Lighting of Cinematography

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh Edy Santoso PORTRAIT PHOTOGRAPHY.
Advertisements

Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
KONSEP DASAR PENCAHAYAAN (LIGHTING)
KOMPONEN BAGIAN KAMERA
Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
Melakukan Install HOME THEATER
Sayful Fitriadi Tony Ilham Mirwansyah W
Tata Cahaya Buatan Pertemuan 3
Ceiling Plan Desain Interior II Pertemuan 31,32 & 33
JENIS – JENIS LAMPU Nama Kelompok :.
Teknik Pencahayaan pada fotografi
Oleh Mutiara Iriana XI BC
MINGGU XI PERANCANGAN DENAH LAYOUT KAMAR TIDUR UTAMA APARTEMEN .
FLUKS CAHAYA [ F ] = ARUS CAHAYA
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
Interaksi Manusia dan Komputer - part 2 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
Menggambar Bentuk.
Floor Plan Pertemuan Matakuliah: DESAIN INTERIOR III Tahun: 2009/2010.
Surface Rendering dan Warna
LIGHT SHAPER -THE FAMOUS FIVE - VISATEC LIGHT SHAPPER.
The eye school Adalah suatu pesan yg memudahkan bagi fotografer untuk menilai dan memutuskan tentang lighting yang akan digunakan. Tidak hanya berdasarkan.
FAKTOR MANUSIA.
Tentang LCD Projector.
PERALATAN OUTPUT (Monitor) By: Asriadi Pertemuan 11.
Teknik Kamera Elektronik Arie Nugraha, M.Si
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
MENGIDENTIFIKASI JENIS DAN FUNGSI ALAT-ALAT PENDUKUNG PEMBUATAN VIDEO
TEKNIK DASAR FOTOGRAFI
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
PENCAHAYAAN.
Photography By : MG. Robert F. Damaling.
Oleh : Aris Sarwo Nugroho, M. Kom
CAHAYA.
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
Pengukuran Intensitas Penerangan
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
Memahami Penggunaan Peralatan Tata Cahaya
PERLENGKAPAN-PERLENGKAPAN STUDIO FOTO
Pertemuan 7 Judul : Lampu kilat.
MARKING (TANDA-TANDA VISUIL) Dwi sri Wiyanti.
Kamera Foto dan Editing Foto Pengenalan Fotografi
MENGIDENTIFIKASI JENIS DAN FUNGSI ALAT-ALAT PENDUKUNG PEMBUATAN VIDEO
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
KONSEP PEMOTRETAN.
Pengembangan Media Foto
CAHAYA dan LENSA Cahaya.
MEMOTRET SUBJEK DENGAN TEKNIK PEMOTRETAN
Ceiling Plan Desain Interior 1 Pertemuan 21-22
KOMPOSISI MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH:BUDIYANTO
Sistem Pencahayaan.
.PENCAHAYAAN Kelas MMXII SMK As su’udiyyah
Asyiknya Bermain-main dengan Pencahayaan Alami Permainan lighting atau pencahayaan memegang peranan penting dalam food photography. Mood sebuah foto makanan.
Kamera, Lighting, Sound & Art Materials
Teknik Produksi Kamera.
KONSEP FISIKA BIOOPTIK OLEH Dr. Nugroho Susanto M.Kes
Nilai & Warna, Ruang, Gerakan
Lighting & Art Materials
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi 1.
FUNGSI TATA CAHAYA DAN SIFAT CAHAYA
Dosen Pengampu Mata Kuliah Tata Cahaya : Muhammad Fauzi. M.Ds
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
APPLIED MEDIA AESTHETICS
PROSES PENGAMBILAN GAMBAR
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
Pengukuran Intensitas Penerangan
Mesyuarat Pengurusan Profesional IPGM KPM Bil 1/2015
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom.
Pertemuan 3 Yosaphat Danis Murtiharso, S.Sn, M.Sn
SETYO BUDI STUDIO, S.Kom. Sering disebut juga kotak pelunak cahaya. Fungsinya untuk memberikan efek cahaya bayangan yang halus dan tidak terlalu keras.
Transcript presentasi:

Lighting of Cinematography

Mengapa kita membutuhkan cahaya ? -Untuk membuat pilihan pencahayaan dan kamera saat merekam gambar. -Cahaya diperlukan untuk menciptakan sebuah paparan gambar pada bingkai atau pada kamera digital -seni pencahayaan melampaui dasar eksposur- meningkatkan suasana hati atau membuat efek dramatis.

