Maulfi Syaiful Rizal FIB UB

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ANALISIS AGAMA DAN BUDAYA DALAM “KLAB”
Advertisements

Pertemuan 02: CORAK dan SISTEM HUKUM ADAT
BUDAYA HINDU Mamahami Seni Keagamaan Hindu.
TRADISI MASA PRA AKSARA MASYARAKAT INDONESIA
DAUR HIDUP MASYARAKAT JAWA
Asal Usul Agama & Hakekat Magi
Maulfi Syaiful Rizal FIB UB maulfisr.lecture.ub.ac.id
PERBEDAAN PERILAKU MANUSIA DAN HEWAN
Maulfi Syaiful Rizal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FIB UB
Keraton Yogyakarta (Ngayogyakarta)
By: Nabiila maitsaa dwi putri
By:kiara kusnadia arioputri
by:nisrina nibros hasibuan
Pranata Agama Dalam bahasa Arab agama disebut ad-dien yang artinya hukun atau undang undang ciptaan yang maha kuasa. Sedang dalam bahasa sansekerta, a.
Pesona Wisata Kota Yogyakarta
Strukturalisme Genetik
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO
Apa yang kalian ketahui tentang gambar berikut?
GENRE FOLKLOR, TRADISI LISAN, dan SASTRA LISAN
TRADISI SEJARAH DALAM MASYARAKAT INDONESIA
PELAJARAN 10.
SISTEM KEPERCAYAAN MASYARAKAT PRIMITIF
POTENSI WISATA PROPINSI D.I.YOGYAKARTA
TRADISI MASYARAKAT MASA PRA AKSARA.
Pendidikan Agama Islam
Sejarah peminatan kls x
FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN
Pengantar Manajemen Bencana
SEJARAH INDONESIA.
SENI TEATER.
Bandar Lampung, 28 Agustus 2016
Estetika nusantara.
FILOLOGI SEBAGAI ILMU BANTU
Pengantar Ilmu Komunikasi
Berikut ini adalah beberapa penyakit dan cara pengobatannya:
Intervensi Organisasi : BUDAYA ORGANISASI
Intervensi Organisasi : BUDAYA ORGANISASI
CORAK dan SISTEM HUKUM ADAT
YUNANI KLASIK Kelompok 1.
Angklung Adalah Warisan Dunia
Peradaban Yunani Klasik
KEBUDAYAAN DAN AGAMA Clifford Gerrtz SLIDE 4.
CORAK dan SISTEM HUKUM ADAT
TUGAS TEKKOM “SENI TARI SALAH SATU BAGIAN DARI KEBUDAYAAN INDONESIA”
NILAI RELIGIUS TARI BEDHAYA KETAWANG KRATON SURAKARTA HADININGRAT
Disarikan oleh : siti khusnul k
Disarikan oleh : siti khusnul k
TRADISI SEJARAH DALAM MASYARAKAT INDONESIA
UPACARA ADAT JAWA Oleh: Hanifah Alvary 5D.
SMP Kelas 3 Semester 1 BAB V
DRS. H.HEDI SUHARTONO.,M.Si DOSEN FEKON UNIKARTA
Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag
sebagai ASPEK KEBUDAYAAN
Pancasila sebagai sistem filsafat, perbandingan filsafat pancasila dengan sistem filsafat lainnya didunia.
Materi ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA 1 OUTLINE
RUWATAN Kelompok 3.
WISATA ALAM & SEJARAH DAERAH ISTIMEWA
Kelompok 3 (timur) Kebudayaan suku asmat XI-IPS.
Filosofi dan Konsep Dasar Akupunktur
Aksiologi Mistik Disusun Oleh : Kelompok 12 Reza Rafiansa
BUDAYA HINDU Mamahami Seni Keagamaan Hindu.
KELOMPOK 8 Metodelogi Studi Islam “Islam Sebagai Produk Budaya”
PENGANTAR KONSELING LINTAS AGAMA DAN BUDAYA
MUHAMMADIYAH DAN KEBUDAYAAN
Pengertian agama kata agama berasal dari bahasa sansekerta dari kata a berarti tidak dan gama berarti kacau. Kedua kata itu jika dihubungkan berarti sesuatu.
Bab.4 KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT INDONESIA Kelompok 4. X-6 Nama Anggota : 1. Firizki Rahayu Maharani 2. Febri Nuryadi 3. Fredrik Ariel.O 4. Erlando 5. Widya.
ETIKA & NORMA Baham 02 a.
KEPRIBADIAN, KONSEP & CITRA DIRI
SISTEM KEPERCAYAAN ISIP 4214 ABDUSSHAUFI, M.PD. A. RELIGI DAN SISTEM KEPERCAYAAN Religi (Fischer) : apabila kesadaran akan adanya hal-hal yang dianggap.
Transcript presentasi:

Maulfi Syaiful Rizal FIB UB PANDANGAN DUNIA JAWA Maulfi Syaiful Rizal FIB UB

Pengertian Kosmos Kosmos dalam istilah Yunani berarti susunan atau ketersusunan yang baik . Kosmos merupakan dunia, universe. Dunia secara keseluruhannya disebut "makrokosmos" atau "Jagat Besar" ;  setiap wujud yang ada di dunia ini disebut "mikrokosmos" atau " Jagat Kecil". Cerminan dari alam ghaib atau metakosmos, suatu sumber kekuatan tertinggi dimana manusia menggantungkan eksistensinya

Pandangan Jawa Terhadap Kosmos Orang Jawa memandang alam terdiri dari empat unsur, yaitu: Api merupakan emosi. Air merupakan roh. Tanah merupakan dari mana kita(manusia) diciptakan. Angin merupakan perasaan. Kebudayaan Jawa mengajarkan hubungan yang harmoni antara makrokosmos (alam raya), mikrokosmos (alam manusia), dan metakosmos (kekuatan ghaib).

Hubungan Antarkosmos Hubungan antara mikrokosmos (jagat cilik) dengan makrokosmos (jagat gede) sangat erat. Masyarakat dulu selalu menjaga ketertiban alam semesta (jagat gede) dengan melalui penjagaan terhadap jagat cilik (akhlak dan spiritual) manusia

Gunung Merapi Simbol api Keraton Yogyakarta Titik pusat kosmos dan semesta Parangtritis Simbol air

Mitologi Jawa Mitologi adalah ilmu tentang mitos. Mitos adalah cerita suci berbentuk simbolik yang mengisahkan serangkaian peristiwa nyata dan imajiner menyangkut asal-usul dan perubahan-perubahan alam raya dan dunia, dewa-dewi, kekuatan atas kodrati, manusia, pahlawan, dan masyarakat.

Ciri-Ciri Mitos 1. memiliki sifat suci atau sakral, karenanya terkait dengan tokoh yang sering dipuja. 2. dijumpai dalam dunia mitos bukan dalam dunia kehidupan sehari-hari atau pada masa lampau yang nyata 3. menunjukan pada kejadian kejadian larangan tertentu. 4. Kebanaran mitos tidak penting

Macam-macam Mitos Mitos berupa gugoh tuton Berupa larangan-larangan tertentu Mitos berupa bayangan asosiatif Biasanya muncul dalam dunia mimpi Mitos yang berupa dongeng, legenda, dan cerita-cerita Hal ini diyakini karena memiliki legitimasi yang kuat dalam alam pikiran masyarakay Jawa Mitos yang berupa sirikan Bernafas asosiatif, tetapi tekanan utama pada aspek ora ilok

Beberapa Mitos Populer Masyarakat Jawa Mitos Semar Tokoh satu ini selalu ditinggikan dalam segala hal yang menyangkut tata hidup kehidupan jawa Mitos Dewi Sri Dewi Sri oleh orang jawa diyakini sebagai dewa padi. Dia adalah pembawa berkah dalam bidang pertanian.

Mitos Nyai Ratu Roro Kidul Patokan keraton Yogyakarta bahwa ratu kidul adalah sosok kekuaan magis yang patut dipuja. Mitos Aji Saka Orang jawa menganggap Aji Saka yang madhangake kawruh, artinya yang menaburkan kepandian kepada orang jawa

Contoh Mitos Sirikan Pengantin ketika mengadakan pementasan wayang tidak boleh mengambil lakon istilah gugur. Berpindah tempat sewaktu makan. Orang tua zaman dahulu melarang kita berpindah pindah tempat saat makan karena akibatnya kelak akan mendapat ibu tiri. Kecuali berpindah ke tempat yang lebih bagus, kelak akan mendapat pekerjaan yang baik. Berselimut dengan tikar. Menurut kepercayaan orang tua dahulu berselimut dengan tikar dapat berakibat kalau anda akan digulung ombak ketika mandi di laut. Bernyanyi atau bersiul saat makan. Konon kalau bernyanyi atau bersiul saat makan maka akan mengalami kegagalan saat berusaha.

Mistisisme Jawa Kata mistik berasal dari bahasa Yunani mystikos yang artinya rahasia, tersembunyi, gelap atau terselubung dalam kekelaman. Berdasarkan arti tersebut mistik atau mistisisme merupakan paham yang memberikan ajaran yang serba mistis (misal ajarannya berbentuk rahasia atau ajarannya serba rahasia, tersembunyi, gelap atau terselubung dalam kekelaman) sehingga hanya dikenal, diketahui atau dipahami oleh orang-orang tertentu saja, terutama sekali penganutnya.

Salah satu contoh upacara adat Jawa yang mengandung hal mistis adalah ruwatan. Koentjaraningrat memasukkan upacara ngruwat sebagai ilmu ghaib protektif,yaitu upacara yang dilakukan dengan maksud untuk menghalau penyakit dan wabah,membasmi hama tanaman dan sebagainya,yang sering kali menggunakan mantra-mantra untuk menjauhkan penyakit dan bencana.