Flowchart dan Pseudocode Agung Nugroho, S.Kom
Tipe Data Kata data adalah bentuk jamak dari kata datum yang berarti fakta. Data adalah istilah umum yang mewakili angka, karakter dan simbol-simbol lain yang berfungsi sebagai masukan untuk proses komputer. Data Interger Date Real Data Karakter Data String Data Boolean (Logika)
Tipe Data Data Integer Merupakan nilai bilangan bulat baik dalam bentuk desimal maupun hexadesimal. Data Real Digunakan untuk keperluan data real (pecahan) Data Karakter Tipe data Character merupakan tipe data yang mengandung sebuah sebuah karakter. Karakter dapat berupa sembarang elemen dalam ASCII yang ditulis di antara tanda petik tunggal.
Tipe Data Tipe Data Boolean (Logika) Tipe ini mengenal dua buah nilai saja, yaitu true (benar) atau false (salah).
Variabel Variabel (pengubah) adalah suatu lambang dari sebuah daerah di memori utama komputer yang dapat berisi suatu nilai. Variabel merupakan nama yang mewakili nilai data dimana nilai tersebut dapat berubah pada saat program dieksekusi.
Syarat-syarat penulisan nama variabel Nama variabel jangan terlalu panjang, meskipun harus dengan jelas menunjukkan fungsi nilai data yang diwakilinya. (sebab setiap bahasa pemrograman mempunyai batas maksimal panjang nama variabel). Nama variabel tidak menggunakan tanda-tanda khusus seperti tanda baca dan spasi; meskipun dalam bahasa pemrograman tertentu dapat digunakan suatu pemisah dalam penulisan nama variabel.
Flowchart Algoritma merupakan suatu alur pemikiran seseorang yang dapat dituangkan secara tertulis (simbol-simbol/gambar-gambar). Gambar/simbol itu disebut dengan flowchart.
Flowchart Pada kerja tim, banyak programmer terlibat. Akibatnya, jika tim tersebut merupakan tim yang mengerjakan beberapa bagian dari suatu proyek besar, maka flowchart sangat penting digunakan untuk mengungkapkan algoritma salah satu tim, untuk dapat dipahami dan dikerjakan oleh tim lain. Pada saat seorang programmer selesai mengerjakan suatu program, langkah selanjutnya adalah memberikan program tersebut kepada kliennya.Untuk menjelaskan alur pemikiran dan cara kerja program
Kegunaan Flowchart Sebelum program selesai dibuat ………………….. Setelah program selesai dibuat
Simbol-Simbol Flowchart
Flowchart
Program Flowchart Menggambakan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah.
Pedoman pembuatan flowchart Flowchart sebaiknya digambar dari atas ke bawah dan dimulai dari bagian kiri suatu halaman. Kegiatan didalam flowchart harus ditunjukkan dengan jelas Harus ditunjukkan dari mana kegiatan dimulai dan dimana akan berakhir Masing-masing kegiatan didalam flowchart sebaiknya menggunakan suatu kata yang mewakili suatu pekerjaan. Masing-masing kegiatan didalam flowchart harus didalam urutan yang tepat. Kegiatan yang terpotong dan akan disambungkan ke tempat lain harus ditunjukkan dengan jelas menggunakan simbol penghubung yang benar. Gunakan simbol-simbol alir yang standar
Pseudocode Pseudo-> semu code->kode Pseudocode adl kode semu atau menyerupai kode program yang sebenarnya
Pseudocode Algoritma Flowchart Pseudocode Menggunakan bahasa tingkat tinggi (biasanya bahasa inggris) Menggunakan simbol berbentuk gambar Menggunakan bahasa tingkat tinggi yang menyerupai kode program Tidak standar Standar Belum standar Mudah dibaca Mudah dimengerti Tidak dapat langsung dibuat programnya Bisa langsung dibuat programnya Masih berupa ide Berupa rancangan Sudah hampir berupa implementasi
Perbedaan Notasi Algoritma & Pseudocode Nilai A ditambah dengan 5 A A+5 Cetak Nilai A bila lebih besar dari 10 IF>10 THEN PRINT A Dari dua bilangan A dan B, cari bilangan yang terbesar IF A> THEN PRINT A ELSE PRINT B
Penggunaan dan Notasi Pseudocode Algoritma Pseudocode Masukkan bilangan pertama Input a Masukkan bilangan kedua Input b Jika bilangan pertama>bilangan kedua maka kerjakan langkah 4. Jika tidak, kerjakan langkah 5. If a>b then do step 4 Tampilkan bilangan pertama. Print a Tampilkan bilangan kedua. Print b
Konvensi simbol pada Pseudocode Bahasa Inggris Penjelasan simbol Dalam bahasa Pemrograman A b gets Pemberian nilai dari a ke b = A v B and Operator logika antara a dan b && A ^ b or Operator logika antara a or b ǁ ¬ a not Negasi dari a ! A=b Is equal to Apakah a equal dengan b == A≠b Is not equal to Apakah a tidak equal dengan b != A<b Is less than Apakah a kurang dari b <
Konvensi simbol pada Pseudocode Bahasa Inggris Penjelasan simbol Dalam bahasa Pemrograman a≤b Is less than or equal to Apakah a kurang dari sama dengan b <= a>b Is greater than Apakah a lebih besar dari b > A≥b Is greater than or equal to Apakah a lebih besar dari sama dengan b >= A≈b approximately A hampir sama dengan b N/A ┌a┐ ceiling Mengambil nilai integer terbesar dari pembulatan ke atas Ceil() └a┘ floor Mengambil nilai integer terkecil dari pembulatan ke bawah Floor()
Kata dalam Pseudocode Perintah Sekuensial Input : Read, Obtain,Get Output : Print, Display,Show Perhitungan: Compute,calculate,determine Inisialisasi : Set, Init Penambahan dengan 1 : Increment,Bump
Kata dalam Pseudocode Perintah percabangan if condition then <sequence 1> else <sequence 2> endif
Kata dalam Pseudocode Perintah perulangan while digunakan untuk mengulang satu atau beberapa perintah sekaligus selama masih dalam kondisi benar (TRUE). while condition <sequence > endwhile
Kata dalam Pseudocode Perintah perulangan FOR digunakan untuk mengulang satu atau beberapa perintah sekaligus selama masih dalam kondisi benar (TRUE). FOR iteration bounds <sequence > ENDFOR
Kata dalam Pseudocode Perintah percabangan case percabangan yang dipermudah Case expression of condition 1: <sequence 1> condition 2: <sequence 2> others: default<sequence> endcase
Kata dalam Pseudocode Perintah repeat until perintah ini dilakukan satu kali perulangan, baru kemudian Repeat <sequence > until condition
Kata dalam Pseudocode Perintah nested construct perintah ini merupakan perulangan bertingkat, dimana didalam perulangan terdapat perulangan lagi
Kata dalam Pseudocode Perintah invoking procedure procedure adalah kumpulan program yang diberi nama unik. Perintah ini berarti memanggil kumpulan program tersebut untuk mempersingkat dan mempermudah penggunaan kembali procedure di lain waktu. kata kunci -> CALL
Kata dalam Pseudocode Perintah exception handling Perintah ini bertujuan untuk menangani kesalahan yang terjadi pada program. kata kunci -> EXCEPTION
Kesimpulan Pseudocode bukan merupakan kode program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Tujuan flowchart dan pseudocode sama Flowchart dan Pseudocode memiliki simbol2 tertentu yang disepakati bersama.