Kesadaran akan pemanfaatan sumberdaya alam dengan hidup lebih menetap. Ditemukannya pola kerja, pola produksi dan pola distribusi yang lebih murah dan lebih efisien. Teknologi infokom menciptakan interkoneksi antar manusia semakin produktif dan global. Kesadaran akan semakin perlunya mengintensifka n informasi dan kreativitas. EKONOMI PERTANIAN EKONOMI INDUSTRI EKONOMI INFORMASI EKONOMI KREATIF LATAR BELAKANG MANAJEMEN DESAIN DIBUTUHKAN SAAT INI
Value ComodityGoodsServicesExperiences Pemikiran kreatif sebagai pemberi nilai lebih
Design = Culture Design = Need Design = Sales/Profit Design = Added Value Desain adalah bisnis
Product quality Seller’s service Seller’s reputation Colour Product warranty Packaging Brand Price Physical characteristics Design Permintaan konsumen terhadap produk yang “total”
Objektif dan tujuan manajemen desain
Objektif dan target manajemen desain Pengembangan kapabilitas desain perusahaan Efisiensi proses desainEfektifitas desain
Pengembangan Kapabilitas Desain Perusahaan Menggali seluruh potensi sumberdaya perusahaan dalam bidang desain. Meliputi perangkat lunak (SDM, program desain, proses desain, alat-alat evaluasi) & perangkat keras (alat-alat perancangan dalam setiap studi desain : studi ergonomi, studi user interface, studi semiotik dan pola gaya hidup) Tujuan dari obyektif ini adalah mengeksplorasi kebutuhan & keinginan konsumen terhadap produk dan sekaligus menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan kompetitif, dengan kata lain memberikan suatu nilai tambah baru, bagi perusahaan maupun konsumen Efektifitas desain Kesesuaian antara keluaran desain (design output) dengan kriteria keinginan konsumen Target dari obyektif ini adalah memberikan suatu kepuasan bagi konsumen secara penuh ditinjau dari aspek fisik maupun psikis produk, sekaligus mereduksi tingkat risiko yang harus ditanggung oleh perusahaan pada setiap peluncuran produk baru. Hal ini mengingat, bahwa tingkat kegagalan produk baru dapat mencapai 40%.
Efisiensi proses desain Setiap proses desain dituntut untuk dapat menghasilkan produk secara cepat guna memenuhi kebutuhan & keinginan konsumen yang cenderung berubah-ubah dengan cepat pula Target dari obyektif ini adalah hadirnya produk yang cepat. Sasarannya adalah : oMereduksi Time to Market, waktu yang dibutuhkan dalam proses desain mulai dari pengembangan gagasan hingga produk sampai ke tangan konsumen oMereduksi Innovation Cost, biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam proses desain sebagai konsekuensi dari waktu yang dibutuhkan
Azas Manajemen Desain Azas Pasar Azas Nilai Azas Kualitas Azas Manufakturabilitas
Azas Pasar Desain adalah sesuatu yang diperuntukkan bagi konsumen, karena itu penting untuk mengenali hal berikut : Siapa Pembeli itu? Bagaimana mereka membeli? Kapan mereka membeli? Dimana mereka membeli? Mengapa mereka membeli? Manajemen Desain selalu mengacu pada apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pasar.