PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Advertisements

21-Aug-14 OO Concept E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Kuliah 3 : Administrative dan Introduction 8 Oktober 2010.
Introduction to Object Oriented Diah Priharsari Sumber: DEV475 Mastering Object-Oriented Analysis and Design.
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
By : Rizky Yuniar Hakun. Konsep Pemrograman Berorientasi Object.
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP)
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
Pengantar Berorientasi Obyek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
7 Rekayasa Sistem Konsep Utama OOP Dedy Alamsyah, S.Kom.
Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
Interaksi Objek.
Desain Berorientasi Obyek dan UML
BAB 1 KONSEP OOP.
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati.
Terminologi Object Oriented Analaysis adalah metode analisis yang memeriksa requirements (syarat/keperluan yang harus dipenuhi suatu sistem) dari sudut.
OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING (OOP)
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
#14 PENGANTAR OOP STIKOM Konsep Encapsulation Inheritance Polymorphism
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pengantar Perancangan Berorintasi Objek
Orientasi Object Pertemuan 2.
Object Oriented Analysis (OOA)
Soal Kuis I PSBO.
Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek (OOAD)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Analisis Berorientasi objek
Rekayasa Perangkat Lunak Konsep Orientasi Objek
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
BAB 1 KONSEP OOP.
SOAL PERTEMUAN 1-6 PSBO 4 SKS
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Konsep Pemrograman berorientasi Objek
Pertemuan 3 OOAD Coad Yourdon Pendahuluan + Notasi
UML Class Diagram.
Pemodelan Sistem Bisnis
Object Oriented Programming
Konsep Object Oriented
Soal PSBO Pert.1-6.
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Perancangan Perangkat Lunak
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Bina Sarana Informatika
Pertemuan 1 Definisi dan Karakteristik Objek
Perancangan PL berorientasi objeck
Pemrograman Berorientasi Objek
Konsep Dasar Disain Berorientasi Obyek
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
OOP Pertemuan 7 Febriyanno Suryana, S.Kom, MM
METHODOLOGYAND UML.
NOTASI UML DAN DIAGRAM-DIAGRAM UML
MENGENAL OBJEK ORIENTED PROGRAMMING (OOP)
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
PEMODELAN ANALISIS RPL – PERTEMUAN 5&6.
UML Class Diagram.
KelompoK 4 Agus Dwi Prayogo / 2928 Rian Chikita / 2942
Pertemuan 9 UML Diagram Class & Diagram Objek
Perancangan Perangkat Lunak
ANALISA BERORIENTASI OBJEK
ANALISA BERORIENTASI OBJEK
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek PERTEMUAN 1.
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) Disusun oleh : Khairan Marzuki, M.Kom Fakultas Teknik dan Kesehatan, Universitas Bumigora.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pengantar Teknologi SIM 2 (pertemuan 3)
Transcript presentasi:

PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK

Analisis dan disain berorientasi objek adalah cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan mengguna kan model yang dibuat menurut konsep sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek,yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas

Pengertian "berorientasi objek" berarti bahwa kita mengorganisasi perangkat lunak sebagai kumpulan dari objek tertentu yang memiliki struktur data dan perilakunya.

Karakteristik dari Objek Identitas berarti bahwa data yg diukur mempunyai nilai tertentu yang berbeda. Entitas disebut Objek. Objek dapat kongkrit, seperti halnya arsip dalam sistem, atau konseptual seperti kebijakan penjadualan dalam multiprocessing dlm suatu sistem operasi. Setiap objek mempunyai sifat yang melekat pada identitasnya. Dua objek dapat berbeda walaupun semua nilai atributnya identik.

Kelas Objek Kelas merupakan gambaran sekumpulan Objek yang terbagi dalam atribut, operasi, metode, hubungan, dan makna yang sama. Suatu kegiatan mengumpulkan data (atribut) dan perilaku (operasi) yang mempunyai struktur data sama ke dalam satu grup. Kelas Objek merupakan wadah bagi Objek. Dapat digunakan untuk menciptakan Objek. Objek mewakili fakta/keterangan dari sebuah kelas

Objek Poligon Kelas Poligon titik sudut batas warna Operasi gambar Atribut titik sudut batas warna Operasi gambar hapus translasi

Istilah-istilah Objek Atribut : Data item yang menegaskan Objek Operasi : Fungsi di dalam kelas yang dikombinasikan ke bentuk tingkah laku kelas Metode : Pelaksanaan prosedur (bagian dari kode yang mengeksekusi respon terhadap permintaan objek lain didalam sistem)

Metodologi Berorientasi Objek Encapsulation (pengkapsulan) Inheritance (pewarisan) Polymorphism (polimorfisme)

ENCAPSULATION (PENGKAPSULAN) Encapsulation merupakan dasar untuk pembatasan ruang lingkup program terhadap data yang diproses. Data dan prosedur atau fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu objek, sehingga prosedur atau fungsi lain dari luar tidak dapat mengaksesnya. Data terlindung dari prosedur atau objek lain, kecuali prosedur yang berada dalam objek itu sendiri.

