Dosen: Siti Nadroh, M.Ag.
PENEUMATOLOGI Pertemuan ke 6.
MATERI PEMBELAJARAN PKn Untuk Kelas VII/II Kurikulum 2013
“Karya Pengampunan Allah Dalam Yesus Kristus”
Pendidikan Agama Islam
36 Butir Pedoman Penghayatan & Pengamalan Pancasila
Lesson 10 for September 2, 2017 DUA PERJANJIAN.
OTORITAS PAULUS DAN INJIL
ALLAH KASIH KARUNIA DAN PENGHAKIMAN
JALAN MENUJU IMAN Lesson 7 for August 12, 2017.
UMAT KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA (KAJ)
LOKAKARYA EKUMENIS PEMUDA GKI 2016
FUNDAMENTALISME ISLAM
Maria Angelia Christine, Simangunsong, S,Th, M.Pd.k
AGAMA DALAM PERUBAHAN SOSIAL
KEMAJEMUKAN BANGSA INDONESIA
4 PILAR KEHIDUPAN SEBAGAI LANDASAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
BERMEGAH DALAM SALIB Lesson 14 for September 30, 2017.
GEREJA: BERBAGAI UPACARA DAN RITUAL
MENJADI KATOLIK 4/16/2018 Drs. A. P . Oenarto.
TUJUAN PEMBELAJARAN Mengenal dua cara Yesus mewartakan Kerajaan Allah
Pokok Bahasan IV TOLERANSI BERAGAMA
X MIA 1 dan X MIA 2 SEMESTER GANJIL
Bab III MORALITAS.
ALKITAB/KITAB SUCI (LANJUTAN)
Ps. Danny Hanafi.
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
Kerukunan Antar Umat Beragama
Hidup & Beruntungan Kematian & Kecelakan
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Lesson 6 for November 11, 2017 ADAM DAN YESUS.
MD101Q & MD101R Pengampu: Tony Tampake
PERSPEKTIF TEOLOGIS KATOLIK DALAM PERAN SOSIAL KEMASYARAKATANNYA
Kerukunan Antar Umat Beragama
Pendekatan Fenomenologis
ANAK-ANAK PERJANJIAN Lesson 10 for December 9, 2017.
SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7?
Beriman dan Beragama.
Simbolisme dalam Agama Drs. H. Nur Syahid, MPdI
MAKNA 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA NICO GARA Disajikan pada Seminar Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Manado, 8 September 2012.
Pengertian agama kata agama berasal dari bahasa sansekerta dari kata a berarti tidak dan gama berarti kacau. Kedua kata itu jika dihubungkan berarti sesuatu.
Membangun Komunitas Dialogal
BAB 3 : PENGENALAN KEPADA BEBERAPA AGAMA LAIN
BAB VI HAK ASASI MANUSIA
PENTAKOSTA Lesson 2 for July 14, 2018.
BAB VII YESUS, SAHABAT, TOKOH IDOLA, PUTRA ALLAH DAN JURUSELAMAT
DIPERSATUKAN DENGAN YESUS
GAMBARAN-GAMBARAN PERSATUAN
MODUL IMAN KRISTEN (Tahap BERSEMI) “Mengenal Pengakuan Gereja Toraja”
PERSATUAN DALAM IMAN Lesson 8 for November 24, 2018.
YESUS PUTRA ALLAH DAN JURU SELAMAT
Hukum ALLAH. Hukum ALLAH Waktu ALLAH menyampaikan hukum di atas Bukit Sinai, Allah tidak hanya menyatakan diri-Nya sendiri sebagai penguasa tertinggi.
BUKTI YANG PALING MEYAKINKAN
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH
PLURALITAS KEAGAMAAN DI INDONESIA Jurnal Teologi “Gema” No 47/1994, UKDW.
SAYA DICIPTAKAN SEBAGAI CITRA ALLAH  Kitab Suci Kejadian 1 :  Manusia diciptakan oleh Allah menurut gambar dan citraNya.  Kepada manusia diberi.
1.Pembenaran oleh iman. Roma 5: Kasih Allah bagi orang berdosa. Roma 5: Dosa masuk ke dunia. Roma 5:12. 4.Hukum dan dosa. Roma 5:13-14,
Kasus penyimpangan pancasila sila pertama Disusun oleh: Adi Prasetyo (K ) Agung Nugroho (K ) Alvian Novitasari (K ) Andysty Andryaningrum.
Transcript presentasi:

FUNGSI DAN PERAN AGAMA DALAM MASYARAKAT

FUNGSI DAN PERAN AGAMA DALAM MASYARAKAT Agama lahir dari pergumulan manusia dalam kehidupannya dengan yang Ilahi. Agama merupakan kekuatan yang amat mempengaruhi sikap hidup manusia secara individual maupun sosial, seharusnya agama menjadi perekat sosial yang kuat dalam kehidupan manusia (Emile Durkheim). Agama merupakan sumber etika dan moral dalam kehidupan masyarakat (Banawiratma).

