(Guru Besar Fakultas Teknologi Industri – UAJY)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Company LOGO Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi.
Advertisements

OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI
Konsep e-Learning Oleh Dwi Susanto 1 1.
E-Learning. 2 E-learning • Definisi : – setiap kegiatan menggunakan aplikasi berteknologi Web dengan tujuan mendidik masyarakat – misalnya mengajar siswa,
PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI Overview Week 1
KU1071 Pengenalan Teknologi Informasi - A
Pemetaan e-Materi Team e-Materi Ditbelmawa Ditjen Dikti.
Sistem e-learning Perencanaan, Perancangan, dan Pengelolaan
Pengantar Teknologi Komputer & Informatika
Pengantar Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Teknologi Informasi dalam PBL untuk Bidang Keteknikan
Kegunaan Web Bagi Pendidikan
Metode Pembelajaran E-Learning
PROXY LIBRARY Rhiza S. Sadjad
ICT Muhammadiyah Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sekolah Muhammadiyah Jaringan Pengembangan Sekolah Muhammadiyah Provinsi DIY.
Wahid UNMUH Jember. 15 Nopember 2006 Workshop Dokumentasi dan Standarisasi Materi E-Learning Memunculkan Paradigma e-education, e-campus, e-learning,
Komputer untuk Pendidikan
DIKLAT TEMATIK Pengenalan E Learning ICT TERAPAN PPPPTK PKn IPS
SISTEM INFORMASI AKADEMIK PERGURUAN TINGGI
Pengayaan Kuliah Bank Soal. 3/29/20152 Bank Soal Kita tahu bahwa mahasiswa sejak dahulu menyukai soal-jawab dibandingkan belajar teori. Bagaimana kalau.
PENINGKATAN MUTU & DAYA SAING PT I & K 1. 2 Misi Perguruan Tinggi (PP No 60 tahun 1999 Pasal 2) Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang.
Komponen E-Learning Musdalifah Dj PTIK-A.
SOSIALISASI e-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI
MATERI PELATIHAN E-LEARNING
Simulasi Digital Kelas Maya.
EVALUASI APLIKASI AUTOMASI PERPUSTAKAAN
Usulan Sistem Pelatihan Jarak Jauh
E-Learning by : AIRA 2009.
Distance Learning.
E-Learning SMKN 2 Kediri
Pengembangan Sistem e-Library
Metode Pembelajaran E-Learning
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Pengantar Teknologi Komputer & Informatika
Learning Management System (LMS)
KOMPUTER DI DUNIA PENDIDIKAN
KOMPUTER DI DUNIA PENDIDIKAN

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
Internet Sebagai Media Pembelajaran
SISTEM KOMPUTER UNIVERSITAS GUNADARMA
Multimedia Authoring For Health Information
PENERAPAN CLOUD COMPUTING PADA PT NET SOLUTION
COMPUTER MEDIATED LEARNING UNIVERSITAS INDONESIA
Pengertian Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, Untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi.
1.
Komponen E-Learning
Memilih dan merancang media dalam LMS
Penerapan TIK Dalam PBM
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
– Fitri Febriani – Delia Annisa Putri
Blended Learning Versus E-Learning
KOMPUTER DI DUNIA PENDIDIKAN
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Pengantar Aplikasi Komputer
JANIS – JENIS PEMBELAJARAN BERBASIS IT
RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN PERBASIS TIK
PENGALAMAN PEMANFAATAN E-LEARNING DI POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
DISTRIBUSI MULTIMEDIA
Memilih dan merancang media dalam LMS
IT JOBS IT JOBS IT JOBS IT JOBS.
II. KELAS MAYA Kegiatan Belajar 5: Memahami Kelas Maya – Perangkat Lunak Pendukung Kelas Maya.
Tujuan : Memahami apa yang dimaksud dengan sistem operasi beserta cara kerjanya. Mengenal berbagai macam jenis sistem Operasi dari luar maupun dari Dalam.
Mengadministrasi server dalam jaringan adalah suatu bentuk pekerjaan yang dilakukan oleh administrator jaringan. Tugasnya: Membuat server Mengelola jaringan.
PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING God Bless & & SIMULA SI KOMUNIKAS I DIGITAL Pembelajaran dengan memanfaatkan kelas maya (cyber class) merupakan.
SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET
Ingrid S Surono Program Studi Teknologi Pangan
Pengantar Teknologi Komputer & Informatika
KULIAH DARING - SPADA INDONESIA
Kelompok 5 Hasri Novidawati Purba Kristin Nanda Sitorus Marisa Monika Artauli Nainggolan.
Transcript presentasi:

(Guru Besar Fakultas Teknologi Industri – UAJY) Diklat Media Pembelajaran (e-Learning) dalam Rangka Peningkatan Profesionalisme Dosen Universitas Merdeka Madiun Prof. Ir. Suyoto, M.Sc., Ph.D (Guru Besar Fakultas Teknologi Industri – UAJY)

