P EMIKIRAN E KONOM -E KONOM M USLIM K ONTEMPORER Oleh TIM 2 Kajian Ekis Dept. Ilmiy – BO Ukhuwah Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Oleh TIM 2 Kajian.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dekonstruksi Pemikiran an- Na’im terhadap Fikih Hukum Islam
Advertisements

Masa kebangkitan kembali hukum islam
KONSEP DASAR EKONOMI SYARIAH
Urgensi Dakwah Ekonomi Islam
AGAMA ISLAM APAKAH ISLAM ITU SATU ATAU BANYAK? MANA ISLAM YANG BENAR?
Pengertian Dasar hukum Prinsip Zakat
Bersama Imam Muhammad bin al-Hasan asy-Syaibani dengan Kitab al-Kasab
SELAYANG PANDANG EKONOMI ISLAM Oleh : Muhammad Hambali, SHI, M.E.I Disampaikan Dalam Kuliah MPK Agama Islam Universitas Airlangga Surabaya.
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
Berinteraksi dengan sunnah
Gagasan Psikologi Islami
Agama dan Evolusi Drs. H. Nur Syahid, MPdI
Asas – Asas Hukum Islam.
PERADABAN ISLAM Telaah Atas Perkembangan Pemikiran Dan Tradisi Keilmuan Islam Oleh: Syamsul Huda.
Teori Distribusi Pendapatan dan kemiskinan
Bismillaahirrohmaanirrohiim
Materi Pertemuan 12 Sejarah Hukum Islam III
PENDAHULUAN U S H U L F I Q I H.
ideologi Muhammadiyah: dalam Dinamika tajdid dan ijtihad
SUMBER-SUMBER DAN NILAI DALAM PERILAKU ETIKA
Drs. HASYIM, MM MANAJEMEN SYARIAH DOSEN MODUL ‘12 Manajemen Syariah 1
EKONOMI MIKRO (Pertemuan Ke-3) Oleh: Pahrul Fauzi, SE, M.Si
SEC KSEI FORMAIS STIE EKUITAS BANDUNG TGL
Filosofi Dasar Ekonomi Islam
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
KONTRAK PERKULIAHAN : Meneladani ulama dalam menuntut ilmu
PETA PEMIKIRAN ISLAM.
EKONOMI SYARIAH Wiwik Hasbiyah, MA.
DINUL ISLAM DAN EKONOMI ISLAM (LKS)
TIM PENGAJAR HUKUM EKONOMI ISLAM FHUI
PANDANGAN DASAR EKONOMI ISLAM
MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
Assalamu’alaikum wr. Wb Tugas TIK SUKABUMI, 11 juni 2016 Salam Inovasi Agis Arwanti Amala 13.T Loading...
Penguatan Materi Fiqih
AGAMA ISLAM APAKAH ISLAM ITU SATU ATAU BANYAK? MANA ISLAM YANG BENAR?
KOMPONEN HADITS DAN KLASIFIKASI HADITS
SPEI (Sejarah Perkembangan Ekonomi Islam) Prodi : Perbankan Syari’ah SKS : 2 (dua) Dosen : A. Dimyati Fb : jongbintoro, kakdidim.
KONSEP DASAR EKONOMI ISLAM
Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu
Perjuangan Nabi Muhammad saw.
TEMA-TEMA EKONOMI DALAM TAFSIR TEMATIK
Sekilas mengenai ekonomi islam
NAMA : IKA NPM : PRODI/KELAS :HUKUM EKONOMI SYARIAH/B/4 MATA KULIAH : PUSKOM.
ALIRAN QADARIAH DAN JABARIAH
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
STIKES MUHAMMADIYAH MANADO
KONSEP PRODUKSI DI ACEH: TEORI DAN REALITA
PERTEMUAN KELIMABELAS
MASYARAKAT MADANI DAN KESEJAHTERAAN UMUM
ASSALAMU’ALAKUM Wr. Wb KELOMPOK 7 : MUTHIAH ALIBAS
Beredarnya Paham Sekularisme, Pluralisme, dan Liberalisme
Ulumul Hadis dan Ruang Lingkupnya
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
HERNANDA DAMANTARA (E )
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
EKONOMI SYARIAH KELOMPOK : Syaifullah Abdurrachman M. Razi
Disampaikan pada acara Masyhudi Monthly Discussion IX
RUNTUHNYA TEORI EVOLUSI
PENGANTAR FILSAFAT Oleh: AHMAD TAUFIQ MA. Belajar Filsafat 1. Dari Sejarah Perkembangan Pemikiran: Yunani Kuno – Filsafat Timur Abad Pertengahan Filsafat.
Manusia dan Masyarakat Di Zaman Khulafa’ Rashidin
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
TIM PENGAJAR HUKUM EKONOMI ISLAM FHUI
Hello Assalamu’alaikum Wr wb.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
EKONOMI MIKRO ISLAM NOOR HAFIZAH UHDIYATI, S.E.I., M.E.
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
Diploma Pengajian Islam (DPI)
Beberapa Pembahasan Ilmu Ekonomi Makro dan Beberapa Aliran Pemikiran dalam Teori Ekonomi Makro (Konvensional) serta Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Madzhab.
KELOMOPOK 4 Disusun Oleh : Rizki Aidil (G1B018007) Altos Syafullah (G1B018035) Dayu Kinanda (G1B018053) Yogi Priyantoro (G1B018073) Lut Junianto (G1B018093)
Transcript presentasi:

P EMIKIRAN E KONOM -E KONOM M USLIM K ONTEMPORER Oleh TIM 2 Kajian Ekis Dept. Ilmiy – BO Ukhuwah Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Oleh TIM 2 Kajian Ekis Dept. Ilmiy – BO Ukhuwah Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya

1. M AHZAB B AQIR A L S ADR Mahzab ini dipelopori oleh Baqir Al Sadr dengan bukunya yang fenomenal Iqtisaduna (ekonomi kita). Menurut mahzab ini, Ilmu ekonomi (economics) tidak pernah bisa sejalan dengan islam. Ekonomi tetap ekonomi, dan Islam tetap islam. Keduanya tidak akan pernah bisa disatukan. Sebab, kedudukannya berasal dari filosofi yang saling kontradiktif. Yang satu anti islam, satu lainnya islam.

1. M AHZAB B AQIR A L S ADR Menurut mereka, perbedaan filosofi ini berdampak pada perbedaan cara pandang keduanya dalam melihat masalah ekonomi. Menurut istilah ekonomi, masalah ekonomi muncul karena adanya keinginan manusia yang tidak terbatas sementara sumber daya yang tersedia untuk memuaskan keinginan manusia tersebut jumlahnya terbatas. Baqir menolak pernyataan ini, karena menurut mereka, Islam tidak mengenal adanya sumber daya yang terbatas. Dalil yang digunakan adalah: “Sungguh telah Kami ciptakan segala sesuatu dalam ukuran setepat-tepatnya” (QS. Al Qomar : 49)

1. M AHZAB B AQIR A L S ADR Dengan demikian karena segala sesuatunya sudah terukur dengan sempurna, sebenarnya Allah telah memberikan sumber daya yang cukup bagi seluruh manusia di dunia. Pendapat bahwa keinginan manusia itu tidak terbatas juga ditolak, karena kenyataannya keinginan manusia itu terbatas. Misalnya, seseorang yang sudah kenyang, maka dia akan hilang selera makannya dan tidak ingin makan.

