PERTEMUAN 6 PIRANTI INTERAKSI.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
Advertisements

IX INTERAKSI IX / 1 PIRANTI Interaksi Manusia & Komputer
KOMPUTER HARDWARE.
Pertemuan ke 3 Oleh : Muh. Ary Azali. Peralatan Input (Input Device) Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori.
LOGO “ Add your company slogan ” Siswo Wardoyo, S.T., M.Eng. Siswo WardoyoJurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTIRTA2011/2012- Genap
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
Mouse jenis ini menggunakan bola yang dapat berputar ke segala arah. Kemudian putaran tersebut di deteksi oleh roda-roda sensor di dalam roda tersebut.
Interaksi Manusia dan Komputer – Slide 3
Kurniawan Teguh Martono, MT Kuliah 4 : Interaksi Manusia dan Komputer.
Pertemuan 7 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST.,M.Eng
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Profil Komputer.
Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 10 b
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Piranti Interaktif INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Pengantar Teknologi Informasi
PERTEMUAN KETIGA Keyboard HARDWARE.
PIRANTI INTERAKSI.
Piranti Interaktif.
Interaksi Manusia dan Komputer
2 Kompetensi Dasar Indikator
Piranti Interaktif.
Mouse optis Kelompok XXIV.
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
H A R D W A R E K O M P U T E R.
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Pert 8 PIRANTI INTERAKTIF.
Memilih Perangkat Interaksi Yang Tepat Next About Us
Peranti interaktif Pertemuan 5.
PIRANTI INTERAKSI.
Piranti Interaktif.
Peranti interaktif Pertemuan 5.
SI122 Interaksi Manusia dan Komputer
PERANGKAT INPUT TONY ROHMAN.
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
OM SWASTYASTU PIRANTI MASUKAN DAN KELUARAN D3 MANAJEMEN INFORMATIKA.
PERTEMUAN KETIGA Keyboard HARDWARE.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
PERALATAN INPUT (Input Device)
Interaksi Manusia dan Komputer
Piranti masukan data tekstual utama. Tata letak keyboard:
Definisi hardware input
Interaction Devices and Input-Output
Kinds Of Input/Interaction Devices
Rani Susanto, M.Kom Teknik Informatika – UNIKOM 2017
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Peralatan Input (Input Device)
Piranti Interaktif.
Input & Output Devices Bab V.
Pengantar Teknologi Informasi
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Piranti Masukan Piranti masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Data masukan.
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Interaksi Manusia & Komputer Minggu 4, 5 April 2010
INPUT DEVICE.
TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1.
Perangkat Input Dan Output Beserta Fungsinya
CARA KERJA KOMPUTER Tujuan : -Mahasiswa mampu menjelaskan proses suatu data diolah pada komputer -Mahasiswa mampu menyebutkan dan mengetahui fungsi dari.
COMPUTER (Piranti Interaktif)
Piranti Interaktif.
COMPUTER (Piranti Interaktif)
ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
Transcript presentasi:

PERTEMUAN 6 PIRANTI INTERAKSI

Pengertian Piranti interaksi adalah peralatan input yang digunakan untuk melakukan interaksi (komunikasi) dengan komputer / Input unit. Input Unit adalah peranti tempat untuk memasukkan data dan program yang akan diproses di dalam komputer

KEYBOARD Keyboard adalah piranti masukkan data tekstual yang utama Keyboard yang ergonomis: Tebalnya 30-45 mm Kemiringannya 10-25 derajat

Tata letak keyboard QWERTY layout

1870-an, Christopher Latham Sholes memperlambat gerakan pemakai sehingga jarang macet tombolnya pasangan huruf sering berjauhan sehingga meningkatkan jarak pergerakan jari standar keyboard bahasa inggris kecepatan rata-rata : 15 ketikan per detik (150 kata per menit)

Lanjutan… Dvorak layout

1936, august Dvorak & Willian L. Dealey mengurangi jarak pergerakan jari mempercepat kecepatan pengetikan (200 kata per menit) mengurangi kesalahan belum diterima secara luas karena kebanyakan orang tidak mau pindah dari QWERTY. Ini menunjukkan bahwa manfaat perubahan tidak lebih berharga daripada usaha untuk berubah

Lanjutan… ABCDE layout

Tombol-tombol disusun menurut abjad Memudahkan orang yang tidak biasa mengetik Kalah populer dari keyboard QWERTY karena QWERTY membuat pengetikan menjadi ketrampilan yang umum