Kerangka Kerja E-Learning Teknologi dan Infrastruktur e-Learning Agenda Pengantar Apakah e-learning itu? Evolusi Teknologi Pendidikan Model PBM Pendekatan Tradisional dan e-Learning Kerangka Kerja E-Learning Teknologi dan Infrastruktur e-Learning Peralatan dan Teknologi e-Learning

Agenda Standar e-Learning Kelas Maya Keuntungan e-Learning NeXT 1.0: Sistem e-Learning dunia Contoh Aplikasi e-Learning Moodle Latihan

Pengantar Pendidikan Vs Sehari-hari Analog ke Digital Terbatas Bergerak Terisolasi Terhubung Umum Individual Mengkonsumsi Menciptakan Tertutup Terbuka

Apakah e-learning itu? Penggunaan teknologi internet untuk memberikan solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kinerja (Rosenberg, 2000). Penggunaan teknologi Web dan Internet untuk menciptakan pengalaman belajar (learning experiences) (Horton, 2006).

Evolusi Teknologi Pendidikan Dampak Internet: dampak terbesar. TIME Waktu Sumber: Universiti Multimedia, Malaysia

Model PBM Konten Dijital Interaktif : lebih ditekankan Pembelajaran sesuai permintaan Interaktif Kapur-dan-papan tulis (White board – Spidol) tidak akan dihapuskan kurang penekanan

Kerangka Kerja E-Learning Sumber: Badrul H. Khan, Ph. D. George Washington University

Pendekatan Tradisional dan e-Learning Kelas Tradisional E-Learning Kelas Secara fisik – jumlah tertentu Sinkronisasi Tak terbatas Anytime, anywhere Konten PowerPoint/transparensi/dll Buku teks/perpustakaan Video Kolaborasi Multimedia / simulasi Digital library Sesuai permintaan Komunikasi Syn & Asyn. Personalisasi Pembelajaran satu Arah Arah pembelaran dan kecepatan ditentukan oleh pembelajar Sumber: Universiti Multimedia, Malaysia

Teknologi dan Infrastruktur e-Learning Teknologi video konferensi Streaming audio dan video ruang penyimpanan besar Bandwidth tinggi diperlukan untuk meng-upload kursus melalui Web Komputer Berbasis Pelatihan (CBT): Perangkat lunak pendidikan interaktif disajikan pada VCD/DVD Memungkinkan mahasiswa untuk mengambil kursus (kelas) di sejumlah mata pelajaran Karena tidak diperlukan download, bandwidth bukan masalah dengan CBT program

Peralatan dan Teknologi Perangkat Lunak Perangkat Keras Create Authoring & Editing Tools PC, Workstations, Digital Cameras, Video Camcorders Offer Web Servers, Media (Stream) Servers, Web Servers (Mainframes) Access Web Browsers + Plugins (Java, Flash, Acrobat Reader) PC, Pocket PC, Internet Tablets, Smart Phones

Peralatan dan Teknologi Proses Pembelajaran Create Content Authoring Tools, Web Authoring Tools (Embedded authoring tools such as ATutor, moodle, etc.) (Standalone authoring tools such as Adobe Flash, Adobe Dreamweaver, Adobe Captivate, Inspiration, etc.) Offer Learning Manangent Systems (LMS), Learning Content Management Systems (LCMS) (ATutor, moodle, Dokeos, Adobe Connect,etc.) Access LMS, LCMS

Standar e-Learning Interoperabilitas (interoperability), Dapat diakses (accessibility), Dapat dipakai kembali (reusability).

Kelas Maya adalah semacam alat kolaborasi untuk e-Learning. membantu orang bekerja dan belajar bersama di kejauhan. biarkan peserta berbagi ide, dan “mengangkat bahu”, “menghela napas”, dan “tersenyum”. (Horton, 2006)

Keuntungan Nyaman swalayan (mencampur dan mencocokkan) Sesuai permintaan (kapanpun, dimanapun) Belajar mandiri “mondar-mandir” sendiri . Fleksibel: (paket modular)

Keuntungan Biaya-efektif Lingkungan belajar maya Berbagi pelajaran antar Univ/Sekolah Tinggi Mengurangi biaya bahan Mengurangi perjalanan / akomodasi

Keuntungan Konsisten Kontrol konten terpusat kualitas konten sama untuk semua kualitas pendidikan untuk semua

lebih mudah untuk memantau kemajuan Keuntungan media yang kaya Lebih mudah untuk memahami & lebih menarik Berulang Sebanyak yang Anda suka lebih mudah untuk memantau kemajuan kurang administrasi kerja dapat lebih tepat

