Tujuan: Untuk meningkatkan komunikasi kelompok. Langkah-langkah: 1.Meminta peserta untuk berdiri pada dua baris yang berhadapan satu ysng bertanya.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Semuanya Indah Jangan Menangis Mama
Advertisements

Permainan dan cara memainkannya
PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK
Metaplan dan walking seminar
Tugas Disain Pelatihan Nama: Siti Rohana NPM:
PEMBELAJARAN INOVATIF
TUGAS DESAIN PELATIHAN NGATILAH MEMASANGKAN CINCIN Kelompok : terdiri dari 8 sampai 15 orang Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan : a. Satu pensil.
CHAOS Grup size: 15 sampai 30 Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan: kertas dan pena Nurmiyati. NPM :
MATERI IPS KELAS XI SEMESTER GANJIL
MODEL PENDEKATAN BERNUANSA KONSTRUKTIF
Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks
PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN
TRIK MENEBAK NAMA PACAR TEMAN ALA DINAR RIADDIN
STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DI SD
5 macam permainan dalam pelatihan
Matakuliah Pembelajaran
Paket 5 Matakuliah Pembelajaran BI MI
Paket 7 Metode dan Media dalam Pembelajaran PKn MI
DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI ( )
Paket 9 Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
TEBAK KATA.
Menyimak untuk memahami lafal,tekanan/intonasi, dan jeda yang baku dan yang tidak baku Oleh : Dra. Anny Setiani.
Bola basket.
NAMA: FAJARRUDIN NPM: Tugas Desain Pelatihan MID Semester Genap 2012 UMY.
MELIPAT KERTAS.
Nama Permainan : ARISAN HEBOH IDOL Oleh : Nama Mahasiswa : HADI NUR SETYAWAN NIM : Semester: VI Reguler 2009 Gunungkidul ijk.
Tata Tertib Pengawas Ruangan Dan Peserta UN
Tugas desain pelatihan UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
PETUNJUK SELAMAT! Tim Anda terpilih untuk mengikuti THE AMAZING RACE on KEBUN RAYA BOGOR Pastikan Tim Anda menerima 1 bingkisan yang berisikan PETA, ATURAN.
Menggunakan Pendekatan METACOGNITION Joseph Frank Landsberger
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Games and ice breakings
Jumlah Peserta Waktu Tujuan Alat dan bahan Langkah - langkah.
Oleh: Michael Jhon dan Alfiando M
SMPN 2 TEGALOMBO PACITAN
BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER GANJIL BAHAN AJAR.
Referensi Sistem Harvard
ATLETIK : LARI SAMBUNG, LEMPAR CAKRAM
BRAINSTORMING DALAM MANAJEMEN PRODUKSI IKLAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tujuan: Mahasiswa dapat mengajar huruf Jepang
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Penjaskes Jilid 2 Penjaskes Permainan
Menggunakan Pendekatan METACOGNITION Joseph Frank Landsberger
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS HASANUDDIN
Bola basket.
STRATEGI PENINGKATAN DAYA SIMAK
Ketangkasan I (Rawa Beracun) Jumlah peserta 4 anak
MATERI ISTIMA’ KELAS IV SEMESTER GENAP
Unik Ambar Wati STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI SD Unik Ambar Wati
01.1 Hari-1 Sesi-1 Pendahuluan.
STRATEGI PENINGKATAN DAYA SIMAK
Kompetensi Dasar 2 Menulis Ringkasan Isi Buku.
STANDAR KOMPETENSI Mengungkapkan pikiran, Perasaan,dan informasi dengan berbalas pantun dan bertelpon. KOMPETENSI DASAR Berbalas pantun dengan lafal dan.
“AKU TAHU, AKU MAU, AKU BISA”
Exemple: Model Pembelajaran
MEMBACA PERMULAAN (3) PERTEMUAN KE-5 Khusnul Fatonah, M.Pd. PGSD.
Pendekatan Ketrampilan Proses
TUTORIAL II REVIEW PENDUKUNG TAP 8 LANGKAH ANALISIS KASUS
Modul 9 : Mengaplikasikan Lembar Kerja Modul 10 : Mengembangkan Pendekatan Abad 21 Modul 11 : Merencanakan dan Melaksanakan Rencana Kerja Anda.
SUBTEMA I AKU DAN TEMAN BARU.
MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Karakteristik Belajar Peserta Pelatihan
PENILAIAN BERBASIS KELAS WAKTU: 75 MENIT
Menggunakan Pendekatan METACOGNITION Joseph Frank Landsberger
Menggunakan Pendekatan METACOGNITION Joseph Frank Landsberger
Nominal Group Technique
Selamat Pagi Siswa-Siswiku
MATERI IPS KELAS XI SMK KYAI AGENG GIRI SEMESTER GANJIL.
MINDSET adalah POLA BERFIKIR Mindset akan mengarahkan anda kemana anda akan pergi dari tujuan hidup yang anda arahkan, baik yang anda inginkan ataupun.
Transcript presentasi:

Tujuan: Untuk meningkatkan komunikasi kelompok. Langkah-langkah: 1.Meminta peserta untuk berdiri pada dua baris yang berhadapan satu ysng bertanya. Berilah setiap kelompok kartu. 2.Mintalah anggota dari salah satu baris untuk menulis sebuah pertanyaan yang dimulai dengan kata “Why” (mengapa), sementara mereka yang di baris yang lain menulis sebuah jawaban yang dimulai dengan kata “Because” (Karena). 3.Kelompok dengan pertanyaan “Why” (Mengaapa) memulai membacakan pertanyaan mereka dengan keras. Mereka diikuti dengan tepat pertanyaan –pertanyaan dari kelompok “because” sampai semua telah membaca.

