RANCANG BANGUN APLIKASI interactive whiteboard untuk mendukung pembelajaran menggunakan gaming controller Oleh : Andre Yusdianto 07.41010.0041.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Teknik Komunikasi Data Digital
Advertisements

Aplikasi Kuliah Online dengan Penerapan Live Video Conferencing dan Streaming Berbasis Komponen dengan Visual Basic 6.0 Rinanda Rianti
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
William Stallings Komunikasi Data dan Komputer
Alat Optik.
Rancang Bangun APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN dengan metode blended learning (studi kasus: LABORATORIUM KOMPUTER stikom surabaya) Edo Yonatan.
LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS ANDROID PADA LABORATORIUM KOMPUTER
UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA
Nama : Atiko Lusiani NPM : Jurusan : Sistem Informasi
Nama : Rizky Nur Indah A. NPM Fakultas
Global Positioning System ( GPS )
Page 1 APLIKASI MOBILE UGSTUDENT BERBASISKAN NULEUS Anna Maria Oktaviana Depok, 12 Maret 2011.
Aplikasi Pembaca Meteran Listrik pada perangkat bergerak Android
Motion sensing pada wii remote
Kelompok 1 T.Yusak D Alenta D J M Nasir Isommudin
Chandra WWJ Seminar Kewirausahaan1 Metode Seminar Sesi 1.
Wireless LAN.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI OPTIMALISASI PERENCANAAN PENGADAAN ASET KOMPUTER (STUDI KASUS: PT. PLN (PERSERO) UPJ NGAGEL) Rofita Dewi ( )
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG PADA SYSCOM DATA
SISTEM INFORMASI RESERVASI DI HOTEL SCARLET
Oleh : DAPIT MELIJANA NIM :
Latar Belakang Perkembangan telepon selular (handphone) pada jaman sekarang sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat, menjadi suatu hal yang berguna.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN PAKAIAN DI D’CHIES SHOP BERBASIS WEB
Revi Siti Nurwahyuni PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG 2013.
APLIKASI PENUNJUK LOKASI KLINIK KESEHATAN BERBASISKAN PLATFORM ANDROID
APLIKASI PENGHITUNG ZAKAT BERBASIS MOBILE ANDROID
Fungsi dan Proses Kerja Peralatan TIK
Pusat Pendidikan dan Pelatihan BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL
Robustness Diagram dan Sequence Diagram
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
RANCANG BANGUN KONEKSI GITAR AKUSTIK VIA BLUETOOTH
RANCANGAN ADVOKASI.
MEMILIH DAN MEMANFAATKAN SUMBER BELAJAR
Pemograman Berorientasi Objek Si-3
SISTEM PAKAR BERBASIS WEB DALAM TROUBLESHOOTING PADA JARINGAN NIRKABEL
APLIKASI BELAJAR HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN PERANGKAT TELEPON SELULER
PEMBUATAN GAME HANGMAN MENGGUNAKAN Anggara Yudha Perdana
Selamat datang pada sesi ini
Menulis laporan Pertemuan IX.
Pertemuan XV Menulis laporan.
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENSIUN DI BAGIAN HUBUNGAN INDUSTRIAL PT GREAT GIANT PINEAPPLE BERBASIS ONLINE RUDI YANTO PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA.
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA
OLEH : SHENI TRESNANING AYU NIM
BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG
Alisa Agustina PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
Oleh : AUFAA NADIYA HERAWAN
Program studi sistem informasi Fakultas teknik dan ilmu komputer
PERANCANGAN APLIKASI E-RENTAL BERBASIS MOBILE ANDROID
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE BERBASIS WEB PADA
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
APLIKASI TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID
PEMBANGUNAN APLIKASI GAME KUIZ EDUKASI 2D MENGENAI BUDAYA INDONESIA MENGGUNAKAN SPEECH RECOGNITION Oleh : Derri Mahara Dilla Pembimbing : Tati.
PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati PROGRAM.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA DISTRO DETROIT DI BANDUNG
PERANCANGAN APLIKASI PELAYANAN PELANGGAN LISTRIK PRABAYAR DENGAN BERBASIS SMS PADA PT.PLN (PERSERO) APJ DAN UPJ CIMAHI KOTA Chandra Irawan
APLIKASI ALAT MUSIK TRADISIONAL CALUNG BERBASIS MOBILE ANDROID SKRIPSI   Diajukan sebagai salah satu syarat untuk Penyusunan skripsi pada Program Studi.
SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH DI SMA AL-FALAH DAGO BANDUNG
Sistem Penjadwalan Kuliah Pada Program Studi Sistem Informasi UNIKOM
PENGOLAHAN DATA PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK)
SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG JADI PADA PT.KIMIA FARMA (PERRSERO)
SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN 16 TENSES DALAM BAHASA INGGRIS BAGI SISWA-SISWI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KOTA BANDUNG BERBASIS PLATFORM ANDROID.
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul.
Komponen input dan output komputer
Sistem Komunikasi Data Pertemuan 02
SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMAN 9 BANDUNG BERBASIS SMS GATEWAY Oleh : Rendra Indarmawan PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK.
MEDIA PEMBELAJARAN. LATAR BELAKANG Agar penyampaian materi pelajaran dapat diterima dengan baik serta menarik bagi peserta didik, tidak cukup hanya dengan.
Transcript presentasi:

