MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE IDA HERLINDA NIM 118612024 MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE This presentation demonstrates the new capabilities of PowerPoint and it is best viewed in Slide Show. These slides are designed to give you great ideas for the presentations you’ll create in PowerPoint 2010! For more sample templates, click the File tab, and then on the New tab, click Sample Templates.
LATAR BELAKANG MASALAH fakta bahwa 1,5 juta siswa sekolah menengah tahun ketiga dan tahun keempat tidak mampu melakukan operasi operasi dan skill-skill matematika dasar yang diperlukan untuk kehidupan sehari hari dan untuk pekerjaan dan karir. Upaya guru ke arah peningkatan proses belajar mengajar belum optimal (Wahyudin, 1999).
MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE Model pembelajaran heuristik vee adalah model pembelajaran yang menggunakan strategi dengan metode huruf “V”, yaitu sebuah metode untuk membantu siswa memahami struktur pengetahuan dan bagaimana pengetahuan dikontruksi. Model Pembelajaran ini juga bertumpu pada usaha usaha untuk menggali pengetahuan yang telah diketahui siswa, serta bagaimana pengetahuan tersebut digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami permasalahan matematika.
DIAGRAM VEE Konseptual Pertanyaan kunci Metodelogikal Teori jawaban jawaban yang Klaim nilai pengetahuan Mengendalikan pengaruh Interpretasi ,Penjelasan Prinsip / antar bagian kanan dan generalisasi Sistem konseptual dan bagian kiri Hasil Transformasi Konsep Active Fakta,Catatan kejadian Interaksi Kejadian kejadian/objek
1 2 3 LANGKAH LANGKAH STRATEGI MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE TEORI PENDUKUNG
LANGKAH LANGKAH MEMPERKENALKAN HEURISTIK VEE PADA SISWA Mulai dengan konsep, objek, kejadian-kejadian. Perkenalkan arti catatan dan pertanyaan kunci Transformasi catatan dan klaim pengetahuan Prinsip dan teori Klaim nilai.
STRATEGI PEMBELAJARAN Terdiri dari 5 fase Orientasi masalah Pengungkapan konsep siswa Pengungkapan permasalahan/fokus pertanyaan (focus question) Pengkontruksian pengetahuan baru Evaluasi gagasan siswa
DIAGRAM VEE Yang Kamu Pikirkan Pertanyaan Kunci Yang kamu lakukan (konseptual) (Focus Question) (Metodologi) Apakah kamu mengenal Hal penting apa yang kamu Konsep ini sebelumnya? Dapatkan? Apa yang kamu ketahui Tulis jawaban yang kamu tentang konsep sebelumnya dapatkan bagaimana cara kamu menyelesaikannya Apa idea yang paling penting Berdasarkan masalah,buatlah daftar apa saja yang diketahui dan apa yang akan dicari. Masalah
TEORI BRUNER Asumsi pertama bahwa perolehan pengetahuan merupakan suatu proses interaktif Asumsi kedua ialah manusia mengkontruksi pengetahuannya dengan menghubungkan informasi yang masuk dengan informasi yang disimpan sebelumnya.
TEORI AUSUBEL Faktor yang paling penting yang mempengaruhi pembelajaran adalah apa yang telah diketahui siswa (pengetahuan awal). Jadi supaya belajar jadi bermakna, maka konsep baru harus dikaitkan dengan konsep-konsep yang ada dalam struktur kognitif siswa
Langkah kegiatan heuristik vee
1 LKS HEURISTIK VEE Design, organize, and collaborate
BROADCAST IT Show and tell your presentation with Broadcast Slide Show Share your presentation in real-time with anyone with a browser, directly from PowerPoint. You’ll never have to say, “Next slide, please” again!
SPEAK FOR ITSELF Let Your Presentation Upload, embed, and share away! Record your presentation with Create a Video and capture narrations, animations, media, and much more. Upload, embed, and share away!
Spread the Message! for easy sharing For a media-rich presentation, you can Optimize for Compatibility or Compress Media to share your presentation reliably without exploding your inbox Package your presentation for easy sharing
? But wait… There’s More! View your slides from anywhere!
Access Anywhere Check out the PowerPoint Web App Access slides wherever you are
POWERPOINT 2010 What’s Your Message?