1,2,3....

Mengapa kamu suka jajan?? Karena aku kecil??? 1,2,3....

Mengapa kamu jelek?? Karena aku gendut??? 1,2,3....

Mengapa kamu pinter?? Karena aku item??? 1,2,3....

Mengapa kamu pinter?? Karena aku item??? 1,2,3....

Mengapa kamu pinter?? Karena aku item??? 1,2,3.... Karena aku kecil??? Karena aku gendut?? ? Mengapa kamu jelek?? Mengapa kamu suka jajan??

Tujuan : melatih kekompakan kelompok Langkah-Langkah: 1.Siapkan 3 kelompok untuk berbaris membanjar atau melingkar sambil membawa sedotan setiap satu orang. 2.Siapkan potongan kerta kecil-kecil untuk dijadikan alat yang diestafetkan. 3.Suruh peserta untuk meletakkan sedotan dimulut lalu mengestafetkan kertas dari peserta satu ke peserta yang lain. 4.Kelompok yang paling banyak mengumpulkan kertas kelompok itu yang menang.

    LANGKAH

Hitungan ke 3 dimulai.... 1,,,2,,,3..,, mulai,,,.

Ayooooo......!!!!! Ayo.....!!!!

Ayooooo......!!!!!

Pemenangnya kelompok A...!!! Waktu selesai..... Hore kita menang!!!!

 Tujuan:  Untuk mendorong ketrampilan mendengarkan dan pertisipasi kelompok.  Langkah-langkah:  Mintalah peserta untk membentuk lingkaran dan pilihlah salah satu huruf dari alfabet.  Fasilitator berdiri di tegah lingkaran dan bercerita tentang prnsip seseorang. Selama bercerita, fasilitator berhenti dan menunjiuk seorang peserta yang pada gilirannya mengatakan awal kata dengan huruf yang telah ditentukan.  Peserta pertama yang membuat kesalahan atau lama menjawab lebih dari 5 detik. Pergi masuk kedalam tengah-tengah lingkaran. Peserta itu meneruskan bercerita dan boleh mengganti hurufnya.

Muhtar mahasiswa teladan di kampusnya, setiap ujian dia selalu mendapatkan nilai yang, Memuaskan

Maka dari itu Muhtar memiliki banyak teman, setiap hari muhktar selalu ditraktir makan,..... buku

(fasilitator) Menyuruh peserta yang melakukan kesalahan untuk Meneruskan cerita,,,,

1. Melatih konsentrasi 2. Melatatih ketangkasan. 3. Melatih keSigapan dalam mendapatkan tugas. 4. Hiburan yang mendidik

Permainan ke 4

Langkah-langkah: 1. fasilitator menyuruh perserta membentuk kelompok ( 5 kelompok ) 2. Siapkan dua lembar kertas atau karung sebagai alat untuk dijadikan jembatan atau papan kaki. 3. Fasilitator menyuruh peserta untuk berdiri diatas papan (semua kelompok) untuk berjalan menuju garis finis.

Langkah Siapkan papan jembatan kalian…. STARSTAR FINISHFINISH

Langkah STARSTAR FINISHFINISH

Langkah AYOwww! !!! STARSTAR FINISHFINISH

Langkah KAKI JANGAN SAMPAI MENYENTIUH TANAH STARSTAR FINISHFINISH

Langkah Siiippp!!!! BAGUS!!! STARSTAR FINISHFINISH

PERMAINAN KE 5

Tujuan: meningkatkan daya hitung dan daya ingat TEBAK JUMLAH KELOMPOK Langkah langkah: 1.Fasilitator menyuruh peserta untuk berkumpul ditanah lapang untuk melaksanakan kegiatan ini. 2.Peserta mengikuti instruksi dari fasilitator yang membentuk kelompok. 3.Peserta berkumpul menyatu menjadi satu menghitung jumlah anggota.

Langkah-langkah Bentuklah kelompok sesuai instruksi dari saya.....

Langkah-langkah Bentuklah tiga kelompo!!!!!!!!!!!

Langkah-langkah Bentuklah lima kelompo!!!!!!!!!!!

Langkah-langkah Bentuklah dua kelompo!!!!!!!!!!!

Langkah-langkah Bentuklah tujuh kelompo!!!!!!!!!!!

TERIMA KASIH