Pertemuan <>> Matakuliah: >/ > Tahun: 2007 Bina Nusantara Keluarga Jepang Dewasa Ini.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Keluarga dan Rumah Tangga
Advertisements

KEKUASAAN DI DALAM KELUARGA
HUKUM PERKAWINAN AKIBAT PERCERAIAN
Telaah Kritis Menuju Kehidupan
UKURAN PERKAWINAN & PERCERAIAN
HUKUM PERSEORANGAN ADAT
Penikahan: Antara Janji dan Kenyataan? (When we said “I do”)
OLEH: PUTU SAMAWATI, S.H.,M.H.
HUKUM PERKAWINAN POLIGAMI
Matakuliah : L0094-Ilmu Sosial Untuk Psikologi
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Munakahat / perkawinan
Keluarga dengan Anak Usia Prasekolah Tahap ketiga siklus kehidupan keluarga dimulai ketika anak pertama berusia 2 ½ tahun dan berakhir ketika anak berusia.
TAHAP PERKEMBANGAN KELUARGA DENGAN ANAK USIA DEWASA
Perkembangan Fisik dan Kognitif dalam Masa Dewasa Tengah
Oleh: Irdanuraprida Idris, SH, MH
KONSEP DASAR KEPERAWATAN KELUARGA
AKIBAT PERKAWINAN Hak dan kewajiban suami-istri Terhadap harta
A. Syarat Materil : B. Syarat Formil Materil Umum/Absolut
AKIBAT PERKAWINAN & PUTUSNYA PERKAWINAN
PERJANJIAN PERKAWINAN Menurut KUHPerdata
Pertemuan Matakuliah: / Tahun: 2007 Bina Nusantara Pekerja Wanita.
SISTEM HUKUM WARIS ADAT DI DESA TRUNYAN DAN TENGANAN BALI
SOSIOLOGI KELUARGA SALEHUDDIN, S.Pd., M.Pd PERTEMUAN II ISTITUT ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK YAPIS BIAK TAHUN AKADEMIK 2016/2017.
Konsep dasar antropologi
<<Roujin Mondai>> Pertemuan <<3>>
AKIBAT PERKAWINAN & PUTUSNYA PERKAWINAN
PERNIKAHAN DAN KONTEKSTUALISASINYA DALAM ISLAM
KESEHATAN MENTAL DI SEPANJANG SIKLUS KEHIDUPAN
Perkembangan Psikososial Dewasa Awal
KELUARGA MUHAMMAD NOOR HIDAYAT.
HUKUM KELUARGA DAN HUKUM HARTA BENDA PERKAWINAN
By Hukum 2012 A Kelompok Perkawinan
Sistem KEKERABATAN.
BENTUK-BENTUK KELUARGA
PERJANJIAN PERKAWINAN Menurut KUHPerdata
Peran Dan Fungsi Lembaga Sosial
Perkembangan Sosioemosional masa kanak-kanak akhir (Usia Sekolah)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KONSEP DASAR KEPERAWATAN KELUARGA 1
Hukum Perkawinan.
KONSEP DASAR KEPERAWATAN KELUARGA
Pertemuan 12 Psikologi Pendidikan Keluarga
ASSALAMU’ALAIKUm WR WB
ASAS-ASAS HUKUM PERKAWINAN & HUKUM KEWARISAN
Olivia Tjandra W., M. Si., Psi
LEMBAGA KELUARGA BY : KELOMPOK 2. LEMBAGA KELUARGA BY : KELOMPOK 2.
Tren pengasuhan anak Kajian anak minggu12.
PERKAWINAN YUSRON ANDRIANTO AGUNG HENDRO SUSILO
PERNIKAHAN Lanjutan.
ASAS-ASAS HUKUM PERKAWINAN
Konsep dasar antropologi
ASAS-ASAS HUKUM PERKAWINAN & HUKUM KEWARISAN
Tugas Perkembangan Manusia Sepanjang Rentang Kehidupan
WELCOME TO OUR BELOVED CAMPUS
ADOPSI ANAK.
Keluarga dan Pernikahan
Olivia Tjandra W., M. Si., Psi
ASAS-ASAS HUKUM PERKAWINAN & HUKUM KEWARISAN
MIDDLE CLASS SEBAGAI TRANFORMATOR PERILAKU SEKSUAL DAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN (COMMUNITY BASED RESEARCH PADA TOKOH ADAT, TOKOH AGAMA, DAN TOKOH.
<Soshika/Penurunan angka kelahiran > Pertemuan <4>
HADANAH. HADANAH Pengertian Hadanah Hadhanah → hadhnuash-sabhiy : mengasuh atau memelihara anak Terminologis : menjaga anak yang belum bisa mengatur.
TYPE KELUARGA DAN TRADISI DI AMERIKA MATA KULIAH CROSS CULTURE UNDERSTANDING     DISUSUN OLEH : MUH ROHWAN - NPM MAYA PERTIWI – NPM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Semester I Kelas XII Sekolah Menengah Atas
KONSEP KELUARGA Andan Firmansyah.
ASAS-ASAS HUKUM PERKAWINAN & HUKUM KEWARISAN
PERNIKAHAN DAN KONTEKSTUALISASINYA DALAM ISLAM. Pernikahan dalam Islam Pengertian dan Dasar Hukum.  Alquran ( Q.S. Ar-Ruum, 30 :21, An- Nisa’,4 : 3,
STRATIFIKASI SOSIAL.
PERKAWINAN USIA DINI Karya Tulis Ilmiah Firman, S.Ag.
BU-MA-GI x HUKUM Oleh: MAILIZA.
Transcript presentasi:

Pertemuan <>> Matakuliah: >/ > Tahun: 2007

Bina Nusantara Keluarga Jepang Dewasa Ini

Bina Nusantara Perkawinan yang diatur oleh perantara (nakodo), masih banyak dipraktekkan. –Diperkirakan sampai tahun 1985 sekitar separuh dari pasangan perkawinan di Jepang dipersatukan dengan cara ini Namun, perkawinan berdasarkan cinta juga semakin meningkat –lebih dari 70 persen pasangan perkawinan sejak tahun 1970 menikah berdasarkan cinta. Ideologi Ie masih mewarnai upacara perkawinan di Jepang Perkawinan 4

Bina Nusantara Dalam pemilihan pasangan perkawinan, latar belakang kelas turut diperhitungkan –lebih cendrung mencari pasangan yang memiliki latar belakang pekerjaan dan pendidikan yang sama, dilihat dari: perkawinan berdasarkan kesamaan klasifikasi pekerjaan orang tua, paling banyak terjadi pada kelas profesional dan manajerial. pada perkawinan yang diatur, ciri-ciri kelas orang-tua pasangan perkawinan lebih beragam daripada perkawinan berdasarkan cinta – secara keseluruhan, kesamaan kelas pada pasangan perkawinan lebih menonjol daripada kesamaan kelas orang tua mereka 5

Bina Nusantara Perempuan bercerai di Jepang “ dihukum ” dalam berbagai bidang kehidupan: 1.Seorang ibu rumah-tangga yang tidak mempunyai penghasilan tetap, tidak dimungkinkan untuk mendapatkan kepemilikan bersama dari rumah atau flat tempat ia tinggal bersama suaminya. 2.Meskipun si ibu memenangkan hak pengasuhan anak-anak pada sekitar dua pertiga kasus perceraian, ia tidak dapat secara realistis mengharapkan mantan suaminya untuk ikut membantu pembiayaan pengasuhan anak. –Kemampuan aparat hukum terbatas dalam menegakkan keputusan- keputusan pengadilan keluarga

Bina Nusantara Perceraian Meskipun terus meningkat sejak 1980-an, angka perceraian di Jepang tetap rendah dibandingkan negara-negara Barat terkemuka –Rendahnya independensi ekonomi kebanyakan perempuan merupakan alasan utama untuk tetap mempertahankan perkawinan. Kehidupan perkawinan: –Secara umum, suami dan isteri di Jepang cendrung memiliki bidang kehidupan yang terpisah –Kesenjangan komunikasi diantara pasangan perkawinan merupakan realitas yang diterima. –Perkawinan untuk kesenangan umumnya diabaikan demi untuk menjaga stabilitas keluarga