E-learning merupakan program sharing pelaksanaan kegiatan belajar mengajar berbasis modul dan/atau mata kuliah antar program studi. CONTOH MEKANISME PELAKSANAAN Setiap institusi melalui program studinya memperbolehkan dosen pengampu mata kuliah untuk menawarkan modulnya lewat fasilitas e-learning NeXT. Institusi yang lain memperbolehkan mahasiswa aktifnya untuk mengambil mata kuliah yang ditawarkan program studi dari perguruan tinggi mana saja. APTIKOM dan DIKTI melalui mekanisme NeXT akan menjadi “clearing house” penyelenggaraan perkuliahan saling silang tersebut agar nilai kreditnya dapat ditransfer dan diakui. Peserta didik akan mendapatkan semacam sertifikat formal yang diakui secara nasional terkait dengan aktivitas perkuliahan yang ada. RAGAM MANFAAT LANGSUNG Perguruan tinggi dapat menawarkan kepada siswanya beraneka ragam mata kuliah menarik dan mutakhir dari berbagai institusi di tanah air. Setiap mahasiswa berkesempatan untuk menikmati iklim dan kualitas penyelenggaraan mata kuliah dari perguruan tinggi lain. Mahasiswa mendapatkan pilihan mengikuti mata kuliah dari dosen terbaik yang ada. Mahasiswa dipastikan akan memperoleh materi perkuliahan yang berkualitas, up-to-date, dan berstandar internasional. Lulusan perguruan tinggi mendapatkan “ijasah” tambahan yang berkualitas sebagai referensi signifikan dalam mencari pekerjaan. Dosen dan perguruan tinggi mendapatkan penghargaan terhadap HAKI yang dimiliki.

“… the network is the classroom …” NeXT 1.0 yang merupakan jejaring nasional, dihubungkan ke dua sistem e-learning dunia, berbasis open source dan proprietary software. > 150 universities In the world universities, innovation centers, industry labs, and R&D divisions 720 high learning institutions in nformatics studies (APTIKOM) “… the network is the classroom …”

NeXT 1.0 dibangun di atas platform berbasis open source (Linux) maupun proprietary software (Macintosh dan Microsoft) dengan fitur lengkap. CAMPUS LIFE Collaboration Tools Mobile Technology Access Academic Calendars Personal Blogs and Wikis Global Address Books Hosted Emails Instant Messaging Class & Course Delivery System Video Conferencing Professional Examination Real World Laboratory General Institution Back Office Talent Management R&D Center Network Intellectual Capital Repository System

join annual fee (membership) Untuk membuat NeXT berjalan dengan baik, sejumlah model bisnis harus dikembangkan secara bersama-sama. Dosen Peneliti Mahasiswa transaction fee join annual fee (membership) Program Studi Fakultas Perguruan Tinggi NeXT Program Studi Fakultas Perguruan Tinggi join annual fee (membership) Perusahaan Pemerintah Organisasi Dosen Peneliti Mahasiswa Providers Customers

E-Learning

E-Learning (masih draft) Buat MoU dengan PT yang mau berbagi matakuliah dengan Univ kita Tentukan matakuliah yang memungkinkan untuk di-e-Learning-kan Pastikan maksimum 30% dari total sks yang akan di-e-Learning-kan Minimal 4X tatap muka di PT Induk: pertemu-an awal, UTS, UAS dan pertemuan akhir

Contoh Aplikasi E-Learning Ingin melamar dan bekerja sebagai Information Center Manager TOTAL (Oil Company) Mahasiswa PS Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta 5 Mendapatkan minor degree yang mencerminkan pengetahuan dan kompetensi khusus di bidang Information Management: Samuel Ady, S.Inf (IMng) Mengambil dan menyelesaikan ragam mata kuliah KURIKULUM INTI di bidang informatika 1 4 Tercatat dalam transkrip rekam jejak pengambilan mata kuliah terkait dengan profesi “information center manager” dari dosen dan institusi ternama 3 Mengambil dan menyelesaikan ragam mata kuliah KURIKULUM MUATAN LOKAL (KHUSUS) melalui mekanisme NEXT (e-course) dari beberapa perguruan tinggi terkait (credit transfer): ITB Information Engineering UI Information Management UGM Information Taxonomy SGU Knowledge Management 2 Mengambil dan menyelesaikan ragam mata kuliah KURIKULUM BIDANG STUDI PEMINATAN Enterprise Information System

Apakah Moodle itu? Moodle adalah sebuah Course Management System (CMS) berbasis web yang memungkinkan kelas “berada di web”. Moodle adalah mirip dengan WebCT dan Blackboard Course Management Systems

Konfigurasi Moodle Course Server Yang dibutuhkan dalam satu paket: Apache PHP MySQL Platform yang tersedia: Sistem Linux (SuSE, RedHat, Mandrake, Debian) Windows 98, NT, 2000, 2003, XP and Vista Mac OS X Solaris

Latihan Tentukan satu matakuliah yang bapak/ibu asuh. Buat SAP dengan 14X pertemuan (*.pdf, *.doc, *.swf, *.ppt, dll). Buat 1 kuiz dengan pilihan berganda. Buat 1 tugas. Login di situs e-Learning Universitas Merdeka Madiun.

Pustaka William Horton, 2006, “e-Learning by Design”, Pfeiffer. Rosenberg, M. J., 2000, “E-Learning: Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age”, McGraw-Hill. --, “NeXT: Peningkatan Mutu Pembelajaran melalui Pola “Multi Sourcing” dalam Kerangka Pelaksanaan Computing Curricula 2005 pada Program Studi Informatika dan Komputer, Munas Aptikom di Bali, 2007. Rakornas Aptikom, 2008 Rakornas Aptikom, 2011

Terimakasih