TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3.
Advertisements

PRA PRODUKSI-3D M.SUYANTO
BAHAN STRATEGI PEMBELAJARAN AUD
SATU KATA dalam suatu TEAM WORK MENULIS LOGLINE
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
MENULIS SKENARIO KELAS FILM BOX OFFICE
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
CERPEN.
Beberapa contoh akibat penilaian yang tidak valid.
GANGGUAN PERILAKU PADA ANAK
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-5 M.SUYANTO
Menanggapi Pementasan Drama
SHAPESHIFTERS SHAPESHIFTERS : Dalam cerita, makhluk seperti vampir atau manusia serigala yang dapat berubah bentuk. Dalam kehidupan, shapeshifter mewakili.
Unsur-unsur dalam Karya Sastra Pratitisari 1. Tema Pokok persoalan dalam cerita Pratitisari 2.
Pertemuan 3: Karakter & Cara Membaca + Menulis Fiksi
Menilai Diri Sendiri Nur Hidayat.
Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas IX
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
SMART IN S ATU KATA dalam suatu TEAM WORK S ATU KATA dalam suatu TEAM WORK M ENULIS LOGLINE M ENULIS LOGLINE A DA TUJUH PERTANYAAN POKOK A DA TUJUH PERTANYAAN.
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-3 M.SUYANTO
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO
Herdito Sandi Pratama, M.Hum Dari beberapa sumber
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
UNSUR INTRINSIK CERITA
DRAMATISASI PLOT DALAM POLITIK HILLARY CLINTON
NAMA : RAHMAT HIDAYAT AKKAS NIS : KELAS : XI IPA 1
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
PRA PRODUKSI-3A M.SUYANTO
MENULIS SKENARIO KELAS FILM BOX OFFICE (Richard Krevolin)
Membangun Saling Percaya
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO
Memperkenalkan cerita perjuangan bangsa Indonesia
SHAPESHIFTERS SHAPESHIFTERS : Dalam cerita, makhluk seperti vampir atau manusia serigala yang dapat berubah bentuk. Dalam kehidupan, shapeshifter mewakili.
PERTEMUAN XIII (TIGA BELAS)
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-3 M.SUYANTO
UNSUR-UNSUR INTRINSIK PROSA
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO
PACARAN SEHAT.
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-5 M.SUYANTO
IDENTITAS PROGRAM AUDIO VISUAL
DRAMA Senada dengan film, drama adalah karangan yang berbentuk dialog/percakapan antara pemainnya. Dialog dalam drama tidak jauh berbeda dengan percakapan.
PRA PRODUKSI-1 M.SUYANTO
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
EXTROVERT …(1) Tulis (+) jika sesuai dengan anda dan (-) jika tidak seseuai: Kadang-kadang aku merasa ingin mengumpat-mencaci. Aku pandai melawak. Aku.
MENULIS SKENARIO SEKOLAHKU
PROSES PRODUKSI FILM KARTUN (1) M.SUYANTO
Unsur Instrinsik dan ekstrinsik Novel
" Si Minem Beranak Bayi" ? 1. Bagaimana kesan yang anda dapat dari penggambaran lingkungan alam di sekitar desa pada awal cerita? 2. Bagaimana kesan ini.
*STORYTELLING.
BROADCASTING TV M.SUYANTO
Unsur A U D I O VISUAL INTRINSIK.
Menulis berbgai karya sastra/cerpem
UNSUR-UNSUR PROSA FIKSI
Minggu keempat SANGGAR SKENARIO Layar Lebar
Komunikasi Antarpribadi
MENULIS SKENARIO KELAS FILM KARTUN BOX OFFICE
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
Menulis skenario? Gampang, Kok!
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
SHAPESHIFTERS SHAPESHIFTERS : Dalam cerita, makhluk seperti vampir atau manusia serigala yang dapat berubah bentuk. Dalam kehidupan, shapeshifter mewakili.
Menganalisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
LATIHAN 2 EXTROVERT Oleh. : Rismawaty.
SOSIALISASI dalam Proses Pembentukan Kepribadian
Mengelola Stres pada Pekerja Kemanusiaan: Membantu diri sendiri
minggu kelima SANGGAR SKENARIO 5 Layar Lebar 5
Velly Xibb-15 Erica Xibb-11 Gerry xibb-04 Yosa xibb-01
Transcript presentasi:

TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO www.msuyanto.com

CERITA CERITA MERUPAKAN SEBUAH NARASI BERBAGAI PERISTIWA YANG SENGAJA DISUSUN BERDASARKAN WAKTU MISALNYA : PERISTIWA ANAK DITINGGAL KEDUA ORANG TUANYA HILANGNYA SEPATU ADIKNYA PERISTIWA MENGANTUK KEMUDIAN TIDUR MELIHAT WANITA CANTIK KEMUDIAN LANGSUNG JATUH CINTA

SCRIPTWRITER Screenwriters / scriptwriters / scenario writer adalah orang atau sekelompok orang yang menulis / membuat skenario pendek atau panjang pada media massa seperti film, program televisi, komik atau video game.

