PUJIANIK, 2102405062 Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DEVI DWI ASTITI, Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata.
Advertisements

SUWARSIH, Kriminalitas dalam Novel Kembang Kantil Karya Senggono.
UKI HARES YULIANTI, ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS BUKU TEKS BSE BAHASA INDONESIA UNTUK SMP KELAS VII KARYA RATNA SUSANTI, ATIKAH ANINDYARINI-SRI.
DIDIK AGUNAWAN, Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Teknik Skimming dan Scanning pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Rembang Tahun.
KRISTIANA EVA YULIANI, Tokoh Arjuna Sebagai Titik Temu Antara Wayang Gombal dan Carita Baratayuda.
WIYONO, Pertunjukan Tayub dalam Tradisi Saparan di Desa Tegalrejo Kota Salatiga.
HERI ROHMADANI, Heroisme Dalam Serat Menak Dewi Soja.
GALIH WICAKSONO, Tindak Tutur Ekspresif pada Rubrik Gambang Suling di Majalah Jaya Baya.
SITI ROKHANA, Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke.
SUWASTI RATRI ENI LESTARI, Semiotik Syair Lagu Karya Sujiwo Tejo Album Pada Suatu Ketika.
ZULNITA MUSFIANI, Intertekstual Wayang Gombal dalam Majalah Jaya Baya.
BEKTI LIYA SARI, NOVEL 5 CM KARYA DONNY DHIRAGANTORO SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA.
WAHYU HANDAYANI, Serat Warawurcita dalam Kajian Struktural.
DHENY PURWINARTI, Citra Perempuan Jawa dalam Novel Sanja Sangu Trebela Karya Peni.
LAILY HAYUNING TYAS, Analisis Kelayakan Penyajian Materi Kompetensi Berbicara Pada Buku Teks Basaku Basamu Basa Jawa dan Marsudi Basa lan Sastra.
MUHAMMAD HERU WIBAWA, WATAK DAN PERILAKU TOKOH UTAMA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA.
ANDIKA RAKA DIANJAYA, Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant.
NOR HIDAYAH, CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA.
ROMADHASARI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 3 REMBANG DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR MELALUI.
TRIMIATI, Puitika Widodo Basuki Dalam Kumpulan Geguritan Layang Saka Paran.
YENNY NOOR AFIFA, KONFLIK BUDAYA TOKOH LELAKI DALAM NOVEL TIBA-TIBA MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
DEWI INDAH LESTARI, Struktur Dramatik Lakon Wayang Karna Tandhing Oleh Ki Enthus Susmono.
TAWAR INDARWANTO, Tinjauan Tema, Amanat, Fungsi Ekspresif Referensial dan Puitik dalam Kumpulan Puisi Le feu de joie Karya Louis Aragon.
DWI TARYANTO, Genetika Gurit Banyumasan Nonton Ronggeng Karya Warto Tirta.
SHOFIYATUN, KONFLIK PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR KARYA MUHIDIN M. DAHLAN.
TRI WAHYUNI, Syeh Siti Jenar Dalam Kacamata Pembaca
FITRIA KUSUMA ASTUTI, Hegemoni Bendoro Jawa terhadap Perempuan dalam Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer.
CHARISAH MILATILLAH, Watak Tokoh-tokoh dalam Kumpulan Crita Cekak Ajur Karya Akhir Lusono.
AWAN KURNIAWAN, ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL BILA MALAM BERTAMBAH MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
NOVIA FITRIANI, Kepahlawan Dalam Serat Pedhalangan Arjuna Wiwaha.
ENIK MURDIESTI, PENYIMPANGAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KUMPULAN CERPEN CERITA PENDEK TENTANG CERITA CINTA PENDEK KARYA DJENAR MAESA.
FRANSISCUS XAVERIUS HARDANTO, Penokohan dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya N.H. Dini dan Kemungkinannya sebagai Bahn Ajar di SMA/ MA.
DIDIK KUSUMA SAPUTRA, Fakta Cerita dan Tema Novel Purasani Karya Yasawidagda.
ANANG FEBRI PRIAMBADA, Bentuk dan Makna Leksikon Pembentuk Rumah Adat Kudus.
SUDIHARTI, Nilai Religius dalam Kumpulan Cerpen Derai-Derai Kamboja Karya Kusmawanti sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
