Macromedia Flash Pro 8.:: Fundamentals Workshop

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Advertisements

MS. POWER POINT 2007 Kelas XII Semester 2
Dasar Penggunaan Flash Macromedia
Pertemuan 4 Pengolahan teks.
Amy Cintya Fitri Pendidikan B. Jepang 2 A
Oleh : Deri Suyatma. Arahkan mouse pada menu View kemudian beri tanda ceklis pada Snap to Grid 7 Snap to Objects.
Tutorial Logo Carrefour
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Menggambar dengan Macromedia Flash
Penuntun Kelas VIII Semester 2
MELAKUKAN INSTALASI SISTEM OPERASI WINDOWS XP
Metode Animasi & Action Script
Membuat Thema Media pembelajaran
Memulai Drive Test menggunakan TEMS Investigation 6.1.4
Variasi Animasi dalam Flash
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
AUSTRALIA INDONESIA PARTNERSHIP FOR EMERGING INFECTIOUS DISEASES Memotong dan menempel (CUT & PASTE) Pilih sel yang sesuai. Lakukan 'Cut' (Potong) pada.
Interaktive Presentation Berbasis Windows Kelompok 6 : Yani Dyah Rachmadyanti Chanya Paripurastu Sasongko Fiska Nurzahra.
Oracle Developer/2000. Developer/2000 Products FormsReportsGraphics.
Menggunakan OLE Drag-Drop
Menggunakan Drag-Drop
NoObjekPropertiNilai 1FrmsegitigaNameFrmsegiitiga 2FrmsegitigaCaptionLuas Segi Tiga MDI ( Multiple Document Interface ) Pendahuluan MDI singkatan dari.
AUSTRALIA INDONESIA PARTNERSHIP FOR EMERGING INFECTIOUS DISEASES Memformat sel menjadi text.
MACROMEDIA FLASH. Pertemuan III Symbol / Library Symbol : Graphic Lesson 3 : Symbol Symbol : Movie Clip.
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
Membuat Asesori Web. Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
Slide 1 QUIS Langkah pertama caranya Buat di slide pertama judul Slide kedua soal Slide ketiga waktu habis Slide keempat jawaban yang benar Slide kelima.
A. Persiapan Perancangan Flash digunakan untuk membuat Movie yang merupakan gabungan objek-objek yang tersusun rapi dan menarik dengan alur cerita yang.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
Langkah membuat gerak planet
Sprite Setiap objek dalam game yang memiliki gambar dan karakteristik.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
Aplikasi Manipulasi Data
MACROMEDIA FLASH. PERTEMUAN II Lesson 04 : Layers Movie Properties (Ctrl + M) Stage : Interface ( View | Rulers dan Grid) Tweening : MOTION Tweening :
Microsoft Powerpoint: Presentasi
Operator dan Assignment Pertemuan 3 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
MICROSOFT EXCEL 2000 Bagian #4 GRAPHICS : OBJECT & CHART.
POWER POINT.
By. Sumaryadi. Gunakan Bezier Tools Hasil Gunakan Smart Fill Tool.
Macromedia Flash.
Penjelasan Umum Ms. Powerpoint
PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Pertemuan 1 D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.
Area Kerja Macromedia Flash 8
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
Animasi Banner dengan Flash
Animasi Banner dengan Flash
MODUL DASAR ( MODUL 2 ) PERTEMUAN 7.
Macromedia Flash.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
Frame by frame Buat objek lingkaran dengan menggunakan oval tool (warna garis hitam dan warna dalam merah)
Macromedia Flash.
3. Kegiatan Belajar 3: Teknik Animasi Tweening
Animasi Tweening.
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
Membuat Slide Presentasi Sederhana Menggunakan Adobe Flash CS 6
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Multimedia Matematika – Pertemuan 1
Motion Guide Ambil gambar (kupu-kupu) dengan klik kiri File > Import > Import to Library.
Animasi Banner dengan Flash
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Macromedia Flash.
Symbol (Movie clip, Button, Graphic)
Mengolah Gambar Menggunakan Corel Draw
PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

Macromedia Flash Pro 8.:: Fundamentals Workshop

Flash::Outline Konsep Dasar Flash Tools, Color, Layer, Frame, Symbol, Properties, Actions Dasar-dasar Animasi –Motion Tween –Shape –Text –Blur –Path –Button Aplikasi Flash –Simple Quiz (Presentation Base) –Prototype: calculator