1. M AHZAB B AQIR A L S ADR Mahzab Baqir berpendapat bahwa masalah ekonomi muncul karena adanya distribusi yang tidak merata dan adil sebagai akibat sistem ekonomi yang membolehkan eksploitasi pihak yang kuat terhadap pihak yang lemah. Yang kuat memiliki akses terhadap sumber daya sehingga menjadi sangat kaya, sementara yang lemah tidak memilki akses terhadap sumber daya sehingga sulit bersaing. Karena itu masalah ekonomi muncul bukan karena sumber daya yang terbatas, tetapi karena keserakahan manusia yang tidak terbatas.

1. M AHZAB B AQIR A L S ADR Karena itu menurut mereka, istilah ekonomi islam adalah istilah yang bukan hanya tidak sesuai dan salah, tapi juga menyesatkan dan kontradiktif, karena itu penggunaan istilah ekonomi islam harus dihentikan. Sebagai gantinya, ditawarkan istilah baru yang berasal dari filosofi islam, yakni Iqtisad. Iqtisad berasal dari bahasa arab ‘qasd’ yang secara harfiah berarti equilibrium atau keadaan sama, seimbang atau pertengahan.

1. M AHZAB B AQIR A L S ADR Sejalan dengan itu, maka semua teori yang dikembangkan oleh ilmu ekonomi konvesional ditolak atau dibuang. Sebagai gantinya mahzab ini berusaha menyusun teori-teori baru dalam ekonomi yang langsung digali dan dideduksi dari Al Quran dan Al Sunnah.

1. M AHZAB B AQIR A L S ADR Tokoh-tokoh Mahzab ini antara lain : Muhammad Baqir Al Sadr Abbas Mirakhor Baqir Al Hasani Kadim Al Sadr Iraj Toutounchian Hedayati

2. M AHZAB M AINSTREAM Mahzab ini merupakan mahzab yang paling moderat karena sikapnya terhadap teori ekonomi konvensional yang tidak semata-mata dihapus, melainkan dipilah berdasarkan prinsip metodologi teori ekonomi islam, jika di dapatkan sesuatu yang tidak salah dan dibolehkan atau dibenarkan maka hal itu dilaksanakan, dan apabila ada yang salah maka hal itu dihilangkan. Begitu juga sikapnya terhadap permasalahan pangkal dari sebuah teori ekonomi berupa scrachity (kelangkaan) yang titik tolaknya pada dasarnya sama, melainkan lebih pada pola distribusinya.

2. M AHZAB M AINSTREAM Tokoh – tokoh pada mahzab ini antara lain: Umar Chapra Abdul Mannan As Siddiqi

3. M AHZAB A LTERNATIF K RITIS Mahzab ini lebih kepada analisa yang mendalam mengenai hasil temuan-temuan sistem ekonomi yang ada termasuk ekonomi islam untuk dikritisi kembali dan secara terus-menerus. Tokoh- tokoh Mahzab ini adalah : Timur Kuran Jomo Muhammad Alif

K ESIMPULAN Diantara ketiga mahzab ini, jika dikaji berdasarkan teori dialektika dan sebuah kesatuaan metodologi bukanlah tiga teori yang sebenarnya layak untuk menimbulkan klaim hingga pada akhirnya menimbulkan terjadi konflik dialektika yang meruncing. Akan tetapi dari ketiga mahzab ekonomi islam ini, pada dasarnya memiliki sebuah kesatuaan dan mampu untuk saling mengisi satu sama lain yang didasarkan dari peran teori yang diusung oleh masing-masing mahzab.

K ESIMPULAN Sepertihalnya kekurangan pada mahzab mainstream yang cenderung mudah disalah persepsikan sebagai ‘ekonomi minus riba plus zakat’ dapat untuk kemudian ditegaskan kembali oleh Mahzab Baqir As Sadr dan dikoreksi secara terus-menerus oleh Alternatif Kritis.

P ENUTUP Demikianlah penjelasan tentang “Pemikiran Ekonom-Ekonom Muslim Kontemporer” Semoga dapat dipahami dan bermanfaat Salam Ukhuwah! Ekonom Rabbani BISA! Assalamualaikum Wr.Wb