STRUKTUR CERITA DRAMATIS TEMA : Apa yang ingin disampaikan dalam cerita PLOT : Bagaimana cerita mengalir ke depan dan berkembang. KARAKTER : Bagaimana seseorang berbeda dari yang lainnya dan bagaimana masing-masing bereakti terhadap situasi yang terjadi LINGKUNGAN : Tempat adegan terjadi

PLOT PLOT : Bagaimana cerita mengalir ke depan dan berkembang. PLOT SUMMARY, PLOT SYNOPSIS Batman, Gordon dan Harvey Dent dipaksa untuk berurusan dengan kekacauan yang disebabkan oleh seorang dalang anarkis yang dikenal hanya sebagai Joker, dengan keterbatasan mereka masing-masing (The Dark Knight). Diselamatkan dari pengabaian memalukan bibi dan pamannya, seorang anak laki-laki dengan takdir besar membuktikan kemampuannya saat hadir pada Sekolah Sihir “Hogwarts” (Harry Potter).

JENIS KONFLIK DRAMATIS AREA UMUM KONFLIK Budaya sama vs budaya berbeda Ideologi sama vs ideologi berbeda Ideal vs rasional Perasaan vs pikiran Berpikir bijaksana vs realitas Sosial vs individual Kebaikan vs kejahatan Kaya vs miskin

JENIS KONFLIK DRAMATIS AREA KHUSUS Agama Alam Anggota keluarga Birokrasi Diri sendiri Gaya hidup Kawan Keadaan Kebenaran Kepercayaan Kesamaan Kekuasaan KONFLIK Kewenangan Kekuasaan Lingkungan Moral Pemerintah Prinsip Sahabat Sistem sosial Tekanan pasangan Teman sekelas Tetangga

DRAMATURGI KLASIK PERKENALAN : yang mengatur konteks dalam adegan yang terjadi TITIK BANGKIT : munculnya krisis yang pertama PENINGKATAN KETEGANGAN : konflik dan kesulitan meningkat KLIMAKS : terjadinya krisis terbesar atau titik belok PEMECAHAN : Pahlawan masuk dalam kesulitan dan menang atau kalah

DRAMATURGI KLASIK(GUSTAV FREYTAG) PERKENALAN : yang mengatur konteks dalam adegan yang terjadi TITIK BANGKIT : munculnya krisis yang pertama PENINGKATAN KETEGANGAN : konflik dan kesulitan meningkat KLIMAKS : terjadinya krisis terbesar atau titik belo PENURUNAN KETEGANGAN : PEMECAHAN : Pahlawan masuk dalam kesulitan dan menang atau kalah

DRAMATURGI KLASIK PERKENALAN : yang mengatur konteks dalam adegan yang terjadi TITIK BANGKIT : munculnya krisis yang pertama PENINGKATAN KETEGANGAN : konflik dan kesulitan meningkat KLIMAKS : terjadinya krisis terbesar atau titik belok PEMECAHAN : Pahlawan masuk dalam kesulitan dan menang atau kalah

DRAMATURGI KLASIK Klimaks Peningkatan ketegangan Pemecahan Perkenalan (krisis terbesar) Penurunan ketegangan Peningkatan ketegangan Baik (Pahlawan Selamat) Konsekuensi Krisis terbesar Peningkatan konflik Pemecahan Jelek (Pahlawan Mati) Perkenalan (suasana) Titik bangkit (krisis yang pertama)

RAHASIA SKENARIO: DIAGRAM SCENE Latar belakang BY KREVOLIN Judul dan Pengarang Unsur-unsur Pemadu film Judul Babak I Judul Babak II Judul Babak III Awal Cerita Tema Titik balik Titik Tengah Titik Balik Klimaks

