SUCI ANGGARINI, 2102405026 Aspek Tokoh dan Penokohan dalam Kumpulan Cerkak Panggung Sandiwara Karya Daniel Tito dan Kesesuaiannya sebagai Bahan Ajar di.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DEVI DWI ASTITI, Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata.
Advertisements

SUWARSIH, Kriminalitas dalam Novel Kembang Kantil Karya Senggono.
UKI HARES YULIANTI, ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS BUKU TEKS BSE BAHASA INDONESIA UNTUK SMP KELAS VII KARYA RATNA SUSANTI, ATIKAH ANINDYARINI-SRI.
DIDIK AGUNAWAN, Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Teknik Skimming dan Scanning pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Rembang Tahun.
EMMY PUSPITASARI, Tokoh Utama dalam Cerkak Mancanegara Serenada Schubert Terjemahan Moechtar.
KRISTIANA EVA YULIANI, Tokoh Arjuna Sebagai Titik Temu Antara Wayang Gombal dan Carita Baratayuda.
HERI ROHMADANI, Heroisme Dalam Serat Menak Dewi Soja.
Agus Anggoro Styaji, PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B DI SKB CAWAS KABUPATEN KLATEN DITINJAU DARI TINGKAT EKONOMI KELUARGA.
GALIH WICAKSONO, Tindak Tutur Ekspresif pada Rubrik Gambang Suling di Majalah Jaya Baya.
RUDIANTO, NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SERAT CEMPORET KARYA R. NG. RANGGAWARSITA.
SITI ROKHANA, Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke.
ZULNITA MUSFIANI, Intertekstual Wayang Gombal dalam Majalah Jaya Baya.
BEKTI LIYA SARI, NOVEL 5 CM KARYA DONNY DHIRAGANTORO SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA.
PUJIANIK, Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika.
LAILY HAYUNING TYAS, Analisis Kelayakan Penyajian Materi Kompetensi Berbicara Pada Buku Teks Basaku Basamu Basa Jawa dan Marsudi Basa lan Sastra.
MUHAMMAD HERU WIBAWA, WATAK DAN PERILAKU TOKOH UTAMA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA.
ANDIKA RAKA DIANJAYA, Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant.
NOR HIDAYAH, CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA.
ROMADHASARI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 3 REMBANG DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR MELALUI.
DIANA EKA JAYANTI, Parikan Dalam Gendhing Tayub Blora.
NURUL BEKTI RUSILAWATI, Peningkatan Kemampuan Menulis Skenario Sandiwara pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Ngawen dengan Media Film Animasi.
TRIMIATI, Puitika Widodo Basuki Dalam Kumpulan Geguritan Layang Saka Paran.
YENNY NOOR AFIFA, KONFLIK BUDAYA TOKOH LELAKI DALAM NOVEL TIBA-TIBA MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
DEWI INDAH LESTARI, Struktur Dramatik Lakon Wayang Karna Tandhing Oleh Ki Enthus Susmono.
TAWAR INDARWANTO, Tinjauan Tema, Amanat, Fungsi Ekspresif Referensial dan Puitik dalam Kumpulan Puisi Le feu de joie Karya Louis Aragon.
ROHANA PUDYASTUTI, Peningkatan Keterampilan Menyimak Crita Cekak Dengan Model Stratta dan Teknik Ganti Setting Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri.
SHOFIYATUN, KONFLIK PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR KARYA MUHIDIN M. DAHLAN.
CHARISAH MILATILLAH, Watak Tokoh-tokoh dalam Kumpulan Crita Cekak Ajur Karya Akhir Lusono.
AWAN KURNIAWAN, ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL BILA MALAM BERTAMBAH MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
NOVIA FITRIANI, Kepahlawan Dalam Serat Pedhalangan Arjuna Wiwaha.
ENIK MURDIESTI, PENYIMPANGAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KUMPULAN CERPEN CERITA PENDEK TENTANG CERITA CINTA PENDEK KARYA DJENAR MAESA.
FRANSISCUS XAVERIUS HARDANTO, Penokohan dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya N.H. Dini dan Kemungkinannya sebagai Bahn Ajar di SMA/ MA.
DIDIK KUSUMA SAPUTRA, Fakta Cerita dan Tema Novel Purasani Karya Yasawidagda.
ANANG FEBRI PRIAMBADA, Bentuk dan Makna Leksikon Pembentuk Rumah Adat Kudus.
SUDIHARTI, Nilai Religius dalam Kumpulan Cerpen Derai-Derai Kamboja Karya Kusmawanti sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
HENI PURWATI, Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono.
