Membuat Game FPS ”The Mission” dengan Menggunakan C-Script

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
Advertisements

WELCOME TO VISUAL BASIC
SISTEM OPERASI WINDOWS
Architecture dan design
A RTIFICIAL I NTELLIGENCE. A PA YANG DIMAKSUD D ENGAN A RTIFICIAL I NTELLIGENT ( AI ) ? AI atau Kecerdasan Buatan atau Kecerdasan Tiruan adalah : Kemampuan.
Universitas Gunadarma
Perkembangan Pemrograman Perkembangan dari VisualBasic
FLASH CS3 DAN ADOBE FIREWORKS PEMBUATAN GAME ASTEROID DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE for further detail, please visit
Dibimbing oleh: Dr. Lintang Yuniar Banowosari, S.Kom,. M.Sc
Desain Antar Muka (Interface) Disusun Oleh : Dr. Lily Wulandari Program Pasca Sarjana Magister Sistem Informasi Universitas Gunadarma.
APLIKASI MP3 CUTTER UNTUK PONSEL BERBASIS ANDROID. Novitasari for further detail, please visit
Membangun Game 3D FPS “Destroyer” dengan Menggunakan C-Script
PI. Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas PEMBUATAN GAME KETANGKASAN BOLA PANTUL for further detail, please visit
“ MEMBUAT APLIKASI MOBILE MEDIA PLAYER MENGGUNAKAN Aristo Oktobrian,
PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Pertemuan 1 D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.
KEGIATAN BELAJAR 2 Ega puspitriani Pendidikan B.Jepang 2A
PEMBUATAN GAME ”FUN PUZZLE” DENGAN MENGGUNAKAN Ratih Handayani
PENGENALAN MACRO Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang dilakukan pada program.
APLIKASI PEMBUATAN for further detail, please visit
Penjelasan Umum Penjelasan Umum PowerBulder 9.0 Aplikasi PowerBulder 9.0 berisi komponen Yang mencakup objek window, menu, function dan kode PowerScript.
SISTEM OPERASI WINDOWS
BAB 5 Mengakses Internet.
Pengembangan game.
“PEMBUATAN GAME METEOR JATUH DENGAN MENGGUNAKAN Fajar Budi Mulia for further detail, please visit
Level Design.
Desain Antar Muka (Interface)
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
VISUAL BASIC.NET Apa Itu VB.NET ?
Louis Bertrand Secondra
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
PI, Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas “ANALISIS GAME THEORY PADA GAME YOU ARE A MONOPOLIST” for further detail, please.
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Brent Fox - Sugiyanto Planning Menu Flow.
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
Membuat Table Pertemuan 3
Algoritma dan Pemrograman 2A
Pengenalan Java.
Introduction to Video Games
Materi 1. Konsep dasar, pembuatan dan aplikasi multimedia
Nama : Anita NPM : Jurusan : Teknik Informatika
Teori Permainan (Game Theory) Pertemuan 9
KEGIATAN BELAJAR 2 Amelia Widyastuti Pendidikan B.Jepang 2A
GAME PEMBUATAN for further detail, please visit
Interaktivitas Katie Salen Unit 1 Chapter 6
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
DENGAN KONSEP MULTIMEDIA BAGI ANAK USIA PRASEKOLAH MERANCANG DAN MEMBUAT APLIKASI PEMBELAJARAN for further detail, please visit
PENGENALAN MACRO Macro adalah : Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang.
PEMBUATAN GAME SPACE METEOR MENGGUNAKAN J2ME
Pengenalan Java.
To my presentation By : Nanda Kendinathessa
Kelompok 4 m.hakim.ch Windu aji Indra wijaya
ADOBE FLASH CS3 PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI GAME FIGHTING DENGAN
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Pengenalan Java.
PEMROGRAMAN GAME TIC TAC TOE DENGAN MENGGUNAKAN Jimmy Rinaldo
PENGENALAN MACRO Macro adalah : Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang.
Penguji 2 : Nelly Indriani W,S.Si. M.T.
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
PENGENALAN MACRO Macro adalah : Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang.
PENGENALAN MACRO Macro adalah : Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang.
Brent Fox - Sugiyanto Planning Menu Flow.
PENGENALAN MACRO Macro adalah : Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang.
VISUAL BASIC 6.0 APLIKASI TEKS EDITOR BERBAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN
PEMROGRAMAN JAVAFX 1.1 PEMBUATAN APLIKASI GAME SUDOKU MENGGUNAKAN BAHASA for further detail, please visit
MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA PEMBUATAN APLIKASI GAME ”TETRIS WARNA” DENGAN for further detail, please visit
PEMBUATAN GAME BOMBERMAN MENGGUNAKAN JAVA Reza Rachman
BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL C# PEMBUATAN APLIKASI PERMAINAN ASTEROID 3D MENGGUNAKAN for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI GAME MENARA HANOI MENGGUNAKAN Indah Apriani
MENGGUNAKAN SISTEM OPERASI ( OPERATING SYSTEM )
Transcript presentasi:

Membuat Game FPS ”The Mission” dengan Menggunakan C-Script Nama : Noval Amar NPM : 50406531 Jurusan : Teknik Informatika Pembimbing : Dr. YUHILZA HANUM, Ssi., Meng.

