PERJUANGAN BERDARAH UMAT ALLAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Lesson 11 for June 14, 2014 PARA RASUL DAN HUKUM.
Advertisements

KRISTUS, KEGENAPAN HUKUM TAURAT
KRISTUS, HUKUM DAN INJIL
KERAJAAN SERIBU TAHUN PASAL 20.
Lesson 1 for April 5, Yesus dan para rasul hidup pada abad ke-1. Ada beberapa jenis hukum yang mengatur bangsa Yahudi pada saat itu: 1.Hukum manusia:
ANAK Lesson 2 for July 12, 2014.
WAHYU 7 ORANG-ORANG YANG DIMETERAIKAN DARI BANGSA ISRAEL DAN
Budi Hartono Setiamarga
“Kuutus kau mengabdi bagi-Ku...” Yehezkiel 3 : 4-21
BAHAN AJAR Kelas XII Semester II (Genap).
DAN DEWAN PENASEHAT FKUB DALAM PEMELIHARAAN KERUKUNAN DI DAERAH
DANIEL 11 – BAGIAN 2 MENYINGKAPKAN TABIR MASA DEPAN.
Dua Saksi Allah Dan Sangkakala Ketujuh
Arti Kerajaan Allah pada zaman Yesus
Materi KAM GPIB JEMAAT IMMANUEL, BEKASI.
Wahyu 16 – bagian 2 MALAPETAKA 6 DAN 7.
PEMAHAMAN ALKITAB Interaktif Selasa, 14 Okt 2014
PENGHAKIMAN ATAS BABEL
PENGHAKIMAN ATAS BABEL
PASAL 19 NYANYIAN ATAS JATUHNYA BABEL, PERJAMUAN KAWIN ANAK DOMBA,
PEMINDAHAN HAK DENGAN INBRENG
Closing ceremony Efesus 6:10-24 Bersama Alex Nanlohy.
GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
Perempuan Berikat Pinggang Kekuatan
MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
GPIB Immanuel Bekasi, 22 APRIL 2013 PDT. ALEX LETLORA.
DANIEL 3 UJIAN IMAN.
MENGENAL KITAB-KITAB DEUTEROKANONIKA
KITAB NEHEMIA GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
KOTBAH BIOGRAFI Biografi adalah kisah perjalanan yang mewarnai hidup seseorang. Metode ini mempelajari hidup dari beberapa tokoh yang kita temukan dalam.
MAHKOTA PEMBEBASAN.
BINATANG KEEMPAT DAN TANDUK KECIL
DIBEBASKAN OLEH KEBENARAN
HAL UTAMA YANG TERUTAMA! (HAGAI)
BEBAS DARI BELENGGU LEGALISME Kolose 2:16-23
Materi “Kelas Alkitab Malam” KITAB DANIEL
MATERI KAM GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI 16 AGUSTUS 2010
Injil Lukas Pendahuluan Daftar isi. Injil Lukas Pendahuluan Daftar isi.
MENGENAL KITAB-KITAB DEUTEROKANONIKA
RUFUS GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI. Rufus Salam kepada Rufus, orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu. (Rom.
KISAH PARA RASUL Kazebo, 3 September 2012 Pdt. A. Letlora.
Soteorologi Pertemuan ke 8.
PAULUS: RASUL UNTUK BANGSA LAIN
A. Gambaran Kerajaan Allah Pada Zaman Yesus
BERTUMBUH DALAM KRISTUS
APA ITU PERJANJIAN LAMA ?
ESTER DAN MORDEKHAI Lesson 6 for August 8, 2015.
BAB 3 Laelatul Masroh.
INJIL DATANG KE TESALONIKA
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH
BAB V Kitab Suci dan Tradisi.
PAULUS kaderisasi penggerak kerasulan kitab suci
KEHANCURAN YERUSALEM Lesson 10 for December 5, 2015.
PERGUMULAN MENGUASAI DUNIA
KRISIS (DIDALAM DAN DILUAR)
BAB VI YESUS KRISTUS PEJUANG KERAJAAN ALLAH
TAHANAN DI KAISAREA Lesson 12 for September 22, 2018.
PENAHANAN DI YERUSALEM
KAMU AKAN MENJADI SAKSIKU
BAB V KITAB SUCI DAN TRADISI SEBAGAI IMAN AKAN YESUS
PELAYANAN PETRUS Lesson 6 for August 11, 2018.
PARA PEMIMPIN GEREJA MULA-MULA
BAB VI YESUS KRISTUS PEJUANG KERAJAAN ALLAH
SENGSARA DAN WAFAT YESUS
SAAT KONFLIK MUNCUL Lesson 7 for November 17, 2018.
UMAT ALLAH YANG DIMETERAIKAN
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH
SESI 9 : MENGENAL KITAB SUCI – PERJANJIAN LAMA FU 2017.
PENGHAKIMAN ATAS BABEL
MEMAHAMI SEJARAH: ZERUBABEL DAN EZRA Lesson 1 for October 5, 2019.
Transcript presentasi:

PERJUANGAN BERDARAH UMAT ALLAH KITAB-KITAB MAKABE PERJUANGAN BERDARAH UMAT ALLAH

PENGANTAR

1MAK. 3:1-9 Kitab Makabe terutama menceritakan peperangan antara bangsa Yahudi dengan bangsa Siria. Kitab ini menonjolkan sikap sejumlah tokoh Yahudi yang gagah berani, tidak gentar menghadapi maut, dan rela mati demi membela keyakinan. Kitab ini penuh darah, pembunuhan, intrik politik, kelicikan, dan pengkhianatan.

LATAR BELAKANG SEJARAH

ALEKSANDER AGUNG (356-323 SM)

KEJAYAAN ALEKSANDER AGUNG Invasi: Aleksander Agung, raja Yunani, mengadakan invasi mulai tahun 334 SM. Hasil invasi: ia menaklukkan banyak tempat dan menyebarkan budaya Yunani. Ketika meninggal, kerajaan terpecah menjadi 4: Asia Kecil, Macedonia, Mesir, dan Siria. Yang dominan: Mesir dan Siria.

BANGSA YAHUDI DIJAJAH BANGSA SIRIA 200 SM: menggantikan Mesir (dinasti Ptolemeus), yang berkuasa di Israel adalah bangsa Siria (dinasti Seleukus) – orang Yahudi memasuki saat-saat yang sulit. 167 SM: Antiokhus IV Epifanes mengampanyekan budaya Yunani sebagai budaya nasional – tradisi, agama, dan hukum lokal dilarang, termasuk budaya Yahudi. Baca: 1Mak. 1:41-51.

PEMBERONTAKAN BANGSA YAHUDI 165 SM: terjadilah pemberontakan besar, yang dipimpin oleh keluarga Makabe (Matatias, Yohanes, Simon, Yudas, Eleazar, Yonatan). Urutan kepemimpinan: Matatias – Yudas – Yonatan – Simon.

Lawan-lawan Makabe: Makabe bukan hanya melawan orang asing, tapi juga bangsa sendiri yang memilih untuk menganut budaya Yunani. Jabatan yang diperebutkan: imam besar.

KEBERHASILAN MAKABE 164 SM: dipimpin Yudas, Yerusalem berhasil direbut – penjajahan berakhir (bertahap) – Bait Allah ditahirkan kembali – mereka kembali merdeka (bertahap) setelah berabad- abad silih berganti dijajah bangsa-bangsa lain – sampai tahun 63 SM ketika jatuh ke tangan Romawi. Penganiayaan oleh Antiokhus dan pemberontakan Makabe merupakan sumber terbentuknya 3 kitab: Daniel, 1 Makabe, dan 2 Makabe.

KITAB 1 MAKABE

BACA 1MAK. 1:10-15 Kitab 1 Makabe dan 2 Makabe adalah dua kitab yang berdiri sendiri Kitab 1 Makabe menceritakan 40 tahun sejarah keluarga Makabe (175-134 SM). Makabe sebenarnya julukan Yudas (1Mak. 2:4), tapi kemudian dipakai untuk seluruh keluarga.

PARA MAKABE Ayah: Matatias. Para putra: Yohanes = Gadi (yang beruntung). Simon = Tasi (pengarah, pembimbing, penasihat, orang saleh). Yudas = Makabe (yang kepalanya berupa martil/penentuan dari TUHAN). Eleazar = Avaran (yang berjaga/si penikam). Yonatan = Apfus (yang diutamakan).

PENULIS & WAKTU PENULISAN Penulis kitab: seorang Yahudi yang kagum terhadap dinasti Makabe – mengenal dengan baik geografi Palestina – menguasai gaya penulisan sejarah dalam Alkitab – punya akses dengan sumber-sumber resmi. Waktu penulisan: sebelum Roma menaklukkan Yerusalem (63 SM). Kitab 1 Makabe: mendekati laporan sejarah modern – namun akurasi tetap bisa dipertanyakan, tidak objektif, dan sangat bersifat teologis.

GARIS BESAR KITAB 1 MAKABE BAB 1: pendahuluan – krisis yang ditimbulkan oleh Antiokhus IV Epifanes. BAB 3-9: kepahlawanan Yudas Makabe (3:3- 9; 4:36-40). BAB 9-12: kepahlawanan Yonatan (9:43-49). BAB 13-15: kepahlawanan Simon (13:1-6). BAB 16: tampilnya Yohanes, putra Simon (16:20-24).