AULIA AHMAD RITAUDDINZ, SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA.
ANDY AGUS SETIAWAN, PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI POKOK BAHASAN HIDROSFER DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN ANTARA METODE KOOPERATIF TIPE.
PUJI MARYATI, Ekspresi Esmiet dalam Sembilan Crita Cekak di Majalah Panjebar Semangat.
ANA REDIATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI TEKNIK SHOW NOT TELL DENGAN MEDIA TEKS DRAMA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MRANGGEN.
MOH NUR AKHLIS, Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Ungkap Perasaan pada Siswa Kelas VII MTs Al Burhan Semarang Tahun Pelajaran.
WIWIT UJI SHARASWATI, Struktur Cerita Novel Kembang saka Persi Karya Soebagijo I.N.
ENNY INDRARTI, UNSUR INTRINSIK NOVEL CINTA DARI SURGA KARYA ANAM KHOIRUL ANAM DAN KEMUNGKINANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP.
PARAMITA MUTAQIENAH, Cerita Rakyat Ki Ageng Giring di Desa Gumelem Kabupaten Banjarnegara.
NAUFAL ALIN, Perempuan Dalam Novel Dawet Aju Karya Widi Widajat.
EMA KURNIANINGRUM SUNI, Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Strategi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Melalui Media.
MUHAMMAD ZAENUDIN, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI STRATEGI ATM DENGAN MEDIA CONTOH CERPEN SISWA KELAS X-8 SMAN 2 BAE KUDUS.
SRI WAHYUNI, Motif Perubahan Perilaku Tokoh Utama dalam Novel Sumi (Jejak Cinta Perempuan Gila) Karya Maria Bo Niok.
DEWI MAFTUCHAH, Alur Novel Emprit Ambuntut Bedhug Karya Suparto Brata.
LITA DWI ARIYANTI, Penerapan Langkah-langkah Perencanaan Kegiatan Remedial Bahasa Jawa di SMP Negeri 1 Gringsing Kabupaten Batang.
DEDDY DWI WIJAYA, Struktur Cerita Misteri Alaming Lelembut pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2010.
ENDANG MURDININGSIH, NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID.
TJUT ITA ZAHARA, ANALISIS STRUKTUR CERITA PADA KUMPULAN CERPEN KACA PIRING KARYA DANARTO: KAJIAN KRITIK SASTRA STRUKTURAL DAN KEMUNGKINANNYA.
ARMI APRILIANINGSIH, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerkak Siswa Kelas IX D SMP 3 Welahan Kabupaten Jepara dengan Pendekatan Keterampilan.
DESIANA DWI PRAMESTI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PESAN SINGKAT (MEMO) MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN BERBASIS MULTIMEDIA.
AMNAH FALESTINA, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti- Imajinasi Media Lagu Siswa Kelas X MA Salafiyah Karang Tengah.
YUNITA ENDARWATI, Struktur Crita Cekak (Cerkak) Majalah ''Jaya Baya'' pada Tahun 90-an.
AMIN JATI WALUYO, Pembelajaran Bahasa Jawa Ragam Krama Pada Masyarakat Samin Di Dukuh Tambak Desa Sumber Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora.
NOVIA DWI TRANWATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA.
NITA BUDI EMAWATI, Nilai Moral Cerkak-cerkak Sumono Sandy Asmoro di Majalah Panjebar Semangat Berdasarkan Analisis Struktural.
ASTERIA MURBANDARI, Novel Luruh Kuncup sebelum Berbunga Karya Mira W dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
MAKHZUROTUL KHASANAH, Peningkatan Keterampilan Menulis Dialog Berbahasa Jawa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konteks Sosiokultural.
TRI RATNA KURNIANDARI, Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Limbangan dengan Teknik Latihan Terbimbing melalui.
RATNA HIDAYAH, PENERAPAN MODEL SINEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X.4 SMA NEGERI 1 PORWONEGORO KABUPATEN BANJARNEGARA.
ERI ASTUTI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KARYA WISATA TEMPAT PEMBUDIDAYAAN TANAMAN HIAS RINGIN INDAH SISWA.
DENGAN METODE PAKEM PADA SISWA SD SUWADUK 01 TAHUN AJARAN 2006/2007
RENI IRWANTI SEPTIYANI, Peningkatan Kemampuan Menulis Cerkak dengan Metode Curah Gagasan pada Siswa Kelas IX E SMP 19 Purworejo.
Identitas Mahasiswa - NAMA : DIKA AGUNG MARLIANTO - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan.
YENI PUSPARINGGA, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI TEKNIK PENGANDAIAN DIRI SEBAGAI TOKOH DALAM DRAMA SISWA SMA N 1 BOJA KABUPATEN.
Transcript presentasi:

SUCI ANGGARINI, Aspek Tokoh dan Penokohan dalam Kumpulan Cerkak Panggung Sandiwara Karya Daniel Tito dan Kesesuaiannya sebagai Bahan Ajar di SMA

Identitas Mahasiswa - NAMA : SUCI ANGGARINI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - sucie_maniez pada domain plasa.com - PEMBIMBING 1 : Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum - PEMBIMBING 2 : Sucipto Hadi Purnomo, S.Pd., M.Pd. - TGL UJIAN :

Judul Aspek Tokoh dan Penokohan dalam Kumpulan Cerkak Panggung Sandiwara Karya Daniel Tito dan Kesesuaiannya sebagai Bahan Ajar di SMA

Abstrak Crita cekak (cerkak) dapat disesuaikan sebagai bahan ajar di SMA karena dalam pengajaran di sekolah cerkak memiliki pengaruh besar terhadap peserta didik. Ini dapat terjadi apabila peserta didik mengerti makna yang terkandung dalam cerkak sehingga akan mengimplementasikannya dalam kehidupan seharihari. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tokoh dan penokohan pada tiap-tiap cerkak yang terdapat pada kumpulan cerkak Panggung Sandiwara karya Daniel Tito dan apakah sesuai sebagai bahan ajar di SMA. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan objektif. Data diperoleh dari buku kumpulan cerkak Panggung Sandiwara. Pada kumpulan cerkak Panggung Sandiwara terdapat 15 cerkak antara lain “BMW 318i”, “Bu Gin”, “Dalan”, “Dhompet Lemu”, “Filsafat Tresna”, “Mbesuk Ngenteni Apa”, “Ngamen”, “Nglangkahi Oyod Mimang”, “Panggung Sandiwara”, “Relief”, “Rokok”, “Sopir Taksi”, Tangga Kamar”, “Tebusan”, dan “Weny” ini mengangkat cerita kehidupan sehari-hari seperti cobaan hidup, pekerjaan, masalah keluarga, percintaan, perselingkuhan, dan lain sebagainya. Amanat atau pesan yang ingin disampaikan sebagian besar mengangkat hal-hal kemanusian dan moral. Melalui penelitian ini dapat diketahui, bahwa dalam buku Panggung Sandiwara karya Daniel Tito terdapat tokoh utama dan tokoh sampingan. Terdapat dua cara penggambaran penokohan pada cerkak-cerkak dalam buku Panggung Sandiwara karya Daniel Tito ini yaitu secara analitik (cara singkap) dan secara dramatik (cara lukis). Berdasarkan analisis tokoh dan penokohan pada kumpulan cerkak Panggung Sandiwara karya Daniel Tito maka aspek tokoh dan penokohannya telah memenuhi kriteria bahan ajar yang terdiri dari tiga aspek, yaitu bahasa, psikologi, dan budaya. Dengan demikian unsur intrinsik kelima belas cerkak pada kumpulan cerkak Panggung Sandiwara karya Daniel Tito dapat disesuaikan sebagai bahan ajar kesusastraan di SMA > Crita cekak (cerkak) pantes kanggo bahan pamulangan ing SMA amarga saka pamulangan ing sekolah cerkak duwe daya kang gedhe kanggone siswa. Iki bisa kelakon menawa siswa ngerteni makna sing kakandhut ing cerkak saengga diterapake ing panguripan saben-dinane. Amarga iku, underaning perkara ing panaliten iki yaiku kepriye paraga lan pamaraganane ing saben cerkak sing ana ing kumpulan cerkak Panggung Sandiwara karya Daniel Tito lan jumbuh kanggo bahan pamulangan ing SMA. Panaliten iki