Filsafat Manusia Dea Novitasari

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pardjono, Ph.D Program Pascasarjana UNY
Advertisements

P E N D A H U L U A N.
Ontologi Ilmu Pendidikan
Aliran Dalam Filsafat Oleh Heni Rita Susila,M.Pd
PENGETAHUAN, ILMU DAN FILSAFAT
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
PANCASILA 8 FILSAFAT, PANCASILA, DAN FILSAFAT PANCASILA
Utilitarianisme & Idealisme
“IDEALISME “ Disusun Oleh : Langgeng Widodo( ) Siyam Putri Arti ( ) Teguh Pangesti R ( ) Sri Ayu Pujiarti L (
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
FILSAFAT KOMUNIKASI Kuliah 1
Bahan Dasar ETIKA ADMINISTRASI NEGARA SMT. 6
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
? PLATO ( SM): Dalam bukunya The Republic, Plato melahirkan pemikiran awal ilmu ekonomi sejalan dengan pemikirannya tentang bentuk suatu masyarakat.
AJARAN FILSAFAT SCHOPENHAUER
F I L S A F A T Oleh: DEDY WIJAYA KUSUMA, ST., M.Pd.
Prinsip good will, konsep kewajiban, dan prinsip subjektif/maxim
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
MANUSIA & KEBUDAYAAN Psb Aris martiana, m.sI.
Modul11 filsafat komunikasi PARADIGMA DASAR ILMU
Bab 1. PENGETAHUAN DENGAN ILMU PENGETAHUAN TELAAH FILOSOFIS
Friedrich Wilhelm Nietzsche ( )
KONSEP & PENGERTIAN FILSAFAT SECARA UMUM
Aliran Kritis Generasi Pertama
ERICH FROMM »Rayi Gianariza »Siti Munawaroh
Arthur Schopenhauer Ajaran Kefilsafatan Sufi Quraeni
Filsafat Sosiologi Komunikasi
Manusia dan Kebudayaan
Disusun oleh : TJOA CAI IN ( )
Pemikiran Nietzche (kehendak buta)
Arthur Schopenhauer “Kehendak”.
DASAR Komunikasi merupakan bagian yang essensial buat pertumbuhan kepribadian manusia seperti disebutkan oleh Ashley Montagu dan Jhonson. Komunikasi.
Kebenaran dan Cara Memperoleh Kebenaran
Teori ERICH FROMM.
Pandangan Filsafat Sejarah Karl Marx
FILSAFAT MANUSIA THOMAS HOBBES.
NILAI ESTETIK.
FILSAFAT DAN ILMU PENGETAHUAN
FILSAFAT MANUSIA NUR MUFIDAH
PANCASILA IDEOLOGI TERBUKA
FILSAFAT MANUSIA KEHENDAK BUTA.
AJARAN FILSAFAT SCHOPENHAUER
BAB II KEBAIKAN, KEBAJIKAN DAN KEBAHAGIAAN
FILSAFAT DAN PARADIGMA ILMU
TEORI EKSISTENSIAL VIKTOR FRANKL
Filsafat Manusia Oktaviana –
TUGAS ONLINE 2 FILSAFAT MANUSIA
Friedrich Wilhelm Nietzsche
KEHENDAK BERKUASA FRIEDRICH WILHELM NITZSCE
Berfikir Filsafat Menyeluruh, artinya seorang ilmuwan mengenal ilmu tidak hanya dari sudut pandang ilmu itu sendiri, tetapi melihat hakekat ilmu dalam.
Apakah Filsafat Itu ? Etimologis: Filsafat = philosophia, philos + sophia (cinta kebijaksanaan/pengetahuan) Filsafat merupakan aktivitas yang mengusahakan.
Nietzsche SHELA
Pancasila sebagai sistem filsafat, perbandingan filsafat pancasila dengan sistem filsafat lainnya didunia.
FILSAFAT PENDIDIKAN.
Pengertian dan ruang lingkup filsafat
KELOMPOK I ALFINITA UTARI DESSY R.J LUMBANGAOL NORA FIKA SITUMORANG PENGERTIAN FILSAFAT DAN FILSAFAT PENDIDIKAN.
FILSAFAT MATEMATIKA.
FILSAFAT PENDIDIKAN EKSISTENSIALISME
KOMUNISME.
Kelompok 9 : Miftahul Jannah Siti Rechal Muhammad Khairunnas
FILSAFAT DAN MATEMATIKA
Filsafat Sains Pertemuan ke-2.
PSIKOLOGI KEPRIBADIAN 1
PENGENALAN FILSAFAT A. Arti Filsafat a. Dari segi etimologi FALSAFAH
PENGANTAR FILSAFAT Oleh: AHMAD TAUFIQ MA. Belajar Filsafat 1. Dari Sejarah Perkembangan Pemikiran: Yunani Kuno – Filsafat Timur Abad Pertengahan Filsafat.
Assalamu’alaikum Wr.Wb
FILSAFAT MANUSIA PENGANTAR.
RIWAYAT HIDUP PLATO NAMA : HANDOKO PRODI : IPA SEMESTER :1.
Bahan Dasar ETIKA ADMINISTRASI NEGARA SMT. 6
Transcript presentasi:

Filsafat Manusia Dea Novitasari 201371130 ArthuT SchopenhaueR “Kehendak Manusia” Filsafat Manusia Dea Novitasari 201371130

Biografi Pendidikan : Lahir : Danzig (sekarang Gdansk) Universitas Gottingen 1809 Lahir : Danzig (sekarang Gdansk) 22 Febuari 1788 Di masa perkuliahaannya Arthut belajar tentang metafisika dan psikologi dibawah bimbingan Gottolb Ernst Schulze, penulis buku Aenesidemus , yang meganjurkan agar berkonsentrasi pada Plato dan Immanuel Kant. Pada tahun 1811-1812, Arthut mengikuti kuliah dari Johann Gottlieb Fichte, seorang filsuf post-Kant terkemukan dan dari seorang teolog Friedrich Schleiermacher. Arthut adalah keturunan seorang bangsawan, ayahnya Heinrich Floris Schopenhauer seorang pedagang dan ibunya Johanna Schopenhauer adalah seorang penulis. Pada tahun 1814, Arthut memulai pekerjaannya sebagai penulis dengan judul bukunya “The World as Will and Representation” (Dunia sebagai Kehendak dan Gagasan)

Sudut Pandang Arthut S Filsafat Arthut termasuk kedalam IDEALISME JERMAN : Pendapat ini dibuktikan melalui perbandingan antara filosofis dengan pandangan IDEALISME JERMAN. Kedunya mengajarkan realitas bersifat subjektif, artinya keseluruhan kenyataan merupakan konstruksi kesadaran subjek. Dialah yang pertama kali membuka mata terhadap bagian dalam yang gelap dari manusia, yang ada dibawah kesadaran. Bagi Arthut, dasar dunia ini TRANSCENDENTAL dan bersifat IRASIONAL, yaitu kehendak yang buta. Kehendak ini buta, sebab desakannya untuk terus menerus dipuaskan tidak bisa dikendalikan dan tidak akan pernah terpenuhi. Namum keinginan yang tak sampai berarti penderitaan. Menurut Arthut kehendak TRANSCENDENTAL itu mewujudkan diri dalam miliaran EKSISTENSI kehidupan, maka hidup itu sendiri merupaka penderitaan. Jalan keluar yang diusulkan Arthut : Bahwa hidup ini penderitaan, maka pembebasan dari penderitaan tersebut tentunya akan tercapai melalui penolakan kehendak untuk hidup. Konkretnya adalah lewat kematian dan bela rasa. Anggapan Arthut ini menekankan pada dua hal bahwa kesadaran manusia lebih kuat dibandingkan nafsu dan keinginannya.

Kehendak Manusia Di dalam pemikiran Arthut, kehendak tidak hanya menjadi daya pendorong di dalam manusia. Kehendak juga menjadi daya pendorong di dalam seluruh dunia, yaitu sebagai kehendak-dunia. Kehendak-dunia juga berkembang dari yang tak sadar ke yang sadar, sedang tiap tahap dalam perkembangan ini memiliki pengalamannya sendiri-sendiri. Semula keluarlah dari kehendak-dunia yang tak sadar itu alam yang tidak organis, kemudian alam tumbuh-tumbuhan dan alam binatang. Dalam tahap alam manusia, kehendak-dunia telah sampai kepada kesadaran diri. Demikianlah kehendak menampakkan diri sebagai asas dunia. Berdasarkan hal itu, maka segala gejala atau penampakkan yang mengelilingi manusia dalam ruang dan waktu harus dipandang sebagai penjelmaan kehendak. Kekuatan yang menggerakkan planet-planet, yang menjadikan benda-benda dapat mengadakan hubungan kimiawi, dan lain sebagainya, semuanya itu adalah kehendak-dunia, yang terjadi tanpa disadari. Di dalam bidang kehidupan, nafsu pembiakanlah yang menjadi penjelmaan yang paling kuat dari kehendak-dunia. Nafsu ini bahkan menglahkan maut. Maka sebenarnya pusat kehendak berada di dalam genitalia, yaitu tempat nafsu seksual. Apa sebab dua orang yang berbeda jenisnya begitu tertarik dari seorang kepada yang lain? Tidak lain karena kehendak untuk hidup yang terjelma dalam cinta seksual itu dan orang perorangan menjadi alat bagi jenisnya. 

Kesimpulan “THE WOLD IS MY IDEA“ Arthut Schopenhauer Batin manusia menjadi dasar dari kehendak itu sendiri dimana adanya pemikiran bahwa manusia tetap eksis karena adanya kehendak untuk hidup (will of life). Kehendak juga dapat menjelma dalam ruang dn waktu. Mendorong manusia untuk melakukan sesuatu dengan kesadaran maupun tanpa kesadaran. Kehendak memiliki dampak yang luar biasa, bertahan hidup, merasakan cinta, bekerja untuk karir, dan berinovasi (ide). “THE WOLD IS MY IDEA“ Arthut Schopenhauer

Terima kasih...