PBK DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN Sumber- sumber belajar menurut AECT (1997) 1. Pesan 2. Orang 3. Bahan 4. Peralatan 5. Teknik 6. Lingkungan/setting.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Selamat Datang Oleh : Edrizon
Advertisements

MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA
Mendesain & Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis ICT
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Materi 5 - Komputer Multimedia
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Pembelajaran Berbantuan Komputer
PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
INSTRUCTIONAL SOFTWARE
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
JENIS BAHAN AJAR Season-4 Bahan Ajar Cetak (BAC) PRINTED MATERIAL.
Pembelajaran Berbasis Komputer
OLEH DRS.AGUS WASISTO DDW,MPd
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
Ftk UIN Sunan Ampel Surabaya
Aplikasi Instruksional
Pembelajaran Berazas Komputer 3 SKS Oleh : Riduan,SE.,S.Pd.,M.Pd Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara Tahun Akademik 2014/2015.
MULTIMEDIA INTERAKTIF
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI
OELH Tim Instruktur PLPG UNP
KETERAMPILAN MENJELASKAN
PENILAIAN.
Apl. Psi. Kognitif Sains dlm TI
Oleh Prof. Soenarto PhD Dosen Pacasarjana UNY
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
Oleh : DAPIT MELIJANA NIM :
4. KARAKTERISTIK BAHAN AJAR (CETAK & NONCETAK)
POINT-POINT LANJUTAN . PROFIL MATERI 4 INDIKATOR LANJUTAN 1 MATERI 1
Oleh Prof. Soenarto PhD Dosen Pacasarjana UNY
NAMA:JEFFRI DWI ORIENTA TRIYANA NPM:
PBIS 4500 Materi 5 Menganalisis Soal dalam Ujian TAP
Assalamu’ Alikum Wr. Wb..
COMPUTER BASED INSTRUCTION
PENYUSUNAN BAHAN AJAR.
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
Definisi Penganjaran Berbantuan Komputer
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
PERANCANGAN BAHAN AJAR MODUL
ANALISIS KURIKULUM IPBA KELAS TINGGI
METODOLOGI PENELITIAN (3 SKS)
Presentasi hasil pembekalan dan penilaiannya
Kegiatan 6b Kajian dan Simulasi Penggunaan Modul GP Waktu: 14 JP
BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN MATERI AJAR IPA SD
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Materi 3 - Komputer Multimedia
DESAIN PEMBELAJARAN ALA DICK AND CARREY
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN
PENULISAN MODUL.
PRAKTIK MENGAJAR MIKRO
Materi 2 - Komputer Multimedia
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE SISWA KELAS VIIIA MTs. MUHAMMADIYAH.
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
Oleh: Dra. Sri Wahyuni, M.Pd
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
M O D U L ? SUATU PAKET BELAJAR MENGAJAR (DRS. SRIYONO)
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
TEMU KOLEGIAL PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN TERPADU
Warahmatullahi Wabarakatuh
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
pengantar TEKNOLOGI PENDIDIKAN
SALMILAH Program Pasca Sarjana UNM Makassar D MODEL RESEARCH & DEVELOPMENT.
H. M. JUPRI RIYADI Kepala Dinas Pendidikan. Keterampilan dasar mengajar yaitu keterampilan yang bersifat mendasar atau umum yang harus dikuasai oleh setiap.
Transcript presentasi:

PBK DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN Sumber- sumber belajar menurut AECT (1997) 1. Pesan 2. Orang 3. Bahan 4. Peralatan 5. Teknik 6. Lingkungan/setting

PENGEMBNAGAN ~ Teknologi tercetak ~ Teknologi Audiovisual ~ Teknologi Berdasar Komputer ~ Teknologi terpadu EVALUASI ~ Analisis Masalah ~ Pengkuran beracuan kreteria ~ Evaluasi Formatif ~ Evaluasi Sumatif PEMANFATAN ~ Pemanfatan Media ~ Difusi Inovasi ~ Implementasi dan Institusionalisasi ~ kebijakan dan Aturan MANAJEMEN ~ Manajemen Proyek ~ Manajemen Sumber ~ Manajemen Informas ~ Manaj. Sistem Penyampaian DESAIN ~ Desain Sistem Instruksional ~ Desain Pesan ~ Strategi Instruksional ~ Karakteristik peserta didikl Kawasan Teknologi Pendidikan Teori dan Praktek

PBK merupakan suatu produk program instruksional yang sengaja didesain dan di kembangkan untuk keperluan memudahkan belajar peserta didik. Pengembangan PBK merupakan kegiatan praktis teknologi pembelajaran dalam rangka mengembangkan dan menyediakan sumber belajar, Dengan demikian, PBK merupakan bagian dari kegiatan aplikasi praktis teknologi pendidikan khususnya pada kawasan pengembangan