3 POINT LIGHTING Key Light - cahaya utama pada subjek (tidak selalu terang) Ciri-cirinya: 1. Cahayanya dominan (sumber cahaya utama) 2. Biasanya intensitasnya kuat layaknya lampu spot 3. Menghasilkan efek siluet dengan bayangan yang keras Fill Light – cahaya pengisi untuk melembutkan bayangan/garis keras dan keseimbangan cahaya. Ciri-cirinya: 1. Merupakan sumber cahaya kedua/sekunder 2. Melembutkan bayangan yang dibuat oleh cahaya utama Back Light- cahaya di belakang subjek menciptakan batas/pemisahan dari latar belakang. Ciri-cirinya: 1. Membuat garis terang di sekitar tepi dari objek 2. Memisahkan obyek dari background

Kicker - adalah cahaya di belakang subjek tapi cukup ke samping sehingga menerangi sepanjang wajah. Rim - adalah sama, kadang-kadang digunakan bergantian, kebanyakan tapi waktu mengacu ke objek daripada subjek. Eyelight - adalah cahaya di mata yang membuat melihat hidup subjek, sebuah tipe khusus mengisi. Hard light - Cahaya yang menciptakan kontras kuat dan berat bayangan, biasanya dari sumber langsung. Soft light - Kondisi tidak ada bayangan keras atau bidang kontras. Awal pagi atau cahaya sore sering dianggap lembut.

3 POINT LIGHTING: pengaturan cahaya yang menggunakan tiga arah cahaya pada sebuah adegan: dari belakang (backlighting) subjek, dari satu sumber terang (cahaya utama/key light), dan dari sumber yang kurang terang menyeimbangkan lampu utama (mengisi cahaya/fill in).

low-key lighting pencahayaan yang menciptakan kontras kuat antara area terang dan gelap, dengan bayangan dan kedalaman dan sedikit cahaya pengisi

Hard lighting: pencahayaan yang menciptakan bayangan tajam. Soft light - Kondisi tidak ada bayangan keras atau bidang kontras. Awal pagi atau cahaya sore sering dianggap lembut.

frontal lighting: pencahayaan diarahkan ke subyek dari posisi dekat kamera. top lighting: pencahayaan datang dari atas orang atau benda, biasanya dalam rangka untuk menguraikan daerah atas gambar atau untuk memisahkan lebih jelas dari latar belakang.

Underlighting: pencahayaan dari titik di bawah angka dalam adegan. fill light : pencahayaan dari sumber yang kurang terang, digunakan untuk melunakkan bayangan dan menerangi daerah yang tidak tercakup oleh cahaya utama. Juga disebut cahaya pengisi.

Fill Ratio Jika lampu dua kali terangnya menyinari subyek, rasio akan 2:1, yang merupakan standar untuk aplikasi TV. Pada saat yang sama, penata cahaya, khususnya di berita TV, lebih suka membuat kunci dan mengisi intensitas yang sama, menghasilkan sebuah flat, efek high key. Key : Fill 2:1

Lighting Ratios Dengan perbedaan (dalam f-stop) dibutuhkan antara intensitas cahaya utama dan cahaya pengisi 1:1 - Tidak ada perbedaan (flat lighting) 2:1 - Satu f-stop (Untuk sebagian besar photography, videography) 3:1 - Satu dan dua-tiga f-stops (Untuk sebagian besar black and white photography) 4:1 - Dua f-stops (Untuk low key efek dramatis) 8:1 - Tiga f-stops (film noir)

Tungsten Halogen Lamp (3200K)

3 Macam lampu Studio: QUARTZ Juga disebut tungsten. (3200K) Sebuah lampu yang menggunakan filamen tungsten didalam lampu Quartz. Lampu ini mudah meledak bila disentuh dengan tangan telanjang HMI Hydro Merkuri iodida lampu yang mereproduksi lampu seperti siang hari (5000K). FLUORESCENT Studios tidak menggunakan lampu fluorescent konvensional tri-fosfor. Studio lampu fluorescent, seperti KinoFlo, adalah frekuensi tinggi, warna seimbang dan untuk mengoperasikan mengambil listrik lebih sedikit.