nganggo pendekatan objektif. Data saka buku kumpulan cerkak Panggung Sandiwara. Ing kumpulan cerkak Panggung Sandiwara iki ana 15 cerkak antarane yaiku “BMW 318i”, “Bu Gin”, “Dalan”, “Dhompet Lemu”, “Filsafat Tresna”, “Mbesuk Ngenteni Apa”, “Ngamen”, “Nglangkahi Oyod Mimang”, “Panggung Sandiwara”, “Relief”, “Rokok”, “Sopir Taksi”, Tangga Kamar”, “Tebusan”, lan “Weny” iki njupuk crita panguripan ing saben-dinane. Tuladhane pacobaning urip, pagawean, perkara kulawarga, tresna, lan dhemenan. Amanat utawa pesen saperangan njupuk saka perkara-perkara panguripan lan moral. Saka panaliten iki bisa dimangerteni, yen ing buku Panggung Sandiwara karya Daniel Tito ana paraga utama lan paraga sampingan. Ana cara loro kanggo nggambarake pamaragane paraga yaiku kanthi cara analitik (cara singkap) lan cara dramatik (cara lukis). Adhedhasar panaliten paraga lan pamaraganane sing ana ing kumpulan cerkak Panggung Sandiwara karya Daniel Tito, mula segi paraga lan pamaraganane wis jumbuh karo kriteria bahan pamulangan kesusastraan sing ana telung perangan, yaiku bahasa, psikologi, lan budaya. Kanthi mengkana, unsur intrinsik limalas cerkak sing dibabar ing buku kumpulan cerkak Panggung Sandiwara dijumbuhake kanggo bahan pamulangan kesusastraan ing SMA.

Kata Kunci tokoh dan penokohan, kumpulan cerkak, bahan ajar.

Referensi Aminuddin Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Bara Agensindo. Astuti, Agustin Tri Unsur-unsur Intrinsik Kumpulan Cerpen Musafir Karya Gola Gong dan Kemungkinannya Sebagai Bahan Ajar di SMP. Skripsi: FBS. Universitas Negeri Semarang. Baribin, Raminah Teori dan Apresiasi Karya Fiksi. Semarang: IKIP Semarang Press Teori dan Apresiasi Prosa Fiksi. Semarang: IKIP Semarang Press. Effendi, Anwar. 1997/1998. Pengajaran Apresiasi Sastra. Jakarta: Depdikbud Hadikusuma, Kunarya. Supratigyo, Titi. Sayuti, Sadjat. Sutarto Joko. Rifai Achmad. Salim, Agus. Budiono dan Buchori, Mochtar Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Rahmanto. B Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius. Ratna, Nyoman Kutha Teori Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Semi, Atar M Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya Padang. Soeparwoto. Liftiah dan Hendriyani, Rulita Psikologi Perkembangan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press. Sudjiman, Panuti Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya. Suharianto, S. Dasar-dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia. Sukada, Made Pembinaan Kritik Sastra Indonesia Masalah Sistematika Analisis Struktur Fiksi. Bandung: Angkasa. Sumardjo, Jakob dan Saini K.M Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia. Tarigan, Henry Guntur Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Tito, Daniel Panggung Sandiwara (Kumpulan Crita Cekak). Sragen: Genta Mediatama. Wellek, Rene dan Austin Warren Teori Kesustraan (diindonesiakan oleh Melani Budianta) Jakarta: Gramedia.

Terima Kasih