PENGERTIAN, MANFAAT DAN BENTUK PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER A. Pengertian Pengertian a teaching process directly involving a computer in the presentation of instructional materials in an interactive mode to provide and control the individualized learning environment for each individual student. Hick and Hyde (Joiner; 29)

 Pembelajaran berbasis komputer adalah dimana komputer sebagai alat yang dipakai untuk menyampaikan pesan kepada peserta didik secara individual. Program Instruksional

Komponen instruksional  Petunjuk  Kompetensi  Indikator keberhasilan  Uraian materi  Grafis/ gambar  Rangkuman  Tugas- tugas  Balikan  Soal- soal

Meningkatkan motivasi belajar Enjoyment learning Memberikan balikan pada siswa Mengatasi kesulitan belajar kelompk/ klasikal Mampu memberikan informasi tentang kesalahan dan jumlah waktu belajar serta waktu mengerjakan soal Memberikan pilihan pada siswa untuk belajar sesuai minat dan kondisi Mengatasi rasa kurang PDpada siswa dll

 Linier:  Branching: slide Karateristik Program Linier: 1.Priming &promting 2.Active responding 3.Minimal errors 4.Knowledge of result Dapat memilih pembelajaran berdasakan minat

Flow Chart Adalah representasi visual dari alur program/ gambaran isi program pembelajaran berbasis komputer. Adalah representasi visual dari alur program/ gambaran isi program pembelajaran berbasis komputer. Flow chart sangat berguna untuk mengkomunikasikan ide pengembang kepada ahli pemograman komputer Flow chart sangat berguna untuk mengkomunikasikan ide pengembang kepada ahli pemograman komputer

Karakteristik PBK Active Responding Small steps Immediate feedback

Program PBK yang menyediakan banyak stimulus- stimulus berupa perintah-perintah yang memandu dan meminta siswa segera memberikan respon dalam rangka belajar.

Program PBK dimana materi-materi yang dikembangkan/ diuraikan dalam penggalan- penggalan pendek untuk selanjutnya diuji bagaimana pemahaman siswa terhadap materi tersebut.

Yaitu balikan yang di berikan pada siswa dengan tujuan siswa segera mengetahui apakah dia telah berhasil dalam belajar atau belum dengan bukti respon dan balikan. Contoh:

Ibu kota provinsi sumatera selatan yaitu ……… a. Banjar masin b. Tanjung karang c. Padang d. Palembang

B. Manfaat PBK Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Dapat memberikan balikan pada siswa Mengatasi kelamahan dalam belajar kelompok Dapat mengatasi siswa yang lambat atau kurang konsentrasi dalam belajar ………………………? dll

Bentuk- bentuk PBK ~ Tutorial Drill and practice ~ Drill and practice Problem Solving ~ Problem Solving Simulation ~ Simulation Game ~ Game

Tutorial merupakan program yang menyajikan informasi baru kepada si belajar. Program pembelajaran bentuk ini memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, tabel, definisi, istilah, latihan dan branching yang sesuai.

Drill and practice mengsnggap bahwa konsep-konsep dasar dari materi yang di pelajari sudah dikuasai oleh si belajar.

Problem solving merupakan program pemecahan masalah dengan komputer sebgai alat bantu.

Simulation analog dengan kehidupan nyata yang dihadapi oleh si belajar dengan maksud mendapat pengertian global.

Game merupakan salah satu program pembelajaran dengan bentuk permainan dengan maksud meningkatkan motivasi belajar.

KOMPONEN- KOMPONEN YANG MEMUDAHKAN BELAJAR Bahan Penarik perhatian Tes Prasyarat Prates Uraian/ Materi Latihan Penjelasan/ rambu-rambu jawaban latihan Rangkuman Pascates Balikan

Bahan Penarik Perhatian Upaya-upaya untuk menarik perhatian si belajar dilakukan dengan maksud agar si belajar atau siswa termotivasi untuk belajar. Contoh penarik perhatian; gambar, gerakan, warna dan musik pada monitor.

Kompetensi Kompetensi merupakan rumusan tentang kemampuan apa yang harus dikuasai atau di capai oleh si belajar setelah belajar. Maksud pemberitahuan kompetensi adalah agar si belajar tahu apa yang akan dicapai setelah proses pembelajaran.

Tes Prasyarat Tes prasyarat diberikan untuk mengetahui apakah si belajar atau siswa menguasai kapabilitas atau kemampuan-kemampuan utama yang telah dipelajari yang dapat memudahkan belajar tentang kapabilitas baru.

Pra Tes Pra tes digunakan untuk mengukur keterampilan yang akan di ajarkan dalam pembelajaran. Fungsi Pra Tes yaitu untuk menentukan seberapa jauh siswa telah memiliki keterampilan yang akandiajarkan

Isi Bahan/Materi Isi bahan/Materi dalam pembelajaran berbantuan komputer perlu diorganisasi sesuai dengan urutan pembelajaran. Dalam pengorganisasian isi bahasan/materi harus diidentifikasi terlebih dahulu tipe isi dari bahasan tersebut.