INHERITANCE (PEWARISAN) Inheritance adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung. Atribut dan metode dari objek induk diturunkan kepada anak objek, demikian seterusnya. Inheritance mempunyai arti bahwa atribut dan operasi akan dimiliki bersama di antara kelas yang mempunyai hubungan secara hirarki. Suatu kelas dapat ditentukan secara umum, kemudian ditentukan spesifik menjadi subkelas. Setiap subkelas mempunyai hubungan atau mewarisi semua sifat yang dimiliki oleh kelas induknya, dan ditambah dengan sifat unik yang dimilikinya. Kelas Objek dapat didefinisikan atribut dan service dari kelas Objek lainnya. Inheritance menggambarkan generalisasi sebuah kelas

Contoh : Sedan dan Sepeda Motor adalah subkelas dari Kendaraan Bermotor Kedua subkelas mewarisi sifat yang dimiliki oleh Kendaraan Bermotor, yaitu mempunyai mesin dan dapat berjalan Kedua subkelas mempunyai sifat masing-masing yang berbeda, misalnya jumlah roda, dan kemampuan untuk berjalan mundur yang tidak dimiliki oleh sepeda motor

POLYMORPHISM Polimorfisme yaitu konsep yang menyatakan bahwa sesuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda. Polimorfisme mempunyai arti bahwa operasi yang sama mungkin mempunyai perbedaan dalam kelas yang berbeda. Kemampuan objek-objek yang berbeda untuk melakukan metode yang sesuai dalam merespon pesan yang sama. Seleksi dari metode yang sesuai, bergantung pada kelas yang seharusnya menciptakan Objek.

PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK Teknik pemodelan objek menggunakan tiga macam model untuk menggambarkan sistem : A. Model Objek B. Model Dinamik C. Model Fungsional

A. Model Objek : Model objek Menggambarkan struktur statis dari suatu objek dalam sistem dan relasinya Model objek berisi diagram objek. Yang berupa graph dimana nodenya adalah kelas yang mempunyai relasi antar kelas

B. Model Dinamik Model dinamik menggambarkan aspek dari sistem yang berubah setiap saat. Model dinamik dipergunakan untuk menyatakan aspek kontrol dari sistem. Model dinamik berisi state diagram. Yang berbentuk graph dimana nodenya adalah state dan arc adalah transisi antara state yang disebabkan oleh event.

C. Model Fungsional Model fungsional menggambrakan transformasi nilai data di dalam sistem. Model fungsional berisi data flow diagram. DFD adalah suatu graph dimana nodenya menyatakan proses dan arcnya adalah aliran data.

Objek dan Kelas Objek didefinisikan sebagai konsep, abstraksi atau benda dengan batasan dan arti untuk suatu masalah. Semua objek mempunyai identitas yang berbeda dengan lainnya.Istilah identitas berarti bahwa objek dibedakan oleh sifat yang melekat dan bukan dengan uraian sifat yang dimilikinya. Contohnya, kembar identik, walaupun mereka nampak seperti sama, tetapi merupakan dua orang yang berbeda. Kadang-kadang objek berarti suatu barang, maka digunakan istilah object instance, dan object class untuk menunjukkan satu grup dari barang yang sama.

Kelas Suatu object class menggambarkan kumpulan dari objek yang mempunyai sifat (atribut), perilaku umum (operasi), relasi umum dengan objek lain dan semantik umum. Contoh : Orang, perusahaan , binatang, proses adalah objek. Setiap orang mempunyai umur, IQ, dan mungkin pekerjaan. Setiap proses mempunyai pemilik, prioritas, list dari sumber daya yang dibutuhkan. Objek dan object class sering sama sebagai benda dalam deskripsi masalah.

Diagram Objek Konsep fundamental dalam analisis berorientasi objek adalah objek itu sendiri. Sebuah objek adalah sebuah entitas yang mencakup data dan metode Kelas merupakan satu atau lebih objek dengan persamaan atribut dan metode, sedangkan kelas-&-objek adalah kelas dengan satu atau lebih objek di dalamnya

Struktur Objek dan Hirarki Kelas Struktur kelas dibagi dua macam, yaitu Whole-Part Structure dan Gen-Spec Structure. Whole-Part Structure memperlihatkan hirarki dari suatu kelas sebagai komponen dari kelas lain yang disebut juga sub objek. Contohnya, kelas Mobil adalah Whole dan komponennya Mesin, Rangka, dll merupakan Part1, Part 2, …, Partn.

Whole-Part Structure

Gen-Spec Structure. Gen-Spec Structure memperlihatkan kelas sebagai spesialisasi dari kelas di atasnya. Kelas yang mempunyai sifat umum disebut Generalization, Superclass atau Topclass, sedangkan kelas yang mempunyai sifat khusus disebut Specialization.

Contohnya, kelas Mobil adalah Generalization, sedangkan Sedan,Truk, Minibus, dll merupakan Specizlization1, Specialization2, …,Specializationn, yaitu kelas yang mempunyai sifat khusus.

Atribut Atribut menggambarkan data yang dapat memberikan informasi mengenai kelas atau objek dimana atribut tersebut berada.

Metode Metode (method) disebut juga service atau operator adalah prosedur atau fungsi seperti yang terdapat dalam bahasa Pascal pada umumnya, tetapi cara kerjanya agak berlainan. Metode adalah subprogram yang tergabung dalam objek bersama-sama dengan atribut. Metode dipergunakan untuk pengaksesan terhadap data yang terdapat dalam objek tersebut

Pesan (Message) Message merupakan cara untuk berhubungan antara satu objek dengan objek lain. Suatu pesan dikirimkan oleh suatu objek kepada objek tertentu dapat digambarkan dengan anak panah