Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Advertisements

Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng
IX INTERAKSI IX / 1 PIRANTI Interaksi Manusia & Komputer
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KOMPUTER HARDWARE.
PEMAHAMAN ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER
I N T E R A K S Pengoperasian Mouse.
Kurniawan Teguh Martono, MT Kuliah 4 : Interaksi Manusia dan Komputer.
Pertemuan 7 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST.,M.Eng
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
IMK-M3. Kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik.
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Profil Komputer.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Piranti Interaktif INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
PERTEMUAN 6 PIRANTI INTERAKSI.
Piranti Interaktif.
Interaksi Manusia dan Komputer
Piranti Interaktif.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Mouse optis Kelompok XXIV.
H A R D W A R E K O M P U T E R.
Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan.
Peralatan sistem komputer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
H A R D W A R E K O M P U T E R.
FAKTOR KOMPUTER TERHADAP INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
PEMAHAMAN ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER
Pert 8 PIRANTI INTERAKTIF.
Memilih Perangkat Interaksi Yang Tepat Next About Us
Peranti interaktif Pertemuan 5.
PIRANTI INTERAKSI.
Piranti Interaktif.
Peranti interaktif Pertemuan 5.
SI122 Interaksi Manusia dan Komputer
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3 & 4.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
PERALATAN INPUT (Input Device)
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Interaksi Manusia dan Komputer
Kinds Of Input/Interaction Devices
Interaksi Manusia-Komputer
Rani Susanto, M.Kom Teknik Informatika – UNIKOM 2017
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
Peralatan Input (Input Device)
Piranti Interaktif.
Pengantar Teknologi Informasi (Peralatan Output)
Pertemuan 10 (Lanjutan) F. Menaikkan Kapasitas Penyimpanan Data
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Piranti Masukan Piranti masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Data masukan.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Interaksi Manusia & Komputer Minggu 4, 5 April 2010
INPUT DEVICE.
TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1.
Pengertian Komputer, Sejarah Komputer & Alat Input 3.2 Menerapkan perakitan komputer 4.2 Merakit Komputer.
CARA KERJA KOMPUTER Tujuan : -Mahasiswa mampu menjelaskan proses suatu data diolah pada komputer -Mahasiswa mampu menyebutkan dan mengetahui fungsi dari.
COMPUTER (Piranti Interaktif)
Piranti Interaktif.
COMPUTER (Piranti Interaktif)
ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
Transcript presentasi:

Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF

Peranti Masukan Tekstual Peranti Masukan Tekstual (Papan ketik / keyboard) Tombol pada papan ketik (keyboard) dikelompokkan menjadi 4 bagian : a. Tombol Fungsi (function key) b. Tombol Alphanumerik (alphanumeric key) c. Tombol Kontrol (control key) d. Tombol Numerik (numeric key)

Peranti Masukan Tekstual (Lanjutan) Jenis-jenis tata letak papan ketik (keyboard) yaitu : Tata Letak QWERTY

Peranti Masukan Tekstual (Lanjutan) b. Tata Letak Dvorak

Peranti Masukan Tekstual (Lanjutan) c. Tata Letak Alphabetik

Peranti Masukan Tekstual (Lanjutan) d. Tata Letak Klockenberg Dikembangkan dengan menimbang aspek ergonomik pengguna Tata letak ini, selain mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan juga dirancang untuk mengurangi beban otot pada tangan dan bahu

Peranti Masukan Tekstual (Lanjutan) e. Papan Ketik untuk penyingkatan kata Dibagi menjadi 2 yaitu : - Tata letak Palantype

Peranti Masukan Tekstual (Lanjutan) - Tata letak Stenotype

Peranti Masukan Tekstual (Lanjutan) f. Papan Tombol Numerik

Peranti Penuding dan Pengambil Peranti Penuding dan Pengambil (Pointing and picking device) “ Peranti interaktif yang digunakan untuk menunjuk/menuding atau menempatkan kursor pada suatu posisi dilayar tampilan dan untuk mengambil suatu item informasi untuk dipindahkan ketempat lain “.

Peranti Penuding dan Pengambil Mouse - Mouse Mekanis Bola yang terdapat di mouse akan menggerakan beberapa sensor ketika mouse digerakan

Peranti Penuding dan Pengambil (Lanjutan) - Mouse Optic Terdiri dari 2 LED (Light Emitting Diode) dan 2 lensa (photo-transistor) untuk medeteksi gerakan. Salah satu LED akan mengeluarkan cahaya berwarna merah dan LED yang lain mengeluarkan cahaya inframerah

Peranti Penuding dan Pengambil (Lanjutan) b. Joystick Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas atau dengan tekanan pada tuas Joystick elements: 1. Stick 2. Base 3. Trigger 4. Extra buttons 5. Autofire switch 6. Throttle 7. Hat Switch (POV Hat) 8. Suction Cup

Peranti Penuding dan Pengambil (Lanjutan) c. Trackball Prinsip kerjanya sama dengan mouse, tapi berbeda dalam cara penggunaanya

Peranti Penuding dan Pengambil (Lanjutan) d. Pointing Stick Prinsip kerjanya sama dengan mouse dan cara penggunaannya sama dengan trackball

Peranti Penuding dan Pengambil (Lanjutan) e. Touch Pad

Peranti Penuding dan Pengambil (Lanjutan) f. Touch Screen

Peranti Penuding dan Pengambil (Lanjutan) h. Light Pen Prinsip kerjanya adalah memantau selisih antara waktu saat elektron mulai melakukan gerakan dan pada saat lokasi tempat pena menyala

Layar Tampilan Layar Tampilan terdiri dari : a. Pengingat digital (frame buffer) Citra yang akan ditampilkan ke layar disimpan sebagai matrix nilai elemennya menunjukkan intensitas dari citra grafis yang akan ditampilkan b. Pengendali tampilan (display controller) Berfungsi untuk melewatkan isi pengingat digital dan mengolahnya untuk di tampilkan kelayar

Layar Tampilan (Lanjutan…) Gambar monitor

Layar Tampilan (Lanjutan…) Pada pengingat digital (frame buffer), citra grafis ditampilkan sebagai pola bit Dengan mengolah pola bit menjadi pixel. Untuk gambar hitam-putih, warna hitam menggunakan bit 1 dan warna putih menggunakan bit 0

Pengolahan Tampilan Pengolah Tampilan (display processor) Bagian yang mengubah pola bit dari pengingat digital menjadi tegangan analog, yang selanjutnya akan membangkitkan elektron yang digunakan untuk menembak fosfor pada layar tampilan.

Pengolahan Tampilan (Lanjutan…) Jenis adapter atau pengolah tampilan yang digunakan pada komputer adalah : - MDA (Momochrome Display Adapter) - CGA (Color Graphics Adapter) - VGA (Video Graphics Array) - SVGA (Super Video Graphics Array).

Tipe Layar Tampilan Tipe Layar Tampilan Beberapa jenis tipe layar tampilan : a. Direct-drive Monochrome Monitor b. Composite Monochrome Monitor c. Composite Color Monitor d. Red-Green-Blue Monitor e. Variable Frequency