Soal-soal latihan Proses pembelajaran akan lebih berhasil bila diberi latihan-latihan yang secara relevan dengan tujuan khusus pembelajaran.

Balikan Balikan adalah salah satu unsur penting yang dimaksudkan untuk mengetahui apakah pembelajaran sudah betul atau belum. Proses pembelajaran dapat ditingkatkan dengan baik melalui pemberian latihan yang secara langsung relevan dengan tujuan pembelajaran.

Penjelasan/rambu-rambu jawaban Penjelasan dimaksudkan untuk memberikan informasi yang diperlukan pemakaian sehubungan dengan kesulitan yang dialaminya dalam menjawab soal- soal.

Rangkuman  Rangkuman dimaksudkan untuk meninjau kembali materi yang telah diajarkan sehingga dapat mencegah kelupaan mengenai apa yang baru saja di pelajari.

Jenis Rangkuman PBK Verbal Diagram Tabulasi Rumpun pohon Skematik

Petunjuk Menulis Rangkuman Ringkas dan Padat Ringkas dan Padat Ide-ide Kunci Ide-ide Kunci Membangun & pengembangan isi pelajaran Membangun & pengembangan isi pelajaran Tampilan Mencolok Tampilan Mencolok Memberi Tekanan Memberi Tekanan Menarik Perhatian Menarik Perhatian By; Deni

LANGKAH- LANGKAH PENGMBANGAN PROGRAM PBK 1. Perencanaan awal 2. Menyiapkan materi program PBK 3. Mendesain program PBK 4. Menyusun materi program PBK 5. Menyusun dokumentasi 6. Memvalidasi hasil pengembangan program PBK

PBK efektif ~ Pengidentifikasian tujuan ~ Mengidentifikasi kebutuhan belajar ~ Mengidentifikasi masalah pembelajaran ~ Tingkatan Siswa ~ Program digunakan dalam/ luar ruangan ~ Bersama materi lain ~ Untuk Belajar mandiri Identifikasi Karateristik siswa - PBK Keterampilan pengembangan PBK a.Menguasai bidang studi b.Menguasai proses pengembangan media c.Menguasai pemrograman komputer

a. Memilih materi ~ Relevan dengan Tujuan ~ Yang cocok dengan PBK ~ Dipilih yang dibutuhkan banyak orang ~ Materi tidak berubah-ubah b. Menentukan lingkup pembelajaran ‘materi dan waktu harus diatur agar tidak melelahkan dan membosankan’

Menyusun materi program PBK ► Mengembangkan screen map ► Menulis creterion frame ► Menulis tachung frame ► Mengembangkan strategi perekaman

3 Jenis desain (Burke; 1982) 1. Functional Design (desain pembelajaran) 2. Physical Design (desain fisik) 3. Logical design (desain logis) Fungsional design a.Tutorial design b.Drill and Practice design c.Problem solving d.Simulation e.games

Physical design Physical design (desain fisik) pembelajaran berkaitan dengan alur yang harus diikuti siswa melalui pembelajaran. Tiga desain fisik dalam PBK a.Linier design b.Branching design c.Reptition design

Logikal design Berkaitan dengan strategi yang menstruktur cara berfikir pengembang dan memberikan pengalaman kepada siswa untuk berfikir secara logis. Meliputi a. Deduktion, induction, analogy b. EGRUL/ RULES (example diikuti rules) c. Mengembangkan Flowchart (Representasi visual dari alur program)

 Langkah- langkah a. Mengemangkan scren map b. Menulis creterion frame c. Menulis teching frame d. Menulis program (basic, pascal, FORTRAN, powerpoint, Flass) d. Mengembangkan strategi perekaman

5. Menyusun Dokumentasi Dokumentasi merupakan unsur terakhir pada softwere pembelajaran berbantuan komputeryang sudah jadi (siap dioperasionalkan). Dokumentasi memberikan deskripsi materi yang menyertai program dan menjelaskan tujuan program tersebut serta memberikan petunjuk penggunaan program PBK.

6. Memvalidasi Software PBK Memvalidasi program PBK adalah melakukan serangkaian evaluasi lapangan terhadap Softwwre PBK hasil pengembangan. Memvalidasi program PBK adalah melakukan serangkaian evaluasi lapangan terhadap Softwwre PBK hasil pengembangan.

Proses Validasi dilakukan dengan cara;  Mengembangkan strategi pengidentifikasian frame-frame  Melakukan pre-tes dan pasca-tes  Melakukan evaluasi la[pangan secara bertahap.

Program Komputer Power Point Flash MX Front Page