The eye school Adalah suatu pesan yg memudahkan bagi fotografer untuk menilai dan memutuskan tentang lighting yang akan digunakan. Tidak hanya berdasarkan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
FOTOGRAFI.
Advertisements

Oleh Edy Santoso PORTRAIT PHOTOGRAPHY.
Unsur – Unsur Kamera Lensa Body Diafragma Rana & View Finder Film &
Kamera Foto dan Editing Foto Pengenalan Fotografi
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
KONSEP DASAR PENCAHAYAAN (LIGHTING)
Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
Pertemuan 2: Photography Achmad Basuki Departemen Multimedia Kreatif Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
Sayful Fitriadi Tony Ilham Mirwansyah W
Teknik Pencahayaan pada fotografi
Oleh Mutiara Iriana XI BC
CAHAYA Oleh : Teguh.S.
BAHAN AJAR IPA KELAS V SEMESTER II
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
Menggambar Bentuk.
pelindung orang-orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya. (QS 2:257)
Surface Rendering dan Warna
LIGHT SHAPER -THE FAMOUS FIVE - VISATEC LIGHT SHAPPER.
FISIKA OPTIK GEOMETRI.
Oleh : FITRA JULIYANTO, S.ST
Alat-alat Optik TUJUAN : Mendiskripsikan alat-alat optik dan penerapannya sehari-hari MATERI : Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik. Menggambarkan.
Lighting of Cinematography
ZISWAF ANANG SAPUTRA FAISAL SUWANDI ADE KURNIAWAN
Pengolahan Citra Diah Octivita ( ) Hadi Ismanto ( ) Jan Peter ( ) Yenni Rahmawati ( )
Fotografi Kehumasan Irsan Mulyadi.
TEKNIK DASAR FOTOGRAFI
TEROPONG Teropong atau teleskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat jauh agar tampak lebih dekat dan lebih jelas. Ada.
Difraksi Ketika muka gelombang bidang mengenai celah sempit (lebar celah lebih kecil dari panjang gelombang), maka gelombang tersebut akan mengalami lenturan.
PENCAHAYAAN.
Photography By : MG. Robert F. Damaling.
LENSA LENSA.
RENDERING (Shading & Shadow)
FILTER KAMERA Kelompok Filter Anggota : FILTER KAMERA.
Imam Cholissodin| 10 | Lighting & Shading Imam Cholissodin|
1 Pertemuan 18 Pencahayaan / Lighting Matakuliah: R0374/Komputasi Desain Arsitektur II Tahun: 2005 Versi: V-1/R-0.
Pengukuran Intensitas Penerangan
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
PENCAHAYAAN DAN KEBISINGAN
Memahami Penggunaan Peralatan Tata Cahaya
PERLENGKAPAN-PERLENGKAPAN STUDIO FOTO
Pertemuan 7 Judul : Lampu kilat.
Kamera Foto dan Editing Foto Pengenalan Fotografi
KONSEP PEMOTRETAN.
Pengembangan Media Foto
MEMOTRET SUBJEK DENGAN TEKNIK PEMOTRETAN
RENDERING (Shading & Shadow)
Asyiknya Bermain-main dengan Pencahayaan Alami Permainan lighting atau pencahayaan memegang peranan penting dalam food photography. Mood sebuah foto makanan.
ILUSTRASI Ilustrasi berasal dari bahasa latin ilustrare yang artinya penampakan, kemuliaan, cahaya, penerangan dan penggambaran secara hidup-hidup. Ilustrasi.
Materi Pertemuan ke 23 : Mahasiswa dapat menguasai lighting sistem dan dapat menerapkannya pada gambar kerja/bestek bangunan.
FILTER.
Pertemuan 18 Pencahayaan / Lighting
Kesalahan2 Minor pada Digital Fotografi
Pengembangan Media Foto
Lighting & Texture Mapping
Nilai & Warna, Ruang, Gerakan
Pertemuan 14 Perspektif 1 lanjutan
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi 1.
Mengenal Layer.
Matakuliah : R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur
FUNGSI TATA CAHAYA DAN SIFAT CAHAYA
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
APPLIED MEDIA AESTHETICS
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
Pengukuran Intensitas Penerangan
Mesyuarat Pengurusan Profesional IPGM KPM Bil 1/2015
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom.
Pertemuan 3 Yosaphat Danis Murtiharso, S.Sn, M.Sn
pertemuan 2 Yosaphat Danis Murtiharso, S.Sn.,M.Sn
SETYO BUDI STUDIO, S.Kom. Sering disebut juga kotak pelunak cahaya. Fungsinya untuk memberikan efek cahaya bayangan yang halus dan tidak terlalu keras.
Transcript presentasi:

The eye school Adalah suatu pesan yg memudahkan bagi fotografer untuk menilai dan memutuskan tentang lighting yang akan digunakan. Tidak hanya berdasarkan teori saja tapi benar benar pada prakteknya. Dalam penglihatan, harus melihat gradasinya ketika captured, itu harus dibuat sempurna.Satu hal penting dalam membuat images adalah tanpa rekayasa digital. Pada waktunya The Eye school akan menunjukan perbedaan type lighting, detail dari perbedaan ukuran cahaya dan hasil dari hi-light bayangannya.

Hard Light Cahaya yg keras, bayangan dari cahayanya sangat jelas. Di background, objek terdiri atas 2 daerah yaitu illuminated area dan shadow area. Jarak lighting dgn objek sangat berpengaruh pada kerasya cahaya. Misalkan standard reflektor diarahkan ke objek dgn jarak 10 m, hasil bayangannya pasti sangat keras, tp ketika didekatkan sekitar 1 m bayangannya pasti lebih soft. Gbr disamping kita menggunakan Pulso spot 4 with lens 150mm projection attachment.

Soft light Tipe soft lihting adalah menciptakan bayangan yg sama ukurannya dgn objek. Di belakang object tercipta sebuah bayangan baru yaitu bayangan yang tercipta diantara illuminated area dan shadow area, kita bisa melihat gradasi dari terang ke gelap. Area ini disebut semi shadow. Disini juga jarak sangat berpengaruh semakin jauh dr objek cahaya semakin keras semakin dekat semakin soft. Gbr disamping hasil dr P-soft reflektor dgn jarak 4 m.

Diffused light Kita bisa mendapatkan diffused light dari teknik pencahayaan yang besar ( banyak ). Menggunakan lighting yang cukup besar adalah karakteristik dari banyaknya atau sedikitnya jarak yang digunakan. Setiap titik dari background objek mendapatkan cahaya. Area shadow menjadi hilang. Kemungkinan hanya selintas area gelap yang terlihat di background. Gbr disamping diambil dgn cahaya tidak langsung ( di Bounce )

Light and shadow with hard light Ide ini sangat sederhana, beberapa objek diibaratkan seperti kaca. Tentu aja beberapa reflect ditambah, yang lain dikurangi. Beberapa mempunyai permukaan yg rata ada juga yang menunjukkan strukturnya ( detail ). Jika Untuk mendapatkan struktur ( detail ) kita membutuhkan dimensi antara hi- ljght dan shadow, jadi kita harus menggunakan lighting yang keras ( aksesoris ). Contoh diatas kita menggunakan aksesoris Sunlight

Light and shadow with soft light Bayangannya sangat soft, normalnya tidak hitam seperti hardlight. Karakteristik dari cahayanya kurang lebih sama seperti jendela tanpa sinar matahari langsung Contohnya : people photography, potrait, fashion, stillife

Light and shadow with diffused light Bayangan dan stukturnya (detail) hilang dari objek dan pada background. Biasanya cara ini dilakukan pada pemotretan beauty photography. Alaminya seperti langit yang berawan sebagai diffused light yang sempurna.Pemotretan beauty, people ataupun automotif fill in light dikombinasikan dari cahaya keras dan cahaya lembut

Colour high saturation Hardness dari cahaya telah ditunjukkan sebelumnya, tidak hanya mempengaruhi bayang dan stuktur tapi juga berpengaruh besar pada saturasi warna. Pada gambar disamping cahaya dengan intesitas hard ( spot ) dan di khususkan pada saturasi warna yang tinggi

Colour low saturation Gambar disamping dihasilkan dengan memakai Pulsoflex C ( softbox ). Bayangan lebih soft, ketajaman berkurang dan juga saturasi yang dihasilkan ikut berkurang