Semua lampu dikelompokkan menurut watt mereka. Lampu dengan watt lebih tinggi menunjukkan semakin tinggi intensitasnya. Intensitas cahaya = panas Jadi, semakin tinggi watt, semakin tinggi intensitas cahaya,dan lebih panas lampu tersebut. Itu sebabnya Anda menggunakan sarung tangan.

QUARTZ 0-500w Pepper 150w Dedo 150w InkyDinky 150w

QUARTZ 500w-1k Lowel Rifa (1K) The rifa is a soft light. Broad (1k) Broad dan omni keduanya lampu terbuka/langsung Lowel Omni (650w) Mickey Mole (750w)

QUARTZ 500w-1k Arri 650w. Lampu ini juga disebut INKY. Lampu ini juga disebut cyc, kekuatannya 650w to 1K Biasanya memberikan cahaya yang luas.

QUARTZ 2K-3500Kw MiniBrute Lampu ini disebut PAR 2K Zap Lampu ini untuk menciptakan cahaya soft.

QUARTZ 5K and over Baby 5K senior Sky pan 5K Wendy 5K

QUARTZ specialty Ringlight Lampu Sunguns Dioperasikan dengan baterai Sebuah lampu chimera sering digunakan untuk melembutkan wajah atau memberikan eyelight.

Balon lampu diisi dengan helium sehingga memberikan kualitas cahaya Balon lampu diisi dengan helium sehingga memberikan kualitas cahaya. Anda juga bisa mendapatkan cahaya yang dibutuhkan untuk mengisi layar hijau (croma key). Dan mendapatkan terang bulan yang indah, kualitas luminescent.

HMI’s 12K fresnel 575w PAR Balloon 5K HMI HMI adalah super mahal, harganya bisa sampai $ 10k.

FLUORESCENTS 4 bank Juga disebut Diva 2 bank Micro flo Adalah lampu yang terdiri dari satu lampu dan dapat menerangi dashboard mobil untuk cahaya wajah atau bahkan di bawah meja, atau tanaman.

Ballast Perangkat listrik untuk mengatur lampu neon dan intensitas cahaya Ini memastikan tegangan dan saat ini tinggal konstan. Dimmer Memungkinkan lampu akan dikendalikan untuk berbagai intensitas.

Reflectors dan Diffusers -Gunakan reflektor untuk mengisi daerah gelap -Reflektor Gunakan sebagai bounce atau pinggiran cahaya -Diffusers-melembutkan & menyebarkan cahaya saat melewati -Mengurangi intensitas cahaya

Good Lighting - Mendefinisikan subjek bentuk / tekstur - Meningkatkan intensitas subjek - Sesuai dengan lokasi/lingkungan - Mampu mengatur mood

Contoh Lighting Contoh setting dengan menggunakan cahaya Softbox profesional kit Mengatur setting serupa dengan menggunakan lampion kertas Cina. Untuk membantu penggunaan lentera kertas, membawa lentera di dekat ke subjek daripada Anda akan cahaya profesional

Contoh Lighting Untuk mengurangi kerasnya shoplight, gunakan diffuser beberapa di depan cahaya, atau titik cahaya di langit-langit putih atau dinding dan memantul cahaya dari sana ke subjek.

Outdoor Lighting dengan Reflector Memantulkan cahaya ke area gelap dapat memberikan detail kedalaman. Penonton lebih fokus pada basket dengan pantulan cahaya. Bandingkan Reflector gambar close up 2 dengan gambar closeup 3. Lihat ini halus, tetapi ring dari jaring basket telah menjangkau di atasnya, dan memisahkan dari background. Bersih dalam 3 reflektor ditembak hanya menyatu ke latar belakang.

Outdoor Lighting dengan Reflector Jika Anda tidak memiliki reflektor profesional, Anda dapat bouncing cahaya menggunakan sepotong papan,stereofoam putih, sheet metal, atau papan dibungkus foil berkerut.