The Presentation of Self in Everyday Life by Erving Goffman (Presentasi Diri dalam Kehidupan Sehari - hari) Yuri Novita Puspa Rini 130.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KULIAH KE 8 INTERAKSI SIMBOLIK.
Advertisements

“7 PEDOMAN PRESENTASI YANG SUKSES”. 7 PEDOMAN PRESENTASI YANG SUKSES 1. PAHAMI APA YANG ANDA INGINKAN a. Pahamilah apa yang Anda inginkan terjadi dalam.
Pembicara dapat menimbulkan kesan-kesan / isyarat- isyarat refleks pada saat berbicara di hadapan para pendengar baik yang disengaja ataupun tidak disengaja.
TEORI DRAMA oleh: Nina Kartini Rahdiana.
The Presentation of Self in Everyday Life (Prenstasi dalam Kehidupan Sehari – hari) Chapter 5 Communication out of Character Page : 186 – 195 Oleh : Teuku.
KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI
PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL
OPINI PUBLIK DAN POLLING OPINI PUBLIK
Tindakan Sosial  Seluruh perilaku manusia yang dilakukan dengan sadar ataupun tidak sadar untuk mencapai tujuan tertentu. Tidak semua perilaku dapat.
KOMUNIKASI PUBLIK PERFORMANCES (40-51)
DRAMA TURGI (Erving Goffman) Oleh: Dr. Sutiyono
TATA ARTISTIK 1: PENATAAN PANGGUNG
KOMUNIKASI PUBLIK PRESENTASI DIRI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KOMUNIKASI DILUAR DARI KARAKTER YOGI AJI SAPTONO NRS. 127 PENDIDIKAN KHUSUS KEIMIGRASIAN.
PROSES SOSIALISASI AGEN SOSIALISASI POLA SOSIALISASI
Client-Centered Approach (Carl Rogers)
TUJUAN INTERAKSI BAGI MASING-MASING TIM “untuk mempresentasikan eksistensi dirinya satu sama lain” Oleh : Wawan A. Mido, S. Pd.
PERTEMUAN 15.
KEPUASAN & LOYALITAS NASABAH
KOMUNIKASI NON VERBAL.
MEMERANKANDRAMA.
Pertemuan 13 : “ MOTIVASI “
KOMUNIKASI PUBLIK NAMA:SAIFUL MIRZA, S.Si NRS:117 JUDUL BUKU: Erving Goffman ; The Presentation of Self In Everyday Life BAB:TEAMS HALAMAN:100 s/d 108.
Teori tindakan Elearning kedua.
Pertemuan ke – IV, Perilaku Individu dalam Organisasi
SENI TEATER.
Bandar Lampung, 28 Agustus 2016
PENGEMBANGAN KEAHLIAN
SISTEM KOMUNIKASI INTERPERSONAL
SISTEM KOMUNIKASI INTERPERSONAL
BAB 3 CARA MEMBUKA PIDATO
MODUL STUDI KELAYAKAN BISNIS
BAB 3 CARA MEMBUKA PIDATO
TEKNIK KOMUNIKASI DALAM HUMAS
KONSEP PENGAJARAN APRESIASI DRAMA
PENGELOLAAN KELAS Ghina Anzalina
THE PRESENTATION OF SELF IN EVERYDAY LIFE
PERCAKAPAN Pertemuan 5 Matakuliah : Komunikasi Interpersonal
Konsep Diri Menentukan Identitas Individu
Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya
TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING
SISTEM KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Menanggapi pementasan drama
SISTEM KOMUNIKASI INTERPERSONAL
TEKNIK PELATIHAN.
Budaya di Media Siber dan Budaya Populer di Media Sosial
KOMUNIKASI EFEKTIF Nia H. Septianni, S. Psi -Pengantar Psikologi-
SISTEM KOMUNIKASI INTERPERSONAL
DASAR-DASAR PRILAKU KELOMPOK
PERTEMUAN 15.
TUGAS KOMUNIKASI PUBLIK “The Presentation of Self In Everyday Life”
STKIP Kusuma Negara Jakarta
GANGGUAN KONSEP DIRI KONFLIK PERAN
Teori pertunjukan peran dari Goffman
Budaya di Media Siber dan Budaya Populer di Media Sosial
Pertemuan Keempat Ratih Pertiwi, M. Ds
PERAN GURU DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR
Komunikasi Nonverbal Kelompok 3 : Alfa Rabby Della Rizka Ibnu S.
 Komunikasi dan Persepsi
DEFINISI KOMUNIKASI INTERPERSONAL
PROSES PEMBENTUKAN KESAN
Komunikasi Efektif.
KONTRAK PERKULIAHAN TIDAK MEMAKAI SANDAL TIDAK MEMAKAI KAOS
M Melaksanakan Komunikasi Efektif
Pengelolaan Komunikasi
PENGELOLAAN KESAN PENGAMEN TOPENG DI KOTA BANDUNG
M Melaksanakan Komunikasi Efektif
Komunikasi Interpersonal
SOSIALISASI Diambil dari Buku Pengantar Sosiologi Kamanto Sunarto Materi Kuliah Pengantar Ilmu sosial Prodi Ilmu-ilmu Kesehatan FIKES Indah Meitasari.
HUBUNGAN ANTAR MANUSIA
KOMUNIKASI EFEKTIF -Pengantar Psikologi-. 2 *Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dari si pengirim ke si penerima. *Suatu ide, tidak peduli.
Transcript presentasi:

The Presentation of Self in Everyday Life by Erving Goffman (Presentasi Diri dalam Kehidupan Sehari - hari) Yuri Novita Puspa Rini 130

Kita semua adalah pemeran (aktor) dalam kehidupan sosial. Kehidupan sosial laksana panggung sandiwara : dengan naskah, pertunjukan, pemeran dan peran di luar dan di dalam diri kita.

Tiga hal yang harus di miliki untuk pertunjukan yang baik : 1. Loyalitas 2. Disiplin 3. Waspada Masing - masing kapasitas tersebut dinyatakan dalam beberapa teknik pertahanan standar melalui serangkaian permainan yang dimainkan oleh pemain yang dapat menyelamatkan pertunjukan mereka sendiri.

Manajemen Kesan “Goffman mempelajari bagaimana orang menampilkan diri dan kegiatan mereka kepada orang lain. Teorinya menjelaskan bagaimana orang-orang membentuk kesan lain dari mereka serta bagaimana orang meyakinkan orang lain untuk mengadopsi definisi tertentu, dan tidak lain, dari sebuah situasi. Apa yang bisa orang lakukan dan tidak lakukan untuk mempertahankan citra tertentu?"

Manajemen Kesan Manajemen Kesan : "Proses mengelola pengaturan (suasana, lingkungan), kata-kata, komunikasi nonverbal, dan pakaian dalam upaya untuk menciptakan citra dari individu dan situasi tertentu". "Seperti saat kita berinteraksi dengan orang lain, kita mengadopsi peran dan menampilkan diri kita sebagai karakter tertentu"

DEPAN PANGGUNG / BELAKANG PANGGUNG Depan Panggung : Bagian dari pertunjukan yang terlihat oleh penonton. Belakang Panggung : Bagian dari persiapan pertunjukan yang tidak nampak oleh penonton (tempat yang berhubungan dengan pertunjukan yang diberikan).

DEPAN PANGGUNG Ini mengacu ke tempat di mana pertunjukan ditampilkan. Pemeran sangat terlibat pada wilayah ini dan mempertunjukan perannya pada penonton. Sementara dirinya berada di perilaku depan panggung, perrtunjukan individu mewujudkan standar tertentu. Perihal Kesopanan Berkaitan dengan cara di mana pemeran memperlakukan penonton ketika terlibat dalam pembicaraan atau interaksi sikap/isyarat tubuh.

BELAKANG PANGGUNG Daerah ini adalah di mana fakta-fakta ditekan membuat penampilan. Disini pemeran dapat bersantai; dia dapat menjatuhkan penampilannya di depan panggung, lepas berbicara dan keluar dari karakternya. Tempat dimana ilusi dan kesan dibangun secara terbuka. Tempat di mana pemeran dapat diandalkan untuk berharap bahwa tidak ada penonton yang akan mengganggu. Tempat ini tetap tertutup dari penonton dan seluruh bagian dimaksudkan untuk tetap tersembunyi (contoh : dapur di sebuah restauran, daerah ini tidak ditujukan bagi pelanggan untuk masuk).

"Belakang panggung adalah di mana pemeran dapat bertindak dengan cara – cara yang dapat mengacaukan penampilan panggung depan mereka" “Perilaku belakang panggung juga dapat meningkatkan solidaritas di antara anggota kelompok dan memungkinkan mereka untuk merencanakan presentasi depan panggung yang efektif"

“Perilaku belakang panggung memungkinkan orang untuk melampiaskan perasaan aman sehingga mereka tidak mengganggu penampilan panggung depan” “Membantu mentolerir pekerjaan panggung depan yang kadang-kadang kita lakukan penuh tekanan”.