FUNGSI DAN PERAN AGAMA DALAM MASYARAKAT Agama membangun peradaban manusia ke arah yang lebih baik. TITIK TEMU AGAMA-AGAMA adalah ETIKA dan MORAL AGAMA Spiritual Sosial Etika dan Moral

FUNGSI DAN PERAN AGAMA DALAM MASYARAKAT Sidharta Gautama : Manusia dan Dunia sebagai sesuatu yang beragama dan saling mempengaruhi. Perbedaan harus dihargai Nabi Muhammad : Mengubah kehidupan masyarakat Arab yang primordialis menjadi masyarakat yang berlandaskan persaudaraan universal Yesus : Memperjuangkan kesetaraan, keadilan, dan kebenaran PERAN AGAMA YANG KONSTRUKTIF : MEMILIKI SIKAP TOLERAN KEPADA PARA PEMELUK AGAMA, MENGHARGAI UMAT LAIN, JUGA TETAP TAAT MENJALANI AGAMANYA

Peran Agama Yang Destruktif Pdt. Eka Darmaputera : Agama-agama di dunia umumnya lahir, bertumbuh, dan berkembang sebagai “anak tunggal”. Hinduisme : India Islam : Timur Tengah Kristen : Eropa dan Amerika Budhisme : Sri Langka dan Thailand (Indo China)

Peran Agama Yang Destruktif “Anak Tunggal” : kecenderungan kurang toleran, bersikap dominan, dan merasa diri paling benar. Tidak rela kehilangan dirinya, sehingga menutup dirinya dengan sangat rapat Melindungi diri sekuat-kuatnya. Membangun benteng-benteng tebal

Peran Agama Yang Destruktif Fundamentalisme “Anak Tunggal” Fanatisme

Peran Agama Yang Destruktif FUNDAMENTALISME : Menerapkan tafsir yang sangat sempit Menolak studi Kritis atas kitab suci Bukan hanya menimbulkan konflik dalam hubungannya dengan agama lain, tetapi juga dengan orang yang seagama

Peran Agama Yang Destruktif FANATISME Menganggap diri sebagai pembela agamanya Tindak pembelaannya yang mereka lakukan justru dengan cara yang dilarang oleh agamanya sendiri Orang Fanatik bukan membela agama dan hukum dalam agamanya, melainkan membela PEMAHAMAN MEREKA atas hukum agama dan cara mereka melakukannya

Fundamentalisme dan Fanatisme Lebanon : Warga Kristen dan Islam Irlandia : Umat Protestan dan Katolik India : Hindu dengan Sikh dan Islam, Kristen India dan Kaum Dalit Myanmar : mayoritas Budha menyingkirkan suku-suku minoritas (rohingnya-Islam, Karen-Kristen, Naga-Hindu) Indonesia : Islam Sunni dan Islam Syiah, Islam vs Ahmadiyah, Kerusuhan Poso dan Ambon

SIMBOLISME BERASAL DARI KATA SYMBOLON (YUNANI) Segala sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesusuatu yang lebih luhur Sebagai sarana umat semakin menghayati imannya, tetapi juga tetap menomor satukan Tuhan. BUKAN mengaggungkan simbol melebihi Allah.

Simblo-simbol Kekristenan Salib adalah lambang Kristen, dimana orang Kristen mengakui bahwa: Pengorbanan Kristus di kayu salib agar manusia memperoleh hidup kekal Salib juga adalah bukti kasih setia Allah bagi manusia Salib pada awalnya adalah tempat para penjahat menjalani hukuman. Sehingga orang Yahudi pun memandang salib sebagai tempat hukuman, tempat penjahat, juga kutukan

Simbol Kekristenan Natal : pohon cemara, lonceng, dan bintang, lilin Paskah : kelinci dan telur, daun Palem IKHTUS : IKAN (IKHTUS-IESOUS KHRISTOS THEOU HUIOS SOTER ikan juga merujuk kepada para murid pertama yang berprofesi sebagai nelayan Juga 3 hari lamanya Yunus berada di dalam perut ikan besar. Hal ini seperti kematian Kristus, kemudian bangkit pada hari yang 3.

EKSKLUSIF membuat seseorang untuk menutup diri dan tidak mau berkawan EKSKLUSIF membuat seseorang untuk menutup diri dan tidak mau berkawan. Menolak keberadaan agama lain. (mis: menolak memberikan sumbangan, menolak ikut kerja bakti membangun rumah ibadah umat lain) INKLUSIF; membuka diri dan mau menerima keberadaan umat beragama yang lainnya. Tetapi sekadar menghargai tapi tidak mau terlalu terlibat jauh dalam bekerja sama. Bersikap toleran namun acuh tak acuh.. (memberi sumbangan tapi tidak mau kerja bakti membangun rumah ibadah agama lain)

PLURALIS; Orang yang berbeda agama turut diselamatkan oleh Tuhan yang saya percayai. Karena keselamatan Allah hadir di dalam dan melalui tradisi-tradisi yang ada. Oleh karena itu mengakui dan menghargai AJARAN AGAMA umat lain, juga menghargai mereka menjalani ritual agamanya. Mau aktif bekerja sama untuk melakukan banyak hal bersama. (mis: kerja bakti membangun rumah ibadah umat lain)