Bina Nusantara –Kebanyakan perceraian di Jepang dilakukan berdasarkan kesepakatan dua belah pihak tanpa campur tangan pengadilan keluarga. Hanya sekitar satu dari sepuluh perceraian yang melibatkan arbitrasi, hakim atau putusan pengadilan Perceraian berdasarkan kesepakatan terjadi dikalangan pasangan muda (tingkat perceraiannya tinggi). Mereka yang berada pada kelompok usia pertengahan dan yang lebih tua, dimana tingkat perceraian relatif rendah, cendrung lebih mengandalkan pengadilan keluarga. –Pada tahun-tahun sesudah perang, kasus perceraian terbanyak terjadi pada pasangan yang usia pernikahannya kurang dari dua tahun. –Kecendrungan sejak 1970-an adalah meningkatnya perceraian pada pasangan yang telah menikah lebih dari 10 tahun. –Di kota-kota, terutama dikalangan kelas menengah terdidik, berkembangnya feminisme telah mengurangi aib (stigma) dari perceraian

Bina Nusantara Pola-pola Keluarga Batih Ukuran keluarga menurun secara cepat pada masa sesudah perang –Tahun 1955 rata-rata jumlah anggota keluarga berkisar lima jiwa tetapi menurun hingga kurang dari tiga menjelang tahun 1990-an. –Keluarga Jepang dewasa ini memilih untuk mempunyai anak satu atau dua, sehingga angka rata-rata jumlah anak pada keluarga Jepang berada di bawah 1,8. Pola kehidupan keluarga batih: –Secara keseluruhan, keluarga batih memperoleh otonomi dan kebebasan yang tinggi. Isteri tidak perlu khawatir dengan campur tangan mertua dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, keluarga batih pertama-tama tinggal di apartemen atau kondominium kecil namun dengan fasilitas lengkap Jika kondisi keuangan dan sosial memungkinkan, mereka kemudian pindah ke rumah yang agak terpencil

Bina Nusantara Bertahannya Keluarga Luas Struktur keluarga Jepang berbeda dari struktur keluarga di negara- negara industri lainnya, ditandai dengan besarnya jumlah keluarga luas dimana dua generasi dewasa menetap dalam satu rumah –Sensus tahun 1985 memperlihatkan bahwa sekitar tujuh dari sepuluh orang yang berusia 65 atau lebih, menetap bersama saudara-saudara mereka, terutama bersama keluarga yang memiliki satu anak –Terdapat sekitar satu keluarga luas dari setiap tiga keluarga batih –Kira-kira 64 persen orang Jepang dewasa ini hidup dalam keluarga batih, 31 persen dalam lingkungan keluarga luas dan 5 persen dalam keluarga tunggal

Bina Nusantara Pada keluarga luas, norma tradisional mensyaratkan bahwa anak laki-laki pertama beserta keluarganya tinggal bersama orang tuanya. –Hal ini terkadang menimbulkan ketegangan yang membawa kepahitan dan kebencian antara istri dan mertua (ibu suami). –Bertahannya keluarga luas adalah petunjuk bahwa lembaga ini dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang sedang berubah, sekaligus memepertahankan beberapa ciri tradisionalnya.

Bina Nusantara Peningkatan Rumah Tangga Tunggal Rumah-tangga di luar struktur keluarga yang konvesional secara dramatis meningkat pada tahun 1980-an. –Terdiri dari hampir seperempat dari rumah-tangga di Jepang pada awal 1990-an Namun, ini tidak berarti orang-orang Jepang semakin berorientasi terhadap kehidupan bujangan (single-oriented). –Sebuah survey nasional menyatakan bahwa hanya dua persen laki-laki dan empat persen perempuan yang “ tidak punya niat menikah seumur hidup mereka