INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER – PART 8 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng
Know the User Bukan hanya end-user, namun juga staf proyek dan domain expert Next: Siklus Hidup Usability
Know the User Usability Benchmarking Follow Up Studies Prototyping Usability Evaluation Iterative Design
Klasifikasi User Pengalaman Pengalaman penggunaan komputer secara umum Mengetahui dan paham akan tugas domain (masalah) Pengguna sistem yang spesifik Tingkat pendidikan Umur Statistik pengguna sistem yang sudah di-training
Riset Dalam membangun sebuah perangkat lunak diperlukan riset sebagai kerangka acuan dalam mendesain perangkat lunak tersebut. Wawancara dapat dilakukan terhadap: Staf proyek (manager, pembuat program, bagian pemasaran), siapa yang bertanggung jawab terhadap pengembangan perangkat lunak Subject Matter dari aplikasi yang akan dibentuk dan juga ahli domain (masalah) Pelanggan (pembeli produk, tidak harus end-user) menentukan nilai dan kualitas produk.
Staf Proyek Tujuan dari proses wawancara untuk staf proyek yakni untuk menemukan: 1. Visi produk 2. Anggaran belanja dan jadwal 3. Teknik yang akan digunakan 4. Persepsi tentang siapa penggunanya
Subject Matter dan Domain Expert Diperlukan karena memiliki: 1. Pengetahuan tentang domain yang kompleks, regulasi, pengalaman dalam bidang industri 2. Cenderung untuk pengguna ahli daripada pengguna menengah 3. Sering disewa secara eksternal untuk manajer proyek
Pelanggan 1. Orang yang membuat keputusan untuk membeli 2. Untuk masalah pelanggan produk, sama dengan pengguna 3. Untuk masalah bisnis pelanggan jarang menggunakan produk 4. Tujuan membeli produk 5. Proses mengambil keputusan untuk membeli 6. Mempunyai peran untuk melakukan instalasi dan pemeliharaan produk