Pointer dan Reference As’ad Djamalilleil

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
STRUKTUR DATA Struct Atau Record.
Advertisements

POINTER.
PERTEMUAN IV POINTER Pointer adalah suatu variabel penunjuk yang menunjuk pada suatu alamat memori komputer Pointer merupakan.
PERTEMUAN VIII POINTER
Teknik Pemrograman Terstruktur 2
STRUKTUR Konsep Pemrograman.
Pointer Konsep Pemrograman.
Pointer.
Pustaka Fungsi As’ad Djamalilleil
Akses File As’ad Djamalilleil
Macam Statement As’ad Djamalilleil
PEMROGRAMAN SISTEM POINTER Pertemuan X. ALAMAT & POINTER Pointer sesungguhnya berisi alamat memory yang menyimpan data. Pointer sesungguhnya berisi alamat.
Selection (pemilihan) As’ad Djamalilleil
Ekspresi As’ad Djamalilleil
Iteration Statements (statement iterasi/pengulangan) As’ad Djamalilleil
Struktur Sugeng Supriyadi, M.Kom.
Looping (perulangan) As’ad Djamalilleil
Functions/Fungsi As’ad Djamalilleil
POINTER
Perintah Input/Output
Pointer Variabel pointer sering disebut sebagai variabel yang menunjuk obyek lain, karena variabel pointer atau pointer adalah variabel yang berisi alamat.
Elemen Dasar Java As’ad Djamalilleil
Algoritma & Struktur Data Pointer Evangs Mailoa.
Review Materi Java Fundamental As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
Uniform-Cost Search (UCS)
As’ad Djamalilleil Variabel & Konstanta As’ad Djamalilleil
Pemrograman Dasar Pointers.
Pointer Dr. Lily Wulandari.
POINTER (VAR.PENUNJUK)
P O I N T E R. Merupakan sebuah variabel yang berisi alamat dari variabel lain. Suatu pointer dimaksudkan untu menunjukan ke suatu alamat memori sehingga.
Bab 8 Pointer Riyanto Sigit Konsep Dasar Pointer  Variabel pointer sering dikatakan sebagai variabel yang menunjuk ke obyek lain  Variabel.
Pointer Pointer.
Scope Variable *dalam fungsi Tenia Wahyuningrum, S.Kom., MT
Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sub Pokok Bahasan Pointer. Reference. Function Passing Parameter by Value, by Reference, by Pointer.
Pointer.
POINTER.
Teknik Pemrog. Terstruktur 2
Tenia Wahyuningrum pointers Tenia Wahyuningrum
Tenia Wahyuningrum, S.Kom., MT
Pertemuan ke 3 Algoritma dan struktur data
Pertemuan 14 Dasar Pemrograman
Pemrograman Terstruktur
POINTER
KELOMPOK 9 ROBBY SETIAWAN AKBAR BAI ALIM WASSAHUA
Pointer, Array dan String
Pointer Variabel pointer sering disebut sebagai variabel yang menunjuk obyek lain, karena variabel pointer atau pointer adalah variabel yang berisi alamat.
POINTER (VAR.PENUNJUK)
Pointer Pertemuan 10 Bahasa C.
Pointer FARID WAJDI YUSUF.
Pointer Oleh : Sri Supatmi,S.Kom.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN II
As’ad Djamalilleil Array (Larik) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Structure (Record) As’ad Djamalilleil
Tenia Wahyuningrum pointers Tenia Wahyuningrum
Variabel, Konstanta, Tipe Data
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma dan Struktur Data
As’ad Djamalilleil Pointer dan Reference As’ad Djamalilleil
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma dan Struktur Data
Pointer Oleh : Sri Supatmi,S.Kom.
Array.
VARIABEL, TIPE DATA, OPERATOR
Oleh : Imam Gunawan, M. Kom
POINTER (VAR.PENUNJUK)
POINTER
STRUKTUR DATA Pertemuan I
Pointer.
Transcript presentasi:

Pointer dan Reference As’ad Djamalilleil

Pointer Pointer adalah variabel yang dapat menyimpan alamat memory dari variabel lain. Pointer biasanya digunakan untuk pembuatan program yang membutuhkan memory yang besar, sehingga penanganan memory harus bersifat dinamis. Lebih jelasnya, silahkan pelajari materi struktur data.

Deklarasi Pointer tipeData *namaPointer; Deklarasi pointer mirip dengan deklarasi variabel biasa, tetapi ditambahkan tanda asterix (*) di depan nama variabel. Selanjutnya variabel tersebut akan dianggap sebagai pointer. Tipe data pointer disesuaikan dengan tipe dari variabel yang akan disimpan alamat memory-nya. Contoh: int *tunjuk; char *pHuruf; float *lain;

Nilai Pointer Pointer dapat menyimpan alamat memory dari variabel lain, sehingga nilainya merupakan alamat memory dari variabel lain. Caranya yaitu dengan menyisipkan tanda ampersand (&) di depan nama variabel yang akan diberikan alamatnya kepada pointer. Setelah diberi nilai, pointer seolah-olah “menunjuk” ke variabel lain di memory, sehingga kita bisa memanipulasi nilai variabel tersebut lewat pointer.

Contoh: int nilai = 5;  inisialisasi variabel “nilai” int *tunjuk;  deklarasi pointer “tunjuk” tunjuk = &nilai;  pointer menunjuk ke variabel “nilai” *tunjuk = 7;  isi variabel “nilai” diubah lewat pointer cout << *tunjuk; cout << nilai; cout << &tunjuk; cout << &nilai; kedua statement ini akan memberikan hasil yang sama, yang menunjukkan bahwa isi variabel “nilai” dapat diubah lewat pointer “tunjuk”. kedua statement ini akan memberikan hasil yang berbeda, yang berarti bahwa kedua variabel ini berada pada lokasi memory yang berbeda. nilai*tunjuk 70xFF82 0xFF86

Reference Reference adalah variabel yang memiliki alamat memory yang sama dengan variabel lain. Reference biasa digunakan dalam penggunaan fungsi dengan teknik passing-by-reference.

Inisialisasi Reference tipeData &namaRef = namaVariabel; Sebuah reference harus langsung diinisialisasi. Di depan nama reference ditambahkan tanda ampersand (&). Tipe data reference disesuaikan dengan tipe dari variabel yang akan diberikan sebagai nilainya pada saat inisialisasi. Contoh: int pakai; int &bagi = pakai;

Nilai Reference Reference seperti halnya variabel biasa, dapat menyimpan nilai sesuai dengan tipe datanya. Setelah diinisialisasi, reference memiliki nilai dan alamat memory yang sama dengan variabel yang diberikan namanya ke reference pada saat inisialisasi. Hasilnya adalah, perubahan nilai di salah satu variabel (reference ataukah variabel biasa) akan berpengaruh pada keduanya.

Contoh: int pakai;  inisialisasi variabel “pakai” int &bagi = pakai;  inisialisasi reference “bagi” pakai = 7;  merubah nilai lewat variabel “pakai” cout << bagi; cout << pakai; bagi = 5;  merubah nilai lewat reference “bagi” cout << bagi; cout << pakai; cout << &bagi; cout << &pakai; kedua statement ini akan memberikan hasil yang sama kedua statement ini akan memberikan hasil yang sama, yang menunjukkan bahwa keduanya memiliki alamat memory yang sama

pakai&bagi 55 0xFF84 alamat memory dari variabel “pakai” maupun reference “bagi” keduanya sama, sehingga hasil perubahan nilai lewat satu identifier akan dapat langsung terlihat lewat identifier lain.