DIAGRAM PERJALANAN PAHLAWAN By M. Suyanto Unsur-unsur Pemadu film DUNIA BIASA DUNIA KUSUS DUNIA BIASA 2.Pang gilan (Pening- katan Kesa- daran) 3.Peno- lakan Pang gilan (Keeng ganan) 4.Bertemu Pembim bing (Menga- tasi Kesu- litan) 6.Ujian, Sekutu, Musuh (Bereks perimen) 7.Pende Katan Tempat Bahaya (Persi- apan) 9.Peng- hargaan (Konse kuensi) 10.Peno- lakan Utk Kembali (Keeng- ganan (Rededi- kasi) 12.Kebang kitan/ Klimaks (Upaya Akhir) 1.Dunia Biasa (Kesadaran Terbatas) Tema 5.Melewati Amban Batas (Berkomitmen) 8.Ujian Berat (Perubahan Besar) 11.Jalan Kembali (Rededikasi) 13.Kembali (Penguasaan)

KARAKTER A. Tokoh Protagonis / Tokoh Utama : Tokoh yang biasanya menjadi “pahlawan” dalam cerita dan ditempatkan sebagai tokoh utama, Kepribadiannya cenderung baik hati, suka menolong pokoknya “All Around Good guy.” B. Tokoh Antagonis : Tokoh yang biasanya menjadi “penjahat” atau lawan dari tokoh Protagonis, kepribadiannya adalah lawan dari kepribadian tokoh Protagonis C. Tokoh Grey (Abu-abu) : Tokoh yang tidak jelas apakah Protagonis atau Antagonis biasanya kepribadiannya cenderung kejam dalam bertindak tetapi berdasarkan alasan yang benar.

ARCHETYPES (C. VOGLER) HEROES : Tokoh sentral dalam cerita-cerita. Setiap orang adalah pahlawan untuk ceritanya sendiri. SHADOWS : Penjahat, antagonis atau musuh, mungkin musuh dari dalam. Sisi gelap dari Kekuatan, kemungkinan menindas pahlawan, dia mempunyai potensi untuk kejahatan. Bisa jenis lain dari penindasan, seperti tekanan kesedihan , kemarahan, frustrasi atau kreativitas yang berbahaya jika tidak memiliki jalan keluar. MENTORS :Pemandu atau prinsip panduan bagi pahlawan, misalnya Yoda, Merlin, pelatih atau guru yang hebat. HERALD: Seseorang atau peristiwa yang membawa panggilan untuk melakukan petualangan

ARCHETYPES THRESHOLD GUARDIANS : Kekuatan yang berdiri di jalan pada titik-titik balik yang penting, termasuk musuh yang cemburu, penjaga gerbang yang profesional, atau ketakutan dan keraguan dari Heroes. 6. SHAPESHIFTERS : Dalam cerita, makhluk seperti vampir atau manusia serigala yang dapat berubah bentuk. Dalam kehidupan, shapeshifter mewakili perubahan atau ambiguitas. Cara orang lain (atau persepsi kita tentang mereka) terus berubah. Lawan jenis, orang yang dapat bermuka dua. 7. TRICKSTERS : Badut dan pembuat-kenakalan, Bugs Bunny dan Daffy Duck, Richard Pryor dan Eddie Murphy. Kenakalan bawah sadar kita sendiri, mendesak kita untuk berubah. 8. ALLIES : Karakter yang membantu pahlawan melewati perubahan. Sahabat karib, teman, pacar yang menasehati pahlawan melewati masa perubahan kehidupannya.

LINGKUNGAN Setelah membuat karakter maka kita juga harus menentukan tempat, tahun sebagai latar belakang cerita kita, disini kita menentukan secara mendetil tempat (Pulau, daerah, lokal atau regional), tempat tinggal, kantor, sekolah (interior dan exterior) dan lingkungannya agar memudahkan background artist. Contoh : -Kota Misterius (Spirited Away) Perancis (RATATOUILLE) Benua Amerika (Up)

REFERENSI Brown, Blain. 2002. Cinematography : Theory and Practice. Focal Press. Berlington, UK Krevolin, Richard, 2003, How to Adapt Anything into a Screenplay, John Wiley & Sons, Inc. Suyanto, M., Aryanto Y. 2006. Perancangan Film Kartun Kelas Dunia, Andi-STMIK AMIKOM Yogyakarta Vogler Christopher, 2007, The Writers Journey, : Mythic Structure for Writers, 3rd Edition, Michael Wiese Production. Zettl, Herbert. 2009. Television Production Handbook. Tenth Edition. Wadsworth Cengage Learning. Belmont, USA