MAKSUD PENULISAN KITAB 1 MAKABE Menjelaskan bagaimana Allah memakai keluarga Makabe untuk menghentikan penindasan Kerajaan Siria. Menjelaskan bagaimana jabatan imam jatuh ke tangan keluarga Makabe. Memuliakan dan membela keabsahan dinasti Hasmoni. Kepemimpinan mereka sah karena merekalah yang menyelamatkan Israel.

GAGASAN TEOLOGIS KITAB 1 MAKABE 2:51-60: para Makabe adalah utusan Allah seperti para imam, hakim, dan raja dahulu kala. 2:61-64: kunci keberhasilan adalah percaya kepada Allah dan setia pada Taurat. 3:19: Allah menentukan nasib bangsa – pertolongan Allah diminta dalam doa – terwujud dalam tindakan nyata.

KITAB 2 MAKABE

PENULIS & WAKTU PENULISAN Baca: 2Mak. 4:7-10. Sekali lagi: 2 Makabe bukan kelanjutan 1 Makabe – dua kitab ini berdiri sendiri-sendiri. Waktu penulisan: disusun 124 SM – menyadur/meringkas 5 jilid karya Yason dari Kirene (160 SM) – 2Mak. 2:23.

Latar belakang sejarah sama dengan 1 Makabe – tapi 2 Makabe selesai sebelum Yudas terbunuh. 2Mak. 3-15 sejajar dengan 1Mak. 1-7 – namun sudut pandangnya berbeda.

GAGASAN KITAB 2 MAKABE Perang Yahudi bukan terutama untuk meraih kemerdekaan politis, tapi kebebasan menjalankan agama dan adat istiadat sendiri. Tradisi Yahudi sangat luhur – masyarakat jangan sampai tertarik pada tradisi Yunani. Gagasan teologis sejalan dengan tradisi Deuteronomis. Yudas adalah orang yang setia kepada Taurat, Tuhan menyertainya secara ajaib (2Mak. 10:27-30).

KISAH MATATIAS DAN ANAK-ANAKNYA MENAFSIRKAN 1 MAKABE

1MAK. 2:1-28

TAFSIR PERIKOP 2:1-6: para pahlawan diperkenalkan – meninggalkan Yerusalem untuk menghindari penganiayaan. 2:7-14: ratapan kehancuran bangsa Yahudi dan Yerusalem – mengingatkan akan kehancuran Yerusalem oleh Babel – ini reaksi pertama menghadapi penganiayaan.

2:15-22: bencana besar kembali datang – keluarga Matatias tidak mau tunduk – menolak perintah raja – semua patuh, dia tidak – mereka berhak mengikuti keyakinan mereka sendiri – kesetiaan terhadap agama adalah suatu keutamaan. 2:23-28: ketika ada yang murtad, dibunuh – serupa dengan Bil. 25:7-15.

MENAFSIRKAN KITAB 2 MAKABE PEMBANTAIAN DI YOPE MENAFSIRKAN KITAB 2 MAKABE

2MAK. 12:1-9 12:1-2: menggambarkan serangan terhadap orang Yahudi di “kota Yunani” – Yope, sekarang dekat Tel-Aviv – orang Yahudi digambarkan suka hidup tenteram – tapi musuh-musuh mereka suka mengganggu – orang Yunani mengkhawatirkan pemberontakan Makabe akan menyebar.

12:3-4: dengan tipu muslihat, orang Yahudi dibinasakan. 12:5-9: Yudas membalas dendam – kekerasan dibalas dengan kekerasan – Allah itu adil – kekerasan akan memulihkan kehormatan orang Yahudi – juga akan membuat mereka aman untuk beberapa saat – Yope dan Yamnia diserbu.

PENUTUP

Kitab Makabe dinilai sebagai dokumen teologis yang merupakan propaganda keluarga Makabe. Tanpa pemahaman yang baru bisa menjadi model pembenaran kekerasan atas nama agama. Tapi itu tidak dibenarkan: moralitas berkembang – ada pihak lain yang keberatan (misalnya penulis kitab Daniel).

Sumbangan kitab Makabe bagi ajaran Gereja: Resapi semangat Makabe untuk hidup secara mulia dan merdeka, wujudkan itu dengan semangat baru, sesuai dengan nilai-nilai positif yang berkembang zaman ini. Sumbangan kitab Makabe bagi ajaran Gereja: Gagasan tentang kebangkitan (2Mak. 7:1-42). Doa bagi para arwah (2Mak. 12:38-45).