Klockenburg Layout memperhatikan faktor ergonomis, dengan mengurangi beban otot pada jari-jemari, pergelangan tangan, dan bahu

Palantype Layout Kombinasi beberapa tombol untuk menghasilkan kata atau suku kata Dipakai di pengadilan untuk mencatat perkataan seseorang Dibagi atas 3 kelompok : - Kelompok kanan, konsonan awal kata/suku kata - Kelompok Tengah, vokal - Kelompok Kiri, konsonan akhir kata/suku kata - Merekam suara 180 kata per menit - Tidak menjamin ejaan

Steno Type Layout Banyak digunakan wartawan

Tombol-tombol keyboard Ukuran : ½ inci ; jarak antartombol:1/4 inci Tekanan : 40-125 gf/luasnya Jika ditekan,masuk 3-5 mm Tombol-tombol khusus harus lebih besar Tanda bagi Caps Lock, Num Lock, Scroll Lock Warna yang informatif Tombol F dan J di tata letak QWERTY ditandai

Tata letak numeric keypad

Tombol-tombol fungsi (function keys) Untuk fungsi-fungsi khusus Menggantikan perintah dengan penekanan satu tombol saja Positif : mengurangi ketukan dan kesalahan Negatif : fungsinya harus dihafal dan lokasinya jauh dari home position

Tombol-tombol pergerakan kursor (cursor movement keys)

Tugas Interaksi pada Pointing Devices Select (memilih) Pemakai memilih dari seperangkat item Digunakan untuk pemilihan menu, menandai file dalam folder/direktori, atau menandai bagian tertentu dalam desain Position (menempatkan) Pemakai memilih satu titik dalam ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih Digunakan untuk membuat gambar, memindahkan objek, atau menyeret blok teks

Orient (mengarahkan) Path (membuat jalur) Lanjutan… Pemakai memilih arah di ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih Arah dapat berupa perputaran simbol di layar, arah gerakan pesawat, atau operasi dengan robot Path (membuat jalur) Pemakai dengan cepat melakukan serangkaian operasi position dan orient Jalur dapat terbentuk sebagai garis atau kurva pada program draw, pola jahit, atau rute pada peta

Quantify (mengkuantifikasi) Lanjutan… Quantify (mengkuantifikasi) Pemakai menyebutkan nilai numerik Biasanya berupa pilihan berdimensi satu dari nilai-nilai bulat atau real untuk menentukan parameter, seperti nomor halaman dokumen, kecepatan kapal, atau volume suara

Text (membuat tulisan) Lanjutan… Text (membuat tulisan) Pemakai memasukkan, memindahkan, dan mengedit teks di bidang dua dimensi Pointing devices menandai lokasi penyisipan, penghapusan, atau perubahan Tugas yang lebih rumit: mengetengahkan , pengaturan margin, ukuran font, highlighting (tebal, miring atau garis bawah), dan mengatur layout halaman.

Macam-macam Direct Pointing Devices Light pen Touch screen Stylus GASAL 2006/2007 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010)

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010) Light Pen Menunjuk langsung ke layar dengan pena yang mempunyai sel sensitif cahaya. Kelemahan: Tangan menutupi layar; Tangan jauh dari keyboard; Light pen harus diangkat. GASAL 2006/2007 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010)

Touch Screen Langsung menyentuh layar dengan jari. Kelemahan: Melelahkan; Tangan menutupi layar; Tangan jauh dari keyboard; Penunjukan tidak presisi; Layar bisa kotor.

Stylus Alat yang digunakan untuk menyentuh touch screen pada palmtop.

Macam-macam Indirect Pointing Devices Mouse Trackball Joystick Trackpoint (pointing stick) Graphics tablet Touchpad

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010) Mouse Kelebihan: Posisi tangan nyaman; Tombolnya mudah ditekan; Pergerakan panjang cepat; Penempatan presisi. Kelemahan: Tangan harus pindah dari keyboard; Memakan tempat di meja; Kabelnya mengganggu; Harus diangkat dan diletakkan kembali untuk pergerakan panjang; Harus berlatih untuk bisa menguasainya GASAL 2006/2007 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010)

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010) Mouse Cara kerja : ada 2 metode untuk mendeteksi gerakan mekanik bola dibagian bawah mouse bergerak seiring gerakan mouse bola menggerakan potensiometer orthogonal dapat digunakan pada hampir semua permukaan datar optical (cahaya) menggunakan LED (Light Emiting Diode) di bagian bawah mouse ditempatkan pada tempat seperti alas mouse di meja, sedikit rentan terhadap debu dan kotoran mendeteksi perubahan berdasarkan perbedaan intensitas sinar pantul saat mouse digerakkan Ada mouse kaki, digerakkan dengan kaki, tapi jarang digunakan GASAL 2006/2007 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010)