HENI PURWATI, Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono.
YUDI ROSNADIPRANATA, PENGARUH TRADISI SERABINAN TERHADAP PEREKONOMIAN PEDAGANG SERABI DI KELURAHAN NGAMPIN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG.
SULIYATI, Ajaran Serat Nitiprana Dalam Kajian Struktural Semiotik Todorov.
ASTRI YULIASTUTI, Analisis Makna Verba UKERU dalam Kalimat Bahasa Jepang.
YAYUK BUDI LESTARI, Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Jawa Siswa Introvert dan Ekstrovert dengan Pemberian Perlakuan Model Kreatif Produktif dan.
AULIA AHMAD RITAUDDINZ, SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA.
SANDRA PUSPITA, HUBUNGAN ANTARA SARANA DAN PRASARANA MENJAHIT DENGAN EFISIENSI MENJAHIT PADA MATA PELAJARAN MENJAHIT II SISWA KELAS XI SMK NEGERI.
PUJI MARYATI, Ekspresi Esmiet dalam Sembilan Crita Cekak di Majalah Panjebar Semangat.
MOH NUR AKHLIS, Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Ungkap Perasaan pada Siswa Kelas VII MTs Al Burhan Semarang Tahun Pelajaran.
JUNIYA IP ANY, Pemanfaatan Sumber-Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal.
WIWIT UJI SHARASWATI, Struktur Cerita Novel Kembang saka Persi Karya Soebagijo I.N.
NAUFAL ALIN, Perempuan Dalam Novel Dawet Aju Karya Widi Widajat.
ENGGAR DHIAN PRATAMANTI, PENGARUH BAHAN BACAAN TERHADAP GAYA PENULISAN PUISI PADA REMAJA KELAS XI BAHASA SMA N 1 SUKOREJO.
BAGUS PRASETYO ADILUHUNG, Sirwenda Danurwenda Dalam Kajian Strukturalisme Greimas.
DEWI MAFTUCHAH, Alur Novel Emprit Ambuntut Bedhug Karya Suparto Brata.
DIAN MUSTIKASARI, Serat Dharma Sasana Dalam Kajian Semiotik.
DEDDY DWI WIJAYA, Struktur Cerita Misteri Alaming Lelembut pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2010.
ENDANG MURDININGSIH, NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID.
ODA SHYANTICA HANINGTYAS, DEIKSIS DALAMROMANVENDREDI OU LAVIE SAUVAGE KARYA MICHEL TOURNIER.
DINA NURMALISA, Citra Wanita dalam Novel Jala Karya Titis Basino
EKO GUNAWAN, Penggunaan Kohesi dan Koherensi Antarkalimat Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sapuran Kabupaten Wonosobo.
ARMI APRILIANINGSIH, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerkak Siswa Kelas IX D SMP 3 Welahan Kabupaten Jepara dengan Pendekatan Keterampilan.
KRISTINA TITIS PUJI WHIRANTI, Perbedaan Penggunaan Partikel WA dan GA dalam Buku Cerita Monstaa Hoteru de Natsuyasumi.
AMNAH FALESTINA, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti- Imajinasi Media Lagu Siswa Kelas X MA Salafiyah Karang Tengah.
YUNITA ENDARWATI, Struktur Crita Cekak (Cerkak) Majalah ''Jaya Baya'' pada Tahun 90-an.
INDAH FITRIYA DWI SETYANINGSIH, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN TEKNIK EVALUASI LANGSUNG SISWA KELAS V.
RESISTIA FRISKA CHRISTIANI, PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP RUBRIK KOK RENA-RENA PADA MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT.
DIAN WARSITANINGRUM, Pembelajaran Menggambar di TK
NOVIA DWI TRANWATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA.
ASTERIA MURBANDARI, Novel Luruh Kuncup sebelum Berbunga Karya Mira W dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
Identitas Mahasiswa - NAMA : IMA WULANDHARI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra.
DENGAN METODE PAKEM PADA SISWA SD SUWADUK 01 TAHUN AJARAN 2006/2007
Identitas Mahasiswa - NAMA : PRIHESTI SETIA WULANDARI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa.
RENI IRWANTI SEPTIYANI, Peningkatan Kemampuan Menulis Cerkak dengan Metode Curah Gagasan pada Siswa Kelas IX E SMP 19 Purworejo.
Transcript presentasi:

PUJIANIK, Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika

Identitas Mahasiswa - NAMA : PUJIANIK - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - sakura_florida pada domain yahoo.ci.id - PEMBIMBING 1 : Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum - PEMBIMBING 2 : Sucipto Hadi Purnomo, S.Pd., M.Pd - TGL UJIAN :

Judul Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika

Abstrak Novel panglipur wuyung yaitu cerita yang mempunyai sifat menghibur hati yang sedang dirundung lara. Dalam menggambarkan peristiwa-peristiwa kehidupan pelakunya penulis menggunakan bahasa yang menyentuh perasaan pembaca, sehingga lebih terbuka kepada siapa saja untuk mengungkapkan isi ceritanya. Stilistika membantu dalam menafsirkan karya sastra juga membantu pengarang dalam mengungkapkan bahasa sebagai pengungkap makna. Adanya unsur stilistika menyebabkan para pengarang selalu berusaha untuk menciptakan gaya yang sesuai dengan dirinya, baik yang berkaitan dengan unsur bahasa maupun bentuk pengungkapannya. Gaya bahasa yang digunakan pengarang selain untuk menbantu pembaca dalam memahami isi dan pesan-pesan dalam karyanya juga dapat dipakai pengarang untuk meningkatkan kualitas karya sastra tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apa sajakah jenis gaya bahasa(bahasa kiasan) yang terdapat dalam novel panglipur wuyung Asmara ing Bandjir Lusi karya JA. Setia dan (2) fungsi gaya bahasa yang terdapat dalam novel panglipur wuyung Asmara ing Bandjir Lusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan objektif kajian stilistika. Sumber data penelitian ini adalah novel panglipur wuyung Asmara ing Bandjir Lusi karya JA. Setia. Sarana penelitian data-data tersebut diperoleh dari macam-macam gaya bahasa yang terdapat dalam cerita tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam novel panglipur wuyung Asmara ing Bandjir Lusi mengunakan (1) gaya bahasa (bahasa kiasan) yang paling dominan ditemukan pada majas simile. Contoh bahasa kiasannya yaitu: tumama ing atiku, kumplesesing gegodhongan sajak kadi njendal-njendal batin, tinarik ing daya gaib, temah kadi magnit aku kesedot ing pandulu, ora ngambah lemah, kadi digrenda langumandul tanpa tjantelan. (2) Fungsi gaya bahasa yaitu: memperoleh efek estetis atau memperindah pengungkapan, sebagai konkritisasi, membuat hidup gambaran, membangkitkan keingin tahuan pembaca, memadatkan arti, dan penegasan ide atau gagasan. Saran dalam penelitian novel panglipur wuyung Asmara ing Bandjir Lusi karya JA. Setia ini dalam kajian stilistika bisa dijadikan pedoman, baik di lingkungan masyarakat, lingkungan sekitar maupun penikmat sastra. Penelitian gaya bahasa (bahasa kiasan) dapat dibuat sebagai bahan pertimbangan untuk digunakan sebagai alat pemilihan kurikulum pembelajaran bahasa dan sastra Jawa.

Kata Kunci Stilistika, gaya bahasa (bahasa kiasan) dan fungsi gaya bahasa.

Referensi Aminuddin Stilistika (Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra). Semarang: IKIP Semarang Press Stilistika (Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra). Semarang: IKIP Semarang Press. Baribin, Raminah Teori dan Apresiasi Prosa Fiksi. Semarang: IKIP Semarang Press. Endaswara, Suwardi Metodelogi Penelitian Sastra. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta. JA. Setia Asmara ing Bandjir Lusi. Sala: Burung Wali. J.J. Ras Bunga Rampai Sastra Jawa Mutakhir. Jakarta: PT. Grafiti Press. Keraf, Gorys Linguistik Bandingan Tipologis. Jakarta: Gramedia Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gramedia Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gramedia. Poerwadarminta Bausastra Jawa. Batavia. JB. Wolters Groningen. Pradopo, Rachmat Djoko Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Beberapa Teori Sastra (Metode Kritik dan Penerapannya). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Semi, Atar Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa. Suhariyanto Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta. Suliyanto Bebakalan Sinau Basa Jawa. Sukoharjo: CV. Cendrawasih. Tarigan, Henry Guntur Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa Pengajaran Kedwibahasaan. Bandung: Angkasa. Teeuw Sastra dan Ilmu Sastra (Pengantar Ilmu Sastra). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Wellek, Rene dan Austin Werren Teori Kasusastran. Jakarta Gramedia.

Terima Kasih