RANCANG BANGUN APLIKASI interactive whiteboard untuk mendukung pembelajaran menggunakan gaming controller Oleh : Andre Yusdianto 07.41010.0041

Latar Belakang

Latar Belakang Pembelajaran di dalam kelas bertujuan untuk membangun pengetahuan mahasiswa dalam bidang studi atau ketrampilan tertentu. Pembelajaran di kelas terjadi karena ada interaksi dan komunikasi antara peserta didik dengan pendidik Diperlukan media yaitu salah satunya papan tulis untuk menyampaikan materi pembelajaran

Latar Belakang Terdapat keterbatasan dalam media tersebut. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah dalam menggunakan media pembelajaran yang berupa papan tulis yang tidak perlu memakai sepidol, penghapus dan tinta isi ulang, maka diusulkan dibuatnya interactive whiteboard.

Latar Belakang Namun dalam penerapannya untuk membuat sebuah interactive whiteboard diperlukan teknologi yang mampu menangkap pergerakan dari suatu benda yang mengirimkan sinyal berupa infrared. Dalam mengatasi permasalahan di atas ternyata terdapat sebuah teknologi yang dapat dikatakan sebagai alternatif penyelesaian masalah tersebut.

Latar Belakang Adapun teknologi yang dimanfaatkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah perangkat kontrol yang dikeluarkan oleh perusahaan Nitendo yang umumnya digunakan sebagai alat kontrol dalam permainan game Nitendo DS, yaitu wiimote.

Latar Belakang Berdasarkan permasalahan di bidang pembelajaran diperlukan interactive whiteboard dan pemanfaatan teknologi game Nintendo yang digunakan untuk menggantikan fungsi papan tulis pada umumnya yaitu menulis dan menghapus.

Interactive Whiteboard

Rumusan Masalah Bagaimana membuat sebuah aplikasi interactive whiteboard yang digunakan untuk menulis dan menghapus. Bagaimana membuat sebuah aplikasi interactive whiteboard yang bisa mengganti slide, menyimpan slide dan menampilkan slide yang disimpan.

Tujuan Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah membuat sebuah aplikasi dimana pengguna bisa menulis, menggambar menganti slide dan menyimpan slide pada layar proyektor seperti menggunakan papan tulis dengan menggunakan Wiimote.

Batasan Menggunakan bahasa pemograman C#. Menggunakan SDK WiimoteLib untuk membuat aplikasi ini. Memakai Wiimote sebagai infrared receiver dan sebuah infrared pen sebagai sensor infrared Letak Wiimote berada di depan tengah layar

Batasan Jarak Wiimote dengan komputer harus berada dalam jangkauan bluetooth Sudut infrared receiver Wiimote tegak lurus dengan layar. Jarak lampu infrared dengan Wiimote harus berada dalam jangkauan infrared.

Wiimote

Wiimote adalah perangkat komunikasi nirkabel yang mentransmisikan dan menerima data melalui media bluetooth dengan microprocessor 8051 16 bit dan memory on-board. Wiimote memiliki kamera beresolusi 1024x768 yang dipasang perangkat untuk melacak infrared sampai 4 point pada 100Hz

Block Diagram

Use Case

Sequence Diagram Menulis

Sequence Diagram Menyimpan dan Membuka Slide

Class Diagram