Latar Belakang Masalah Game adalah fenomena global jenis game (genre) FPS banyak dimainkan semua orang cenderung menyukai permainan atau game pengembangan game di Indonesia yang sepi

Tujuan membuat suatu Game 3D ber-genre FPS bernama The Mission menggunakan C-Script agar bisa dimainkan sebagai hiburan atau sebagai contoh game yang bisa dikembangkan lebih lanjut

Game FPS Salah satu genre atau jenis dari game adalah FPS (First Person Shooter). Genre FPS atau First Person Shooter adalah jenis game yang mengutamakan kecepatan gerakan kita di dalam permainan. Banyak baku tembak dan kita harus berhanan selama mungkin. Disebut First Person Shooter karena pandangan pemain adalah pandangan orang pertama (first person). Kita melihat tampilan dilayar seperti kita melihat dari mata kita sendiri

Kecerdasan Buatan pada Game FPS Pengertian: suatu metode yang memberikan sebuah mesin kemampuan untuk membuat keputusan yang pantas Tujuan: untuk membuat mesin tersebut berkelakukan sepintar-pintarnya

Konsep kecerdasan Buatan Teori kotak hitam (black boxes theory) Keadaan awal dari sebuah mesin dianggap sebagai kotak hitam yang di dalamnya belum memiliki keadaan (state). Kotak hitam ini di isi state-state atau biasa disebut inner state (kumpulan state yang ada di dalam sebuah kotak) Diberikan suatu keadaan yang mempengaruhi penentuan state yang sesuai untuk kotak hitam tersebut atau biasa disebut state machine

Teknik pemrograman kecerdasan Buatan FSM (Finite State Machine) Tujuan: memberikan suatu entitas tindakan yang dibatasi dengan beberapa cara.

Teknik pemrograman kecerdasan Buatan(cont) Keadaan yang mempengaruhi state

Langkah Pembuatan pembuatan model-model entitas yang digunakan pada game pembuatan dunia virtual atau yang sering disebut level Penambahkan script pemrograman C-Script semua elemen model, level serta script pemrograman di build menjadi satu run game mem-publish game

pembuatan model-model entitas Digunakan software Model Editor (MED)

Pembuatan level Digunakan software World Editor (WED)

Langkah pembuatan level Membuat design level secara keseluruhan Pemberian tekstur Pembuatan pintu antar ruangan Penambahan pencahayaan Pemberian entitas-entitas level

Design level

Pemberian tekstur Menambahkan texture library Penentuan tkestur ke dalam sebuah ruangan

Pembuatan pintu antar ruangan Penambahan kubus kecil di perpotongan antar ruangan Hasil pemotongan antar ruangan

Penambahan pencahayaan Penambahan object light Pengaturan properties object light

Pemberian entitas-entitas level File-file entitas harus ada di dalam folder work yang defaultnya ada di c:\Program Files\Gstudio\ File-file yang sudah ada di akses melalui menu object > add model

Penambahkan script pemrograman C-Script Membuat script utama Main script : Movement.wdl Actors.wdl Weapons.wdl War.wdl Doors.wdl Messages.wdl Particle.wdl Menu.wdl

Penambahkan script pemrograman C-Script (cont) Membuat action script untuk entitas: Merupakan script yang akan di masukkan ke sebuah entitas.Seperti entitas pemain memakai action script bernama player_prog. ACTION player_prog {MY.NARROW = ON; MY.TRIGGER_RANGE = 5; MY._MOVEMODE = _MODE_WALKING; MY._FORCE = 0.75; MY._BANKING = -0.1; MY.__STRAFE = ON; MY.__BOB = ON; MY.__TRIGGER = ON;  player_walk(); player_fight(); drop_shadow();}

Penambahkan script pemrograman C-Script (cont) Pemrograman AI dengan teknik FSM State akhir State awal State transisi YES NO

Build, Run & Publish Build atau meng-compile

Build, Run & Publish (cont) Menjalankan game,dengan menekan toolbar seperti ini Membuat executable file (pubilsh)

Kesimpulan menjadi salah satu pilihan bagi seorang user (pengguna) yang ingin memainkan permainan yang menghibur di PC nya Fitur yang disediakan dalam game ini adalah mode single player mode single player dimana pemain akan menulusuri semua ruangan dan melawan semua musuh yang menghadang dalam misi mencari sebuah item.