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010) Trackball “Mouse terbalik”. Tidak memakan banyak tempat. Banyak digunakan pada laptop. GASAL 2006/2007 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010)

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010) Joystick Baik untuk tracking. Pergerakan sedikit, perpindahan arah mudah. GASAL 2006/2007 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010)

Joystick Hanya membutuhkan tempat sedikit Dikontrol oleh : Gerakan (joystick sesungguhnya) : posisi dari joystick berhubungan dengan posisi kursor Tekanan (joystick isometrik atau joystick yang dikontrol oleh kecepatan) : tekanan pada stik/batangnya berhubungan dengan kecepatan kursor. Biasanya dilengkapi dengan tombol-tombol (pada bagian atas / depan seperti sebuah trigger/pemicu) untuk memilih. Tidak mengaburkan / mengganggu layar Murah Sering digunakan untuk permainan komputer, peralatan ini sudah familiar dengan pengguna

Trackpoint (Pointing Stick) Joystick mini isometrik dari bahan karet yang diletakkan di antara tombol-tombol keyboard dan digerakkan jari tangan. GASAL 2006/2007 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010)

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010) Graphics Tablet Permukaan peka sentuh yang terpisah dari layar. Mendeteksi gerakan stylus atau puck. Keuntungan: Posisi tangan nyaman. Tidak perlu menunjuk layar. Permukaan luas. GASAL 2006/2007 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010)

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010) Touchpad Permukaan peka sentuh yang biasa digunakan pada laptop. Nyaman seperti touch screen namun tidak perlu langsung menyentuh layar. GASAL 2006/2007 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IF010)

Discrete-word recognition Mengenali kata-kata yang diucapkan orang satu per Satu Kehandalan 90-98% untuk kosakata yang terdiri dari 50-150 kata Berguna jika: Tangan pembicara sibuk Mobilitas diperlukan Mata pembicara harus memperhatikan sesuatu Kondisi yang keras (bawah laut atau perang) atau terkungkung (dalam kokpit) yang tidak memungkinkan penggunaan keyboard

Continuous-speech Recognition Mengenali kata-kata yang diucapkan orang secara normal Harapan: pendiktean dokumen, transkripsi rekaman suara, radio, atau telepon Contoh : Dragon NaturallySpeaking

Speech store and forward Sistem yang memungkinkan penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan Contoh : Informasi cuaca, penerbangan, finansial Voice mail dengan forward

Speech generation Biasa disukai untuk keadaan-keadaan berikut: Pesan yang sederhana Pesan yang singkat Pesan yang tidak perlu direferensikan Pesan yang berhubungan dengan kejadian pada saat tertentu Pesan yang membutuhkan tanggapan langsung Saluran visual komunikasi telah kelebihan beban

Pemakai harus bebas bergerak Lanjutan… Lingkungan terlalu terang, terlalu gelap, sering bergetar, atau tidak cocok untuk transmisi informasi visual Pemakai harus bebas bergerak Pemakai dapat terkena gaya G yang tinggi atau anoksia (kekurangan oksigen, biasanya pada tempat tinggi). Pada saat itu penglihatan sudah terganggu, sementara pendengaran belum

Audio tones, audiolization, and music Umpan balik berupa suara dapat menjadi penting untuk: Konfirmasi aksi; Memberikan peringatan; Membantu pemakai yang penglihatannya terganggu; Memberikan mood, misalnya pada game; Menyediakan kesempatan yang unik bagi pemakai, misalnya simulasi alat musik

Display Devices (Piranti Tampilan) Jenis-jenis display: Monochrome display Harga murah, sering sudah memadai Color (RGB) display Lebih menarik dan efektif

Teknologi display: Raster-scan cathode-ray tube (CRT) Elektron menyapukan baris titik ke layar Refresh rate: 30-75 per detik Liquid-crystal displays (LCD) Perubahan tegangan listrik mempengaruhi polarisasi kapsul-kapsul kristal cair yang kecil sekali

Light-emitting diodes (LED) Lanjutan… Plasma panel Baris-baris kawat horizontal dipisahkan dari kawat vertikal dengan kapsul kaca berisi gas neon Ketika kawat menerima tegangan tinggi maka gas berpendar Light-emitting diodes (LED) Dioda disusun untuk membentuk tampilan Dioda tertentu memancarkan cahaya ketika ada tegangan