Tools Rectangle Tool –Stroke Color –Fill Color –Set Corner Radius Text Tool –Static Text –Dynamic Text –Input Text –Line Type –Show Border Around Text –Variable

Color Color Mixer Type –Solid –Linear –Radial –Bitmap Symbol color

Layers Layer Layer Folder Motion Guide

Frames Frame –Dipergunakan untuk backgroud Keyframe –Mengisi frame dari frame sebelumnya Blank Keyframe –Menyediakan frame kosong membedakan dengan frame sebelumnya

Symbols Convert Image to Sybombol Movie Clip Button Graphic

Properties Text Property Rextangle Tool Property

Actions Actions Script Panel

Actions Actions Script Assist.

Actions Expert Actions Script Mode

Animasi Gerak

Dasar-dasar Animasi.:: contoh kecil…

MOTION TWEEN 1.Buat Lingkaran di stage bagian kiri 2.CTRL+A atau gunakan arrow tool agar fill & stroke lingkaran tsb. terseleksi semua 3.F8, pilih graphic 4.Klik kanan frame 30 layer 1, pilih insert keyframe 5.Pindahkan gbr. lingkaran tsb. ke stage bagian kanan 6.Klik Frame 1 pada layer 1 7.Lihat panel properties di bagian bawah, pilih tween=motion 8.CTRL+Enter, untuk melihat hasilnya

Animasi Bentuk

Motion Shape 1.Pada bagian tengah stage, buatlah gbr. lingkaran 2.Klik kanan frame 30, pilih Insert Blank Keyframe 3.Pada bagian tengah stage, buatlah gbr. Persegi panjang 4.Klik frame 1 (layer 1). Lihat panel properties di bagaian bawah layar, pilih tween=Shape 5.CTRL+Enter, untuk menjalankan flash player

Animasi Pecah Teks

TEXT ANIMATION 1.Buat tulisan “UIN” di tengah stage 2.Pada properties text, lakukan perbesaran ukuran dan pergantian warna teks 3.CTRL+B (break apart) 4.CTRL+Shift+D (distribute to layers) 5.Klik kanan pada frame 30 (layer U), pilih insert keyframe 6.Klik kanan pada frame 30 (layer I), pilih insert keyframe 7.Klik kanan pada frame 30 (layer N), pilih insert keyframe

Cont. 8. Klik (kiri) frame 30 layer “U”, kemudian pindahkan huruf U ke sebelah kiri 9. Klik (kiri) frame 30 layer “I”, kemudian pindahkan huruf I ke atas 10. Klik (kiri) frame 30 layer “N”, kemudian pindahkan huruf N ke sebelah kanan

Cont. 11. Klik frame 1 pada layer U, lihat properties dan pili tween=motion 12. Klik frame 1 pada layer I, lihat properties dan pili tween=motion 13. Klik frame 1 pada layer N, lihat properties dan pili tween=motion 14. CTRL+Enter…

Teks efek blur

BLUR 1.Tulis “MATEMATIKA” 2.F8, pilih Graphic 3.Klik kanan pada frame 30 (layer 1), pilih insert keyframe 4.Klik tulisan MATEMATIKA,lihat properties color=Alpha, 5% 5.Klik frame 1. Lihat properties, ubah Tween=Motion 6.CTRL+Enter

Animasi Jalur

PATH 1.Buat gbr. Lingkar 2.CTRL+A kemudia F8 pilih Graphic 3.Klik menu Isert-Timeline-Motion Guide, sehingga muncul Guide: Layer1 4.Klik frame 1 pada guide:layer1, gunakan pencil tool untuk menggambar jalur dengan opition smooth 5.Pindahkan lingkaran tepat di awal jalur 6.Klik kanan frame 30 guide:layer1, pilih Insert FRAME 7.Klik kanan frame 30 Layer 1, pilih insert keyframe 8.Pindahkan lingkaran di akhir jalur 9.Klik frame 1 layer 1, pilih tween=motion dan check list : orient to path 10.CTRL+Enter

Own Button

BUTTON 1.Buat gbr. elips berwana biru 2.Buat tulisan “Proses” berwarna putih, ukuran disesuaikan. Tulisan tsb. bersatu dg gambar elips 3.CTRL+A, F8 pilih Button 4.Klik 2x (double click) tombol proses dan akan muncul frame Up, Over, Down, Hit 5.Klik kanan frame Over, pilih insert keyframe. Kemudian pilih tulisan, lihat properties ubah warna tulisan menjadi hijau 6.Klik kanan frame Down, pilih insert keyframe. Kemudian pilih tulisan, lihat properties ubah warna tulisan menjadi Merah 7.Klike Scane 1, untuk kembali ke awal pengeditan 8.CTRL+Enter, tombol ciptaan sendiri siap digunakan

Aplikasi Flash.:: aplikasi sederhana…

Simple Quiz

Cont.

Simple Quiz

SimpleQuiz Tutorial 1.CTRL+R, untuk import gambar background 2.Ganti layer 1 dengan “Latar”, lakukan penguncian pada layer ini 3.Klik Insert-Timeline-Layer, ganti nama layer 2 menjadi “pertannyaan” Cont…

Prototype: Caculator

Cont.

1.Buat teks bertipe dynamic text dan beri nama=TxtDisplay 2.CTRL+F7, untuk menampilkan panel component. Klik user interface pd panel tsb.

Cont. 3. Klik-and-drag Componen Button ke stage, atur serapih mungkin. Klik tab parameter, beri nama CmdOne dan lebel=1.

Cont. 4. Lakukan hal yang sama untuk tombol-tombol berikutnya –Nama=CmdTwo, label:”2” –Nama=CmdThree, label:”3” –Nama=CmdFour, label:”4” –Nama=CmdFive, label:”5” –Nama=CmdSix, label:”6” –Nama=CmdSeven, label :”7” –Nama=CmdEight, label:”8” –Nama=CmdNine, label:” 9” –Nama=CmdZero, label:”0”

Cont. 5. Lakukan hal yang sama untuk tombol- tombol berikutnya –Nama=CmdClear, label:“C” –Nama=CmdPlus, label:“+” –Nama=CmdMin, label: “-” –Nama=CmdCross, label: “*” –Nama=CmdDiv label: “/” –Nama=CmdEqual, label: “=”

Script (Calculator) var Temp:String; var TxtDisplay:String="0"; var Cross:Boolean; var Plus:Boolean; var Min:Boolean; var Div:Boolean; CmdOne.onRelease=function(){ TxtDisplay=String(Number(TxtDisplay+"1")); }; CmdTwo.onRelease=function(){ TxtDisplay=String(Number(TxtDisplay+"2")); };

CmdThree.onRelease=function(){ TxtDisplay=String(Number(TxtDisplay+"3")); }; CmdFour.onRelease=function(){ TxtDisplay=String(Number(TxtDisplay+"4")); }; CmdFive.onRelease=function(){ TxtDisplay=String(Number(TxtDisplay+"5")); }; CmdSix.onRelease=function(){ TxtDisplay=String(Number(TxtDisplay+"6")); }; CmdSeven.onRelease=function(){ TxtDisplay=String(Number(TxtDisplay+"7")); };

Cont. CmdEight.onRelease=function(){ TxtDisplay=String(Number(TxtDisplay+"8")); }; CmdNine.onRelease=function(){ TxtDisplay=String(Number(TxtDisplay+"9")); }; CmdZero.onRelease=function(){ TxtDisplay=TxtDisplay+"0"; }; CmdCross.onRelease=function(){ Temp=TxtDisplay; Cross=true; TxtDisplay="0"; }; CmdPlus.onRelease=function(){ Temp=TxtDisplay; Plus=true; TxtDisplay="0"; };

Cont. CmdMin.onRelease=function(){ Temp=TxtDisplay; Min=true; TxtDisplay="0"; }; CmdDiv.onRelease=function(){ Temp=TxtDisplay; Div=true; TxtDisplay="0"; }; CmdClear.onRelease=function(){ TxtDisplay="0"; Temp="0"; };

Cont. CmdEqual.onRelease=function(){ if (Cross==true){ TxtDisplay=String(Number(Temp)*Number(TxtDisplay)); Cross=false; } if (Plus==true){ TxtDisplay=String(Number(Temp)+Number(TxtDisplay)); Plus=false; } if (Min==true){ TxtDisplay=String(Number(Temp)-Number(TxtDisplay)); Min=false; } if (Div==true){ TxtDisplay=String(Number(Temp)/Number(TxtDisplay) ); Div=false; } };

Contoh Quiz

Game Design.:: permaianan interaktif…

To be continue…